Keluyuran / Tips Wisata di Korea / 8 Moda Transportasi Umum yang Banyak Digunakan di Korea

8 Moda Transportasi Umum yang Banyak Digunakan di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2019

Moda transportasi yang nyaman dan bisa diandalkan adalah salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan para pelancong. Korea Selatan memiliki beberapa jenis moda transportasi yang bisa diandalkan untuk kenyamanan dan ketepatan waktunya.

Bagi Anda yang berencana liburan ke Korea, inilah jenis moda transportasi yang bisa digunakan para turis ketika melancong di Korea Selatan. Kenali lebih dalam semua jenis transportasi di Korea Selatan yang sudah dirangkum oleh Keluyuran ini.

8 Moda Transportasi Umum di Korea

1. Subway

Subway

* sumber: www.subways.net

Banyaknya tempat wisata di Korea Selatan yang wajib dikunjungi, menuntut Anda untuk menggunakan moda transportasi yang nyaman. Dan salah satu opsinya adalah menggunakan subway. Ya, hanya saja ada waktu-waktu tertentu saat subway begitu penuh. Subway baru hadir di beberapa kota saja, seperti Seoul, Busan, Daejeon, Daegu, dan Gwangju. Subway dengan jalur terbanyak adalah di kota Seoul. Keseluruhan jalurnya berjumlah 22.

Untuk tiket sekali jalan bisa dibeli di mesin penjual tiket dan mesin pengisi kartu yang terdapat di dalam stasiun subway. Jika membeli tiket “one way”, kamu harus menyimpan deposit sebanyak 500 won. Deposit ini bisa kamu ambil ketika kamu mengembalikan tiket. Kalau tiket tidak dikembalikan, ya, kamu tidak akan dapat uang deposit tadi.

Tarif subway dihitung berdasarkan jarak tempuh. Tarif dasarnya berbeda-beda tiap daerah. Untuk jarak 10 ~ 50 km tarifnya sebesar 100 won per 5 km. Untuk jarak lebih dari 50 km tarifnya 100 won per 8 km. Kartu transportasi bisa digunakan untuk membayar tarif subway. Dengan membayar  menggunakan kartu, kamu akan mendapatkan potongan harga. Berikut ini daftar situs subway:

2. Kereta

Kereta

* sumber: sputniknews.com

Kereta merupakan salah satu alternatif moda transportasi di Korea selatan yang nyaman dan tepat waktu. Kereta di Korea dikategorikan berdasarkan kecepatan dan fasilitas yang ditawarkannya, yaitu kereta ekspres KTX, KTX-Sancheon, ITX-Saemaeul, Mugunghwa, dan kereta api wisata.

KTX adalah kereta ekspres dengan kecepatan kira-kira 305 km/jam. ITX-Saemaeul adalah kereta di bawah KTX kecepatannya yang melayani jalur Gyeongbu, Honam dan Gyeongjeon. Mugunghwa adalah kereta dengan tarif termurah dan berhenti di stasiun yang lebih kecil yang dilewati oleh KTX atau ITX-Saemaeul. Super Rapid Train (SRT) melayani jalur Gyeongbu dan Honam dari stasiun Suseo.

Jalur utama kereta api di Korea ada dua, yaitu Jalur Gyeongbu dan Jalur Honam, tetapi ada juga jalur kereta api lainnya yang mencakup Jalur Jeolla dan Gyeongjeon. Keduanya melayani rute sampai Yeosu dan Changwon di pantai selatan.

KORAIL Pass, adalah tiket kereta api eksklusif untuk wisatawan asing yang sedang berlibur di Korea. Dengan menggunakan KORAIL Pass, wisatawan dapat menggunakan semua jenis kereta termasuk KTX pada hari yang telah dipilih.

Kamu bisa mengakses situs-situs berikut ini untuk tahu tentang reservasi, jadwal dan harga tiket kereta:

  • Situs KORAIL korail.com (tersedia dalam bahasa Korea dan Inggris)
  • Halaman KORAIL PASS letskorail.com(tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang dan Cina)
  • Situs SR: srail.co.kr (tersedia dalam bahasa Korea, Jepang dan Cina)

3. Bus Antarkota

Bus Antarkota

* sumber: hapskorea.com

Untuk berkeliling Korea, selain kereta, bus juga bisa dijadikan moda transportasi pilihan. Terdapat dua jenis bus, yaitu bus ekspress atau Gosok Boseu dan antarkota atau Shioe Boseu (untuk pinggiran kota).

  • Bus Ekspres

Bus ekspres melayani jalur yang lebih panjang dan berjalan di jalan bebas hambatan. Bus ini berhenti di tempat peristirahatan namun jarang berhenti di kota lain selain kota tujuan. Ada dua jenis tarif untuk bus ekspres: Bus ilban (regular / standar dan Bus udeung (mewah).

Bus udeung memberikan kenyamanan tambahan, yaitu ukuran kursinya lebih luas. Bus udeung juga tersedia untuk bus malam dengan tarif yang sedikit lebih mahal.

Terminal bus ekspres di kota Seoul antara lain adalah Terminal Seoul Express Bus (Jalur Gyeongbu/Yeongdong dan Terminal Central City Express (Jalur Honam).

Untuk mengetahui kota-kota apa saja yang dilayani jalur Gyeongbu/Yeongdong dan Honam, kamu bisa cek di situs kobus.co.kr/main.do. Tersedia pilihan Bahasa Inggris bagi kamu yang tiak mengerti bahasa Korea. Di situs tersebut juga menyediakan fasilitas reservasi tiket, lengkap dengan jenis bus dan harga tiket. Pemesanan juga bisa dilakukan lewat aplikasi telepon seluler.

Selain itu, kamu juga bisa reservasi tiket di exterminal.co.kr, tetapi layanan bahasa yang tersedia hanya bahasa Korea. Untuk murid SMP atau SMA yang menggunakan bus ekspres ekonomi, tersedia potongan harga tiket.

  • Bus Shioe (Dibaca: Sheeway) atau Bus Antarkota

Bus antarkota ini melayani rute yang lebih pendek dan biasanya dalam perjalanan menuju suatu kota, bus ini berhenti di kota-kota kecil. Jikhaeng (rute langsung) atau Mujeongcha (non-stop) adalah bus yang tidak berhenti di kota-kota lain, langsung menuju kota tujuan.

Terminal bus antarkota di kota Seoul adalah Terminal Seoul Nambu dan Terminal Sangbong.

Terminal yang melayani bus ekspress dan antarkota adalah Jonghap Express Bus Terminal. Untuk reservasi tiket dan mengecek jadwal perjalanan bus antarkota, bisa dicek di website berikut:

  • nambuterminal.com untuk Seoul Nambu Terminal dan hanya tersedia dalam bahasa Korea.
  • sbtr.co.kr untuk Sangbong Terminal dan hanya tersedia dalam bahasa Korea.
  • bustago.or.kr BUS TAGO. Tersedia pilihan bahasa Korea, Inggris, China dan Jepang.
  • t-money.co.kr untuk Intercity Bus Integrated Online Ticket Reservation System. Tersedia pilihan bahasa Korea, Inggris, China dan Jepang.

Info Penting! Bus malam ekspres atau shioe mematok harga tiket yang lebih mahal dibanding bus yang melakukan perjalanan di siang hari. Jadi, jika ingin mendapatkan tiket dengan harga lebih murah, hindari melakukan perjalanan di malam hari.

4. Bus Dalam Kota Seoul

Bus Dalam Kota Seoul

* sumber: heartbridge.tistory.com

Terdapat empat kategori bus di kota Seoul. Masing-masing bus memiliki kode warna sendiri, yaitu hijau, biru, kuning, dan merah. Nomor yang tertera di bus menunjukkan nama distrik di Seoul. Hal ini memungkinkan penumpang untuk mengidentifikasi titik keberangkatan bus dan tujuan. Berikut ini penjelasan mengenai warna dari tiap bus.

Bus hijau

Bus hijau menghubungkan wilayah pemukiman, terminal bus, dan jalur kereta bawah tanah. Bus ini beroperasi dalam sebuah distrik. Bus hijau melayani rute pendek dan kecepatan jalannya pun lebih lambat karena bus ini akan berhenti di sebagian besar stasiun subway. Warna hijau melambangkan pegunungan yang mengelilingi kota.

Tarif Bus Hijau

T-Money / Cashbee

  • Dewasa 200 won
  • Remaja 720 won
  • Anak-anak 450 won

Uang Tunai

  • Dewasa 1.300 won
  • Remaja 1.000 won
  • Anak-anak 450 won

Bus biru

Warna biru pada bus biru menggambarkan langit kota Seoul dan sungai Han (Hangang) yang melambangkan keamanan dan kebebasan. Bus biru menghubungkan daerah pinggiran kota ke pusat kota Seoul. Jarak rutenya lebih jauh jauh dan biasanya beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan bus warna lainnya.

Tarif Bus Biru

T-Money / Cashbee

  • Dewasa 200 won
  • Remaja 720 won
  • Anak-anak 450 won

Uang Tunai

  • Dewasa 1.300 won
  • Remaja 1.000 won
  • Anak-anak 450 won

Bus kuning

Bus Kuning beroperasi di daerah pusat bisnis (daerah pusat kota), menghubungkan kawasan bisnis utama, perbelanjaan dan wisata di kota Seoul. Rute pemberhentian bus ini di stasiun kereta, tempat perbelanjaan, tempat wisata, dan area bisnis, dan terhubung dengan bus-bus distrik, stasiun subway, dan stasiun kereta api utama.

Warna kuning dipilih untuk menggambarkan kedinamisan dan keramahan. Rute bus sirkulasi secara perlahan-lahan telah dihentikan, dengan rute terakhir yang tersisa adalah tiga bus loop Namsan.

Tarif Bus Kuning

T-Money / Cashbee

  • Dewasa 1.100 won
  • Remaja 560 won
  • Anak-anak 350 won

Uang Tunai

  • Dewasa 1.200 won
  • Remaja 800 won
  • Anak-anak 350 won

Bus merah

Bus merah adalah bus ekspress yang disediakan khusus untuk melayani komuter yang melakukan perjalanan antara pusat kota Seoul dan daerah metropolitan, sama seperti bus biru. Warna merah melambangkan energi kecepatan. Bus ini bisa digunakan untuk mengakses daerah seperti Incheon dan Suwon.

Tarif Bus Merah

T-Money / Cashbee

  • Dewasa 2.300 won
  • Remaja 1.360 won
  • Anak-anak 1.200 won

Uang Tunai

  • Dewasa 2.400 won
  • Remaja 1.800 won
  • Anak-anak 1.200 won

Bus Maeul

Selain keempat bus tadi, ada juga bus lain yang beroperasi di wilayah kota Seoul, yaitu bus Maeul Bus ini diperuntukkan untuk komunitas yang lebih kecil. Di tiap distrik (gu) – setingkat di bawah kota atau kabupaten – beroperasi bus berukuran lebih kecil, berwarna hijau dan rute tempuhnya lebih pendek. Bus ini melayani rute sampai ke daerah pemukiman.

Tarif Bus Merah Maeul

T-Money / Cashbee

  • Dewasa 900 won
  • Remaja 480 won
  • Anak-anak 300 won

Uang Tunai

  • Dewasa 1.000 won
  • Remaja 550 won
  • Anak-anak 300 won

Sebagai informasi, tarif bus ini adalah tarif hasil update data tanggal 2 Agustus 2018. Bagi turis yang ingin menggunakan bus, perlu memiliki pengetahuan tentang daerah yang akan dikunjungi karena sering kali turis mengalami kesulitan.

Kunjungi artikel ragam kartu transportasi yang dipakai di Korea untuk mengenal lebih dalam seputar T-Money atau Cashbee untuk membayar bus di negara tersebut.

5. Taksi

Taksi

* sumber: kojects.com

Naik taksi di Korea cukup nyaman bagi turis asing karena sudah banyak supir taksi yang bisa berbahasa Inggris walaupun tidak fasih. Tarif taksi tiap kota berbeda tapi sistem perhitungan penambahannya sama, yaitu berdasarkan waktu dan jarak. Untuk taksi di kota besar bisa membayar menggunakan kartu, tapi  di kota kecil mungkin hanya menerima uang tunai.

Taksi memiliki beberapa jenis, yaitu taksi standar, deluxe, dan jumbo. Taksi standar warnanya  berbeda-beda di tiap daerah. Di pusat kota Seoul biasanya warna taksi ini putih atau perak. Tarif dasar taksi standar per 1 September 2017 adalah 2.800 ~ 3.000 won namun berbeda tiap daerahnya. Harga taksi malam, antara pukul 12 ~ 04 pagi akan lebih mahal 20%.

Taksi deluxe atau meobob memberikan layanan yang lebih profesional.  Supirnya tak jauh beda dengan supir pribadi. Tapi tentu saja taksi jenis ini lebih mahal harganya tapi sesuai dengan pelayanannya. Tarif taksi jumbo sama dengan taksi meobob. Taksi jenis ini bisa mengangkut enam sampai sepuluh penumpang. Tersedia alat bantu penerjemah menggunakan telepon.

Satu lagi jenis taksi yang tersedia, yaitu taksi internasional. Penampakannya sama seperti taksi standar tapi pengemudinya bisa berbahasa asing lebih dari satu bahasa dan ada tanda di atas mobilnya.]

6. Mobil Rental

Mobil Rental

* sumber: www.korea4expats.com

Menyewa mobil di Korea Selatan cukup mudah. Dua perusahaan penyewaan mobil terbesar adalah AJ Rent-a-Car dan Lotte Rent-a-Car. Jika kamu ingin menyewa mobil di Korea, kamu harus memiliki SIM internasional atau SIM yang dikeluarkan di Korea. Beberapa perusahaan mensyaratkan pengemudi untuk memiliki SIM internasional atau Korea.  Kamu juga harus memperlihatkan paspor.

Berikut ini situs perusahaan penyedia jasa mobil rental di Korea:

7. Pesawat Udara

Pesawat Udara

* sumber: www.knaviation.net

Pesawat udara  juga bisa menjadi salah satu pilihan moda transportasi ketika jalan-jalan di Korea. Terdapat delapan pelabuhan udara internasional dan tujuh pelabuhan udara domestik, seperti Incheon, Gimpo, Gimhae, Jeju, Daegu, Muan, Yangyang, Cheongju, dan lainnya.

Perusahaan penerbangan asal Korea yang bisa digunakan adalah Korean Air, Asiana Airlines, Eastar Jet, Jeju Air, Air Seoul, Jin Air, T’way Air, Air Busan, Air Pohang, dan Air Philip.

8. Kapal Laut

Kapal Laut

* sumber: tripologist.com

Kapal feri digunakan sebagai moda transportasi menuju pulau-pulau kecil di Korea.  Selain untuk melayani perjalanan di Korea, kapal feri ini juga digunakan melayani perjalanan menuju Jepang, Cina dan Rusia. Jadwal keberangkatan feri bergantung cuaca dan kondisi yang tak terduga.

Moda transportasi di Korea dibuat selain untuk mempermudah pergerakan masyarakatnya juga untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada turis asing yang sedang berwisata. Apakah kamu pernah mencoba moda transportasi di Korea? Jenis moda transportasi apa yang kamu pilih dan apa kesanmu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *