10 Tempat Wisata di Ngawi yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ngawi merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pesisir barat Provinsi Jawa Timur dan menjadi pintu masuk dari arah Jawa Tengah menuju Madiun dan Surabaya. Kabupaten Ngawi berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, serta Kabupaten Grobogan, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Blora yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah.

Jika kamu hendak menuju Solo dari Surabaya ataupun sebaliknya, maka akan melewati Kabupaten Ngawi sebagai jalur utama yang menghubungkan dua kota tersebut. Sayangnya masih banyak orang belum mengenal wisata yang ada di Ngawi, padahal wisata di sini tak kalah dengan wisata lain di Jawa Timur. Berikut ini 10 destinasi wisata di Ngawi yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark

Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark

* sumber: tripjalanjalan.com

Waterpark sering dijadikan sebagai tujuan untuk rekreasi keluarga. Seperti halnya dengan yang ada di Ngawi, yaitu Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark. Tempat wisata ini menyediakan beragam wahana seru, seperti ember tumpah, waterboom, boom-boom boat, hingga flying fox.

Apabila berencana bermain air tetapi tidak bisa berenang, Taman Wisata Tirtonirmolo menyediakan penyewaan ban atau pelampung. Jika masih merasa kurang puas dengan wahana air, di sini disediakan wahana darat juga seperti ATV, bianglala, kereta elektrik, serta boom-boom car.

  • Alamat : Jl. Raya Ngawi-Madiun KM.7, Sambi, Tempuran, Ngawi, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp12.500/orang
  • Kontak : (0351) 745 581

2. Bukit Kerek Indah Ngawi

Bukit Kerek Indah Ngawi

Ngawi memiliki destinasi wisata alam dimana kamu bisa melihat pemandangan dari ketinggian. Tepatnya di Bukit Kerek Indah Ngawi. Tempat wisata yang terbilang masih baru ini direkomendasikan untuk dikunjungi, dan pengelolaannya dilakukan langsung oleh masyarakat Desa Kerek mulai tahun 2017.

Tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang untuk berfoto, hingga gazebo untuk beristirahat. Di bukit, kamu bisa melihat pemandangan pepohonan hijau yang terbentang luas, serta aliran sungai yang tenang dari ketinggian.

  • Alamat : Jl. Bojonegoro-Ngawi, Napel, Kerek, Ngasi, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp2.000

3. Omah Watu

Omah Watu

Jika biasanya melihat rumah terbuat dari batu bata yang direkatkan dengan semen, di Ngawi ada rumah yang terbuat dari batu tanpa dipoles apapun, sehingga terlihat unik dan menarik untuk dikunjungi. Omah Batu, atau dalam bahasa Indonesia disebut “rumah batu” merupakan bangunan yang digagas oleh Mbah Sarengat.

Pengumpulan dan pembangunan Omah Batu dilakukan mulai tahun 1970-an, tetapi sampai Mbah Sarengat wafat, bangunan ini belum selesai dibangun, serta tidak ada warga yang inisiatif meneruskan pembangunan. Sampai akhirnya, Omah Watu memiliki banyak spot menarik di dalamnya. Tempat ini cocok dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

  • Alamat : Ngroto, Ngendut, Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000

4. Taman Candi Ngawi

Taman Candi Ngawi

Membutuhkan tempat rekreasi di Kabupaten Ngawi, kamu bisa kunjungi Taman Candi yang letaknya tak jauh dari jalur utama Jalam Maospati – Solo. Taman ini merupakan ruang terbuka hijau yang baru dibuat sekitar tahun 2018. Namun sejak pembangunannya belum selesai, tempat ini sudah ramai dikunjungi oleh masyarakat Ngawi.

Pada saat pembukaan secara resmi, Taman Candi Ngawi semakin ramai dan tidak pernah sepi setiap harinya, terutama pada saat libur akhir pekan. Taman ini menyediakan beragam permainan seru yang cocok untuk anak-anak, serta bisa dijadikan sebagai arena untuk berolah raga pagi.

  • Alamat : Jl. Taman Candi, Ketanggi, Kartoharjo, Ngawi, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 07.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0812-3113-5417

5. Ngawi Agro Techo Park

Ngawi Agro Techo Park

* sumber: ngawikab.go.id

Wisata alam di Ngawi, bisa dilakukan dengan cara yang berbeda, seperti halnya di Agro Techno Park atau biasa disebut ATP. Tempat ini memiliki ciri khas, yaitu tangga yang panjang, dan di puncaknya terdapat bangunan yang bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Agro Techno Park tak hanya memberikan wisata alam saja, di sini ada banyak tempat menarik untuk berfoto. Bahkan tangga yang cukup panjang ini juga cukup instagramable. Selain itu, ada juga sungai alami yang bersih dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

  • Alamat : Ngelo, Wakah, Ngrambe, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 08.00 – 16.30 WIB
  • Tiket Mmasuk : Rp5.000
  • Kontak : (0351) 731 415

6. Benteng Van Den Bosch

Benteng Van Den Bosch

Jawa Timur menyimpan banyak jejak sejarah penjajahan Belanda pada masa lampau. Salah satu wisata sejarah yang bisa dikunjungi di provinsi ini adalah Benteng van den Bosch yang terletak di Kabupaten Ngawi. Benteng ini dibangun di atas lahan seluas 15 hektar, di sudut pertemuan sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun.

Ngawi sempat dijadikan sebagai pusat perdagangan dan pelayaran untuk pertahanan Belanda di wilayah Madiun pada tahun 1825-1830, tepatnya saat Perang Diponegoro berlangsung. Namun pada tahum 1942 benteng ini pernah dibom oleh tentara Jepang dan akhirnya sisa bangunan yang ada, dibiarkan menjadi saksi sejarah Perang Dunia Kedua.

  • Alamat : Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Pelem, Ngawi, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000
  • Kontak : (0351) 749 208

7. Air Terjun Srambang

Air Terjun Srambang

* sumber: travel.detik.com

Kabupaten Ngawi berada di kaki Gunung Lawu yang sebagian wilayahnya memiliki udara yang sejuk. Di sini terdapat beberapa air terjun, salah satunya Air Terjun Srambang. Destinasi yang letaknya sekitar 24 km dari Magetan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk mengisi akhir pekan di Kabupaten Ngawi.

Air Terjun Srambang memiliki tinggi sekitar 25 meter, terdapat kolam alami, sungai yang mengalir dengan tenang, dan banyaknya bebatuan besar yang bisa dijadikan sebagai pijakan atau tempat duduk. Air terjun ini tidak terlalu deras jadi sangat aman untuk dikunjungi bersama anak-anak.

  • Alamat : Girimulyo, Jogorogo, Hutan Jogorogo, Ngawi, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp15.000

8. Museum Trinil Ngawi

Museum Trinil Ngawi

Sama halnya dengan kota lain, Ngawi memiliki museum yang dapat dijadikan sebagai wisata edukasi. Museum Trinil Ngawi dibangun pada tahun 1891, menyimpan ribuan fosil binatang, hingga fosil manusia. Selain itu, ada pula tugu dengan gambar anak panah yang mengarah ke timur laut.

Museum Trinil dikelilingi aliran Sungai Bengawan Solo dan tidak terlalu jauh dari jalur utama Ngawi-Solo. Di sini kamu bisa melakukan wisata edukasi tentang hewan dan manusia purba, serta mempelajari sejarahnya.

  • Alamat : Pilang, Wonokerto, Pilang, Kawu, Kedunggalar, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB, Senin tutup
  • Tiket masuk : Rp5.000

9. Wisata Watu Jonggol

Wisata Watu Jonggol

Jika mendengar kata “Jonggol” mungkin akan terlintas di pikiranmu kalau ini ada di wilayah Bogor. Namun nyatanya, Wisata Batu Jonggol terletak di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Lawu yang dilengkapi dengan panorama alam di sekelilingnya.

Wisata Batu Jonggol terdiri dari air terjun, kolam alami, dan taman rekreasi. Di sini terdapat dua air terjun, yaitu Air Terjun Watu Jonggol dan Air Terjun Kamulyan. Fasilitas yang ada di tempat ini pun terbilang lengkap. Buat kamu yang datang dari luar wilayah Ngawi atau Karesidenan Madiun, bisa menginap di penginapan atau berkemah.

  • Alamat : Pandansari, Sine, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000

10. Monumen Soerjo

Monumen Soerjo

* sumber: wonderfulngawi.wordpress.com

Selain Benteng van den Bosch, ada Monumen Soerjo yang menjadi salah satu tempat bersejarah di Ngawi. Monument ini sangat penting bagi masyarakat Ngawi karena Monumen Soerjo dibangun sebagai tanda penghormatan kepada Gubernur pertama di Provinsi Jawa Timur, yaitu RM. Soerjo yang meninggal akibat insiden PKI.

  • Alamat : Jl. Raya Solo-Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Tambakselo Barat, Kedunggalar, Kabupaten Ngawi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Tak hanya menjadi jalur utama yang menghubungkan Surabaya – Solo, dan sebagai tempat singgah bagi bus antar kota, ternyata Ngawi juga memiliki destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi ketika sedang melintasi jalur ini. Yuk, kunjungi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ngawi!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *