Inilah 10 Air Terjun di Yogyakarta yang Seru untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yogyakarta tak hanya menyimpan keindahan wisata budayanya, tetapi memiliki keindahan alam yang potensial. Satu diantaranya adalah keindahan alam dari air terjunnya. Keindahan yang masih tersembunyi dan penuh potensi.

Ingin berwisata alam di Yogyakarta? Berikut ini adalah beberapa keindahan air terjun yang mesti kamu jelajahi.

1. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung Pedut merupakan air terjun yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya berada di Dusun Kembang. Air terjun ini berada di Pegunungan Menoreh. Air terjun Kedung Pedut menawarkan keindahan alam dengan kecantikan alamnya yang asri dan masih alami.

Air terjunnya sangat cantik dengan terdapat dua warna air yaitu warna biru toska , dan juga putih. Letaknya yang berada di pegungungan kamu harus mendaki dan menuruni bukit tempat air terjunnya berada. Tetapi perjalanan jauh akan terobati dengan pemandangan yang penuh dengan pesona alam.

Saat berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut, jangan lupa untuk mencoba berenang di kolam yang airnya sejuk. Selain itu masyarakat setempat telah membangun fasilitas pendukung yang masih sederhana, untuk kenyamanan berkunjung ke air terjun ini. Coba dan rasakan sendiri keindahannya.

  • Alamat : Dsn. Kembang, Ds. Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab Kulonprogo. DI Yogyakarta
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp5.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

2. Air Terjun Pulosari

Air Terjun Pulosari

Air Terjun Pulosari terdapat di Kabupaten Bantul. Air terjunnya sendiri terbilang cukup kecil, tetapi memiliki pesona alam yang tidak kalah indahnya. Air terjunnya berada di sebuah lembah yang cukup dalam dan dikelilingi oleh bukit batu. Lokasi tempat air terjun harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Kamu bisa berenang-renang di kolam yang terdapat di bawah air terjun. Udara segar dari hutan akan membuat kamu merasakan kesegaran dari air terjunnya. Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi, sudah terdapat beberapa fasilitas dasar untuk mendukung kenyamanan kamu berwisata.

  • Alamat : Ds. Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab Bantul. DI Yogyakarta
  • Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp2.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

3. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk  berada di lokasi di Kabupaten Gunungkidul. Lokasi air terjun dapat ditempuh dengan berjalan kaki dan menaiki rakit sederhana dengan biayanya sekitar 10 ribu rupiah untuk pulang dan pergi. Selama perjalanan kamu akan menimati pemadangan sekitar yang masih asri.

Kawasan air terjun ini di hiasi dengan pepohonan hijau dan juga batuan.terdapat air terjun utama yang tinggi dan dibawahnyat terdapat sebuah kolam. Dari kolam tersebut air akan menuruni batuan-batuan yang berundak-undak, yang menambah kecantikan dari air terjun ini.

Air terjun ini telah memiliki fasilitas dasar, sehingga kamu dapat menikmati bermain air di sini dengan nayaman. Bagi kamu yang tidak bisa berenang, pengelola menyiadakan pelampung sehingga kamu bisa bermain air dengan aman. Kamu bisa menikmati air terjun ini dengan beragam aktivitas.

  • Alamat : Dsn. Menggoran, Ds. Bleberan, Kec. Playen, Kab Gunungkidul. DI Yogyakarta.
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM : Rp15.000

4. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun  nan cantik ini berlokasi di Kabupaten Kulonprogo, dikenal karena memiliki air yang jernih dan tampak berwarna hijau toska. Daerah disekeliling tampak pepohonan yang rindang, sehingga kamu bisa merasakan keasrian yang alami dari pemadangan di sekitar air terjun.

Ditempat air terjun ini dahulu banyak ditumbuhi kembang soka yang menjadi asal muasal nama dari air terjunnya. Kamu akan betah berlama-lama di air terjun ini karena suasana yang asri dan alami. Selain itu kamu bisa bermain air di kolam yang terdapat di bawah air terjunnya.

  • Alamat : Ds. jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab Kulon Progo. DI Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM : Rp10.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

5. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari

Air terjun Randusari ini memiliki ketinggian hingga mencapai 12-15 meter, sedangkan kedalaman dari kolam dibawahnya sekitar  1-3 meter. Air terjun tercantik ini berlokasi di daerah Kabupaten Girimulyo. Nama Randusari disematkan karena didekat air terjun terdapat pohon randu berukuran cukup besar.

Air terjun ini hanya dapat kamu kunjungi di saat musim penghujan, di saat kemarau tempat ini di tutup.  Di musim hujan kamu dapat menikmati kesegaran dari air terjunnya dengan berenang di kolam di bawah air terjunnya. Air terjun ini cukup bersih karena pengelola menyediakan tempat sampah.

  • Alamat : Dsn. Rejosari, Ds. Jatimulyo, Kec. Dlingo, Kab. Gunungkidul. DI Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

6. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang terletak di lokasi yang unik, tempat air terjunnya berada di batuan yang formasinya seperti batuan di Grand Canyon. Batuan di tempat ini dibentuk oleh erosi air sungai sehingga membentuk garis-garis pada batuannya. Bentuk batuannya menambah daya tarik tersendiri.

Air terjun ini akan terlihat jernih di saat musim kemarau, tetapi debit airnya akan berkurang. Di bawah air terjunnya terdapat sebuah kolam berwarna toska yang dipadu dengan bebatuan di sekelilingnya. Di kolamnya yang berwarna toska, kamu bisa bermain air atau pun berenang.

  • Alamat : Ds. Sampang, Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul. DI Yogyakarta
  • Jam Buka : 24 jam
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

7. Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo sering dikatakan sebagai kembaran dari Air terjun Erawan dari Thailand. Air terjun dengan kesejukan air dari pegunungan ini terdiri dari 3 air terjun dan 4 kolam dengan air yang jernih. Tempatnya yang indah dikelilingi oleh batuan alami dengan kedalam kolam yang bervariasi.

Kolam pertama merupakan kolam dengan kedalam sekitar 2 meter. Kolam yang kedua  memiliki ke dalaman sepinggang orang dewasa. Sedangkan pada kolam ketiga dan keempat merupakan kolam yang cukup aman untuk digunakan anak-anak untuk berenang dan bermain air.

  • Alamat : Dsn. Pokoh,Ds. Dlingo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. DI Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp3.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000, Bus Rp15.000

8. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun dengan nama Grojokan Sewu tak hanya ada di Malang, tetapi Grojogan Sewu juga terdapat di Kulonprogo. Tempat wisata ini baru dibuka pada tahun 2014. Air terjun ini di kenalkan oleh mahasiswa UGM yang melakukan KKN di desa tempat Grojogan Sewu berada.

Daya pikat dari Grojogan Sewu Kulonprogo ini adalah alamnya yang masih alami. Udara sejuk dan segar disekitaran air terjun serta air embungnya yang kebiruan,  membuat tempat ini ramai dikunjungi. Pengunjung yang datang akan mendapatkan ketenangan dan kesegaran dari suasananya.

  • Alamat : Dsn. Beteng,Ds. Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo. DI Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp6.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp3.000

9. Air Terjun Grojogan Pucung

Air Terjun Grojogan Pucung

Air terjun yang satu ini bersembunyi diantara rimbunnya pepohonan di tengah hutan belantara. Tempatnya yang berada di tengah hutan, membuatnya tak banyak dikenal. Air terjunnya sangat jernih, karena berasal dari sumber mata air yang berada tepat diatasnya. Tempat ini terbilang cukup tenang.

Air terjunnya memiliki ketinggian 15 meter, dengan bagian bawah air terjunnya terdapat sebuah kolam berdiameter 7 meter. Pengujung banyak yang berenang di kolamnya karena airnya sangat jernih dan juga segar. Jangan lupa membawa bekal karena belum ada fasilitas dasar disana.

Alamat : Dsn. Pucung, Ds. Seloharjo, Kec. Pundong, Kab. Bantul. DI Yogyakarta.

Jam Buka : –

10. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang memiliki tampilan yang unik. Air terjunnya berada di tengah persawahan dengan enam tingkatan air terjun. Tempatnya yang berada di persawahan menambah keindahan panorama sekitar dari air terjunnya. Air terjun ini tempatnya cukup tersembunyi.

Keindahan dari panorama di sekitar air terjun ini tak hanya persawahan tetapi juga  tebing vulkanik dari gunung api purba yang mengelilinginya. Pada setiap tingkatan terdapat kedung, sayangnya kamu dilarang mandi di air kedungnya, sekalipun air terjunnya nampak terlihat sejuk dan segar.

  • Alamat : Ds. Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul. DI Yogyakarta.
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp7.000

Keindahan dari air terjun ini pastinya menarik untuk kamu jelajahi. Setiap air terjun menyimpan keindahannya masing-masing. Dari yang masih tersembunyi di tengah hutan belantara atau pun di tengah persawahan. Semuanya menarik untuk kamu kunjungi dan rasakan atmosfer keindahan alam Jogja yang tak terbendung.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *