10 Curug di Subang dengan Pemandangan yang Masih Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika kamu berwisata alam di Jawa Barat, maka kamu tidak boleh melewatkan wisata alam berupa air terjun atau curug yang jumlahnya cukup banyak di provinsi ini. Kamu bisa coba curug-curug yang berada di Jawa Barat dengan pesona keindahan alamnya yang masih alami, beberapa tempatnya itu bisa kamu temukan di Subang.

Jika kamu tertarik wisata alam di Subang, berikut ini ulasan beberapa curug yang berada di Kabupaten Subang yang bisa kamu kunjungi.

1. Curug Cileat – Cisalak

Curug Cileat - Cisalak

Curug Cileat adalah curug tertinggi di Subang, dengan ketinggian mencapai 100 meter. Curug yang tinggi ini dikelilingi dengan alam hijau yang masih asri, serta memiliki debit air yang jatuh cukup deras. Tempat wisata ini harus kamu tempuh dengan berjalan kaki selama 2 jam, cocok untuk orang yang senang hiking.

Kamu tidak akan kecewa melihat keindahan curug ini, melihat air yang jatuh dari tebing yang sangat tinggi, dan menghembuskan udara yang sejuk. Pengunjung dapat bermain air di curug ini, selain itu masyarakat percaya bahwa curug ini bagus untuk digunakan sebagai terapi untuk kesehatan tubuh.

  • Alamat: Kp. Cibago, Desa Mayang, Kec. Cisalak, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

2. Curug Cibareubeuy – Ciater

Curug Cibareubeuy – Ciater

Satu lagi curug yang cocok bagi kamu yang gemar hiking, Curug Cibareubeuy dengan tinggi 40 meter ini harus kamu tempuh selama kurang lebih 1-2 jam. Tetapi kamu akan disuguhi dengan pemandangan persawahan dan sungai yang indah selama perjalanan, sehingga kamu tidak akan merasa bosan.

Curug ini berada di tempat yang cukup terpencil dan minim fasilitas penunjang, jadi kamu jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah agar tidak kelaparan. Setelah perjalan jauh kamu akan disuguhi pemandangan curug yang eksotis di antara hijaunya pepohonan yang masih alami.

  • Alamat: Desa Cibeusi, Kec. Ciater, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

3. Curug Goa Badak – Sagalaherang

Curug Goa Badak - Sagalaherang

* sumber: www.satulensa.com

Curug Goa Badak adalah sebuah curug yang terletak di dalam sebuah kawasan Capolaga Adventure Game. Tinggi dari curug ini sekitar 8 meter, dan cocok bagi kamu yang senang berendam, atau juga yang senang berenang dengan air yang jernih dan menyegarkan.

Nama curug ini berasal dari sebuah gua besar yang terletak di sekitar curug. Awalnya sering dikenal dengan nama Curug Goa Bagag, yang artinya besar. Namun panggilan dari curug ini dengan berjalannya waktu menjadi berubah. Kini orang-orang lebih sering memanggilnya dengan sebutan Curug Goa Badak.

  • Alamat: Sukamandi, Kec. Sagalaherang, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

4. Curug Ciangin – Ciater

Curug Ciangin – Ciater

Keberadaan Curug Ciangin belum terlalu banyak diketahui orang, tetapi memiliki pesona yang tidak kalah dengan keindahan curug yang lain. Curug ini menawarkan air yang bersih dan bening, dan biasa digunakan sebagai tempat berkemah oleh siswa sekolah. Curug Ciangin ini memiliki ketinggian sekitar 9 meter.

Jika kamu menyukai hal menantang, kamu bisa melompat dari atas batu ke kolam yang terdapat di bawah curug. Jika kamu lapar, kamu tidak perlu khawatir sudah terdapat warung untuk menghilangkan rasa lapar dengan disertai pemandangan curug dan ditemani udara yang sejuk.

  • Alamat: Kp. Neglasari, Ds. Cibeusi, Kec. Ciater, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.30 WIB
  • HTM: Rp10.000

5. Curug Sadim – Sagalaherang

Curug Sadim – Sagalaherang

Curug sadim merupakan curug yang mudah diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat curug ini berada diantara perkebunan teh dan cukup tersembunyi. Jika kamu berkunjung curug ini tak hanya disuguhi keindahan dari curugnya, tetapi keindahan dari hamparan perkebunan teh.

Jika kamu berkunjung ke curug ini, kamu bisa berendam di curug dengan hawa yang menyegarkan dan menyejukan dari curugnya, serta dari hawa perkebunan tehnya. Di curug ini sudah terdapat fasilitas seperti toilet dan mushola, serta warung jika kamu merasa lapar setelah berendam di curug ini.

  • Alamat: Ds. Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

6. Curug Mandala – Sagalaherang

Curug Mandala – Sagalaherang

Curug yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang bertingkat-tingkat, menjadi satu daya tarik dari Curug Mandala ini. Pemandangan disekitar yang masih asri dan alami dengan air curug yang jernih, membuat curug ini banyak dikunjungi pada saat weekend.

Jika kamu ingin mengunjungi curug ini, kamu bisa menempuhnya dengan berjalan kaki atau juga dapat menggunakan kendaraan roda dua. Lokasi curug ini memberikan kamu pemandangan Kota Subang dari Kejauhan. Di sekitar curug juga terdapat warung yang menawarkan makanan dengan harga terjangkau.

  • Alamat: Kp. Panaruban, Ds. Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp10.000

7. Curug Karembong – Sagalaherang

Curug Karembong – Sagalaherang

* sumber: enriconeo.wordpress.com

Karembong adalah nama yang disematkan pada curug ini, yang berarti selendang, dikarenakan penampakan dari curug ini seperti sebuah selendang yang sedang tergerai. Curug ini lokasinya berada dalam satu lokasi perkemahan Capolaga Adventure Camp yang merupakan sebuah objek wisata alam.

Curug ini juga menawarkan kegiatan yang dapat menyehatkan dengan menggunakan air curug sebagai terapi untuk pegal linu dan juga rematik. Jika kamu tertarik untuk mengunjunginya, kamu hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mencapainya dari pusat Kota Subang.

  • Alamat: Kp. Panaruban, Ds. Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp10.000

8. Curug Bentang – Jalan Gagak

Curug Bentang – Jalan Gagak

* sumber: www.jejakpiknik.com

Curug Bentang merupakan curug yang paling populer di Kota Subang, dengan pemandangan alam yang memanjakan penikmatnya dengan hawa yang sejuk dan asri. Kamu juga akan disuguhi dengan air danau untuk berendam yang jernih dan juga bersih. Ketinggian dari curug ini sekitar 5 meter.

Perjalanan menuju curug ini harus kamu tempuh dengan berjalan kaki setelah kamu sampai di gerbang menuju lokasi curug, dengan melewati jalan yang menurun pada sebuah jalan setapak. Tetapi kamu tidak perlu khawatir disekitar curug sudah ada fasilitas dasar yang kamu perlukan.

  • Alamat: Kp. Banceuy, Ds. Sanca, Kec. Jalan Gagak, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp.5.000

9. Curug Cijalu – Cimanggung

Curug Cijalu – Cimanggung

Curug Cijalu adalah curug yang terbilang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan di saat weekend. Perjalan menuju curug yang harus kamu tempuh kurang lebih 1 km dari tempat parkir. Selama perjalanan kamu akan disuguhi oleh pemandangan hutan yang menyejukan dan masih alami.

Di curug ini kamu dapat berendam di kolam yang berada di bawah curug dengan airnya yang dingin dan jernih. Kamu juga dapat berkemah karena di sekitarnya terdapat sebuah camping ground atau kamu juga dapat menginap di sebuah resort yang tersedia di sana.

  • Alamat: Kp. Sindang Wangi, Ds. Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp10.000

10. Curug Masigit – Kasomalang

Curug Masigit - Kasomalang

* sumber: felisblog.web.id

Curug Masigit adalah curug yang cukup banyak dikunjungi orang, Ketinggian dari curug ini hanya 4 meter, tetapi kolam di bawahnya memiliki kedalaman hingga 10 meter. Curug ini harus kamu tempuh sekitar 10-15 menit dengan pemandangan persawahan yang indah dan juga aliran sungai.

Jika kamu memiliki nyali, kamu bisa mencoba meloncat dari curug ke kolam yang berada di bawahnya, dengan menyewa pelampung sekitar 5.000 per orang. Di lokasi curug ini juga sudah terdapat fasilitas dasar seperti toilet, mushola, dan juga terdapat gazebo untuk duduk santai.

  • Alamat: Ds. Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.30 WIB
  • HTM: Rp12.000

Curug-curug di subang ini menawarkan keindahan alam yang ada di tatar sunda yang mungkin belum kamu jelajahi. Keindahan alam ini cocok bagi kamu yang senang dengan kegiatan hiking dan juga kegiatan yang berhubungan dengan air, seperti berenang. Curug ini juga bisa kamu jadikan pilihan untuk relaksasi dengan hawa sejuk dan asrinya pemandangan di sekitaran objek wisata tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *