10 Destinasi Wisata Menarik di Kota Industri Cikarang

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cikarang dikenal sebagai kota industri terbesar se-Asia Tenggara, dimana di wilayah ini banyak pabrik yang bukan hanya dari dalam negeri saja, ada juga dari luar negeri. Banyaknya pabrik di Cikarang, banyak masyarakat belum mengetahui kalau di sini juga terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Cikarang, banyak berupa waterpark dengan tema yang berbeda-beda. Namun ada juga wisata lain seperti sejarah dan taman rekreasi. Kali ini Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata di Cikarang yang bisa dikunjungi untuk mengisi libur akhir pekan. Simak ulasannya berikut ini!

1. Go! Wet Waterpark

Go! Wet Waterpark

Taman wisata air yang satu ini, pasti sudah tidak asing didengar. Go! Wet Waterpark merupakan taman air terluas dan terbaik di Indonesia, yang lokasi berada di Grand Wisata Bekasi. Tak heran kalau kamu pasti sering melihat iklan tempat wisata ini di televisi ataupun media sosial.

Taman wisata yang dibangun di atas lahan seluas 7,5 hektare ini menyediakan beragam wahana seru. Mulai dari waterboom yang tinggi dengan perosotan yang berkelok-kelok, hingga bermain menggunakan ban karet. Tak hanya itu saja, Go! Wet Waterpark juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menggelar event besar.

  • Alamat : Jl. Boulevard Raya No.Kav.1, Lambangjaya, Tambun Selatan, Bekasi
  • Operasional : 10.30 – 18.30 (weekday), 09.00 – 20.00 (weekend)
  • Tiket masuk : Rp150.000 – Rp250.000
  • Kontak : (021) 2956 0000

2. Trans Snow World Juanda

Trans Snow World Juanda

Bekasi dikenal sebagai kota yang panas dan banyak polusi yang dihasilkan dari pabrik. Namun siapa sangka kalau di Bekasi, kamu bisa merasakan hawa dingin seperti salju. Sejak tahun 2019, telah hadir Trans Snow World Juanda yang merupakan dunia salju pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Trans Snow World terletak di lantai tiga dari area Trans Studio Park Juanda. Luas tempat bermain ini sekitar 6.500 hektare dan mampu menampung hingga 1000 pengunjung. Trans Snow World memiliki suhu maksimal 12 derajat celcius. Di sini kamu bisa bermain lempar salju dan membuat boneka salju.

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No.180, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi
  • Operasional : 11.00 – 19.00 (weekday), 10.00 – 20.00 (weekend)
  • Tiket masuk : Rp200.000 – Rp275.000
  • Kontak : (021) 8269 2727

3. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang

Selain Go! Wet Waterpark, ada pula Waterboom Lippo Cikarang yang sangat terkenal. Ini merupakan satu-satunya taman wisata air yang ada di Lippo Cikarang. Waterboom Lippo Cikarang dirancang sebagai taman rekreasi kelas dunia yang mengusung konsep nuansa Bali.

Waterboom Lippo Cikarang menawarkan suasana alam yang asri di tengah kawasan industri, dengan nuansa teduh, nyaman, dan dilengkapi dengan berbagai wahana seru. Di sini kamu bisa bermain seluncur yang sangat tinggi menggunakan ban karet berkapasitas dua orang. Cocok sebagai tujuan liburan bersama teman-teman.

  • Alamat : Jl. Madiun Kav.115, Lippo Cikarang, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi
  • Operasional : 09.00 – 17.00 (weekday), 08.00 – 18.00 (weekend)
  • Tiket masuk : Rp60.000 – Rp95.000
  • Kontak : (021) 8990 7711

4. Taman Sehati

Taman Sehati

* sumber: www.kompasiana.com

Butuh tempat refreshing yang gratis dan cocok untuk wisata keluarga? Taman Sehati Cikarang dapat dijadikan sebagai pilihan. Terletak di Kompleks Olah Raga Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Taman Sehati memberikan fasilitas yang lengkap untuk sekadar rekreasi.

Sejak dibuka pada tahun 2016, taman ini cukup ramai dikunjungi, terlebih ketika dilakukan perbaikan pada tahun 2018 hingga memberikan nuansa baru yang sangat menarik. Taman Sehati dilengkapi dengan area bermain anak, serta spot untuk berfoto.

  • Alamat : Stadion Wibawa Mukti, Sertajaya, Cikarang Timur, Bekasi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

5. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya

Jika biasanya buaya bisa kamu lihat di kebun binatang, ternyata di Bekasi, ada penangkaran buaya yang besar. Taman Buaya Indonesia Jaya memelihara sekitar 500 buaya, diantaranya ada 423 ekor buaya muara Sumatera, 30 ekor buaya Kalimantan, 2 ekor buaya albino, dan 2 ekor buaya Irian.

Taman yang didirikan pada tahun 1991 ini mengembangbiakan buaya hingga beberapa diantaranya dijadikan sebagai buaya atraksi. Kurang lebih ada sekitar 13 ekor buaya yang atraksinya dapat dilihat langsung oleh pengunjung.

  • Alamat : Jl. Raya Cikarang – Cibarusah No.18, Sukaragam, Serang Baru, Bekasi
  • Operasional : 09.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp12.000 (dewasa), Rp6.000 (anak-anak)

6. Gedung Juang 45

Gedung Juang 45

* sumber: realitarakyat.com

Bekasi juga memiliki situs bersejarah yang terletak di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Meski bukan masuk ke wilayah Cikarang, tempat bersejarah ini dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan ketika liburan atau sedang berada di Cikarang. Gedung Juang 45 ini dibangun oleh bangsawan dan tuan tanah dengan dua tahap hingga akhirnya seperti yang dapat dilihat saat ini.

Gedung Juang 45 terletak tak jauh dari perbatasan wilayah terluar Batavia pada zamannya. Tempat ini pernah dijadikan sebagai lokasi untuk perundingan pertukaran tawanan Belanda dengan pejuang kemerdekaan Indonesia. Sampai saat ini, Gedung Juang 45 masih aktif dijadikan museum bersejarah di Kabupaten Bekasi.

  • Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin No.39, Setiadarma, Tambun Selatan, Bekasi
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB, Minggu tutup
  • Tiket masuk : Rp2.000

7. Saung Ranggon

Saung Ranggon

Tempat bersejarah lainnya yang ada di Bekasi, khususnya kawasan Cikarang adalah Saung Ranggon. Terletak di Kampung Cikedokan, Saung Ranggon terbilang cukup terpencil. Saung Ranggon dibangun sekitar abad ke-16 oleh putra Pangeran Jayakarta yang datang dan menetap di daerah ini.

Saung Ranggon mulai dikenal sejak ditemukan oleh Raden Abbas pada tahun 1821. Saung ini memiliki tinggi sekitar 3 – 4 meter dari permukaan tanah, dengan luas 7,6 x 7,2 meter. Bentuk rumah panggung berbahan kayu ini diakui sebagai bangunan tertua di Bekasi. Saung Ranggon sudah pernah dilakukan renovasi hingga seperti saat ini.

  • Alamat : Saung Ranggon, Cikarang Selatan, Cikedokan, Cikarang Barat, Bekasi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Hok Lay Kiong

Hok Lay Kiong

* sumber: lionmag.net

Hok Lay Kiong merupakan tempat peribadatan umat Tionghoa, atau sering disebut dengan nama klenteng. Ini adalah klenteng tertua di Bekasi yang usianya sudah lebih dari 350 tahun. Terletak di gang kecil, Hok Lay Kiong terlihat mencolok dengan warna merah yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

Hok Lay Kiong memiliki arti sebagai istana yang mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang berkunjung ke sini. Sampai saat ini, Hok Lay Kiong masih aktif dijadikan sebagai tempat ibadah dan selalu ramai dikunjungi jemaat pada Hari Raya Imlek. Meski ini adalah tempat peribadatan umat Tionghoa, kamu tetap bisa datang ke sini untuk wisata religi.

  • Alamat : Jl. Kenari No.1, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

9. Megati Waterpark

Megati Waterpark

Sebenarnya, ada banyak waterpark di Bekasi. Setelah membahas Go! Wet Waterpark dan Waterboom Lippo Cikarang, kini ada Megati Waterpark Cikarang yang memiliki wahana mandi busa di dalam kolam jumbo. Pengunjung bisa merasakan bermain busa yang tampak seperti salju.

Seperti halnya waterboom lain, Megati Waterpark juga menyediakan wahana lainnya, seperti seluncur, air mancur, ontang-anting, hingga fountain ball. Selain itu, ada pula kolam ombak yang memberikan sensasi bermain ombak di tepi pantai.

  • Alamat : Jl. Pilar Sukatani, Karangsetia, Karangbahagia, Cikarang Utara Bekasi
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp35.000 – Rp50.000
  • Kontak : 0852-1234-5607

10. Taman Limo Cikarang

Taman Limo Cikarang

* sumber: tempatwisataseru.com

Cikarang kini sudah dilengkapi banyak taman rekreasi yang seru. Salah satunya Taman Limo Jatiwangi yang menawarkan panorama alam, dimana banyak ditumbuhi tanaman dan bunga. Di sini terdapat banyak spot foto menarik seperti jembatan bambu, kolam pancing, taman bunga, serta ada pula playground dan panggung hiburan.

  • Alamat : Jatiwangi, Cikarang Barat, Bekasi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Demikian ulasan tentang 10 destinasi wisata di Cikarang yang dapat dikunjungi. Ternyata, tak perlu jauh ke luar daerah untuk mengisi hari libur. Cikarang sudah di dilengkapi dengan wisata menarik yang tak kalah seru. Sudah ada rencana untuk wisata di Cikarang?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *