10 Makanan Aneh yang Ada di Jepang, Berani Mencoba?

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 8 Juni 2019

Siapa yang tak tahu negeri sakura atau yang lebih dikenal Jepang oleh masyarakat Indonesia? Tentu saja hampir semua orang tahu apa itu Jepang mengingat di era yang sudah serba modern ini semua orang dapat dengan mudah mengakses ilmu pengetahuan seluas-luasnya termasuk menggali beberapa pengetahuan mengenai negara-negara yang ada di berbagai belahan dunia salah satunya yaitu Jepang.

Jepang merupakan negara kepulauan yang berada di Asia Timur yang memiliki jumlah pulau yang cukup banyak yaitu sekitar 6.852 pulau. Dipimpin oleh seorang Kaisar dengan jumlah penduduk yang cukup banyak yaitu 128 juta orang sehingga Jepang menduduki Negara ke 10 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Negara yang sering dijuluki negeri matahari terbit ini terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang mendunia seperti misalnya Universal Studio Jepang, Istana Osaka, dan Gunung Fuji. Bahkan beberapa Candi dan kuil yang menarik juga terdapat di Jepang. Selain itu, Jepang juga memiliki banyak sekali makanan khas yang enak dan tentu saja wajib dicoba.

Makanan di Jepang dibuat menggunakan bumbu khas yang memiliki cita rasa unik dan menarik. Selain makanan-makanan lezat dan enak, Jepang juga ternyata memiliki makanan yang super aneh untuk dikonsumsi dan bisa menimbulkan rasa geli bagi sebagian orang.

Apa saja makanan-makanan tersebut? Keluyuran akan mengajakmu mengenal sejumlah makanan aneh dari negeri sakura.

10 Makanan Aneh di Jepang

1. Shirako

Shirako

* sumber: travel.tribunnews.com

Shirako merupakan makanan khas Jepang yang berbahan dasar kantung sperma ikan jantan yang diolah menjadi lauk sushi. Biasanya shirako diolah dengan cara direbus atau dipanggang dan kemudian diletakkan di atas sushi. Ikan yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan shirako ini salah satunya adalah ikan cod.

Shirako memiliki tekstur lembut dan agak kenyal sehingga dapat menggoyang lidah saat berada di mulutmu. Memiliki bentuk yang unik karena menyerupai otak atau usus dengan rasa yang lezat karena tambahan kecap asin.

Shirako ini disebut-sebut sebagai makanan olahan berbahan dasar ikan yang cukup mewah karena memiliki harga yang cukup fantastis. Bahkan sebuah restoran membanderol makanan ini dengan harga 1,4 juta rupiah.

2. Ikizukuri

Ikizukuri

* sumber: travel.tribunnews.com

Ikizukuri merupakan makanan asal Jepang yang khas dan sudah cukup populer. Ikizukuri disajikan secara mentah dan menjadi salah satu lauk sushi. Ikizukuri biasanya berbahan dasar ikan tawar. Selain itu, udang, gurita, dan lobster juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan ikizukuri.

Ikuzukuri disajikan secara mentah di atas sebuah piring dengan daging yang telah dipotong-potong akan tetapi masih dapat bergerak. Selain hewan laut, katak pun bisa menjadi bahan dasar pembuatan makanan ini. Bayangkan saja kamu memakan hewan yang telah dipotong dengan mata yang masih terbuka.

3. Axolotl Goreng

Axolotl Goreng

* sumber: caripoker.net

Axolotl merupakan hewan amfibi asal meksiko yang sering dijuluki sebagai “ikan berjalan” karena memiliki bentuk fisik menyerupai ikan namun memiliki kaki. Di Jepang, axolotl diolah menjadi makanan khas yang lezat. Biasanya axolotl ini diolah dengan cara digoreng.

Makanan ini memiliki rasa lezat dengan tekstur yang krispy dan tentu saja banyak diminati oleh masyarakat. Namun sayang, untuk bisa menyantap makanan lezat ini, perlu mengeluarkan uang yang cukup besar yaitu sekitar 1.300 yen dalam satu porsinya.

4. Unko Curry

Unko Curry

* sumber: starcasm.net

Unko curry atau kari rasa tinja merupakan makanan khas Jepang yang memiliki tampilan sangat menjijikkan. Pasalnya makanan ini disajikan dan didesain menyerupai tinja sungguhan. Meskipun bukan dengan tinja asli, akan tetapi tetap saja tampilannya yang dibuat sedemikian rupa dapat membuat banyak orang merasa jijik.

Jangan salah, dengan tampilan yang cukup menjijikkan ini, Unko curry ternyata memiliki rasa yang lezat dan menyehatkan karena dibuat menggunakan campuran buah-buahan dengan teh dan bubuk kakao. Resep makanan ini dibuat oleh Shimizu Ken, seorang bintang film yang cukup terkenal.

5. Sushi Serangga

Sushi Serangga

* sumber: j-cul.com

Hampir semua orang telah mengenal makanan khas Jepang yang satu ini. Makanan berbahan dasar nasi yang dilapisi rumput laut dengan beberapa lauk di atasnya atau yang sering disebut sushi ini merupakan makanan yang sangat populer dan mendunia karena rasanya yang lezat.

Lauk yang terdapat pada sushi biasanya adalah ikan, kepiting, gurita, dan hewan laut lainnya. hal tersebut mungkin sudah biasa kita temui di berbagai restoran Jepang yang ada di Indonesia. Akan tetapi, di Jepang lauk sushi ini diganti dengan beberapa hewan yang cukup menjijikkan bagi sebagian orang seperti misalnya ulat, kalajengking, dan kelabang.

6. Olahan Ikan Fugu

Olahan Ikan Fugu

* sumber: www.beritaunik.net

Ikan fugu merupakan salah satu ikan dengan rasa daging yang sangat lezat. Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwa ikan ini memiliki racun tetrodotoxin yang ada di dalam tubuhnya. Racun berbahaya ini bahkan bisa menyebabkan kematian jika termakan oleh manusia.

Maka dari itu, koki yang mengolah ikan fugu harus menjalani tes uji kelayakan terlebih dahulu agar racun yang terkandung pada ikan ini dapat dikeluarkan dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Saat mengolah ikan fugu, kemampuan khusus yaitu ketelitian harus selalu diperhatikan oleh para koki guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Es Krim Rasa Ular

Es Krim Rasa Ular

* sumber: m.merdeka.com

Sesuai dengan namanya, es krim khas Jepang ini dibuat dengan menggunakan campuran daging ular mamushi yaitu salah satu ular yang paling berbahaya di Jepang. Bukan hanya berbahaya, ular ini memiliki efek positif juga bagi kesehatan sehingga sering dijadikan beberapa ramuan tradisional.

Es krim ini disajikan dalam sebuah wadah cup lengkap dengan logo dan gambar ular. Es krim ular ini memiliki bau menyengat dengan rasa seperti bawang putih yang sudah membusuk. Bagi kamu para pecinta es krim, tertarik untuk mencoba es krim yang satu ini?

8. Horumon

Horumon

* sumber: www.mogood-japan.com

Horuman memiliki arti “yang dibuang” atau yang sering kita kenal sebagai jeroan. Horumon ini dapat berupa jeroan babi dan sapi yang dibakar lalu dihidangkan dengan beberapa campuran saus yang lezat. Jeoran terkenal dengan lemaknya yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kolesterol naik.

Akan tetapi, horumon ini dipercayai oleh sebagian orang sebagai makanan yang dapat meningkatkan tenaga dan stamina tubuh.

9. Monjayaki

Monjayaki

* sumber: www.sakura-house.com

Monjayaki adalah makanan khas Tokyo berbahan dasar tepung encer yang digoreng di atas penggorengan panas kemudian ditambah daging, sayuran, dan makanan laut.

Monjayaki memiliki bentuk yang berantakan seperti ‘muntahan’ yang cukup menjijikkan bagi sebagian orang. Namun soal rasa, monjayaki ini memiliki rasa yang sangat lezat dengan beberapa varian yang semakin menarik lho.

10. Hachinoko

Hachinoko 1

* sumber: www.idntimes.com

Salah satu cemilan asal Jepang yaitu hachinoko. Hachinoko ini berupa larva ulat yang diolah menjadi makanan renyah ditambah beberapa bumbu sebagai penyedap. Meskipun dicampur beberapa bumbu yang cukup lezat sebagai penyedap rasa, tetap saja hal ini akan menjijikkan bagi kamu yang fobia terhadap ulat atau serangga.

Dibalik bentuknya yang menjijikkan, hachinoko memiliki kandungan gizi yang cukup baik bagi kesehatan karena hachinoko kaya akan protein. Bahkan ada beberapa yang menyebutkan bahwa hachinoko menjadi makanan yang sering dimakan oleh para kaisar.

Itu dia beberapa makanan khas Jepang yang terkenal aneh dan cukup menjijikkan bagi orang yang tak terbiasa. Bagaimana, mau mencobanya? Eittts, tapi jangan salah meskipun memiliki tampilan yang aneh, makanan-makanan tersebut tak diragukan lagi tentang kandungan gizi di dalamnya yang sudah jelas dapat menyehatkan tubuh.

Bahkan beberapa makanan Jepang memang sengaja dihidangkan secara mentah demi menjaga kandungan gizi yang ada di dalamnya seperti misalnya protein, zat besi, dan omega. Menurutmu mana yang terkesan paling aneh? Bagi kamu pecinta kuliner dan ingin mencoba hal-hal baru yang unik, maka makanan aneh asal Jepang di atas dapat menjadi referensi untukmu.

Kalau kamu tidak berminat mencoba makanan aneh di negeri sakura, kamu bisa membaca artikel rekomendasi ramen halal ini yang rasa dan tampilannya lebih "ramah" bagi wisatawan Indonesia.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram