10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ubud adalah kota yang indah di Bali, Indonesia. Ubud menarik wisatawan dari seluruh dunia karena hutan hujannya yang indah, sawah bertingkat, pegunungan dan bukit yang asri, kerajinan tradisionalnya, dan juga kuil dan tempat pemujaan agama Hindu.

Sangat tidak adil rasanya, Ubud memiliki segalanya, mulai dari keajaiban alam, keindahan arsitektur, dan makanan yang menakjubkan. Tapi, memang itu keadaannya. Anda akan terkagum-kagum melihat keindahan di seluruh kota Ubud.

Jika Anda berencana Keluyuran ke tanah Ubud yang indah ini, pastikan Anda tahu tempat mana saja yang harus dijelajahi. Scroll ke bawah untuk mengetahui apa yang menanti Anda di Ubud.

1. Pura Tirta Empul

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 1

*Sumber: https://www.instagram.com/yana_leventseva/

Pura Tirta Empul adalah pura Hindu di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Perbedaan pura ini dengan pura lainnya adalah, Pura Tirta Empul memiliki air suci yang dipakai orang Hindu Bali mencari penyucian. Tempat ini disebut juga sebagai The Holy Springs of Tirta Empul.

Selama lebih dari seribu tahun, para penganut Hindu Bali telah datang ke Pura Tirta Empul alias Kuil Air Suci. Mata air suci di kolam ini dipercaya telah diciptakan oleh Dewa Indra dan memiliki sifat kuratif. Tradisi ini masih berlanjut hingga kini dan hampir tidak berubah. Menariknya, selain pribumi, para wisatawan lokal maupun mancanegara boleh datang bahkan mandi di kolam air sucinya, loh!

Kuil Air Suci Tirta Empul terletak di Jalan Tirta, desa Manukaya, Kota Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Kuil ini terletak tepat di bawah Istana Kepresidenan Tampaksiring. Pura ini bisa Anda kunjungi setiap hari dari jam 8 pagi – 6 sore.

Fun fact: Pada Juni 2017 lalu, mantan presiden Amerika, Barack Obama beserta istrinya, Michelle Obama dan anaknya, Malia dan Natasha, juga sempat berkunjung ke pura ini selama mereka berlibur di Bali, loh!

  • Alamat : Jalan Tirta, desa Manukaya, Kota Tampaksiring, Kabupaten Gianyar
  • Telepon : (0361) 222387
  • Jam Buka : 8 pagi – 6 sore
  • HTM : Dewasa 30K, Anak 25K. Parkir mobil 5K. Parkir motor 2K.

2. Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 2

* sumber: nowbali.co.id

Setia Darma House of Mask and Puppets alias Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma juga patut Anda kunjungi selama di Ubud. Ini adalah tempat berbagai topeng dan boneka dari berbagai daerah di Indonesia dan di seluruh dunia telah dikumpulkan, disimpan dan dipajang. Tempat ini terbuka untuk umum sejak tahun 2006. Koleksinya mencakup lebih dari 1.300 topeng dan 5.700 boneka.

Terletak hanya beberapa mil dari jantung Ubud, Rumah Topeng dan Boneka ini mencakup lebih dari 1 hektar tanah yang dikelilingi oleh desa tradisional Bali dan persawahan. Lokasi tempat ini ada di Jalan Tegal Bingin, Mas, Ubud, Kemenuh, Gianyar. Jam bukanya setiap hari dari jam 8 pagi – 4 sore.

  • Alamat : Jalan Tegal Bingin, Mas, Ubud, Kemenuh, Gianyar
  • Telepon : (0361) 8987493
  • Jam Buka : 8 pagi – 4 sore
  • HTM : –

3. Bali Bird Park

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 3

Bali Bird Park alias Taman Burung Bali adalah atraksi wisata sekaligus tempat penangkaran berbagai jenis spesies burung di Indonesia (Sumatera, Papua) maupun mancanegara (Amerika Selatan, Savannah Afrika dan Australia).

Taman ini dibagi menjadi tujuh wilayah yang menciptakan kembali habitat alami burung, lengkap dengan kehidupan tanaman asli. Beberapa varietas burung hidup berdampingan dan berkeliaran bebas di pohon terbuka dan di kolam yang terjalin di sepanjang taman.

Bali Bird Park & ​​Reptile Park ini merupakan wisata unik dan edukatif yang sesuai untuk keluarga. Walaupun atraksi utamanya adalah burung, Reptile Park yang berdampingan dengan taman burung menawarkan beragam spesimen reptil dan amfibi, seperti komodo raksasa, ular piton, kadal, tokek, katak, kura-kura dan buaya.

Taman Burung Bali berlokasi di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar. Anda bisa mengunjungi burung-burung ini setiap hari dari jam 9 pagi – 5.30 sore.

  • Alamat : Jalan Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar
  • Telepon : (0361) 299352
  • Jam Buka : 9 pagi – 5.30 sore
  • HTM : Dewasa 140K. Anak (2-12 tahun) 75K. Bayi (dibawah 2 tahun) gratis. Ini harga untuk wisatawan lokal, wisatawan mancanegara lebih mahal.

4. Air Terjun Tegenungan

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 4

* sumber: www.viator.com

Mencari tempat berbau air tapi bukan pantai di Bali? Air Terjun Tegenungan adalah air terjun yang terletak di Jalan Ir. Sutami, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Jaraknya 30 km dari Kota Denpasar, 33 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kalau pakai kendaraan pribadi bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter. Ya, tidak terlalu tinggi, tapi debit airnya sangat deras. Airnya yang berasal dari Sungai Tukad Petanu juga bersih dan bening. Selain itu, disediakan juga spot berfoto untuk di-upload ke media sosial Anda. Untuk memasuki kawasan Tegenungan Waterfall, Anda cukup membayar Rp 15.000 per orang. Kawasan wisata air ini dibuka dari jam 06.30 pagi – 6.30 sore.

  • Alamat : Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar
  • Telepon : –
  • Jam Buka : 06.30 pagi – 6.30 sore
  • HTM : 15K

5. Pura Taman Saraswati

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 5

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B34DBMYJUdG/

Jika ke Bali, tentu kita harus mengunjungi pura. Salah satu pura yang terkenal karena dipenuhi bunga teratai, adalah Pura Taman Kemuda Saraswati atau disingkat menjadi Pura Taman Saraswati. Tempat ini dikenal juga sebagai Istana Air Ubud. Pura ini didedikasikan untuk dewi Sarasvati, dewi ilmu pengetahuan, seni , pendidikan dan kebijaksanaan.

Pura Saraswati dibangun sekitar tahun 1955 oleh I Gusti Nyoman Lempad yang ditugaskan oleh Pangeran Ubud, untuk menghormati Saraswati. Pura Taman Saraswati memiliki kolam teratai yang besar. Di depan puranya pada malam hari suka diadakan pertunjukan tari klasik Bali.

Pura ini merupakan candi utama di Ubud. Dia terletak di pusat Ubud, dekat dari istana kerajaan Ubud. Jika Anda bertujuan jalan-jalan ke tempat lain, pura ini dekat dengan pasar Ubud dan punggungan Campuhan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pura ini adalah jam 8 pagi – 6 sore. TAPI, jangan datang pada hari Piodalan (hari spesial), yaitu 13 Oktober dan 7 Desember karena itu adalah Hari Saraswati. Anda tidak dapat memasuki bagian dalam kuil, hanya boleh menjelajahi tamannya saja.

Untuk mengunjungi Pura Taman Saraswati Anda tidak akan dikenakan biaya, kecuali ketika menonton pagelaran tari maka akan ditarif 80-100 ribu per orang. Pertunjukan tari Bali Legong dimulai setiap Kamis dan Sabtu jam 7.30 malam.

Sedangkan pertunjukan tari Janger ada setiap hari Minggu, waktunya sama yaitu jam 7.30 malam. Untuk mendapatkan tempat duduk paling depan, sebaiknya datang dari jam 7 malam, ya.

  • Alamat : Jalan Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Telepon : (0361)974179
  • Jam Buka : 8 pagi – 6 sore
  • HTM : gratis, kecuali mau menonton pertunjukan tari (80K)

6. Komaneka Art Gallery

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 6

* sumber: blog.komaneka.com

Pecinta karya seni? Datanglah ke galeri indah yang menampilkan karya modern oleh seniman terbaik. Komaneka Art Gallery tempatnya. Komaneka menawarkan keanekaragaman Bali pada Anda.

Galeri ini memiliki koleksi indah benda-benda seni dan lukisan karya seniman Bali dan Indonesia kelas satu. Galeri suka mengadakan pameran tahunan “Coming Home” yang memperlihatkan karya seniman terkenal yang memulai karir mereka bersama Komaneka.

Jika Anda berencana mengunjungi Monkey Forest dan ingin menginap di resort mewah bersahaja lengkap dengan galeri seni, datanglah ke Hotel Komaneka di Monkey Forest. Depan Hotel Komaneka adalah Fine Art Gallery-nya. Ketika Anda masuk Anda akan melihat lukisan dan patung yang bagus. Para tamu Hotel Komaneka dipersilakan untuk mengunjungi pameran secara cuma-cuma.

  • Alamat : Komaneka at Monkey Forest. Jalan Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Telepon : (0361) 4792518
  • Jam Buka : 9 pagi – 9 malam
  • HTM : gratis untuk orang yang menginap di Hotel Komaneka at Monkey Forest.

7. Ubud Monkey Forest

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 7

* sumber: funlifecrisis.com

Nah, ini dia tempat tujuan wisata utama di Jalan Monkey Forest, yaitu Mandala Suci Wenara Wana atau disebut juga Ubud Monkey Forest. Merupakan sebuah tempat cagar alam dan kompleks candi yang terletak di pusat Kota Ubud, yaitu di Desa Padangtegal. Tempat ini mempunyai kurang lebih 749 monyet ekor panjang!

Menarik hampir 12.000 wisatawan setiap tahun, hutan ini juga memiliki 3 kuil di dalam premis. Selain menonton monyet dan berdoa di kuil, Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak melalui hutan.

  • Alamat : Jalan Monkey Forest, Desa Padangtegal, Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Telepon : (0361) 971304
  • Jam Buka : 8.30 pagi – 5.30 sore
  • HTM : Dewasa 80K. Anak (3-12 tahun) 60K. Bayi (di bawah 3 tahun) gratis.

8. Tanah Lot

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 8

Tanah Lot berarti Tanah di Laut. Pura Tanah Lot merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Sejarah Pura Tanah Lot diyakini berasal dari abad ke-16, oleh Dang Hyang Nirartha, seorang tokoh agama yang dihormati di Bali.

Di sini ada dua pura, satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya lagi terletak di atas tebing yang cuma bisa dikunjungi ketika air laut surut. Anda bisa menyaksikan Fire Dance (Tari Kecak) pada saat sunset di sini.

Siluet Pura Tanah Lot adalah salah satu fitur ikon paling populer di Bali. Bayangkan sebuah pura bertengger tinggi di atas batu dan tebing, menghadap ke lautan luas yang terbuka.

Dengan ombak yang menerjang di bawah dan warna dramatis langit senja sebagai latar belakang, diterangi oleh matahari yang perlahan menghilang. Makanya, tak aneh jika bagi banyak orang, Tanah Lot melambangkan pulau romantis di Bali.

  • Alamat : Jalan Tanah Lot, Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 30 km dari Denpasar. 
  • Telepon : (0361) 880361
  • Jam Buka : 7 pagi – 7 malam. Tari Kecak dari jam 5 sore – 7 malam.
  • HTM : Dewasa 20K. Anak 15K. Parkir mobil 5K. Parkir motor 2K. Parkir bus 10K.
  • HTM Tari Kecak : Dewasa 50K. Anak gratis. Wisatawan mancanegara lebih mahal.

9. Pasar Seni Ubud

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 9

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B3hoqhGnUgv/

Pasar Seni Ubud atau Ubud Art Market berseberangan dengan Puri Saren Royal Ubud Palace dan buka setiap hari. Ini adalah tempat yang tepat untuk menemukan syal sutra yang indah, kemeja ringan, patung, layang-layang, tas anyaman buatan tangan, keranjang, topi dan banyak barang kerajinan tangan lainnya. Menjadikannya tempat belanja yang strategis untuk kerajinan tangan dan suvenir khas Bali.

Berbeda dengan berbagai toko yang berjajar di Monkey Forest atau tempat wisata lainnya, sebagian besar barang di kios Pasar Seni Ubud tidak memiliki barcode atau harga yang ditetapkan. Jadi, kalau membelinya harus bertanya pada penjual, dan jangan lupa tawar-menawar! Fun fact: Pasar Seni Ubud pernah menjadi latar untuk film Hollywood “Eat Pray Love” yang dimainkan oleh aktris Julia Roberts.

  • Alamat : Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Telepon : 0815-1515-5881
  • Jam Buka : 9 pagi – 6 sore
  • HTM : gratis

10. Pantai Amed

10 Tempat Wisata Menakjubkan untuk Anda Kunjungi di Ubud 10

*Sumber: https://www.instagram.com/p/BvuveRyBErg/

Amed Beach alias Pantai Amed adalah tempat yang cocok untuk diving. Garis pantai timur pulau Bali memang merupakan taman bermain bawah laut. Dan, Pantai Amed menarik penyelam yang lebih besar dibandingkan dengan Tulamben, situs menyelam lain yang terletak 25 km di utara.

Dulunya terkenal dengan pertanian garam tradisionalnya. Namun, segera setelah harta bawah lautnya yang indah diresmikan, dengan bangkai kapal bersejarah menambah fitur alamnya, Pantai Amed menjadi favorit di antara penyelam, terutama Teluk Jemeluk.

  • Alamat : Tulamben Village, Kec Kubu, Karangasem
  • Telepon : 081916680480
  • Jam Buka : 9 pagi – 5 sore
  • HTM : 5K (untuk parkir mobil)

Ya, itu dia tempat wisata yang bagus di Ubud. Nah, selain Ubud, Bali juga punya banyak tempat wisata seru lainnya, bahkan gratis lho! Apa saja itu? Yuk, cari tahu di artikel Tempat Wisata di Bali yang Gratis untuk Backpacker ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *