10 Tempat Wisata di Brunei Darussalam yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Ismi Aisah - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Brunei Darussalam merupakan bagian dari negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan kemakmurannya, terbukti negara ini tercatat sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas.

Walaupun merupakan negara terkecil di Asia Tenggara dan sangat terkenal dengan kedisiplinan dalam menjalankan syariat islam, Brunei Darussalam memiliki tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi dan wajib kamu datangi apabila kesini. Mau tahu apa saja tempat wisata yang ada di Brunei Darussalam? Yuk, ikuti ulasannya!

1. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman

* sumber: www.ninnarosmina.com

Apabila di Indonesia kita mengenal Istana Bogor, di negara juga memiliki sebuah istana yaitu Istana Nurul Iman yang berdiri sejak tahun 1984 di lahan seluas 200.000 m2. Bahkan tempat tinggal sultan Brunei ini dinobatkan sebagai istana terbesar di dunia versi Guinnes World Record.

Istana ini beralamat di Jalan Menteri Besar Seri Begawan dan setiap sudut bangunan istana dilapisi emas dengan fasilitas yang sangat mewah tediri dari 1.788 buah kamar, 257 kamar mandi, 18 lift dan sebuah masjid. Apabila kamu ingin masuk ke dalam istana pastikan datang saat idul fitri karena istana akan dibuka untuk umum selama tiga hari.

  • Alamat : Jl. Menteri Besar, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : gratis

2. Kampong Ayer

Kampong Ayer

* sumber: viacomindonesia.blogspot.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Kampong Ayer yang lokasinya sangat dekat dengan Istana Nurul Iman, dan sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu bahkan pernah sempat menjadi ibu kota Brunei Darussalam. Diberi nama Kampong Ayer atau Air karena bangunan disini didirikan di atas air dan masih mempertahankan budaya leluhur mereka.

Wisata yang beralamat di Jalan Mc Arthur ini walaupun didirikan di atas air fasilitas dan perlengkapan yang dimiliki sangat modern. Untuk berkeliling di Kampong Ayer kamu bisa menyewa boat selama satu jam, dan nanti nahkoda boat akan bercerita banyak hal mengenai sejarah Kampong Ayer.

  • Alamat : Jl. Mc Arthur, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
  • Operasional : 09.00 – 17.00 waktu setempat
  • Tiket masuk : BND 1 (1 dollar Brunei)

3. Tasek Lama Recretional Park

Tasek Lama Recretional Park

Apabila kamu menyukai wisata alam dan ingin tahu wisata alam di Brunei bisa banget datang ke Tasek Lama Recretional Park yang merupakan tempat wisata yang memiliki air terjun terindah dan selalu menjadi tujuan utama wisatawan asing maupun lokal.

Disini kamu bisa menyusuri hutan sambal menikmati pemandangan hutan dan udaranya yang segar, banyak yang datang untuk sekedar melepas penat apalagi lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan tentu sama masuk kesini gratis lho.

  • Alamat : Jalan Tasek Lama, Bandar Seri Begawan
  • Operasional : 08.00 – 18.00 waktu setempat
  • Tiket masuk : gratis

 4. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

* sumber: www.boombastis.com

Brunei Darussalam terkenal dengan wisata religinya salah satunya masjid yang terkenal yaitu Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, dan menjadi ikon di negara yang mayoritas muslim ini yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal.

Ciri khas yang dimilikinya adalah kubah yang terbuat dari emas murni, dan letaknya terletak di tepi sungai Brunei Kampong Ayer. Lampu-lampu masjid yang cantik akan menyala di malam hari sehingga menambah keindahan di Mesjid, untuk kesini pastikan kamu berpakaian sopan ya dan tentunya selain umat muslim pun bisa mengunjungi tempat ini.

  • Alamat : Jl. McArthur, Bandar Seri Begawan
  • Operasional : 08.00 – 17.30 waktu setempat
  • Tiket masuk : gratis

5. Royal Regalia Museum

Royal Regalia Museum

* sumber: commons.wikimedia.org

Tempat selanjutnya adalah tempat yang bersejarah, yaitu Royal Regalia Museum. Disini kamu bisa melihat berbagai koleksi kerajaan Brunei Darussalam dari masa ke masa dan juga bisa melihat barang-barang pemberian dari negara tetangga yang diberikan kerajaan.

Selain itu terdapat sejarah Brunei Darussalam yang bisa nambah wawasan kamu, untuk datang kesini dilarang mengambil foto dan semua barang disimpan di loker, disediakan juga alas kaki khusus untuk masuk museum ini.

  • Alamat : Jl. Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan BS8611, Brunei
  • Operasional : 09.00 – 17.00 waktu setempat
  • Tiket masuk : gratis
  • Nomor telepon : +673 224 4545

6. Ulu Temburong National Park

Ulu Temburong National Park

* sumber: www.panbright.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Ulu Temburong National Park yang merupakan wisata alam cocok buat kamu yang suk berpetualang, berbagai aneka flora fauna bisa kamu jumpai disini dan terdapat air terjun juga yang tak kalah cantiknya.

Menjadi taman nasional pertama di Brunei menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi, banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan disini salah satunya camping, night jungle walk, kayak hingga rafting. Buat kamu yang ingin datang kesini disarankan saat musim kemarau, apabila datang saat musim hujan akan cukup mengganggu perjalanan kamu menuju Ulu Temburong National Park.

  • Alamat : Jl. Batang Duri, Ulu Temborong National Park Brunei Darussalam
  • Operasional : 08.00-18.00
  • Nomor telepon : +673 884 5695

7. Malay Technology Museum

Malay Technology Museum

Tempat wisata bersejarah selain Royal Regalia Museum ada juga tempat lainnya yaitu Malay Technology Museum yang didirikan pada tahun 1988, untuk sampai ke tempat ini kamu bisa naik taksi karena sedikit kendaraan umum yang lewat tempat wisata ini.

Di museum ini kamu bisa melihat sejarah kehidupan orang Melayu yang tinggal di Brunei, dan menampilkan barang barang zaman dahulu seperti pertukangan logam dan emas, memancing, pembuatan perahu dan lain sebagainya.

  • Alamat : Simpang 482, Kampung Kota Batu, Brunei
  • Operasional : 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk : gratis
  • Nomor telepon : +673 224 4545 

8. One Billionth Barrel Monument

One Billionth Barrel Monument

* sumber: unexpectedtreasureofbrunei.blogspot.com

Tempat selanjutnya adalah One Billionth Barrel Monument, disini kamu bisa melihat sedikit sejarah minyak dan gas di Brunei. Pembangunan monument sendiri untuk memperingati satu miliar tong yang telah diproduksi di Serial Oil Field.

Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun local, apalagi menjelang sore hari pemandangannya sangat bagus ditambah dengan keindahan matahari terbenam di Laut Cina Selatan, juga banyak spot foto cocok untuk para instagramable.

  • Alamat : Seria, Brunei
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : gratis

9. Klenteng Teng Yun

Klenteng Teng Yun

* sumber: www.tripadvisor.co.id

Selain banyak wisata mesjidnya, disini juga terdapat Klenteng Teng Yun yang berada di pinggir jalan Bandar Sri Begawan, bangunannya sangat mencolok karena berada diantara bangunan tinggi lainnya dengan warna merah merona membuat orang tertarik untuk datang kesini.

Tempat ini sangat cocok untuk mengambil foto yang bagus, selain itu kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 2 dollar Brunei untuk mengambil dupa dan berdoa disana. Didirikannya klenteng ini sebagai bukti bahwa Brunei juga termasuk negara yang menjunjung tinggi toleransi beragama.

  • Alamat : Jl. Sungai Kianggeh, Bandar Seri Begawan BS8111, Brunei
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : BND 2 (2 dollar Brunei)

10. Gadong Night Market

Gadong Night Market

* sumber: www.bizbrunei.com

Tempat terakhir yang wajib kamu kunjungi adalah yaitu Gadong Night Market yang merupakan tempat belanja dan wisata kuliner terkenal di Brunei, setelah lelah berkeliling Brunei ada baiknya kamu mengisi perut kesini.

Banyak jajanan dan makanan khas yang dijual disini dan harganya pun sangat terjangkau, salah satu makanannya adalah nasi lemak, ayam madu, nasi goreng sampai seafood yang tak kalah enaknya. Untuk cita rasanya hampir sama dengan di Indonesia jadi pasti cocok di lidah kamu.

  • Alamat : Simpang 37, Bandar Seri Begawan, Brunei
  • Operasional : 15.00 – 22.00
  • Tiket masuk : gratis

Itulah 10 tempat wisata di Brunei Darussalam yang banyak dikunjungi wisatawan asing dan local, apabila kamu ingin merasakan jajanan khas Brunei kamu bisa datang ke Gadong Night Market, dijamin buat kamu ketagihan. Siapkan budget dan waktu luangmu dari sekarang ya untuk berlibur ke negara ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram