Inilah 8 Item yang Wajib Dibawa Saat Liburan Ke Malaysia

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah memiliki tiket liburan ke Malaysia? Berencana mengunjungi tempat wisata di Kuala Lumpur, Langkawi, atau Penang? Ke kota manapun tujuan liburan kamu selama di Malaysia, ada baiknya kamu mempersiapkan apa-apa saja yang harus masuk ke bagasi kopermu. Jangan sampai karena kurang prepare ketika packing, akan mengganggu waktu dan momen liburanmu selama di negeri Jiran Malaysia.

Lalu, item apa saja sih yang wajib kamu bawa selama berlibur di Malaysia? Catat satu persatu dan mulailah masukkan item-item di bawah ini ke dalam koper andalan travelingmu! Berikut selengkapnya.

1. Dokumen Perjalanan

paspor indonesia

* sumber: www.paramisora.id

Liburan ke negara manapun, dokumen perjalanan selalu menjadi menjadi nomor 1 di dalam list item yang harus dibawa saat kamu melancong ke luar negeri. Karena bagi WNI yang berkunjung untuk berlibur ke Malaysia tidak dikenakan visa, maka dokumen perjalanan yang harus kamu siapkan antara lain adalah paspor, tiket pesawat PP, reservasi hotel, beserta salinannya masing-masing.

Kok repot harus bawa salinannya? Bukankah sudah ada di dalam email? Mengingat kamu berada di negara orang, tentunya segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan memperhitungkan kemungkinan terburuk. Begitu juga dengan dokumen perjalanan ini, khususnya paspor.

Jadi, jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada paspormu, baik itu hilang atau rusak karena basah dan hal lain, kamu sudah mempersiapkan salinannya untuk back up dan mengurus proses selanjutnya. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, bukan?

2. SIM Card Lokal

sim card malaysia

Koneksi internet sudah pasti menjadi hal wajib lainnya dimanapun kamu berada. Begitu pun ketika traveling. Tiba di Malaysia berarti jaringan internet yang biasa kamu gunakan di tanah air tentunya sudah tidak terjangkau lagi. Untuk itu, penting sekali membeli SIM card lokal untuk mendapatkan koneksi internet selama liburan.

Item yang satu ini bisa kamu persiapkan dari jauh hari sebelum ketibaanmu di negeri Malaysia. Sudah banyak situs-situs online yang menawarkan pembelian SIM card lokal ini dengan cara pembayaran di muka, dan penjemputan SIM card bisa dilakukan saat kamu tiba di bandara, atau tempat lain yang sudah disepakati.

SIM card lokal khusus turis ini biasanya dijual dengan masa berlaku yang singkat yaitu sekitar satu minggu dengan kuota internet dan kuota telepon yang cukup sekali meng-cover kebutuhan komunikasimu. Dengan koneksi internet yang cepat, harga SIM card lokal pun terhitung lebih terjangkau jika dibandingkan dengan paket roaming international yang ditawarkan oleh provider seluler tanah air.

3. Uang Tunai

ringgit pecahan kecil

* sumber: unprettyvanity.com

Di Malaysia, baik untuk tarif transportasi maupun harga jajanan dan makanan tergolong cukup murah. Untuk itulah membawa uang tunai termasuk salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Tukarkan rupiahmu menjadi ringgit selagi masih di tanah air. Selain kurs yang diberlakukan terbilang cukup murah, waktu liburanmu pun tidak akan terganggu karena harus mencari money changer ketika kehabisan uang tunai.

Membawa debit/credit card juga disarankan jika kamu ingin berbelanja merk-merk terkenal dalam nominal yang besar. Tapi jangan lupa bahwa di jalan Alor dan sekitaran bukit bintang banyak sekali jajanan murah meriah yang memerlukan uang pecahan kecil. Jadi persiapkan uang tunai yang cukup, ya!

4. Gadget

gadget traveling

Siapkan gadget andalanmu mulai dari smartphone, kamera digital beserta aksesorisnya seperti tongsis dan tripod. Bukan liburan namanya jika tanpa jejak digital berupa foto dan video dan unggahannya di sosial media.

Selain itu smartphone juga berguna sebagai pengarah jalan dan juga sebagai sumber informasi yang kamu butuhkan saat liburan. Jadi jangan sampai ada drama gadgetmu ketinggalan atau hilang di suatu tempat pada saat liburan berlangsung.

5. Charger, Powerbank & Baterai Cadangan

powerbank

* sumber: www.ankerindonesia.com

Apalah gunanya gadget yang canggih jika baterainya habis dan tidak bisa digunakan. Itulah pentingnya pengisi daya baterai baik itu charger maupun powerbank. Selalu bawa kedua benda ini kemanapun destinasi yang kamu tuju, karena siapa tahu kamu dapat menemukan tempat untuk mengisi ulang daya gadgetmu sehingga kegiatan digitalmu dapat terus berlangsung tanpa kendala kehabisan daya.

Sedikit tips dalam mengisi daya gadgetmu, baik itu smartphone, tab, kamera digital, maupun video recorder, isilah semua gadget yang kamu miliki begitu sampai di hotel. Jika memungkinkan, bawalah sambungan listrik dari Indonesia, mengingat biasanya colokan listrik yang disediakan hotel terbatas. Belum lagi jika kamu mempunyai teman sekamar yang memiliki banyak gadget juga.

Jadi, begitu pagi hari kamu memulai perjalanan wisata, daya baterai gadgetmu sudah aman dipakai untuk waktu yang lama. Untuk jaga-jaga, upayakan membawa powerbank dan baterai cadangan jika trip yang kamu lakukan menghabiskan waktu seharian.

6. Obat-obatan Pribadi

obat saat traveling

Kita tidak pernah tahu kapan sakit akan menyerang tubuh kita. Begitu juga ketika traveling. Meskipun kita telah mempersiapkan diri sebelumnya dengan meminum vitamin, dan berolahraga, namun menurunnya stamina seseorang sehingga menimbulkan sakit biasanya sering terjadi di luar dugaan.

Maka dari itu, penting sekali untuk membawa obat-obatan pribadi ke dalam bagasi kopermu. Biasanya obat-obatan ini meliputi minyak kayu putih untuk antisipasi masuk angin, koyo hangat, obat pusing, obat diare untuk antisipasi ketidakcocokkan makanan, dan juga obat maag yang sering diakibatkan karena lupa waktu karena keasyikkan wisata sehingga jadwal makan pun terlupakan.

Terlepas dari obat-obatan di atas, jika kamu memiliki obat khusus yang diresepkan dokter seperti obat alergi atau lainnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai rencana perjalananmu agar dokter dapat menyarankan obat yang harus kamu bawa disesuaikan dengan durasi waktu liburanmu. Selain itu, tentunya vitamin harus selalu rutin diminum agar stamina selalu terjaga selama traveling.

7. Pakaian yang Nyaman

pakaian yang nyaman

* sumber: travelingyuk.com

Malaysia baik Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru, Langkawi, Melaka, dan juga Kuching, bisa dibilang hampir semua kawasan dan kota-kota wisata di Malaysia cenderung panas dan terik, namun sesekali juga hujan seperti iklim di Indonesia.

Gunakan pakaian senyaman mungkin yang disesuaikan dengan gaya berpakaian kesukaanmu. Pilihlah bahan yang ringan dan tidak terlalu tebal agar kamu tidak kepanasan dan dapat menikmati liburanmu tanpa terusik keringat yang berlebihan akibat salah memilih outfit liburan.

8. Kosmetik

kosmetik untuk traveling

* sumber: www.bukalapak.com

Sama pentingnya dengan pakaian yang nyaman, kosmetik juga masuk dalam list penting yang wajib dibawa saat liburan di Malaysia. Dengan cuaca yang panas dengan sinar matahari terang, tentunya kamu harus tetap segar dan mempesona agar selalu dapat berfoto dengan ceria di setiap objek wisata yang kamu kunjungi.

Kosmetik apa saja sih yang wajib dibawa? Baik bagi pria dan wanita, beberapa komestik seperti deodorant, pencuci muka, pelembap, dan tabir surya adalah kosmetik paling dasar untuk keperluan traveling. Khususnya untuk wanita memang agak sedikit repot karena harus membawa make up basic seperti pensil alis, bedak dan lipstik. Tapi tidak masalah asalkan selfie di Batu Cave dengan alis yang outstanding, bukan?

Oh ya, bagi kamu yang tidak memiliki bagasi, perlu dicatat bahwa cairan di kabin pesawat dibatasi yaitu kemasan harus dalam ukuran maksimal 100 ml. Jadi kemaslah ulang kosmetik yang akan kamu bawa ke dalam ukuran yang disarankan.

Saat ini sudah banyak sekali yang menjual travel kit untuk membawa cairan ke dalam kabin pesawat. Tugasmu hanya memindahkannya ke wadah yang sesuai dengan ketentuan maskapai.

Nah itulah item-item yang wajib kamu bawa saat menghabiskan waktu liburanmu di Malaysia. Selain barang-barang di atas, apakah ada yang belum masuk ke dalam list? Jika kamu memiliki pengalaman berbeda, silakan bagikan di kolom komentar di bawah ini ya!

Oh iya, selain membahas soal item yang harus dibawa, kamu juga perlu tahu Transportasi Umum di Malaysia agar travelling kamu lebih nyaman! Selamat berlibur di Malaysia!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *