10 Tempat Wisata di Lampung Selatan yang Seru untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lampung Selatan merupakan kabupaten di Provinsi Lampung yang menjadi pintu masuk Pulau Sumatera dari bagian selatan. Lampung Selatan memiliki teluk yang besar dan dikenal dengan nama Teluk Lampung. Di sini, terdapat Pelabuhan Panjang yang menjadi tempat bersandar bagi kapal dari dalam dan luar negeri.

Kabupaten yang berbatasan dengan Selat Sunda dan hanya berjarak sekitar 30 km dari Pelabuhan Merak di Provinsi Banten ini menyimpan banyak destinasi wisata menarik, mulai dari pantai, pulau kecil, hingga dataran tinggi yang sayang jika dilewatkan.

Jika kamu berencana untuk liburan ke Lampung, berikut ini 10 destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika liburan ke Lampung Selatan.

1. Pantai Embe

Pantai Embe

Pertama yang bisa kamu kunjungi di Lampung Selatan adalah Pantai Embe yang terletak di Kalianda dan tak jauh dari jalur Lintas Trans Sumatera. Pantai ini cocok dijadikan sebagai destinasi yang pertama dikunjungi ketika sampai di Provinsi Lampung karena letaknya yang strategis dan dilewati angkutan umum dari Pelabuhan Bakauheni.

Pantai Embe Kalianda menyuguhkan pemandangan yang eksotis dengan berlatarkan gagahnya Gunung Rajabasa dari kejauhan. Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo untuk istirahat, kantin, permainan tradisional, hingga lapangan untuk melakukan voli pantai ataupun sepak bola.

  • Alamat : Merak Belantung, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp20.000
  • Kontak : (0727) 322 900

2. Taman Batu Granit

Taman Batu Granit

* sumber: ngetripkemana.com

Jika biasanya kamu melihat batu granit di dalam goa, maka ketika ke Lampung Selatan, kamu bisa melihat batu granit di atas bukit yang tersusun rapi secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Taman yang terletak di kawasan perkebunan karet ini menjadi salah satu ikon dan selalu menarik untuk dikunjungi.

Di Taman Batu Granit, kamu bisa melihat pemandangan perkebunan karet yang hijau dan rimbun, dengan pola yang rapi dan cantik untuk difoto. Tempat ini masih terbilang alami, meski sudah dijadikan sebagai tempat wisata. Karena itu jika berkunjung ke sini jangan lupa membawa perbekalan yang cukup.

  • Alamat : Jl. Tanjung Bintang Raya, Jati Indah, Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000

3. Kebun Karet Trikora

Kebun Karet Trikora

Perkebunan Karet sangat menarik dan estetik untuk dijadikan sebagai spot berfoto. Pepohonan yang berjajar rapi, bahkan bisa membentuk seperti sebuah lorong. Seperti halnya di Lampung Selatan ini. Ada Kebun Karet Trikora yang semula menjadi kawasan sepi dan mencekam. Hingga akhirnya dikelola dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Kebun Karet Trikora kini sering menjadi tempat untuk foto prewedding bagi pasangan yang hendak melakukan pernikatan. Pohon yang sedikit membungkuk hingga membentuk sebuah lorong ini sekarang ramai dikunjungi wisatawan.

  • Alamat : Rejomulyo, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Pemandian Air panas Way Belerang

Pemandian Air panas Way Belerang

Lampung Selatan terbilang lengkap karena tak hanya pantai saja, tetapi juga ada gunung. Di kaki Gunung Rajabasa terdapat tempat Pemandian Air Panas Way Belerang yang aliran airnya berasal dari sumber air panas Gunung Rajabasa.

Pemandian Air Panas Way Belerang sudah ada sejak zaman Belanda karena dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Suasana alam yang sejuk khas daerah pegunungan, membuat pengunjung betah wisata di sini. Tak hanya berendam di air panas saja, kamu pun bisa mencoba kuliner khas Lampung Selatan yang dijajakan di sini.

  • Alamat : Kalianda, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000 – Rp10.000
  • Kontak : 0853-7630-2075

5. Gunung Rajabasa

Gunung Rajabasa

Bagi kamu yang suka mendaki gunung, cobalah mendaki Gunung Rajabasa di Lampung Selatan ini. Gunung dengan ketinggian 1281 meter di atas permukaan laut ini tidak bisa dianggap remeh. Meskipun ketinggiannya terbilang rendah, jalur pendakian Gunung Rajabasa terbilang cukup menantang dengan hutan belantara yang cukup lebat.

Pendakian ke Gunung Rajabasa dapat ditempuh dengan waktu sekitar 7 jam perjalanan dengan berjalan santai. Dari gerbang pendakian sampai ke Pos 1 saja membutuhkan waktu 2 jam. Namun jika kamu suka dengan aktivitas ini, pasti tertarik untuk mendakinya. Di puncak Gunung Rajabasa, kamu bisa melihat lautan yang biru dan memesona.

  • Alamat : Sumur Kumbang, Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

6. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam

Gunung Rajabasa bukan hanya dikenal dengan jalur pendakiannya yang menantang, tetapi di sekitarnya terdapat destinasi yang tak kalah menarik, seperti Air Terjun Way Kalam. Air terjun ini dikelilingi pepohonan yang besar dan terdapat batuan besar di sekitarnya. Aliran air di Air Terjun Way Kalam ini berasal dari Gunung Rajabasa.

Air terjun yang dikelola langsung oleh kelompok sadar wisata atau Pokdarwis dari Desa Way Kalam ini dilengkapi dengan fasilitas gazebo untuk pengunjung beristirahat, tempat parkir, hingga tangga yang memudahkan pengunjung untuk berjalan kaki.

  • Alamat : Way Kalam, Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 08.00 – 17.30 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0857-6963-9401

7. Pantai Alau-Alau Kalianda

Pantai Alau-Alau Kalianda

* sumber: hayko.tv

Pantai Alau-Alau sebenarnya adalah boutique resort atau penginapan yang terletak tepat di tepi pantai. Namun karena keindahannya, pantai ini cukup terkenal bagi kalangan wisatawan. pantai berpasir putih nan halus dengan air laut yang jernih membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sini.

Tak hanya itu saja, Pantai Alau-Alau terdapat pohon yang berada di tengah pasir pantai, dan dilengkapi dengan ayunan yang bisa dijadikan sebagai tempat santai atau untuk sekadar berfoto. Meski tersedia beberapa penginapan, pantai ini tetap alami dan terbilang cukup sepi jika dibandingkan dengan Pantai Pahawang.

  • Alamat : Jl. Sinar Laut, Way Urang, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

8. Menara Siger

Menara Siger

* sumber: www.helloindonesia.id

Jika kamu liburan ke Lampung menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, maka salah satu hal yang bisa kamu lihat ketika sudah mendekat ke Pulau Sumatera adalah Menara Siger. Menara ini menjadi landmark bagi Provinsi Lampung yang juga sebagai titik nol di selatan Sumatera.

Menara Siger terlihat mencolok dengan warna kuning keemasan yang berbentuk sembilan kerucut yang berderet memanjang. Bentuk Menara Siger diadaptasi dari mahkota bagi pengantin wanita dalam adat Lampung yang sering disebut siger. Monumen Siger menjadi salah satu yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Lampung.

  • Alamat : Jl. Lintas Sumatera, Bakauheni, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pulau Sebesi

Pulau Sebesi

Pulau Sebesi merupakan pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, wilayah paling selatan dari perairan Lampung. Pulau Sebesi letaknya paling dekat dengan gugusan Gunung Krakatau dan menjadi saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Pulau Sebesi menjadi salah satu pulau yang menjadi tujuan wisatawan yang datang dari Jawa maupun Sumatera. Pulau berpenghuni ini dapat diakses menggunakan kapal motor atau kapal kayu dengan harga yang sangat terjangkau, cocok dijadikan sebagai destinasi untuk backpacker ke Lampung.

  • Alamat : Pulau Sebesi, Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

10. Pulau Sebuku

Pulau Sebuku

Selain Pulau Sebesi, ada pula Pulau Sebuku yang merupakan pulau terpencil nan cantik di kawasan Lampung Selatan. Pulau ini menjadi pulau tak berpenghuni terbesar di Selat Sunda yang berjarak sekitar 2.5 km dari Pulau Sebesi.

Pulau Sebuku menjadi salah satu daya tarik wisata di Lampung Selatan terutama bagi pecinta wisata bahari. Di pulau ini, kamu bisa melihat secara jelas gugusan anak Gunung Krakatau yang berasal dari sisa letusan Gunung Krakatau pada masa lampau. Pulau yang tidak berpenghuni ini sangat memesona dan menenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

  • Alamat : Pulau Sebuku, Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

Jika kamu membutuhkan tempat refreshing yang mudah diakses dari Jakarta, maka Lampung Selatan bisa jadi pilihan. Ayo liburan ke Lampung Selatan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *