10 Curug di Kuningan yang Memesona untuk Kamu Para Petualang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 April 2020

Bagi kamu yang senang dengan wisata alam, daerah Kuningan bisa jadi destinasi wisata kamu selanjutnya. Kuningan dianugerahi dengan banyak curug atau air terjun yang indah dan masih asri. Kamu bisa melepas sejenak penat di wisata alam di Daerah Kuningan ini.

Ingin tahu ada curug apa saja yang menarik di Kuningan? Keluyuran sudah merangkumnya untuk kamu nih, simak ulasannya berikut ini ya! 

1. Curug Bangkong – Nusaherang

Curug Bangkong – Nusaherang

Curug Bangkong berada di Desa Kertawiratma ini, merupakan satu curug yang tidak boleh kamu lewatkan saat kamu berwisata ke daerah Kuningan. Curug ini memiliki lebar sekitar 3 meter dan tingginya sekitar 23 meter, memiliki air yang deras, terutama saat di musim penghujan tiba.

Di musim kemarau, kamu akan melihat air terjun ini tetap memiliki air yang cukup deras, dengan udara yang sejuk dan bersih. Tempatnya sangat cocok untuk kamu berekreasi dengan keluarga, lingkungan sekitarnya masih asri dengan naungan pepohonan rindang.

  • Alamat: Ds. Kertawiratma, Kec. Nusaherang, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp12.500

2. Curug Putri – Cigugur

Curug Putri – Cigugur

Curug putri yang berada di Desa Cisantana ternyata memiliki mitos sebagai tempat mandinya para dewi dari kahyangan. Satu yang menjadi daya tarik dari curug ini yang masih berhubungan dengan mitosnya adalah air curugnya yang membentuk siluet seorang putri dengan pakaian berwarna putih.

Curug ini berada dalam sebuah kawasan Bumi Perkemahan Palutungan yang luas. Ketinggian curug ini sekitar 20 meter dengan air jernihnya yang berasal dari mata air di Hutan Gunung Ciremai. Curug ini menawarkan hawa yang segar dan sejuk dengan indahnya pepohonan pinus di sekelilingnya.

  • Alamat: Ds. Cisantana RT 07/RW03, Kec. Cigugur, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.30 WIB
  • HTM: Rp15.000,- Parkir Motor Rp3.000, Mobil Rp5.000

3. Curug Si Domba – Jalaksana

Curug Si Domba – Jalaksana

* sumber: www.jejakpiknik.com

Orang yang datang ke Curug ini mungkin tertarik dengan mitos yang dimiliki Curug Si Domba ini. Orang percaya jika kamu membasuh muka dicurug ini, maka segala keinginanmu dapat dilancarkan. Di curug ini disediakan keran untuk kamu membasuh muka, yang dijaga oleh seorang kuncen.

Curug ini tingginya hanya tiga meter tetapi air yang dialirkannya adalah air yang jernih dan sangat dingin. Air Curug Si Domba ini berasal dari mata air yang berada di Gunung Ciremai. Akses menuju curug ini ini terbilang mudah dan sudah beraspal, dan sudah terdapat fasilitas dasar.

  • Alamat: Ds. Peusing Kec. Jalaksana, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Weekday Rp.10.000,- Weekend Rp.12.000,-
  • Parkir: Motor Rp4.000, Mobil Rp8.000, Bus Rp14.000

4. Curug Ngelay – Selajambe

Curug Ngelay – Selajambe

Jika kamu membutuhkan udara yang bersih dan belum tercemar oleh polusi, kamu harus datang ke Curug yang berada di Desa Bagawat ini. Curug Ngelay dengan air yang jernih dan dingin khas air pegunungan. Curug ini memiliki tinggi 100 meter dengan lebarnya 50 meter.

Akses menuju curug ini dari tempat parkir cukup menguras tenaga, hal itu karena curug ini ternasuk destinasi wisata baru. Fasilitas dasar memang tersedia sayangnya masih kurang terawat. Jika mengunjungi curug ini jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan keindahannya.

  • Alamat: Ds. Bagawat RT 04/RW 06 Kec. Selajambe, Kab Kuningan. Provinsi Jabar
  • Jam Operasional: 24 Jam (Pagi dan Siang hari adalah waktu yang disarankan)
  • HTM: Rp3.000
  • Parkir: Rp3.000 – Rp5.000

5. Curug Payung – Ciniru

Curug Payung – Ciniru

Curug Payung termasuk destinasi wisata baru, lokasinya berada di Gunung Manik, Kuningan Selatan. Tempatnya cukup tersembunyi, belum banyak penunjuk arah sehingga kamu perlu berhati-hati untuk menuju tempat ini. Curug ini sudah memiliki fasilitas yang cukup standar.

Curug dengan pemandangan yang indah ini belum terlalu banyak pengunjung, udaranya sejuk dan suasananya yang tenang diselimuti oleh tumbuhan hijau yang masih terjaga keasriannya. Untuk kamu yang senang bertualang curug ini cocok sekali untuk kamu datangi dengan berjalan kaki.

  • Alamat: Ds. Pinara, Kec. Ciniru, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 16.00 (waktu yang disarankan)
  • HTM: Gratis

6. Curug Landung – Cigugur

Curug Landung – Cigugur

Curug Landung adalah air terjun yang berada di kaki Gunung Ciremai. Curug ini sudah dikelola dengan baik, pihak pengelola juga telah menyediakan banyak spot untuk berfoto yang instagramable. Curug ini termasuk curug yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik.

Fasilitas pendukung di curug ini juga cukup memadai, terdapat juga gazebo tempat pengunjung untuk beristirahat. Curug Landung sering juga disebut dengan nama Jurang Landung, memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang bening dan udara yang sejuk di kelilingi pepohonan.

  • Alamat: Ds. Pinara, Kec. Ciniru, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 09.00 – 17.00
  • HTM: Rp10.000
  • Parkir: Motor Rp2.000, Mobil Rp3.000

7. Curug Cisurian – Jalaksana

Curug Cisurian – Jalaksana

Kamu senang hiking dan bertualang, curug ini cocok untuk kamu jajal. Curug yang berada di Desa Sagara ini memiliki akses yang cukup menantang  untuk kamu sambangi. Tetapi sebagai imbalannya kamu akan menemukan susana yang tenang dan tidak terlalu ramai.

Curug Cisurian ini akses masuknya berada dalam Bumi Perkemahan Ipukan, kamu juga dapat berkemah di  bagian atas dari curug dengan pemandangan Kota Kuningan. Di curug ini juga jika kamu beruntung akan menemukan satu hewan yang dilindungi yaitu surili.

  • Alamat: Ds. Sukamuti, Kec. Jalaksana, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00
  • HTM: Rp.15.000
  • Parkir: Motor Rp2.000, Mobil Rp3.000

8. Curug Luhur – Selajambe

Curug Luhur – Selajambe

Curug luhur yang berada di Dusun Cipicung ini merupakan curug yang terdiri atas beberapa undakan, dengan hutan di sekitarnya yang masih tumbuh dengan subur. Hawa dari curug ini yang sangat sejuk yang menjadi alasan curug ini ramai dikunjungi di saat masa liburan dan juga hari-hari biasa.

Walaupun curug ini letaknya jauh dari kediaman penduduk, tetapi curug ini telah memiliki fasilitas dasar seperti, toliet, mushola, dan tempat parkir. Jika beruntung kamu juga dapat melihat pelangi dari pantulan sinar matahari yang menerpa butir-butir air.

  • Alamat: Ds. Padahurip, Kec. Selajambe, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 16.00 (waktu terbaik untuk berkunjung)
  • HTM: Gratis
  • Parkir: Rp20.000

9. Curug Winujati – Ciwaru

Curug Winujati – Ciwaru

Curug Winujati adalah curug yang masih sepi dari pengunjung, cocok untuk kamu yang mencari ketenangan. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan terletak di Gunung Winujati. Perjalan satu jam menuju curug kamu akan ditemani oleh pemandangan asri dari persawahan dan hutan.

Suasana dicurug Winujati ini cukup tenang, cocok untuk kamu yang butuh untuk berelaksasi. Kamu bisa bermain di bawah guyuran air terjun dengan air yang dingin dan jernih serta menyegarkan.

  • Alamat: Ds. Sumberjaya, Kec. Ciwaru, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 16.00 (waktu terbaik untuk berkunjung)
  • HTM: Gratis

10. Curug Parakan Panjang – Subang

Curug Parakan Panjang – Subang

Curug Parakan Panjang merupakan satu curug untuk orang yang senang dengan hiking, jalan  menuju kesana tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, sehingga kamu harus menggunakan kendaraan roda dua, atau kamu bisa berjalan melintasi sungai Cipanas

Curug ini memiliki bentuk air terjun yang berundak, tingginya tidak lebih dari 15 meter, dan bentuknya landai. Kamu bisa menaiki curug ini karena bentuknya tidak curam, kamu bisa berswafoto dari atas curugnya dengan tetap berhati-hati agar jangan sampai kamu terpeleset.

  • Alamat: Ds. Subang, Kec. Subang, Kab Kuningan. Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 16.00 (waktu terbaik untuk berkunjung)

Curug-curug ini hanya sebagian dari begitu banyak curug yang dapat kamu jelajahi di Kuningan. Selain sejuknya udara curug, kamupun akan disuguhi dengan keindahan alam disekeliling curug. Curug-curug ini menawarkan suasana yang tenang dengan hawa sejuk dari pegunungan menawarkan relaksasi, agar dapat kembali berenergi untuk menjalankan rutinitas.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram