Yuk, Cobain 10 Makanan Khas Ngawi yang Unik dan Enak Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamu tahu di mana letak Kabupaten Ngawi? Ngawi adalah sebuah kota kabupaten di daerah Jawa Timur dan berbatasan dengan Jawa Tengah. Kota ini mempunyai kuliner atau makanan khas yang unik cita rasanya yang tak ditemukan di tempat lain.

Kuliner khas Ngawi ini keunikannya ada pada penggunaan bahan-bahannya. Racikan bumbu khas dalam makanan khas Ngawi merupakan bumbu yang digunakan secara turun-temurun. Hal itulah yang menjadikan kuliner khas Ngawi unik.

Kalau kamu penasaran dengan makanan Ngawi, berikut ini rekomendasi makanan khas Ngawi yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Tepo Tahu Khas Ngawi

Tepo Tahu Khas Ngawi

Kalau kamu orang Ngawi, pasti kamu tak akan asing lagi dengan makanan yang satu ini. Namanya tahu tepo. Makanan khas Ngawi ini banyak ditemui di wilayah Jawa Timur. Ini merupakan menu andalan dan dapat juga ditemui di kota Ngawi.

Tahu tepo ini mempunyai keunikan dibandingkan makanan khas Ngawi lainnya. Kalau kamu pernah tahu lontong, tepo tahu mirip dengan makanan tersebut. Hanya saja bentuk serta teksturnya lebih lembut. Tahunya dimasak dengan dicampur telur terlebih dahulu baru kemudian digoreng.

Kuliner ini umumnya disajikan bersama kuah yang diracik dengan bumbu-bumbu lain yang sederhana, yaitu menggunakan air asam Jawa, kecap serta bumbu halus lainnya. Walaupun nampak sederhana tapi tepo tahu khas Ngawi ini adalah makanan yang banyak penggemarnya. Kamu pasti ketagihan dibuatnya.

2. Nasi Pecel Ngawi

Nasi Pecel Ngawi

* sumber: azzamaviero.com

Salah satu kuliner khas dari Jawa Timur adalah pecel. Makanan ini hampir bisa ditemui di tiap daerah di Jawa Timur. Di Ngawi pun kuliner ini bisa kamu jumpai. Namun terdapat perbedaan antara nasi pecel umumnya dengan nasi pecel dari Ngawi.

Yang menjadi perbedaan adalah cara penyajiannya. Nasi pecel khas Ngawi disajikan menggunakan daun pisang dengan bentuk segitiga. Selain itu, bumbu kacangnya pun mempunyai tekstur yang tidak begitu halus sehingga kacang gorengnya masih bisa kamu rasakan.

Penyajian pecel khas Ngawi sering juga ditambahkan rempeyek serta sambal tumpang. Tahu sambal tumpang? Sambal ini unik karena dibuat dari tempe busuk kemudian dicampur dengan santan, kencur, dan daun jeruk. Inilah perbedaan antara nasi pecel Ngawi dengan nasi pecel yang lainnya.

3. Lethok

Lethok

Lethok atau disebut juga oleh banyak orang dengan istilah sambal tumpang adalah makanan khas Ngawi yang dibuat dari racikan bermacam-macam bumbu khusus yang khas. Umumnya, lethok ini disantap bersama dengan nasi pecel atau pecel tumpang.

Kuliner dari kota Ngawi ini dimasak menggunakan tempe. Adapun jenis tempa yang jad bahan utama adalah tempe semangit. Tempe semangit adalah jenis tempe yang difermentasikan. Butuh waktu beberapa hari agar bisa mendapatkan aroma serta rasa yang lebih kuat.

Bumbu lain yang ditambahkan dalam pembuatan lethok daun jeruk juga kencur. Kedua bumbu ini tentunya membuat aroma lethok semakin lebih harum dan juga enak. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, jangan lewatkan untuk mencicipi lethok saat di Ngawi.

4. Sate Khas Ngawi

Sate Khas Ngawi

Sepertinya sate sudah menjadi makanan yang umum ditemui di Indonesia. Selain itu, makanan ini juga memiliki banyak ragamnya. Sebut saja ada sate taichan, sate madura, sate lilit, sate padang dan sate klathak. Tiap daerah memiliki sate dengan cita rasa yang berbeda-beda.

Sama halnya dengan sate dari Ngawi yang juga punya ciri khasnya tersendiri. Mirip dengan sate madura tapi sate khas Ngawi tidak begitu banyak menggunakan kecap. Untuk kamu yang tidak begitu suka dengan rasa manis, sate khas Ngawi ini sangat cocok sekali.

5. Ledre

Ledre

Sebenarnya ledre adalah makanan khas Bojonegoro, tapi kuliner ini juga ada di Ngawi. Kamu suka egg roll? Nah, ledre penampilannya mirip dengan egg roll. Hanya saja bahan yang digunakannya berbeda. Ledre sendiri dibuat dari bahan-bahan, seperti tepung beras, gula pasir pisang raja, dan juga santan.

Meski penampilan makanan khas Ngawi ini tampak sederhana, tapi jangan tanya rasanya. Ledre  memiliki rasa yang manis serta aromanya khas. Makanan ini bisa kamu temui di para penjual oleh-oleh khas Ngawi.

6. Tongseng Kambing Pedas

Tongseng Kambing Pedas

* sumber: foodjawatimur.blogspot.com

Suka makanan berbahan dasar kambing? Kalau kamu jalan-jalan ke kota Ngawi, pastikan untuk mencoba salah satu makanan khas Ngawi yang berbahan dasar daging kambing. Tongseng kambing pedas khas Ngawi ini mudah ditemui di penjual-penjual sate dan gule.

Seperti tongseng kambing umumnya, bahan untuk membuat tongseng kambing pedas pun dibuat dari daging kambing pilihan. Daging kambing kemudian dicampur dengan bahan rempah lain dan santan. Penjual tongseng kambing pedas yang terkenal di Ngawi ada di Jalan Ahmad Yani, yaitu Sate Gule.

7. Keripik Tempe

Keripik Tempe

* sumber: nurulkhasanah22.wordpress.com

Makanan ini sebenarnya tak hanya dijumpai di Ngawi. Keripik tempe banyak ditemui di daerah-daerah lain di Indonesia. Namun Keripik Tempe dari ngawi memiliki ciri khas tersendiri. Makanan dari Ngawi ini pas untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Rasa kripik tempe khas Ngawi yang unik berasal dari pemberian bumbu istimewa, seperti cabai, jeruk dan kencur sehingga rasanya pedas. Keripik tempe ini selain sebagai teman makan juga bisa jadi camilan di sore hari saat minum teh hangat.

8. Rawon

Rawon

Rawon umumnya dikenal sebagai makanan khas dari Jawa Timur. Namun, makanan ini juga bisa ditemui di Jawa Tengah, di daerah Surakarta. Di daerah Pasuruan ada rawon yang sangat populer, yaitu Rawon Nguling. Sedangkan di Surabaya ada Rawon Setan.

Selain di dua kota tersebut, rawon juga ada yang berasal dari Ngawi. Makanan yang berbahan dasar daging dan tauge ini juga ada di Ngawi. Bumbu yang digunakan untuk rawon di antaranya, kluwek, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, cabai, kunir, lengkuas, serai, dan garam.

Jika kamu liburan ke kota Ngawi, ada satu tempat yang kamu kunjungi untuk mencicipi rawon khas Ngawi. Tempatnya bernama Warung Rawon yang berada di jalan Trunojoyo. Harganya dijamin ramah untuk dompetmu.

9. Dodol Jambu

Dodol Jambu

Kamu pernah mendengar tentang dodol jambu sebelumnya? Di Desa Hargomulyo, daerah Kecamatan Ngrambe, Ngawi ada makanan hasil inovasi dari perempuan asli desa Hargomulyo yang bernama Eva Agustiyana. Panganan ini bernama dodol jambu merah.

Ide ini dikembangkan oleh Eva sesudah lulus kuliah di Malang. Dia mencoba membuat camilan khas Ngawi untuk dijadikan oleh-oleh. Jambu merah selain rasanya enak juga banyak kandungan vitamin. Jika umumnya jambu merah hanya dimakan biasa saja, di tangan Eva jambu merah diubah jadi dodol.

Dodol Jambu tersebut kemudian dia masukan dalam kemasan yang cantik dengan memakai besek bambu. Jadi, kalau kamu ke Ngawi, cobalah dodol jambu hasil inovasi Eva ini.

10. Cokelat Tempe

Cokelat Tempe

Cokelat tempe? Aneh nggak, sih? Ini satu lagi makanan khas Ngawi yang unik. Namanya cokelat tempe. Jika kamu sering makan tempe, biasanya tempe diolah jadi gorengan atau kripik. Di Ngawi, tempe ini dibuat menjadi camilan yang dicampur dengan cokelat.

Makanan ini berasal dari Danguk Karangjati. Yang memiliki ide ini adalah Masyrifah Hidayati Nur. Di rumah produksinya dia membuat kreasi baru dari bahan tempe yang dicampur dengan cokelat. Hasil kreasi itu diberi nama Coklat Awicho. Cokelat Tempe Awicho adalah oleh-oleh khas Ngawi yang unik.

Di Nusantara ini banyak makanan-makanan yang unik dan menarik. Ada makanan tradisional juga makanan hasil kreasi terbaru seperti makanan khas Ngawi yang bernama cokelat tempe dan dodol jambu. Kalau liburan, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Ngawi yang unik-unik ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *