10 Kuliner Bakso Enak di Bandung yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 22 Juli 2020

Udara Bandung memang sudah sejuk-sejuk dingin, apalagi kalau sedang musim penghujan begini, bawaannya jadi ingin selimutan terus atau makan yang hangat-hangat. Kalau ngidam makanan yang bisa bikin tubuh menjadi hangat tentu saja kamu akan ingat bakso enak di Bandung.

Tempat makan bakso di Bandung ada banyak sekali, mulai dari bakso kampung sampai dengan bakso beranak. Bahkan kalau kamu ingin praktis, kamu tidak perlu repot-repot mendatangi tempatnya, karena akan selalu ada tukang bakso yang suka berjualan keliling pakai gerobak.

Nah, kalau kamu ingin tahu bakso mana saja yang enak banget dan dijamin bikin ketagihan, Keluyuran punya rekomendasi 10 bakso enak di Bandung yang wajib dicoba. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Mie Bakso Akung

akung bakso enak di bandung

Mie Bakso Akung ini merupakan incaran para wisatawan karena cita rasanya yang khas, sehingga tidak ditemukan saingannya di mana pun. Mie yang disajikan di sini sangat lembut dan kenyal, dipadu dengan bakso dan kuah yang gurih. Memang, deh, sukses membuat orang-orang jatuh cinta. Untuk kamu yang tidak bisa makan banyak, Keluyuran menyarankan untuk pesan 1/2 porsi saja, karena segitu juga sudah banyak isiannya.

Kamu tidak akan pernah bosan makan di sini, karena topping-nya ada berbagai macam. Ada bakso halus, bakso urat, tahu, siomay, sampai ceker. Nah, si ceker ini menjadi daya tarik utama juga karena dagingnya yang empuk dan tidak berbau.

  • Alamat: Jl. Lodaya No.123, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 7314746
  • Jam operasional: Senin-Sabtu, 10.00-20.00 WIB, Jumat tutup
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp14. 000-Rp48.000 per porsi
  • Kisaran harga minuman: Sekitar Rp6.000-R.27.000 per gelas/botol

2. Bakso Semar

bakso semar

Selanjutnya, ada Bakso Semar. Bakso enak di Bandung ini buka 24 jam, loh! Keren banget kan, tempat bakso bukanya seharian.

Di Bakso Semar tersedia menu bakso biasa, bakso dan tulang rusuk sapi, sampai mie yamin. Tapi, Keluyuran rekomendasikan untuk kamu mencoba bakso besar dengan tulang rusuk sapi, karena dagingnya empuuuk banget! Selain ada tulang rusuk, ada juga tambahan lainnya seperti tetelan dan ceker.

Bakso Semar ini banyak sekali cabangnya. Ada di gang buntu Jalan Semar (Pasir Kaliki); Jalan Cihampelas No. 47; Jalan Veteran No. 71 (dekat ITC Kebon Kalapa); dan Jalan Melong Asih (Cijerah).

  • Alamat: Jl. Cihampelas No.68, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4232589
  • Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp18.000-Rp34.000 per porsi
  • Kisaran harga minuman: Sekitar Rp6.000-Rp15.000 per gelas/botol

3. Bakso Malang Enggal

Bakso Malang Enggal

Bakso Malang Enggal bisa dikatakan sebagai salah satu jawara kuliner bakso di Bandung. Pada tahu kan konsep bakso malang seperti apa? Kamu pilih sendiri isiannya sesuai selera kamu! Nah, di Bakso Enggal ini, pilihan isian mangkok kamu ada banyak sekali. Tidak hanya bakso polos dan urat, tapi juga ada siomay, tahu yang diisi adonan bakso, kerupuk pangsit, dan bakso goreng.

Harga per item di Bakso Enggal tidak terlalu mahal, kok. Hanya sekitar Rp 2 ribu - Rp 3 ribuan per buah. Selain bakso urat dan bakso gorengnya yang maknyus, kuah Bakso Enggal yang gurih benar-benar bikin kangen! Bakso Enggal buka setiap hari dari jam 9 pagi - 10 malam WIB. Selain di Jalan Burangrang, tempat bakso enak di Bandung ini ada juga di kawasan Soekarno-Hatta.

  • Alamat: Jl. Burangrang No.12, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung,
  • Nomor telepon: (022) 4232589
  • Jam operasional: Setiap hari, 09.00-22.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp19.000-Rp24.500 per porsi

4. Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya

Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Jadi, Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya ini bukan berlokasi di Jalan Lodaya, loh. Karena cabang pertamanya ada di jalan tersebut, makanya nama kedai bakso ini jadi ada kata "Lodaya"-nya. Tapi, lokasi kedai bakso ini sekarang ada di Jalan Veteran no. 3, Kebon Pisang, Sumur Bandung.

Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya beroperasi setiap hari (kecuali hari Senin). Kamu bisa mengunjungi kedai ini dari jam 11 siang. Di sini kamu hanya akan menemukan soun sebagai "karbohidrat"-nya, tidak ada bihun atau pun mie telur. Lalu untuk pilihan baksonya pun hanya ada dua, yaitu bakso daging dan bakso urat saja.

  • Alamat: Jl. Veteran No.3, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon:(022) 4231145
  • Jam operasional: Selasa-Minggu, 11. 00-21.00 WIB, Senin tutup
  • Kisaran harga: Sekitar Rp18.000 per porsi

5. Rumah Makan Baso Sapi Panghegar

Rumah Makan Baso Sapi Panghegar

Selain Baso Cihampelas, ada satu lagi baso siap masak yang suka dibawa pulang pelanggannya, yaitu Baso Sapi Panghegar. Tapi, kalau kamu malas masak dan ingin langsung makan saja, langsung saja datang ke Rumah Makan Baso Sapi Panghegar. Rumah makannya ada di beberapa rumah setelah Pabrik Baso Sapi Panghegar, jadi setelah makan-makan, kamu bisa langsung berburu oleh-oleh bakso di pabriknya.

Konsep rumah makan ini adalah untuk keluarga. Apalagi jika kamu membawa ponakan atau buah hati ke sini, pasti mereka akan suka karena ada taman, kolam ikan, dan beberapa permainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit.

Selain bakso, di RM Baso Panghegar juga ada makanan nusantara lainnya seperti sate dan capcay. Semuanya enak-enak sesuai selera orang Indonesia, khususnya orang Sunda. Pokoknya kamu dan keluarga tidak akan menyesal makan di sini. Pelayanan cepat, tempat cozy, makanan enak, overall rumah makan ini sangat bagus. Alamat RM Baso Panghegar ada di Jalan Holis no. 230, Caringin, Bandung Kulon.

  • Alamat: Jl. Holis No.230, Caringin, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung
  • Nomor telepon:(022) 4231145
  • Jam operasional: Selasa-Minggu, 09. 00-21.00 WIB, Senin tutup
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp12.000-Rp120.000 per porsi
  • Kisaran harga minuman: Sekitar Rp3.000-Rp22.000 per gelas/botol

6. Baso Mantep Gunung Giri Solo

baso mantep gunung giri solo

Tempat makan baso enak lainnya adalah Baso Mantep Gunung Giri Solo. Tempat makan ini menyajikan baso berukuran besar/sedang dan kecil dengan kuah gurih, topping tahu, tetelan dan kacang atom. Pilihan mienya ada mie kuning dan putih.

Harga semangkuk baso di sini terbilang standar, yakni Rp. 22.000,- per porsi. Kalau penasaran, datang langsung saja ke Jalan Aceh, No. 22, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Aceh No.22A, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0822-1413-9999
  • Jam operasional: Setiap hari, 09. 00-21.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp22.000 per porsi

7. Bakso Rusuk Samanhudi

Bakso Rusuk Samanhudi 

* sumber: www.traveloka.com

Salah satu tempat makan bakso enak di Bandung yang berlokasi di Dago ini bernama Bakso Rusuk Samanhudi. Siapapun yang sudah mencobanya pasti mengakui gurih kuahnya dan kelezatan baksonya yang juara, khususnya bakso uratnya.

Pilihan bakso di sini ada bakso urat, bakso telur, bakso mercon,bakso rudal. Dan yang paling juaranya kalau kesini adalah dengan memesan rusuk sebagai tambahannya. Jadi ngiler kan? Yuk, catat alamatnya berikut ini.

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.342b, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
  • Nomor telepon: 0812-2344-8400
  • Jam operasional: 09.00-22.00 WIB

8. Mie Baso Bintang Avon

Mie Baso Bintang Avon

Mie Baso Bintang Avon ini termasuk ke tempat makan baso yang cukup legend di Bandung. Kalau di sini juaranya adalah yaminnya. Porsinya yang cukup besar dengan mie yang ditaburi ayam, daun bawang dan bawang goreng ini menjadikan Mie Baso Bintang Avon tempat ngebaso yang wajib dicoba.

Selain baso, kamu juga bisa pesan tambahan lainnya seperti, pangsit, babat, ceker, tahu, siomay. Untuk harganya, per porsi masih cukup terjangkau banget. Gimana? jadi penasaran kan?

  • Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.29 A, Bandung, Jawa Barat 40112
  • Nomor telepon: (022) 4204273
  • Jam operasional: 09.00-20.00 WIB

9. Baso Tengkleng Mas Bambang

 Bakso Tengkleng Mas Bambang

* sumber: www.infobdg.com

Bakso Tengkleng Mas Bambang merupakan bakso enak di Bandung yang tidak bisa kamu lewatkan juga. Kedai bakso ini beralamat di Dipa Junction, Jalan Aria Jipang no. 1-3, Citarum, Bandung Wetan. Kamu bisa mencicipi bakso ini setiap hari dari jam 11 siang - 9.30 malam. Dan khusus hari Jumat bukanya dari jam 1 siang setelah sholat Jumat.

Jika kamu orang Jogja atau pernah main ke Jogja mungkin sudah familiar dengan kedai ini, karena asalnya memang dari daerah istimewa tersebut.

Kelebihan kedai bakso ini dibandingkan kedai lainnya adalah, di Bakso Tengkleng Mas Bambang basonya dibuat dari 97% daging dan hanya 3% terigu. Berbeda dengan pedagang bakso keliling yang paling hanya menggunakan 30% daging sapi dan sisanya terigu. Lalu, daging tengkleng sapi yang dijadikan topping bakso juga sangat empuk dan lembut, enak sekali pokoknya.

Ada banyak varian bakso di Bakso Tengkleng Mas Bambang, tapi yang jadi best seller adalah Bakso Tengkleng, Bakso Tengkleng Tahu, Misokleng, Misokleng Pangsit Spesial, dan Bakso Double Urat. Selain bakso ada juga mie ayam dan aneka wedang herbal khas Jogjakarta. Harga seporsi bakso di sini berkisar Rp 15 - 35 ribu saja, padahal yang kita dapatkan sangat mewah untuk ukuran bakso.

  • Alamat: Dipa Junction, Jl. Aria Jipang No.1-3, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon:(022) 4231145
  • Jam operasional: Senin-Minggu, 11. 00-21.30 WIB, Jumat, 13.00-21.30 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp15.000-Rp35.000 per porsi

10. Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan adalah pelopor bakso inovatif yang mendapat sambutan hangat di seluruh cabangnya yang tersebar di kota-kota besar. Bahkan tidak hanya satu, Bakso Boedjangan punya beberapa cabang di Bandung dan Cimahi. Maksud dari bakso inovatif adalah, Bakso Boedjangan tidak hanya menyajikan bakso polos, urat, telur, dan cincang saja.

Jadi, di sini kamu akan menemukan menu-menu bakso yang unik seperti Bakso Super Pedas (bakso isi sambal), Bakso Super Telur Bebek, Bakso Super Mozarella (bakso isi keju leleh), Bakso Super Keju (bakso isi keju lumer), hingga Bakso Wagyu Cincang.

Selain ber-bakso-an, di sini juga ada aneka nasi, yamien, dan Topping Duniawi banget (menu topping seperti seporsi ceker saja dan seporsi tetelan saja).

  • Alamat: Jl. Dipati Ukur No.1, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor telepon:(022) 4231145
  • Jam 0perasional: Senin-Jumat, 10. 00-23.00 WIB, Sabtu-Minggu, 10.00-00.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp14.000-Rp25.000 per gelas

11. Baso Sapi Cihampelas

Baso Sapi Cihampelas 

* sumber: ukhtiana.wordpress.com

Kamu tahu baso Cihampelas yang fenomenal itu? Yang kalau mau beli harus datang sejak dini hari untuk mengambil nomor antrian? Yang nomor antriannya bisa sampai ribuan itu?? Ya, adalah Baso Sapi Cihampelas, baso yang digadang-gadang terlezat dan terlaris di Bandung.

Sebenarnya tempat ini lebih ditujukan pada orang-orang yang mau beli bahan mentah saja (baso yang siap masak). Tapi, kalau kamu mau makan langsung di sana juga bisa, kok, karena ada semacam restorannya juga di tokonya. Kalau kamu mau makan langsung di sana tidak perlu ngantri sampai kaki gempor, hihi.

Uniknya, kalau kamu beli langsung seporsi bakso yang sudah jadi di sana, kuahnya itu berwarna merah. Si merah ini berasal dari tomat (bukan pewarna makanan). Terus, baksonya dihidangkan dengan irisan wortel dan kentang, tidak ada mie, soun, bihun, atau pun tauge sayur.

Unik, ya? Baso Cihampelas terbagi menjadi beberapa cabang di Bandung, namun pusatnya ada di Jalan Suryani Dalam no. 48, Warung Muncang, Bandung Kulon.

  • Alamat: Jl. Suryani Dalam 48, Warung Muncang, Bandung Kulon, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 6001234
  • Jam operasional: Senin-Sabtu, 05.30-18.00 WIB, Minggu 05.30-13.00 WIB

12. Baso Arief

baso arief

Baso Arief ini berada di Jalan Wira Angun Angun No. 20 (dekat Jalan Sultan Agung). Yang membuat Baso Arief begitu terkenal adalah baksonya yang unik. Selain ada bakso polos dan urat seperti bakso pada umumnya, di sini tersedia juga bakso rica, jamur, goreng, dan keju.

Untuk bakso rica dan jamur, adonan baksonya benar-benar terbuat dari daging rica dan daging yang dicampur jamur, bukan hanya berupa isian saja. Kebayang dong enaknya?

Bakso kejunya juga ada yang direbus, ada yang digoreng. Dan yang digoreng itu merupakan incaran utama para pelanggan setia Baso Arief. Yuk, langsung saja gerebek Baso Arief setiap hari Senin - Sabtu jam 9 pagi - 5 sore atau sehabisnya. Hari Minggu tutup.

  • Alamat: Jl. Wira Angun Angun No.20 RT.02, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon:(022) 4231145
  • Jam operasional: Senin-Sabtu, 09. 00-17.00 WIB, Minggu tutup
  • Kisaran harga: Sekitar Rp18.000 per porsi

13. Baso Malang Asli Fortuna

Bakso Malang Asli Fortuna 

* sumber: bandung.panduanwisata.id

Bakso Malang Asli Fortuna atau Bakso Malang Fortuna menjadi penutup artikel kuliner tentang bakso enak di Bandung. Selain Bakso Malang Langgeng di atas, bakso Malang-nya Fortuna juga terkenal enak.

Di sini kamu bisa memesan menu "basah" seperti siomay, tahu, bakso halus, bakso urat, dan bakso besar. Sedangkan untuk menu "kering" ada pangsit panjang, siomay dan bakso goreng. Alamat kedai ini ada di Masjid Istiqomah, Jalan Taman Citarum no. 13, Citarum, Bandung Wetan.

  • Alamat: Masjid Istiqomah, Jl. Taman Citarum No.13, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0813-2136-8959
  • Jam operasional: Setiap hari, 10. 00-21.30 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp15.000-Rp20.000 per porsi

14. Mie Baso Ramdhan

Mie Baso Ramdhan

* sumber: helenysm.com

Mie Baso Ramdhan merupakan bakso kesayangannya semua orang. Konsep kedai mie bakso ini bukan warung atau pun tenda, tapi lebih kepada kafe resto. Kamu pasti jarang banget menemukan kedai bakso yang ruangannya luas, tertata rapi, bersih, terang benderang, dan ber-AC seperti di Mie Baso Ramdhan.

Porsian mie dan bakso di sini juga besar-besar, cocok buat yang lagi kalap alias kalaparan, hihi. Semua elemen dari mie bakso di sini enak, mienya enak, baksonya enak, kuahnya sedap, pangsit gorengnya terasa sekali udangnya, pokoknya mantap sekali makan di Mie Baso Ramdhan. Alamat kedai bakso ini ada di Jalan Moch. Ramdan no. 45, Pungkur.

  • Alamat: Jl. Moch. Ramdan No.45, Ancol, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 5212037
  • Jam operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp25.000-Rp30.000 per porsi

15. Baso Malang Langgeng

Bakso Malang Langgeng 

* sumber: bullyyourbelly.com

Bakso Malang identik dengan cara meraciknya yang unik, karena pembelinya bisa request mau makan apa saja dan berapa banyak. Di Bandung ada restoran bakso Malang yang sangat terkenal dan memang enak rasanya. Adalah Bakso Malang Langgeng, sebuah restoran bakso Malang yang terkesan high class karena interiornya classy banget untuk sebuah tempat makan bakso.

Jadi, bakso di Bakso Malang Langgeng itu terdiri dari batagor (baso tahu goreng), bakso goreng, pangsit panjang, bakso polos, bakso urat, dan bakso telur. Semua isian bakso di sini enak-enak, jadi mending kamu pesan semuanya satu-satu. Tidak hanya elemen-elemen baksonya yang enak, kuahnya juga enak banget.

Kalau kamu lagi bosan makan bakso Malang, di sini ada menu baru yang masih seputar bakso. Diantaranya ada Black Pepper Spaghetti Bakso, Steak Bakso, TomYum Spaghetti Bakso dan ada dessert juga seperti Es Campur Durian.

Bakso Malang Langgeng ada di dua lokasi, yaitu di Jalan Lodaya no. 42, Turangga, Lengkong. Sedangkan cabang yang satu lagi ada di Jalan BKR no. 27. Setiap harinya, restoran ini buka dari jam 10 pagi - 9 malam, dan mereka tutup pada jam 10 malam setiap weekends. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi mereka di nomor (022)7303642.

  • Alamat:  Jl. Lodaya No.42, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 7316146
  • Jam operasional: Setiap hari, 09.00-21.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp15.000-Rp35.000 per porsi

Wuih, jadi lapar, nih. Kamu juga pasti jadi lapar, kan, setelah membaca 15 rekomendasi bakso enak di Bandung versi Keluyuran ini? Kamu pernah ke sini? Atau kamu punya tempat ngebakso lain yang recommended? Bagikan yuk di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram