8 Tempat Wisata di Kemiling Lampung yang Hits dan Kekinian

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kemiling merupakan nama sebuah kecamatan yang berada di Kota Bandar Lampung. Lokasi kecamatan ini terletak di daerah perbatasan antara Kota Bandar Lampung dengan Kabupaten Pesawaran sehingga daerahnya sangat strategis. Seperti daerah lain di Lampung, kecamatan ini juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Kemiling suasananya rata-rata asri karena masih banyak pepohonan. Dulunya kawasan ini memang daerah resapan air untuk wilayah Kota Bandar Lampung.

Umumnya wisata di Kemiling berupa wisata alam yang berbentuk taman atau obyek wisata yang kekinian. Mau tahu tempat wisata di Kemiling? Yuk, kita intip daftarnya di sini!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Lampung Selatan yang Sangat Seru

1. Kampung Vietnam

  • Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro, Sumber Agung, Kec. Kemiling, Bandar Lampung, Lampung
  • Jam buka: 10.00 – 22.00
  • HTM: Rp5.000

Kampung Vietnam adalah tempat wisata di Kemiling yang masih baru. Tempat wisata ini langsung digemari oleh para pengunjung, khususnya kaum muda. Pada akhir 2020-an Kampung Vietnam menjadi tempat wisata hits. Ketika tiba di tempat wisata ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan sangat memukau.

Untuk menikmati tempat ini, sangat pas jika kamu ditemani secangkir kopi hangat. Sambil menyeruput kopi, kamu bisa menikmati pemandangan berupa pepohonan hijau yang rimbun. Apalagi pada pagi hari, udara yang segar dan dingin cocok sekali untuk membantu menenangkan pikiran.

Penyuka fotografi dan swafoto, pastikan untuk tidak melewatkan tempat yang satu ini karena di sini banyak spot yang kece banget. Untuk menikmati tempat wisata di Kemiling ini, tak perlu merogoh kocek yang dalam karena tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang.

2. Lengkung Langit

Lengkung LangitSumber: instagram.com
  • Alamat: Pinang Jaya, Kec. Kemiling, Bandar Lampung, Lampung
  • Jam buka: 09.00 – 21.00
  • Telepon: 0821-8038-0187
  • HTM: Rp10.000

Tempat wisata di Kemiling ini merupakan sebuah destinasi wisata kekinian yang digandrungi tak hanya oleh kawula muda karena anak-anak dan orang tua pun senang mampir ke sini. Nama tempatnya adalah Lengkung Langit dan sedang hits belakangan ini.

Kepopulerannya ini bukan tanpa alasan. Tempat wisata Lengkung Langit menyajikan suguhan berupa pemandangan cakrawala dilengkapi dengan rimbunan pepohonan dari ketinggian sekitar 300 meter.

Kesan alami tempat wisata ini menjadi lengkap dengan penampakan Gunung Betung. Saat malam hari, di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan lampu yang kerlap-kerlip di Bandar Lampung.

Di tempat ini terdapat spot-spot foto yang instagramable. Misalnya saja spot foto yang berupa bangunan berwarna-warni yang unik. Untuk menikmati semua ini, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja. Kalau membawa kendaraan, tarif parkirnya antara Rp3.000 – Rp5.000.

3. Lengkung Langit 2

Lengkung Langit 2Sumber: instagram.com
  • Alamat: Sumber Agung, Kec. Kemiling, Bandar Lampung, Lampung
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Telepon: 0821-8038-0187
  • HTM: Rp20.000

Lengkung Langit 2 memiliki konsep tempat wisata yang sama dengan Lengkung Langit 1, yang berupa sebuah cafe dengan suasana lembah. Yang membedakan hanya arah view-nya saja. Lengkung Langit 2 view-nya ke arah Selatan, yakni pemandangan Kota Bandar Lampung serta Teluk Lampung.

Beragam wahana menarik tersedia di sini, seperti gapura bambu, rumah pohon, kolam terapi, kolam ikan, rumah ranting, serta perahu kaca yang banyak digemari.

Lengkung Langit 2 memiliki food court yang diisi oleh UMKM setempat. Mereka menjajakan makanan serta minuman. Tiket masuk ke tempat wisata di Kemiling ini sebesar Rp20 ribu. Untuk anak-anak gratis, lho!

4. Tahura WAR Lampung

Tahura WAR LampungSumber: lampuung.com
  • Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Sumber Agung, Kec. Kemiling, Kab. Pesawaran, Lampung
  • Jam buka: 09.00 – 23.00
  • Telepon: 0823-7628-5577
  • Harga: Rp5.000

Terletak di wilayah Sumber Agung yang populer sebagai kampung durian, tempat wisata di Kemiling ini cocok untuk jadi destinasi wisata anak juga orang dewasa.

Objek wisata ini berupa tempat penangkaran rusa. Nama tempatnya adalah Tahura WAR Lampung. Ini merupakan tempat untuk bermain anak-anak yang mengasyikkan.

Di tempat penangkaran rusa yang ada di Tahura WAR ini tersedia banyak tempat duduk yang terbuat dari kayu. Di sini juga terdapat ayunan untuk bermain anak.

Para orang tua bisa mengajak anak mereka melihat rusa-rusa yang berkeliaran di dalam penangkaran dan membeli makan untuk rusanya. Makanan rusa bisa dibeli di tempat ini.

Tahura WAR Lampung juga memiliki gazebo yang terbuat dari bambu. Pengunjung bisa makan siang sambil melihat rusa yang bermain serta mendengarkan gemericik air.

Terdapat sebuah rumah pohon yang menjadi tempat yang asyik untuk berfoto. Oh iya, di tempat penangkaran rusa ini terdapat warung sehingga kalau lapar bisa membeli makanan di sini.

Ada juga mushola berbentuk gazebo untuk beribadah. Harga tiket untuk masuk tempat ini sebesar Rp5 ribu saja.

5. Lembah Durian Farm & Stable

Lembah Durian Farm & StableSumber: instagram.com
  • Alamat: Kedaung, Kemiling, Bandar Lampung, Lampung
  • Jam buka: 09.00 – 16.30
  • Telepon: 0822-6941-2219
  • HTM: Rp5.000

Tak hanya wisata alam, di Kemiling juga terdapat wisata yang menawarkan wisata edukasi. Tempat wisata ini cocok dinikmati oleh semua anggota keluarga. Di Lembah Durian Farm & Stable, anak-anak dapat diajak melihat beragam jenis pepohonan, seperti pohon durian ataupun alpukat.

Tak hanya belajar tentang alam, anak-anak juga dapat belajar untuk menunggang kuda. Mereka bisa belajar mengenai jenis kuda dan tentu saja belajar menungganginya dengan benar. Tiket masuk tempat wisata di Kemiling ini sebesar Rp5.000 per orang.

Untuk belajar berkuda yang singkat, harganya sekitar Rp15.000 s/d Rp20.000. Kalau ingin kursus berkuda, dikenakan biaya Rp100 ribu/pertemuan.

6. Camp 91

Camp 91Sumber: instagram.com
  • Alamat: Kedaung, Kemiling, Bandar Lampung, Lampung
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • HTM: sekitar Rp10.000 – Rp15.000

Camp 91 merupakan tempat wisata di Kemiling yang memiliki beragam fasilitas dan wahana wisata. Objek wisata ini cocok sekali untuk jadi tempat bermain anak.

Lokasinya berada di kawasan perbukitan, jadi udaranya masih sejuk. Banyak juga spot selfie yang menarik di sini. Pengunjung bisa mencoba kolam renang mini serta jembatan selfie.

Tempat wisata ini semakin memukau dengan latar belakang pemandangan Gunung Betung. Untuk penyuka fotografi, pastinya ini obyek yang menarik untuk abadikan melalui lensa kamera.

Di sini juga ada rumah pohon yang sangat instagramable. Di spot ini banyak pengunjung yang berfoto dan mengunggah foto mereka di media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Ada juga wahana bernama Canopi Trail yang kapasitas maksimal hanya untuk 6 orang. Karena itu, untuk mencoba wahana ini, pengunjung harus mau bergantian. Datanglah pagi hari jika ingin bisa bebas menikmati semua wahana tanpa antre karena umumnya di waktu itu pengunjung belum banyak.

Seperti namanya, tempat wisata ini memang merupakan area untuk outbond. Jadi, di sini tersedia wahana untuk outbond. Pengunjung bisa mencoba wahana flying fox dengan membayar sebesar Rp15 ribu saja. Ada juga motor ATV bagi yang hobi memacu adrenalin.

7. Batu Lapis Sumber Agung

Batu Lapis Sumber AgungSumber: lampuung.com
  • Alamat: Tahura Wan Abdul Rahman, Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung, Lampung
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: -

Batu Lapis merupakan sebuah cerukan yang berada di kaki Gunung Betung. Aliran air dari gunung tersebut mengalir melewati bebatuan yang tampak seperti berlapis-lapis. Bebatuan ini sudah terbentuk semenjak sekitar 100.00 tahun. Untuk pencinta alam, tempat ini jadi tujuan untuk trekking ataupun hiking.

Batu Lapis merupakan sebuah aliran air sungai yang terbentuk secara alamiah. Tempat ini biasa juga disebut sebagai air terjun mungil karena memiliki ukuran yang kecil.

Air di sini hanya ada saat musim hujan saja. Batu Lapis dialiri air yang bersih dan dingin sehingga terasa segar saat menyentuhnya. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung akan melewati Taman Hutan Raya.

Perlu kondisi tubuh yang fit untuk sampai ke tempat ini meskipun medannya tak begitu berat. Jika ingin berkunjung ke Batu Lapis, jangan datang saat musim kemarau. Ini karena di musim kemarau airnya akan surut.

8. Lembah Naga Kedaung

Lembah Naga KedaungSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Terusan Ragom Gawi III, Kedaung, Kec. Kemiling, Bandar Lampung, Lampung
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Telepon: 0811-792-912
  • HTM: Rp5.000

Lembah Naga Kedaung adalah tempat wisata religi dan edukasi yang berada di Kemiling, Bandar Lampung. Tempat ini merupakan destinasi wisata alam yang cukup ramah keluarga. Lokasinya berada di Jl. Terusan Ragom Gawi III, Kedaung, Kec. Kemiling, Bandar Lampung.

Ketika memasuki tempat wisata di Kemiling ini, pengujung akan melewati pintu masuk yang bahannya berupa bambu. Karena cukup ikonik, pintu masuk ini kerap kali dijadikan spot berfoto.

Di dalamnya terdapat beragam permainan anak, seperti ayunan dan mobil-mobilan. Ada juga fasilitas berupa aula dan panggung yang dapat digunakan untuk acara tertentu.

Untuk bersantai dan makan siang, di sini terdapat beberapa gazebo. Spot foto menarik dan kekinian yang terbuat dari beragam jenis kayu tersedia juga di tempat ini. Penggemar camping, bisa berkemah di camping ground.

Tempat wisata di Kemiling Lampung ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Biasanya begitu menyebut Lampung, orang akan teringat dengan Pulau Pahawang. Pulau itu memang terkenal di kalangan wisatawan karena keindahan pulau dan alam bawah lautnya.

Kini, selain berlibur ke Pulau Pahawang, wisatawan juga bisa berkunjung ke tempat wisata di Kemiling. Ayo, siapkan budget untuk liburan segera.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram