Keluyuran / Kuliner Makassar / Inilah 10 Makanan Khas Bugis yang Bisa Bikin Ketagihan

Inilah 10 Makanan Khas Bugis yang Bisa Bikin Ketagihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2019

Bugis merupakan suku terbesar yang ada di Sulawesi Selatan. Selain kaya akan budaya dan bahasa, Suku Bugis juga memiliki sejumlah makanan khas yang lezat. Jangan sampai tidak mencobanya bila kamu nanti ke Sulawesi Selatan.

Di artikel ini, akan kami rekomendasikan beberapa di antaranya. Adapun rekomendasi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Coto Makassar

Coto Makassar (Copy)

Coto Makassar adalah masakan khas Bugis yang paling populer, khususnya di Makassar. Tak hanya di Makassar, makanan ini pun juga dikenal di daerah lain, baik di luar Makassar maupun di luar Sulawesi Selatan. Sederhananya, ini adalah makanan berkuah yang berisi jeroan sapi.

Pada makanan ini, jeroan sapi bakal direbus dahulu dengan bumbu khusus yang sudah diracik sebelumnya. Makanan ini biasanya bisa dimakan secara langsung, dengan nasi, atau dengan beberapa potong Burasa.

2. Konro

Konro (Copy)

* sumber: lifestyle.okezone.com

Seperti halnya Coto, makanan ini juga amat populer di Sulawesi Selatan. Berbeda dengan Coto Makassar, makanan satu ini dibuat dari iga sapi sebagai bahan dasar. Bahan dasar itu nantinya bakal direbus bersama dengan kayu manis, asam Jawa, dan bahan-bahan lainnya.

Di Makassar, Konro bisa disajikan dengan dua cara, yaitu dijadikan sop atau dibakar. Kamu bisa memilih satu di antara keduanya, sesuai dengan seleramu. Konro bisa kamu temui di sejumlah tempat makan di Makassar dan sekitarnya.

3. Pallu Kacci

Pallu Kacci (Copy)

* sumber: makassarkuliner.com

Pallu Kacci merupakan sajian khas Bugis berbahan dasar kepala ikan. Kepala ikan yang dipakai bisa apa saja, entah itu ikan bolu maupun ikan salmon. Pada makanan ini, kepala ikan akan diberi kuah berbahan dasar rempah.

Makanan ini memiliki tekstur yang gurih dengan kuah berwarna kekuningan. Cita rasanya pun menarik karena dalam setiap gigitannya kamu bakal merasakan sensasi gurih, asin, dan juga asam. Menyantap makanan khas Bugis ini bisa kamu lakukan di beberapa restoran khas Bugis di Sulawesi Selatan.

4. Sop Ubi

Sop Ubi (Copy)

* sumber: ksmtour.com

Sop biasanya berbahan daging ayam atau daging lainnya namun tidak dengan sop satu ini. Sop khas Bugis ini dibuat dari bahan tak biasa untuk ukuran sop yaitu ubi. Pada sop ini, ubi akan diolah bersama bihun, tauge, telur, bawang goreng, daun bawang, dan daging.

Ubi dan semua bahannya itu nantinya bakal disiram degan kuah kaldu yang nikmat. Cita rasa khas ubi dan kuah kaldu akan kamu rasakan bila menyantap sop ini. Kalau mau menyantap sop ini, kami sarankan untuk datang ke restoran Sop Ubi Bonto Lempangan di Jalan Boto Lempangan, Makassar.

5. Juku Palu Ce’la

Juku Palu Ce’la

Selain Pallu Kacca, ada satu makanan Bugis lainnya yang berbahan dasar ikan. Juku Palu Ce’la adalah makanan yang kami maksud. Ikan yang dipakai biasanya ikan cakalang, bolu ataupun ikan laying. Ikan tersebut kelak akan dimasak dengan bahan-bahan yang relatif sederhana.

Adapun bahan-bahan tersebut hanyalah garam dan kunyit. Untuk mengolah makanan ini, ikan akan dibersihkan terlebih dahulu, lalu dimasak bareng dan kunyit. Sebelum dicampur, garam dan kunyit bakal dihaluskan terlebih dahulu.

Setelah ikan dan bahan-bahan itu dicampur, ikan tersebut lantas dimasak di atas kayu bakar. Cara memasak itu dilakukan agar kunyit dan garam pada ikan tersebut kian meresap. Dengan begitu, cita rasa olahan ini pun menjadi khas lagi lezat.

6. Mie Titi

Mie Titi (Copy)

* sumber: www.inibaru.id

Kalau kamu pecinta mi sejati, ada satu makanan khas Bugis yang harus dicoba yaitu Mie Titi. Ini adalah sajian mie yang digoreng lalu disiram dengan kuah kental. Setelah itu, mi tersebut akan diberi beberapa potong daging, sayur, dan seafood.

Ada satu fakta menarik dibalik nama mi ini. Konon nama “Titi” pada mi ini berasal dari nama panggilan Ang Kho Tjao yang adalah warga keturunan Tiongkok yang memperkenalkan Mie Titi. Mie Titi sendiri diperkenalkan oleh beliau pada awal 1950 silam.

7. Nasu Palekko

Nasu Palekko (Copy)

Nasu Palekko adalah masakan khas Bugis berbahan dasar itik atau bebek. Pada makanan ini, bebek atau itik tersebut bakal dicincang sebesar dadu. Setelah itu, diberi tambahan merica, cabai rawit, daun salam kering, garam, dan bahan-bahan lainnya.

Walaupun berbahan dasar bebek/itik, makanan satu ini tidak berbau amis sama sekali. Hal itu dikarenakan daging bebek/itik direndam dulu ke dalam asam Jawa sebelum nantinya diolah. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas, serta dagingnya empuk; tidak seperti daging bebek/itik pada umumnya.

8. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo (Copy)

Makanan khas Bugis tak hanya berupa makanan berat saja tapi makanan ringan nan menyegarkan pun juga ada dan wajib kamu coba. Es Pisang Hijau salah satunya. Seperti halnya makanan-makanan lainnya di daftar ini, makanan satu ini pun juga cukup populer di Sulawesi Selatan.

Bahan utama makanan ini adalah pisang segar yang dibungkus adonan berwarna hijau. Adonan itu dibuat dari tepung, air dan pewarna alami berbahan dasari air dan daun suji. Pisang yang dikukus adonan hijau itu lantas dikukus lalu dicampur dengan bumbur sumsum, susu kental, es batu dan sirup merah.

Es Pisang Ijo tak hanya bisa kamu temui di Sulawesi Selatan. Kamu pun juga bisa menemukannya di sejumlah daerah lainnya di Indonesia, termasuk di Jakarta. Untuk di Jakarta, kamu bisa mencicipinya di Kedai Es Pisang Ijo Pemuda yang beralamat di daerah Kelapa Gading.

9. Pisang Epe

Pisang Epe (Copy)

* sumber: www.ngopibareng.id

Pisang Epe adalah makanan khas Bugis lainnya yang berbahan dasar pisang. Pisang Epe adalah makanan tersebut. Makanan ini dibuat dengan cara memipihkan pisang terlebih dahulu. Pisang yang pipih itu lantas dibakar dan disajikan di atas piring.

Saat disajikan, pisang langsung disiram dengan saus berbahan gula merah cair. Seiring waktu, saus tersebut telah mengalami modifikasi. Salah satunya dengan memadupadankan saus gula tersebut dengan durian.

Ada satu tempat khusus untuk menikmati makanan khas Bugis ini. Tempat tersebut adalah Pantai Losari, utamanya di area pinggirannya. Di pinggiran Losari, kamu bakal menemui pedagang yang menjual olahan pisang ini dengan cita rasa yang lezat serta harga yang ramah.

10. Es Pallu Butung

Es Pallu Butung (Copy)

* sumber: wibiyanatravels.blogspot.com

Masyarakat umum sering menyamakan minuman khas Makassar ini dengan Es Pisang Ijo. Padahal, keduanya punya perbedaan yang mencolok. Tidak seperti Es Pisang Ijo, pisang pada Es Pallu Butung tidak dibungkus adonan hijau, melainkan dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil.

Pisang yang dipotong-potong itu lalu disajikan dengan bubur berbahan campuran tepung beras, daun pandan, air dan santan. Kemudian, diberi beberapa es batu dan disiram dengan sirop berwarna kemerahan.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Bugis yang bisa kamu coba, terutama saat kamu berada di Sulawesi Selatan nanti. Bagaimana, kamu puas dengan sejumlah rekomendasi di atas? Atau, kamu punya beberapa rekomendasi makanan khas Bugis lainnya? Kalau ada, yuk beritahu kami langsung via kolom komentar!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *