9 Rekomendasi Lokasi Camping Terbaik dan Terasyik di Trawas

Trawas merupakan sebuah daerah wisata pegunungan, 65 KM ke selatan dari Kota Surabaya. Lebih tepatnya, Trawas berada di kaki Gunung Arjuno-Welirang dan Gunung Penanggungan. Lokasinya sangat cocok dijadikan destinasi untuk berkemah, outbond, atau hanya sekedar main menikmati waktu bersama teman atau keluarga.

Nah, Keluyuran mau kasih tahu kamu 10 rekomendasi camping ground di daerah Trawas yang pastinya seru banget dan rugi kalau kamu lewatkan. Di mana aja lokasinya? Scroll terus sampai bawah, oke!

1. Alas Pelangi

  • Alamat: Jalan Trawas - Mojosari No. 32-19, Cembor, Trawas, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: 0822-3010-3765
  • Harga Tiket: HTM: anak-anak gratis, dewasa Rp10.000, Tiket camping Rp25.000, Tiket parkir Rp5.000

Wisata Alas Pelangi adalah salah satu tempat wisata di kawasan pegunungan Trawas. Di sana, kamu bukan hanya bisa berfoto, tapi juga kamu bisa berkemah. Harga tiket untuk masuk ke Wisata Alas Pelangi sangat terjangkau dan tidak akan menguras isi dompet kamu.

Biasanya, tempat indah letaknya terpencil dan mengharuskan pengunjung untuk berjalan cukup jauh demi tiba ke sana. Lain hal dengan objek wisata yang memiliki pemandangan lembah yang indah ini. Karena, Alas Pelangi bisa dengan mudah kamu akses.

Lokasinya berada tepat di sisi jalan raya Mojosari - Trawas, oleh karenanya tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, terutama pada musim liburan. Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati sensasi menginap dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Kamu bisa membawa perlengkapan camping sendiri, dan jika ada yang tertinggal kamu bisa menyewanya di sana. Soal kenyamanan, kamu tidak perlu khawatir, karena untuk area perkemahan dibatasi hanya untuk 80 tenda saja.

Salah satu keunggulan di sana yaitu tanahnya rata, membuat siapa saja akan merasa nyaman saat mendirikan tenda. Di area perkemahan pun dibuat terasering agar pengunjung nyaman ketika hujan turun.

View menghadap lembah merupakan daya tarik lainnya dari tempat ini. Lokasi parkir pun sama dengan area camping, sehingga kamu tidak perlu jalan jauh ketika ada barang yang tertinggal di kendaraan kamu.

Ramah keluarga, Wisata Alas Pelangi merupakan tempat yang cocok untuk kamu kunjungi bahkan ketika membawa anak-anak. Penerangan untuk malam hari pun terang, disediakan colokan listrik untuk keperluan charging pula.

Hanya saja, hal yang cukup menghambat di sana adalah susah sinyal. Kalau kamu penasaran, langsung saja sediakan waktu berlibur ke sana. Kamu bisa menikmati camping di area hutan pinus hanya dengan biaya Rp25.000 per orang!

2. Lentera Camp Trawas

  • Alamat: Dusun Penanggungan, Desa Penanggungan, Trawas, Sendang, Penanggungan, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: 0856-3055-445
  • Harga Tiket: Paket camping Pelajar Rp 135.000 per orang, Umum Rp150.000 per orang

Lentera Camp Trawas merupakan tempat outbond di Trawas yang lengkap dengan akomodasi perkemahan. Berada di kaki Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang, jarak tempuhnya kurang lebih 2 jam dari Kota Surabaya.

Lokasi ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, cocok untuk berbagai kegiatan outbond mulai dari kelompok kecil hingga besar. Lentera Camp Trawas menyediakan sarana yang komplit untuk menunjang pelatihan baik indoor maupun outdoor.

Fasilitas yang disediakan untuk paket camp meliputi makan dan coffee break, sensasi menginap di barak dengan total kapasitas 350 orang, hingga sound system dan fasilitas lengkap lainnya untuk menunjang keberlangsungan acara.

3. Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung

Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung_Sumber: getlost.id
  • Alamat: Kemiloko, Trawas, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Tiket parkir mobil Rp3.000, motor Rp2.000, HTM air terjun Rp7.500-Rp 12.500, Tiket camping Rp5.000

Sesuai dengan namanya, Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung tidak terletak jauh dari lokasi air terjun. Dengan hamparan rumput hijau yang luas, pengunjung dapat merasakan sensasi menginap sambil menikmati air terjun secara langsung.

Pada pagi hari, kamu dapat melihat air terjun yang masih tertutupi kabut yang tebal, dan juga pemandangan Gunung Penanggungan. Hanya saja, pengelola air terjun tidak menyediakan fasilitas penyewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya. Jadi, kamu jangan sampai lupa membawa perlengkapan pribadimu, ya.

Untuk makanan, kamu tidak perlu khawatir, karena dari pagi hari para pedagang sudah bersiap menjajakan dagangan. Banyak makanan yang bisa menghangatkan perut kamu seperti gorengan dan mi instan, juga minuman hangat seperti kopi dan teh.

Di sana juga tersedia sarana outbond yang pengelola sediakan secara bebas untuk kamu pergunakan.
Nah, buat kamu yang tertarik datang ke sana, lokasinya berjarak sekitar 38 KM atau kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Mojokerto.

4. Selotapak Camp

  • Alamat: Selotapak Road, Sendang, Penanggungan, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Nah, kalau yang satu ini salah satu camping ground yang terbilang baru di Trawas. Mereka baru membuka bisnis tidak lama sebelum pandemi Covid-19 datang. Selotapak Camp berlokasi di Desa Selotapak, Kecamatan Trawas.

Para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam hijau yang masih asri. Suasana di sana mirip dengan Ubud, Bali, loh. Soalnya pemandangannya berupa pesawahan yang berbentuk terasering dengan latar Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuna-Welirang.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Untuk area camping, pengelola menyediakan lahan yang luas. Untuk kamu yang tidak memiliki tenda pribadi tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola menyediakan tenda siapa pakai dengan kapasitas 4 orang per tendanya. Tarif yang dipatok untuk satu tenda yaitu Rp 80.000/tenda/malam.

Urusan perut? Kamu tidak perlu khawatir, karena di sana tersedia beberapa kedai yang menjajakan makanan dan minuman. Walaupun berada di alam terbuka, kamu tidak perlu pusing soal fasilitas umum. Toilet dan mushola sudah tersedia, dan juga area parkir yang cukup luas.

5. Bumi Perkemahan Lumbung Wit-Witan

  • Alamat: Sumber Brugan, Jalan Jolotundo, Sendang, Penanggungan, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: 0812-1695-225
  • Harga Tiket: Tiket camping Rp25.000/orang, Tiket parkir mobil Rp10.000, motor Rp5.000

Buat kamu yang butuh ketenangan, kayaknya cocok buat datang ke sini. Bumi Perkemahan Lumbung Wit-Witan lokasinya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Cocok untuk camping sendirian, dengan teman, maupun bersama keluarga dan anak anak.

Di sana juga terdapat banyak warung makan, sehingga kamu tidak akan kelaparan. Untuk fasilitas umum pun cukup lengkap, tersedia toilet, mushola, dan area parkir yang luas di mana kendaraan bisa masuk dan tidak terlalu jauh dengan lokasi camping.

Untuk yang gemar treking bisa mengunjungi situs kuno dengan meminta bantuan penjaga camping ground di sana. Kamu tidak punya atau lupa bawa perlengkapan camping pribadi? Tenang, di sana menyediakan jasa penyewaan tenda, hammock, dan perlengkapan camping lainnya.

6. Gartenhutte Camp Ground

  • Alamat: Dusun Jaten, Selotapak, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: 0812-3458-205
  • Harga Tiket: Paket Camping Rp80.000/malam

Gartenhutte diambil dari Bahasa Jerman yang memiliki arti sebuah pondok atau gubuk di dalam kebun yang luas. Pada awalnya, Gartenhutte merupakan sebuah kafe, seiring dengan berjalannya waktu dan banyak wisatawan yang betah berlama lama di sana, akhirnya pihak pengelola pun mengembangkan kawasan tersebut sampai berdiri camping ground.

Untuk paket kemping dipatok dengan tarif Rp80.000, sudah termasuk tenda kapasitas 4 orang, matras, 2 sleeping bag, listrik, dan toilet. Kamu bisa check in pukul 6 sore dan check out pukul 9 malam.

7. Obis Camp

  • Alamat: Jalan Raya Trawas KM 11, Jatijejer, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: -
  • Telepon: 0813-5738-7345
  • Harga Tiket: -

Lokasi outbond lain di daerah Trawas yaitu Obis Camp. Ini adalah hasil dari seorang pengembang yang bekerja sama dengan perhutani untuk mengelola hutan pinus dengan area seluas kurang lebih 3 hektar.

Pasti menyenangkan, ya, berkegiatan di alam bebas, menikmati pepohonan pinus. Obis Camp menyediakan penginapan berupa barak yang memiliki kapasitas hingga ratusan orang. Karena memiliki cukup lahan, di sana tentunya bisa dijadikan lokasi camping, dengan disediakannya penyewaan tenda dom.

Fasilitas umum yang disediakan pun sangan engkap, mulai dari MCK, hingga aula yang mampu menampung hingga 200 orang. Obis camp dikelilingi dengan aliran air sungai dari sumber mata air pegunungan, jadi kamu tidak perlu khawatir soal air bersih.

8. Sasana Krida Jatijejer

  • Alamat: Tumpul Jati, Jatijejer, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: Setiap hari jam 9 pagi - 5 sore
  • Telepon: (0343) 883700
  • Harga Tiket: Program LDKS 2D1N Rp265.000/orang minimal 50 orang

Ini adalah Sasana Krida Jatijejer atau dikenal dengan sebutan SKJJ. Nah, kalau tempat yang satu ini sepertinya memang kurang cocok untuk acara kemping santai. Sasana Krida Jatijejer lebih tepat untuk dijadikan tempat pelatihan.

Bahkan, SKJJ sampai disebut sebagai pusar LDKS, loh. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu menjadikannya referensi. Fasilitas di sana pun sangat lengkap, bukan hanya camping ground tetapi juga ada kamar dengan fasilitas AC dan air panas.

Lokasi ini cocok untuk acara gathering, retret, dan lain lain. Untuk lokasi memang cukup jauh dari kota, maka dari itu tempat ini sangat tenang dan tentunya nyaman dengan fasilitas dan suasana yang ada. Menarik bukan?

9. Abhimata Camp Site

  • Alamat: Jalan Udayana, Brenjang, Tamiajeng, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Jam Operasional: Setiap hari jam 8 pagi - 4 sore
  • Telepon: 0813-3222-7510
  • Harga Tiket: Paket camping ekonomis Rp350.000/ tenda

Abhimata Self Reliance Camp Site merupakan tempat camping private yang cocok untuk acara keluarga hingga komunitas. Tempat berkemah ini juga menawarkan program pengembangan diri. Program utamanya terdiri dari tiga kategori, yaitu Adventure, Camp, dan Explore.

Dengan pemandangan gunung, kamu bisa berkemah sambil menikmati sejuknya suasana di sana yang suhunya bisa mencapai 21°C pada malam hari.

Kamu bisa membawa kendaraan masuk ke dalam dan mendirikan tenda di sampingnya. Soal sanitasi pun sudah oke banget, kok. Walaupun tempat camping, tetapi toiletnya modern dan pastinya bersih.

Nah, jika tertarik untuk berkemah di sana, kamu bisa reservasi langsung. Tersedia juga paket ekonomis dengan harga Rp 350.000/tenda dengan maksimal 3 orang. Paket itu sudah include fasilitas, tenda dan sleeping bag, akses semua fasilitas (kecuali kolam renang), serta air mineral.

Selesai sudah pembahasan Keluyuran tentang 9 rekomendasi tempat camping asik di Trawas. Seru banget ya, kelihatannya? Yuk, segera luangkan waktu Bersama teman atau keluarga untuk menikmati indahnya alam dan kesejukannya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram