keluyuran web banner

Cara Mudah untuk Cek Tiket Pesawat yang Sudah Dibeli

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Sayang sekali ya rasanya melewati tahun ini seperti sekejap; tidak ada acara kumpul-kumpul sesering dulu, kulineran enak atau jalan-jalan ke tempat oke. Ambil sisi positifnya saja, mungkin ini saatnya kita nabung untuk melancong ke destinasi oke tahun depan! Lumayan kan uang yang dikumpulkan, kita bisa naik tahta dari backpacker jadi traveler!

Oh iya, ngomongin jalan-jalan, biasanya kalian naik apa untuk bisa sampai ke destinasi favorit kalian? Bus? Kereta? Atau yang paling saya suka, pesawat! Kenapa pesawat, soalnya selain cepat sekarang banyak promo yang memungkinkan kita tidak usah keluar biaya penuh! Hanya setengah harga bisa langsung cus deh! Keluyuran sudah pernah bahas juga nih soal gimana caranya dapat tiket pesawat murah meriah!

Nah, untuk kalian yang sama-sama suka naik pesawat, masih suka bingung gak kalau harus beli tiket pesawat terus melihat apa tiket yang kita pesan sudah bisa di-issued atau masih proses dari maskapai. Kali ini, Keluyuran bakal bantu kalian buat cek soal status tiket pesawat yang kalian pesan supaya kalian tidak kebingungan lagi. Yuk, simak artikelnya!

Tiket pesawat zaman sekarang sudah tidak seperti zaman jebot yang kudu antri di bandara dan kebanyakan go-show, Well, memang sih sampai sekarang ada yang menjajakan tiket secara luring, tapi itu karena case tertentu saja, either karena darurat atau memang ada perubahan jadwal mendadak waktu di bandara.

Kita-kita sang milenial ini umumnya memesan tiket bisa jauh-jauh hari lewat daring. Kini banyak sekali website dan aplikasi pembelian tiket di internet yang bisa diakses lebih mudah. Selain mudah, pembelian tiket via daring ini juga lumayan sering memberikan potongan harga yang oke sekali dan bahkan memberikan kita poin yang bisa dipakai untuk keberangkatan kita di kemudian hari.

Website Maskapai

Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group (Wings Air, Batik Air dan Lion Air), Sriwijaya, Nam Air dan masih banyak lainnya sih. Kalian bisa membeli tiket langsung dari website maskapai di atas.

Nah, kali ini Keluyuran akan coba untuk pemesanan sekaligus pengecekan status di website maskapai Lion Group. Sebagai catatan, Lion Group memiliki kode penerbangan sendiri untuk seluruh pesawatnya, akan dijelaskan di bawah ya!

 

Hal pertama yang dilakukan setelah memesan tiket adalah mengunjungi website resmi Lion Air. Setelah berhasil masuk, kalian akan melihat tampilan muka seperti ini.

Di bagian bawah, kalian akan melihat 4 kolom aktif; yaitu Kelola Pemesanan, Promosi Perjalanan, Lion Experience dan About UsUntuk cek tiket kalian yang sudah dibeli, kalian bisa mengetuk kolom Kelola Pemesanan.

Tiket_JT_Pemesanan (Copy)

Setelah kalian mengetuk Kelola Pemesananakan pilihan lainnya yaitu Web Check-In, Rincian Pemesanan dan Bagasi Prabayar

kolom Web Check-In berguna untuk registrasi diri secara daring. Kalian diharapkan untuk melakukan check-in minimal 2 jam sebelumnya; ini dilakukan dengan maksud supaya kalian tidak akan ketinggalan pesawat apabila ada masalah dengan bagasi atau ada kendala dengan tiket kalian.

Butuh waktu lumayan lama untuk mengurusnya, sehingga kalian bisa dengan tenang untuk menyelesaikan masalah bagasi/tiket tanpa khawatir tertinggal pesawat. Kolom Rincian Pemesanan berguna untuk melihat status tiket kalian.

Apakah sudah confirmed atau masih on process atau bahkan failed. Di sini kalian bisa mendapatkan informasi jelas mengenai tiket yang sudah dibeli. Apabila statusnya bukan confirmed, kalian bisa segera menghubungi pihak maskapai untuk dibantu atau bisa langsung di bandara dengan mengunjungi bilik pelayanan pelanggan.

Kolom Bagasi Prabayar berguna untuk membeli bagasi yang telah disediakan oleh pihak maskapai. Umumnya, banyak maskapai yang sekarang tidak menyediakan bagasi cuma-cuma, sehingga penumpang harus membeli bagasi lagi apabila penumpang membawa barang banyak.

Saat ini maskapai hanya menyediakan bagasi cuma-cuma yang bisa masuk ke dalam kabin seberat 7kg saja, terdiri 1 koper/tas besar dan tas tangan/tas jinjing. Nah, karena artikel ini akan membantu kamu mengetahui status tiket yang sudah dibeli, kalian bisa mengetuk kolom Rincian Pemesanan dan kalian akan melihat tampilan dibawah ini.

Tiket_JT_Status (Copy)

Tiket yang kalian beli jauh-jauh hari akan secara otomatis tersimpan di dalam sistem. Kalian hanya perlu mengisi kode booking yang sebelumnya sudah diterima, dilanjut dengan nama kalian (depan dan belakang), nomor penerbangan (ingat, Lion Group memiliki kode penerbangan berbeda);

  • JT untuk Lion Air
  • IW untuk Wings Air
  • ID untuk Batik Air
  • OD untuk Malindo Air
  • SL untuk Thai Lion Air

Terakhir, kalian diminta untuk memasukan tanggal penerbangan. Setelah semua diisi sesuai dengan tiket yang dipesan kalian bisa ketuk pilihan lanjut sampai kalian melihat tampilan dibawah ini;

Tiket_JT_Final (Copy)

Catatan penting! Seluruh data yang ada di kolom atas merupakan final. Apabila ada kesalahan nama, kalian terancam gagal berangkat karena sistem akan mencocokan data dengan kartu identitas kalian di bandara. Jadi harap diperhatikan baik-baik ya!

Kolom di atas memperlihatkan kode booking kalian, detail penumpang dan detail itinerary. Itinerary ini mengandung nomor penerbangan kalian, tanggal keberangkatan, keberangkatan asal, ketibaan tujuan, durasi penerbangan, kelas kabin dan status.

Bila semua sudah sesuai, status tiket kalian terbaca Confirmed. Kalau sudah terbaca demikian, kalian bisa santai karena data diri dan tiket sudah aman dalam sistem maskapai.

Terakhir kalian bisa mencetak tiket ini sebagai boarding pass kalian. Boarding Pass ini menjadi salah satu berkas penerbangan yang penting ya kawans! Jangan sampai hilang! Untuk kalian yang masih bingung untuk membaca Boarding Pass, cek yuk cara mudahnya di artikel yang sudah pernah Bacaterus bahas sebelumnya!

Aplikasi Perjalanan

Di dalam aplikasi perjalanan, seperti Traveloka, Tiket.com, Mister Aladin atau aplikasi lainnya, kalian juga bisa cek pemesanan tiket yang sudah dibeli. Bacaterus menggunakan aplikasi perjalanan Traveloka untuk membeli tiket kali ini. Untuk maskapai yang dipilih masih sama dengan kolom di Website Penerbangan di atas ya; dari Lion Group yaitu Batik Air.

Kalian bisa masuk ke aplikasi traveloka sampai muncul tampilan seperti ini:

Traveloka_JT_Halaman Depan (Copy)

Setelah itu kalian bisa scroll ke kolom paling bawah; disana ada Home, Saved, My Booking, My Inbox dan My AccountUntuk mengetahui status pemesanan tiket yang sudah dibeli, kalian bisa ketuk pilihan My Booking dan kalian akan melihat tampilan seperti ini:

Traveloka_JT_Status (Copy)

Di kolom My Booking, kalian bisa langsung melihat tiket pesawat yang sudah kalian pesan. Baik itu satu kali perjalanan atau perjalanan pulang pergi. Tanggal keberangkatan dan nama bandara asal juga bandara tujuan akan terlihat di kolom ini. Apabila tidak ada masalah, kalian juga bisa melihat indikator hijau yang menyatakan bahwa elektronik tiket sudah terdaftar.

Apabila kalian ingin lebih detail lagi melihat tiket yang sudah dipesan, kalian bisa mengetuk banner keberangkatan sampai terlihat tampilan berikut:

Traveloka_JT_Rincian Pemesanan (Copy)

Dalam kolom di atas, elektronik tiket akan terlihat selengkap mungkin. Apabila di kolom sebelumnya hanya terlihat keberangkatan, tanggal dan bandara; maka di kolom ini kalian bisa melihat berapa bagasi yang kalian dapatkan, nama lengkap kalian, kode booking, kode penerbangan dan lainnya. Kalau semua sudah terlihat seperti ini, lagi-lagi, kalian sudah aman dan tinggal menunggu tanggal berangkat saja.

Melihat status tiket yang sudah dibeli saat ini memang sudah sangat mudah; baik itu dari website resmi maskapai ataupun aplikasi perjalanan. Bila kalian ada perubahan jadwal, perubahan penerbangan (selain perubahan nama), kalian juga bisa langsung melakukannya di website atau di aplikasi. Jangan khawatir bingung, kalau kalian sudah tidak mengerti yang dilakukan, tinggal telepon layanan pelanggan kok.

So, sudah siap untuk melancong lagi? Yuk siapkan koper, baju keren, kacamata hitam, sunblock, sepatu kece, gawai dan semua berkas yang diperlukan untuk naik pesawat. Kalau sudah dirasa lengkap, Let's go!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram