10 Tips Liburan Murah Ke Jogja, Menjaga Uang Tetap Aman!

Ditulis oleh Dian Rahmawati - Diperbaharui 11 November 2021

Liburan adalah momen yang di paling di nanti-nanti oleh setiap orang. Apalagi jika sudah penat dengan pekerjaan dan keseharian yang membosankan, rasanya ingin sekali rehat sejenak dari rutinitas untuk sekedar menikmati keindahan alam. Ada banyak sekali wisata kuliner yang sangat terkenal dengan pesona alamnya, salah satunya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, atau biasa kita sebut Jogja. 

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, namun kamu juga bisa menikmati berbagai macam kuliner dan spot-spot kece yang instagramable di kota ini. Tidak sedikit juga para turis yang datang kesini, hanya untuk sekedar mengenal kebudayaan Jogja, maupun untuk memotret momen di beberapa lokasi yang bersejarah. 

Bagi kamu yang baru pertama kali mengunjungi kota ini, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu, agar perjalananmu akan lebih terencana. Ingin tahu apa saja? Inilah 10 Tips liburan murah ke Jogja yang sudah Keluyuran rangkum. Simak sampai habis ya! 

Baca juga: Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja

1. Pilih transportasi menuju Jogja 

 Pilih transportasi menuju Jogja 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk pergi ke Jogja adalah menentukan terlebih dahulu, jenis transportasi apa yang akan kamu gunakan. Sebagai informasi, Jogja sendiri mempunyai beberapa stasiun dan bandara.

Jadi kamu yang berada di luar kota bisa memilih menggunakan pesawat atau kereta api. Jika kamu ingin lebih hemat lagi, kamu bisa memilih kereta ekonomi dengan harga rata-rata sekitar Rp100.000 saja.

Untuk kamu yang baru pertama kali mengunjungi kota ini tidak  perlu khawatir, karena stasiun yang berada di kota Jogja ini dekat dengan tempat-tempat wisata, sehingga akan mempermudah kamu ketika baru sampai di kota ini. Selain kedua opsi tersebut, jika memungkinkan kamu juga bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi maupun bus.  

2. Pilih tempat penginapan yang murah

Pilih tempat penginapan yang murah

Bagi kamu yang ingin bermalam di Jogja, ada baiknya kamu juga harus menentukan tempat penginapan yang aman, nyaman, dan murah. Apabila memungkinkan kamu bisa mencari paket promo yang ditawarkan oleh beberapa hotel. Sebagai rekomendasi, ada beberapa homestay di Jogja yang memiliki harga cukup terjangkau kurang dari Rp100.000.

Diantaranya yaitu, Bhumi Hostel, ViaVia Guesthouse, Ostic Hotel,dan Omah Heritage. Namun jika kamu ingin lebih praktis lagi kamu bisa memesan hotel atau penginapan secara online.

Dengan begitu kamu tidak khawatir akan kehabisan kamar hotel maupun kendala lainnya. Untuk masalah fasilitas dan sejenis nya kamu bisa melihat review dari beberapa website. Sangat praktis dan mudah bukan?

3. Pergi ke tempat wisata gratis atau murah 

Pergi ke tempat wisata gratis atau murah 

Jika kamu ingin menghemat pengeluaran, maka kamu bisa memilih beberapa tempat wisata yang murah. Ada banyak sekali destinasi wisata Jogja yang tidak dipungut biaya alias gratis. Salah satunya yaitu kawasan Malioboro dan nol kilometer. Selain itu ada juga destinasi wisata murah dengan tiket masuk hanya sekitar Rp10.000 atau Rp5.000 saja. 

4. Kunjungi tempat wisata dekat stasiun Yogyakarta 

Kunjungi tempat wisata dekat stasiun Yogyakarta 

Tidak sedikit para wisatawan yang memilih kereta api sebagai salah satu moda transportasi untuk mengunjungi kota Jogja, salah satu stasiun kereta api yang menjadi tempat pemberhentian wisatawan yaitu Stasiun Tugu. 

Lokasi stasiun ini sangat strategis dan dekat dengan beberapa objek wisata seperti, Angkringan Kopi Jos Stasiun Tugu, Tugu Pal Putih Jogja, Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, Titik Nol Kilometer, Benteng Vredeburg, Taman pintar, Alun-Alun Utara, dan Keraton Yogyakarta. Kabar baiknya lagi, beberapa tempat tersebut tidak menerapkan tiket masuk alias gratis.

5. Manfaatkan Trans Jogja

Manfaatkan Trans Jogja

Trans Jogja bisa menjadi salah satu alternatif  yang bisa kamu gunakan  ketika hendak berkeliling di kota Jogja, biaya yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp3.500 saja untuk sekali perjalanan. Untuk pemesanan tiket dan cara naiknya kamu bisa cek di ( judul artikel “cara naik trans jogja” )

6. Makan di warung dekat kampus 

Makan di warung dekat kampus 

Pasalnya warung makan yang berada di sekitar kampus memiliki harga mahasiswa yang relatif murah. Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp10.000 ribu saja, perut kenyang dompet pun aman. Salah satu warung makan yang ada di dekat kampus Universitas Gajah Mada yaitu  warung makan Jogja tempo doeloe “ SPGC BU WIRYO 1959”.

7. Buat budget yang ingin dicapai 

Buat budget yang ingin dicapai 

Setelah berhasil menentukan tempat wisata yang hendak dituju, transportasi yang digunakan, serta tempat penginapan yang cocok. Tips berikut ini juga tidak kalah penting, yaitu membuat budget atau anggaran yang ingin dicapai. 

Memang tujuan liburan itu adalah untuk melepas stress dan memerlukan banyak pengeluaran, hanya saja biasanya orang akan lupa dan melebihi batas pengeluaran jika sudah berlibur. Untuk itu, diperlukan adanya budget atau anggaran terlebih dahulu agar keuangan mu tetap aman. Dengan begitu, kamu tidak perlu risau dan  liburan mu juga akan lebih menyenangkan. 

8. Mengurangi pengeluaran yang tidak penting

Mengurangi pengeluaran yang tidak penting

Setelah menyusun budget dan anggaran, tentu saja kamu juga harus mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Beli lah keperluan dan barang-barang yang kamu mau secukupnya, berfoya-foya saat liburan memang tidak ada salahnya. 

Namun untuk meminimalisir terjadinya kendala atau hal-hal yang tidak terduga, ada baiknya kamu juga harus berjaga-jaga. Kecuali jika memang dana yang kamu miliki sudah banyak dan melebihi budget yang di targetkan. 

9. Jangan segan menawar di Malioboro

Jangan segan menawar ketika belanja di Malioboro

Malioboro adalah salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan ketika hendak berlibur ke Jogja. Karena selain sangat populer, Malioboro juga mempunyai lokasi yang sangat strategis, dimana tempat ini berlokasi di jantung kota. 

Di Sepanjang jalan Malioboro kamu akan menemukan banyak sekali para pedagang, dari mulai makanan khas Jogja, aksesoris, batik, tas, hingga kerajinan tangan. Tentunya belum lengkap bukan jika berlibur tanpa membawa oleh-oleh.

Nah, jika kamu ingin membeli oleh-oleh di tempat ini jangan segan untuk menawar, agar kamu bisa membagi rata oleh-oleh kepada keluarga atau kerabat terdekat mu di rumah. 

10. Cari oleh-oleh kerajinan tangan 

Cari oleh-oleh kerajinan tangan 

Bagi kamu yang masih bingung, menentukan oleh-oleh apa saja yang ingin kamu beli. Kerajinan tangan bisa jadi pilihan yang tepat. Karena, selain memiliki nilai budaya yang otentik, pernak-pernik seperti kerajinan tangan juga memiliki harga yang sangat murah dan terjangkau. Kota Jogja sendiri sangat terkenal dengan kerajinan tangan yang unik dan kreatif. 

Biasanya kerajinan tersebut dibuat langsung oleh tangan pengrajin atau istilah jaman sekarang yaitu handmade, tentu saja dengan membeli kerajinan tersebut artinya kamu ikut mendukung produk lokal dan membantu para pengrajin. Adapun jenis kerajinan yang bisa kamu temui di Jogja diantaranya seperti, gelang, bros, anting-anting, miniatur candi, andong dari perak dan masih banyak lagi. 

Nah, itu dia 10 tips liburan ke Jogja yang sudah Keluyuran rangkum. Bagaimana, sudah tidak sabar untuk berkeliling Jogja? Semoga saja setelah, membaca tips di atas, bisa membantu referensi mu ya, jika kamu memiliki tips lainnya jangan lupa untuk tinggalkan saran di kolom komentar. Selamat berlibur! 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram