10 Wisata Alam di Purbalingga yang Sejuk dan Menawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Purbalingga merupakan sebuah Kota yang terletak  di tengah Pulau Jawa, sehingga tidak memiliki wisata alam berupa pantai. Tetapi Purbalingga menyimpan potensi wisata alam yang menarik untuk kamu kunjungi. Jika kamu masih bingung mau memilih tempat wisata di Purbalingga, berikut ini ulasan beberapa wisata alam yang dapat kamu kunjungi.

1. Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta

* sumber: midsomermurders.net

Situ Tirta Marta merupakan sebuah Pemandian yang airnya berasal dari sumber mata air. Sumber mata air ini memiliki air yang jenih dan bersih. Mata airnya yang bening membuat kamu dapat berfoto di bawah air dan mendapatkan foto yang jernih. Di sini kamu bisa berenang dan berendam sepuasnya.

Pihak pengelola Situ Tirta Marta menyediakan beberapa benda yang dapat digunakan sebagai properti dalam berfoto. Kamu bisa berfoto di bawah air dengan berbagai pose yang menarik. Di sini pengelola juga menyediakan kamera underwater dengan operatornya, jadi kamu wajib coba wisata alam ini.

  • Alamat: Dusun I, Ds. Karangcegak, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp5.000
  • Sewa kamera: Rp150.000

2. Taman Bunga Kutabawa

Taman Bunga Kutabawa

Taman Bunga Kutabawa menawarkan keindahan bunga aneka warna dengan bentuk yang apik dan cantik. Kamu bisa menikmati keindahan warna warni bunga dan mengabadikannya dengan berswafoto. Taman ini memiliki sekitar 18 jenis bunga yang ditanam di beberapa bagian taman.

Taman Bunga Kutabawa berada di bawah Kaki Gunung Slamet, sehingga kamu akan ditemani dengan udara sejuk khas pegunungan. Di sekitar taman kamu juga akan melihat tanaman sayuran milik warga dan juga pepohonan hijau yang membuat suasana semakin menawan dan asri.

  • Alamat:  Ds. Kutabawa, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Telepon: (0281) 893269
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

3. Gunung Slamet

Gunung Slamet

* sumber: panturapost.com

Wisata alam yang satu ini untuk orang-orang yang senang dengan petualangan. Perjalanan untuk menempuh puncak Gunung Slamet merupakan tantangan bagi orang yang senang dengan petualangan. Sampai ke Puncak Gunung Slamet akan memberikan kepuasan yang luar biasa.

Saat kamu berdiri di puncaknya, kamu akan dihadiahi dengan pemandangan yang menakjubkan. Dari puncak Gunung Slamet kamu akan dapat melihat keindahan kota Purbalingga dan juga kota lainnya seperti Banyumas dan Brebes. Selain itu kamu juga dapat melihat keindahan matahari saat terbit.

  • Jalur: Via Ds. Kutabawa, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: –
  • HTM: Rp25.000

4. Rumah Pohon Igir Wringin

Rumah Pohon Igir Wringin

Jika kamu ingin melihat keindahan Kota Purbalingga dari ketinggian tetapi tidak harus lelah-lelah mendaki gunung, kamu perlu mencoba wisata alam yang satu ini. Sebuah Rumah pohon Igir Wringin akan memberikan kamu lanskap Kota Purbalinga dari ketinggian. Tempat yang unik dan eksotis.

Rumah pohon ini terbuat dari ranting-ranting pohon yang disusun layaknya sebuah gardu pandang. Ranting ini cukup kuat selama kita tidak melebihi kapasitasnya. Tempat ini banyak dijadikan tempat untuk berswafoto. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk kamu berkunjung agar tidak berdesakan.

  • Alamat: Ds. Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

5. Curug Tempuran

Curug Tempuran

Curug yang masih alami dan masih terlihat asri ini memiliki sebuah kolam yang cukup besar dibawahnya. Kolam yang besar ini memiliki air yang jernih dan sangat menyejukan. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang membuat kamu akan betah untuk berlama-lama di curug ini.

Fasilitas dasar di sekitar curug ini juga lumayan lengkap, selain itu masyarakat setempat juga sangat ramah terhadap wisatawan. Kamu tidak khawatir tersesat untuk menuju Curug Tempuran. Akses menuju curug ini lumayan mudah untuk dicari. Sempatkan untuk berkunjung, nikmati keindahannya.

  • Alamat:  Ds. Binangun, Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp3.000

6. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren

* sumber: lupanapas.com

Keindahan lanskap kota Purbalingga yang mempesona dapat kamu lihat dari sebuah ketinggian. Puncak Sendaren adalah satu puncak tempat kamu melihat seluruh kota Purbalingga. Keindahan alam Purbalingga dapat kamu lihat dengan menapaki jembatan atas awan yang ada di Puncak Sendaren.

Sebuah jembatan yang terbuat dari bambu itu akan mengantarkanmu pada sebuah gardu pandang untuk melihat dari ketinggian. Jembatan di atas awan ini juga menjadi spot favorit wisatwan untuk berswafoto. Perjalanan menuju lokasi ini cukup menantang, sehingga diperlukan fisik yang prima.

  • Alamat:  Jl. Ardi Lawet, Ds. Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

7. Jembatan Lampion

Jembatan Lampion

* sumber: indonesia.tripcanvas.co

Destinasi wisata ini untuk orang yang senang berswafoto dengan alam sebagai latarnya. Jembatan Lampion yang berada di sebuah Desa Wisata Gunungwuled. Tempat ini menawarkan tempat berswafoto dengan latar alam persawahan, dan jembatan yang dihiasi dengan lampion-lampion.

Jembatan dengan panjang sekitar 80 meter ini akan menawarkan pemandangan pemandangan alam sekitar yang mempesona. Jembatan ini lebih unik jika kamu datangi pada malam hari, keindahan dari lampion-lampion itu akan lebih terasa. Tetapi kamu juga tetap dapat mengunjunginya disiang hari.

  • Alamat: Ds. Wisata Gunungwuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 21.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

8. Gua Lawa

Gua Lawa

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Goa Lawa merupakan destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Purbalingga. Goa ini telah memiliki askes yang cukup baik, dan telah dilengkapi dengan penerangan. Di dalam Goa Lawa ini juga terdapat sekitar 14 goa- goa kecil di dalamnya dengan cerita masing-masing.

Goa Lawa merupakan goa vulkanik yang telah mendingin selam ribuan tahun. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 meter dan berada di ketinggian 900 mdpl, sehingga udara disekitarnya cukup sejuk. Di goa ini kamu dapat memesan secangkir kopi panas sambil menikmati keindahan di dalam goa.

  • Alamat:  Ds. Siwarak RT 1 RW 7, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Weekday Rp6.000, Weekend Rp7.000

9. Sungai Watu Mujur

Sungai Watu Mujur

* sumber: www.familygoers.com

Sungai Watu mujur memiliki wahana air yang layak kamu coba. Sungai Watu mujur memiliki pemandangan yang luar biasa, dengan tebing-tebingnya yang hitam mengkilat di sisi kiri dan kanan sungai. Selain itu sungainya memiliki air yang jernih, serta memiliki air terjun mini.

Di Sungai watu Mujur ini kamu dapat melakukan kegiatan susur sungai yang pastinya disukai oleh para pencinta alam. Paket susur sungai terbagi menjadi tiga paket yang dapat kamu ikuti. Berwisata di Sungai Watu Mujur ini, pastikan kamu membawa kamera anti air untuk menangkap setiap momen.

  • Alamat: Dusun IV, Bantarbarang, Rembang Sub-District, Purbalingga
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Weekday Rp6.000, Weekend Rp7.000

10. Desa Wisata Lembah Asri Serang

Desa Wisata Lembah Asri Serang

Desa wisata ini menawarkan keindahan panorama dari Gunung Slamet yang dilengkapi dengan berbagai wahana outdoor yang dapat kamu coba. Selain wahana outdoor, tempat wisata ini juga menawarkan spot-spot untuk berswafoto, seperti gardu pandang, dan juga sarang burung, dll.

Destinasi wisata alam ini cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Di sini kamu bersama keluarga akan di manjakan dengan udara sejuk dan panorama yang indah. Di tempat ini juga terdapat agrowisata taman strawberry. Kamu dapat memetik buah strawberry sendiri langsung dari pohonnya.

  • Alamat:  Ds. Serang, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Weekday Rp5.000, Weekend Rp7.000
  • Wahana: Kisaran harga Rp5.000 – Rp50.000 per wahana

Walau tanpa wisata pantai, Purbalingga memiliki pesonanya sendiri. Keindahan perbukitan hijau yang dapat kamu lihat dari ketinggian. Pemandangan alam Purbalingga yang eksotis akan memanjakan pandanganmu. Tertarik? Yuk, berlibur ke Purbalingga!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *