keluyuran web banner

Begini Cara Mudah Mengetahui Posisi Pesawat secara Akurat

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 10 Desember 2020

Pesawat adalah salah satu kendaraan yang beroperasi di udara dan dapat membuat perjalanan kamu lebih cepat, sehingga lebih menghemat waktu. Apakah pernah terbayang bagaimana perkembangan transportasi sekarang tanda adanya pesawat?

Fun fact tentang pesawat: dilansir dari sejarah, pada tahun 1903 ada pesawat bernama Flyer. Ia adalah kendaraan yang dirancang sendiri dan pertama kali diterbangkan oleh Orville Wright dan Wilbur Wright, atau yang lebih dikenal dengan Wright Bersaudara.

Namun, percobaan peluncuran pesawat di wilayah Amerika Serikat ini bukanlah yang pertama kali, sebab sejak tahun 1782 telah dimulai penelitian panjang untuk merancang pesawat sebagai alat transportasi paling efektif di dunia. Pesawat juga telah mengalami modifikasi berulang kali, bahkan pada tahun 1949 sebenarnya sudah ada pesawat komersial yang diberi nama Bristol Brabazon.

Lalu, pada tahun 1900-an, pesawat yang masih berbentuk balon sudah digunakan untuk membawa barang dan juga penumpang pada masa World War (Perang Dunia). Jika tidak ada pendahulu-pendahulu pesawat itu, mungkin manusia baru bisa menjangkau belahan dunia lainnya dalam waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, tapi kini bisa dipersingkat dengan adanya pesawat terbang masa kini.

Negara Indonesia juga tak luput berkontribusi dalam dunia penerbangan, loh! Bagaimana tidak, Indonesia memiliki putra terbaik sekaligus presiden ketiga yang berperan sebagai ilmuwan dan insinyur, almarhum BJ Habibie. Beliau mampu menciptakan pesawat terbang sendiri dan kini jumlah pesawatnya yang mengudara setiap hari ada lebih dari 200 ribu pesawat.

Meskipun tak sedikit terjadi kasus kecelakaan, pesawat masih menjadi pilihan kendaraan yang paling aman dan tetap menjadi salah satu alat transportasi yang diminati untuk berlibur dan bepergian.

Sekarang zaman sudah semakin canggih. Sudah ada berbagai situs yang dapat melacak tipe, status, jadwal, bahkan posisi pesawat, sehingga kamu tidak perlu lagi penasaran kiranya ada di mana posisi pesawat orang tuamu atau kekasihmu, kenapa mereka belum menghubungi kamu juga. Penasaran apa saja nama situsnya dan bagaimana cara mengetahui posisi pesawat? Yuk simak penjelasanya sampai habis.

1. Flightradar24

Begini Cara Mudah Mengetahui Posisi Pesawat secara Akurat 1

* sumber: apkpure.com

Salah satu cara yang dapat kamu coba untuk mencari di mana posisi pesawat adalah dengan menggunakan aplikasi pelacak pesawat terbang Flightradar24. Aplikasi ini bisa diperoleh pada IOS dan Android, mereka tersedia dalam dua versi, yaitu pro (berbayar) dan gratis. Atau, kamu juga bisa mengaksesnya dari situs website resmi mereka, flightradar24.com.

Melalui aplikasi ataupun situs Flightradar24, kamu bisa melihat gambaran peta penerbangan secara real time yang diperoleh dari jaringan pada 17 ribu lebih stasiun. Stasiun televisi dan koran juga sering menggunakan layanan ini untuk melengkapi informasi penerbangan jika terjadi kecelakaan pesawat.

Flightradar24 merupakan aplikasi sederhana sekelas profesional yang memiliki fitur yang lengkap, mencangkup data pesawat hingga rute yang dilewati melalui teknologi Multilateration (MLAT), FLARM, dan Radar Data Amerika Utara.

Aplikasi yang dirancang dua orang programer ini mengklaim mempunyai database yang diperoleh dari 500 lebih perangkat jaringan penerima sinyal pesawat terbang atau yang dikenal juga dengan Automatic Dependent Surveillance Broadcast (disingkat ADS B).

ADS B sendiri merupakan teknologi monitoring yang menunjukkan posisi pesawat melalui navigasi satelit. Database ADS B tersebut di-supply oleh Badan Administrasi Penerbangan Amerika Serikat yang lebih dikenal sebagai FAA atau Federal Aviation Administration.

Dengan database itulah, aplikasi dan situs yang dikembangkan sejak 2006 ini mampu memantau rute penerbangan hingga 60% dari keseluruhan total penerbangan pesawat komersial di dunia. Sedangkan, untuk data posisi pesawat ketika terbang, diperoleh dari ATC atau Air Traffic Control. Fungsinya untuk menerima sekitar 2.600 ADS B independen dari aviasi sebelum dipancarkan kembali ke stasiun penerima secara periodik.

2. Flight Aware

Begini Cara Mudah Mengetahui Posisi Pesawat secara Akurat 2

* sumber: airportix.com

Kurang lebih aplikasi yang bernama Flight Aware ini memiliki kegunaan yang serupa dengan Flightradar24, meskipun hasil pencarian yang diperoleh belum selengkap aplikasi di atas. Flight Aware dapat kamu temukan di ponsel dengan nama FlightAware Flight Tracker. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui situs web mereka, flightaware.com.

Dengan aplikasi dan situs ini, kamu dapat mengetahui laju dan posisi pesawat secara real time. Namun data yang diperoleh masih cukup terbatas. Meskipun begitu, sejak tahun 2018, Flight Aware telah menjalin kerjasama dengan Aireon, perusahaan aircraft tracking yang berasal dari Amerika.

Keduanya lantas merilis fitur yang berisi obrolan antara awak kokpit dan menara ATC. Fitur itu juga disediakan secara real time. Jadi, aplikasi ini ada kelebihan dan ada kekurangannya.

3. Flight Map

Begini Cara Mudah Mengetahui Posisi Pesawat secara Akurat 3

* sumber: apkpure.com

Selain dua situs di atas, kamu bisa juga memakai aplikasi Flight Map yang dapat diunduh melalui ponsel. Aplikasi tersebut mencangkup informasi terkait penerbangan mulai dari kecepatan, ketinggian, jarak tempuh, jenis pesawat, bandara tujuan dan asal, serta nomor penerbangan dan registrasi yang bisa dilacak secara real time. Data yang kamu peroleh dari layanan itu dapat kamu bagikan lagi melalui sosial media, loh!

4. Flight Track 5

Begini Cara Mudah Mengetahui Posisi Pesawat secara Akurat 4

* sumber: bestapps.com

Ada pula aplikasi pelacak pesawat terbang lainnya, yaitu Flight Track 5, yang bisa kamu gunakan melalui ponsel. Bisa dikatakan aplikasi ini lebih unggul dibandingkan deretan aplikasi di atas. Itu karena adanya peta jalur penerbangan yang dilengkapi dengan peta satelit.

Selain itu, aplikasi ini menyimpan informasi yang memuat 1.400 maskapai dan 3 ribu bandara yang ada di dunia. Kamu juga bisa menggunakan fiturnya untuk membatalkan ataupun menunda jadwal penerbangan. Aplikasi all in one, praktis banget!

5. Plane Finder Flight Tracker

Begini Cara Mudah Mengetahui Posisi Pesawat secara Akurat 5

Terakhir ada Plane Finder Flight Tracker yang telah dilengkapi dengan ADS B serta MALT, sehingga dapat memantau lokasi pesawat secara real time. Sayangnya, aplikasi yang bisa kamu peroleh di ponsel dan bisa diakses melalui situs (planefinder.net) ini merupakan aplikasi berbayar. Well, sesuai dengan fiturnya yang lengkap.

Kamu bisa melacak nomor, posisi, hingga bandara dari pesawat yang sedang melakukan penerbangan. Selain itu, juga terdapat mode realitas augmented yang berguna untuk mengidentifikasi pesawat yang ingin dilacak.

Beberapa cara di atas dapat kamu gunakan juga untuk menemukan jadwal, status, lokasi penerbangan, bahkan statistik delay dan data historis sebelum hilang kontak untuk pesawat yang mengalami kecelakaan. Selain itu, kamu bisa juga mencari tipe pesawat yang akan dilacak.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan kode penerbangan yang terdiri dari 6 hingga 7 digit dengan 2 digit depan berupa huruf inisial nama maskapai, serta 4 digit belakang berisi nomor penerbangan dan rute.

Kode tersebut bisa kamu temukan pada tiket penerbangan. Gampang kan? Namun, pesawat-pesawat yang terlacak tersebut tidak termasuk pesawat terbang presiden ataupun militer karena alasan keamanan dan privasi.

Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan kontak dengan keluarga, kerabat, atau teman yang berada di salah satu penerbangan. Dengan menggunakan aplikasi di atas, kamu juga dapat lebih awal memperoleh informasi mengenai kecelakaan pesawat. Tapi, tenang, pesawat adalah kendaraan yang aman. Peluang kecelakaan pesawat sangat kecil, yaitu 1 banding 9.821.

Sistem keamanan pesawat sudah mengikuti standar yang berlaku, menjadi pilot pun diperlukan syarat yang ketat dan alat transportasi yang dikendarai telah dilengkapi pula oleh teknologi canggih. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, bepergian dengan pesawat! Dan, jangan lupa download aplikasi pelacak pesawat di atas, ya. Semoga selalu selamat sampai tujuan!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram