10 Kolam Renang di Garut dengan Pemandangan yang Indah

Ditulis oleh Siti Hasanah

Garut tidak hanya terkenal dengan oleh-oleh khasnya seperti dodol atau dombanya saja, tetapi juga dengan wisata kolam renang dengan air hangatnya. Jika kamu ingin mencoba berenang atau berendam dengan air hangat, kamu bisa datang ke Garut untuk mencobanya.

Berikut ini beberapa kolam renang atau permandian air hangat di Garut yang cocok untuk didatangi bersama keluarga. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Kolam Renang Darajat Pass

Kolam Renang Darajat Pass

* sumber: ceritanyatuhdisini.blogspot.com

Darajat Pass adalah sebuah wahana air yang memiliki ragam aneka permainan air, dengan airnya yang hangat. Kolamnya dibagi menjadi dua, kolam yang diperuntukan untuk anak-anak dan juga kolam yang ditujukan untuk orang dewasa, wahana permainan lebih banyak untuk anak-anak.

Bagi orang dewasa terdapat kolam berendam air hangat yang sumbernya dari mata air alami yang kehangatannya berasal dari sumber panas bumi. Selain waterpark, Darajat Pass juga memiliki fasilitas kegiatan lainnya seperti outbound, bagi anak dan dewasa, flying fox dan lain-lain.

  • Alamat:Jl. Darajat KM 14, Ds.Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp20.000 – Rp30.000

2. Kolam Renang TWA Gunung Papandayan

Kolam Renang TWA Gunung Papandayan

Kolam Renang yang satu ini merupakan sebuah kolam renang yang berada dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Kepulan asap dari Gunung Papandayan ini menjadi latar alam yang spektakuler dari kolam renang, dengan hawa dingin khas pegunungan.

Sumber air dari kolam renang ini tentu saja berasal dari kawah Gunung Papandayan yang tentunya mengandung belerang. Kolam renang disini dibedakan menjadi dua buah kolam renang dengan suhu 30 dan satu lagi dengan suhu 40 derajat celsius. Fasilitas dari kolam renang ini juga cukup memadai.

  • Alamat: Ds. Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM: Dewasa Rp25.000, Anak-anak Rp15.000

3. Kolam Renang Sabda Alam

Kolam Renang Sabda Alam

Kolam Renang Sabda Alam merupakan kolam renang yang berada dalam kawasan hotel, tetapi kolam renangnya dapat digunakan untuk umum. Kolam renang ini memiliki konsep taman bermain atau waterpark, sehingga terdapat banyak wahana yang dapat kamu coba.

Kolam renang ini berada di sekitar Gunung Guntur sehingga air dalam kolamnya terasa hangat. Kolam renang ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, karena banyaknya wahana bermain air yang bisa kamu lakukan bersama anak-anak.

  • Alamat: Jl. Raya Cipanas No. 3, Ds.Rancabango, Kec. Tarogong kaler, Kab. Garut, Prov. Jabar
  • Jam buka: 07.00 – 21.00 WIB
  • HTM: Weekday Rp40.000, Weekend Rp50.000

4. Kolam Renang Sumber Alam Tasik Madu

Kolam Renang Sumber Alam Tasik Madu

* sumber: www.resort-kampungsumberalam.com

Kolam Renang Tasik Madu merupakan kolam renang yang berada dalam sebuah Resot yang bernama Sumber alam, yang awal pendiriannya ditujukan untuk klinik fisioterapi. Walaupun berada dalam sebuah resort, kolam renang ini tetap dapat di akses oleh umum.

Kolam renang ini merupakan sebuah kolam renang dengan air hangat yang luas, dan juga terdapat tenda atau dome sebagai pelindung. Kolam renang ini mememiliki pemandangan Gunung Guntur sebagai latarnya. Potongan tiketnya bisa kamu tukarkan dengan softdrink di area pool bar.


  • Alamat: Jl. Raya Cipanas 122, Ds.Pananjung, Kec. Tarogong kaler, Kab. Garut, Prov. Jabar
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Dewasa Rp40.000, Anak-anak Rp30.000

5. Kolam Renang Puncak Darajat

Kolam Renang Puncak Darajat

* sumber: www.jejakpiknik.com

Kolam Renang Puncak Darajat seperti namanya, kolam renang ini menawarkan pemandangan yang luar biasa karena letaknya yang berada di puncak. Kolam renang ini memiliki 4 kolam air panas, dua untuk anak-anak dengan konsep waterpark, dan dua kolam lagi untuk orang dewasa.

Keistimewaan dari kolam renang ini adalah letaknya yang berada di puncak, sehingga kamu dapat melihat Kota Garut yang terhampar dan juga pemandangan dari Gunung Cikuray yang diselimuti kabut. Sayangnya, di area kolam tidak ada restoran untuk umum, restoran hanya boleh untuk tamu dari hotel.

  • Alamat: Jl. Pasir Wangi, Ds.Padawaas, Kec. Pasir wangi, Kab. Garut, Prov. Jabar
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp28.000

6. Kolam Renang Cipanas Sumur Sukasono

Kolam Renang Cipanas Sumur Sukasono

Kolam renang ini termasuk kolam renang baru, tetapi menawarkan hal yang luar biasa. Pemandangan hamparan hijau dari persawahan, serta pegunungan  menjadi daya tarik utama dari kolam renang ini. Satu hal yang menarik juga adalah kolam renangnya yang seperti infinity pool.

Walaupun memiliki nama Cipanas, tetapi air dari kolam renang ini tidak panas hanya hangat biasa saja. Kolam renangnya seperti biasa di bagi dua menjadi kolam renang anak-anak dan dewasa. Sayangnya kamar bilasnya hanya ada dua, sehingga kamu harus mengantri.

  • Alamat: Kp. Tegal Nyanda, Ds. Sukasono Kec. sukawening, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Dewasa Rp15.000 – Rp20.000, Anak-anak Rp6.000 – Rp10.000

7. Kolam Renang Purbasari

Kolam Renang Purbasari

Kamu yang berencana berenang dengan air panas bersama keluarga tetapi memiliki budget yang terbatas, maka kamu dapat mencoba berenang di Kolam Renang Purbasari Cipanas Garut. Air hangat kolamnya berasal dari Gunung Guntur, walau begitu airnya tidak berbau belerang ataupun kaporit.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram