10 Makanan Khas Jember untuk Dicoba Para Petualang Kuliner

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau mendengar nama Kota Jember, orang akan teringat dengan event besar yang selalu diselenggarakan di kota ini, yaitu Jember Fashion Carnaval. Maka tak heran jika kota ini berjuluk kota karnaval. Jember merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur. Tak hanya karnaval, kota Jember juga memiliki beragam kuliner khas yang lezat.

Apakah kamu pernah mendengar nama nasi langgi, longtong kupang, atau pecel gudeg? Itu adalah sebagian dari kuliner yang bisa kamu temui saat berjalan-jalan ke Kota Jember. Kalau ingin tahu makanan khas Jember lainnya dan mendapatkan referensi kuliner dari kota karnaval ini, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Nasi Langgi

Nasi Langgi

Salah satu makanan khas Jember yang menarik untuk dicicipi adalah nasi langgi. Nasi langi adalah nasi yang berisi daging sapi, sambal goreng tempe dan kentang, bumbu bali, telur asin, abon sapi, mentimun, petis, dan sambal. Menu khas Jember ini bisa dengan mudah ditemui di warung makan di kota Jember.

Mungkin nama makanan dari kota Jember ini masih asing di telingamu, mungkin kamu lebih mengenal nasi ini dengan nama nasi campur. Banyak kedai dan restoran di Jember yang menyajikan nasi langgi yang lengkap dengan menunya.

Jika kamu berkunjung ke kota Jember dan ingin mencicipi nasi langgi, ada satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kuliner Jember ini. Mampirlah di Depot Jawa Timur yang lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto. Rasakan kelezatan nasi langgi dari Jember.

2. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok

* sumber: rullytricahyono.com

Soto memang sudah menjadi makanan khas Indonesia. Makanan ini bisa ditemukan di daerah-daerah lain di nusantara. Ada soto bandung, soto betawi, soto banjar, soto madura, soto mie bogor, soto lamongan dan juga tak ketinggalan soto khas dari Jember yaitu Soto Ayam Dahlok.

Saat liburan ke Jember dan ingin mencicipi sarapan khas kota ini, cobalah makan soto ayam dahlok. Bahan yang digunakan dalam soto ini adalah ayam kampung, kentang goreng dadu, jeroan, telur rebus serta irisan tomat. Sentuhan akhirnya diberi taburan bawang goreng supaya tambah wangi.

Proses pembuatan Soto Ayam Dahlok pun masih tradisional agar cita rasa soto ini tetap lezat. Soto ini dimasak dalam kuali berukuran besar sekali. Soto Ayam Dahlok masih masih menggunakan resep yang sama sejak tahun 1958 sehingga soto ini menjadi soto legendaris di Jember.

3. Pecel Gudeg

Pecel Gudeg

* sumber: nadafm-stainjbr.blogspot.com

Apakah kamu hafal jenis-jenis pecel yang ada di Indonesia? Di Nusantara ini ada berbagai jenis pecel, dari mulai pecel ponorogo, pecel tumpang, pecel bledek, pecel turi, pecel kecombrang dan satu lagi khas Jember yaitu pecel gudeg. Jika dilihat dari namanya ini seperti perpaduan antara pecel dan gudeg.

Makanan khas Jember ini memang unik sekali karena merupakan campuran antara nasi pecel dengan gudeg. Jadi ini adalah gudeg dari kota Yogyakarta yang dipadukan dengan pecel khas Jawa Timur. Isinya lengkap, ada krecek, potongan daging, rempeyek, kacang panjang dan juga sambal pecel yang khas.

Satu porsi pecel gudeg dihidangkan lengkap dengan lauk lainnya yang bisa kamu pilih sesuai selera. Dan karena itulah harganya pun bergantung lauk yang kamu tambahkan. Semakin banyak pilihan lauk yang kamu tambahkan, tentunya harganya pun semakin mahal tapi masih tetap terjangkau.

4. Bakso Kabut

Bakso Kabut

Satu lagi hidangan khas Indonesia yang bisa ditemui di mana saja, yaitu bakso. Makanan ini pun punya banyak ragamnya, ada baso malang, bakso solo, bakso cuanki, bakso pentol, bakso goreng, bakso kerikil, bakso balungan, dan dari kota Jember ada bakso kabut.

Namanya seperti menyiratkan makanan ini tak terlihat karena ada kata kabut di belakangnya. Ternyata bakso kabut adalah bakso diberi campuran telur yang membungkus baso tersebut. Yang unik lagi dari bakso ini adalah telurnya berisi potongan daging sapi. Ide ini muncul dari Juhariyah, pemilik bakso kabut.

Makanan khas Jember ini bisa kamu temui dari mulai pagi hari hingga malam, sekitar pukul 08.00 pagi sampai 22.00. Kapanpun ingin mencicipi bakso ini, kamu bisa meluncur langsung ke tempatnya. Harganya murah meriah tapi dipastikan perutmu kenyang.

5. Pecel Pincuk Garahan

Pecel Pincuk Garahan

Salah satu kuliner lezat asli dari Jember yang tak kalah enaknya dan masih berupa pecel adalah pecel pincuk garahan. Karena namanya memiliki kata pincuk maka pecel ini penyajiannya dipincuk menggunakan daun pisang. Pecel ini menambahkan tauge dan sayur gundo pada isiannya.

Yang spesial dari pecel pincuk garahan jika dibandingkan pecel lainnya adalah rasanya. Pecel pincuk garahan rasanya pedas dan asam yang berasal dari sambal kacangnya. Ciri khas lain adalah sambal kacangnya yang tak terlalu halus sehingga kacangnya masih berasa.

6. Suwar Suwir

Suwar Suwir

Makanan khas Jember yang satu ini berupa camilan, namanya suwar-suwir. Kalau kamu membayangkan ayam suwir, tebakanmu salah. Meskipun namanya suwar-suwir tapi tak ada hubungannya dengan ayam. Makanan ini berupa dodol.

Suwar-suwir adalah dodol yang terbuat dari singkong. Dodol terasa agak sedikit asam-manis karena merupakan perpaduan antara tape dan gula. Tekstur dodol ini kasar dan keras. Suwar-suwir memiliki beberapa pilihan rasa, seperti coklat, susu, sirsak, kacang, dan stroberi.

Camilan dari kota Jember ini merupakan produk dari industri rumahan. Kalau kamu berkunjung ke Jember, kamu bisa menemukan makanan ini dijual di toko oleh-oleh terdekat. Jangan khawatir kehabisan karena produk ini selalu tersedia kapanpun.

7. Tahu Hwa

Tahu Hwa

Tahu pasti sudah kamu kenal karena makanan ini adalah menu makanan sehari-hari. Tapi menu tahu dari Jember ini sedikit berbeda dari tahu yang biasa karena tahu ini diolah sedemikian rupa sehingga memiliki cita rasa yang manis. Nama makanan ini adalah tahu hwa yang seperti wedang tahu.

Kuliner dari Jember ini disajikan dengan kuah jahe. Bentuk tahu ini pun beragam, ada yang bentuknya seperti bunga matahari, mawar dan ada pula yang tak berbentuk. Penjual tahu hwa biasanya berkeliling dengan memakai motor tapi ada juga yang mangkal seperti yang ada di Jalan Ahmad Yani.

Tahu hwa enaknya dinikmati saat pagi hari. Saat menyantap tahu hwa di pagi hari, badanmu bisa terasa hangat karena tahu ini disajikan dengan kuah jahe. Bagus untuk mengusir dingin di pagi hari yang membuat kamu malas bergerak.

8. Tape Prol

Tape Prol

Tape adalah makanan hasil fermentasi yang bahannya bisa bermacam-macam. Ada yang terbuat dari singkong ada juga dari beras ketan. Makanan ini bisa dikonsumsi langsung atau juga diolah menjadi makanan baru, contohnya prol tape dari kota Jember.

Bahan dasar untuk membuat prol tape pastilah tape. Pilihan tapenya adalah tape singkong yang kemudian dicampur dengan tepung terigu, margarin, telur, serta susu. Rasa prol tape merupakan perpaduan antara manis, asam juga gurih.

Makanan dari kota Jember ini memiliki beragam rasa, seperti rasa original, keju, cokelat, dan kismis. Prol tape bisa kamu jumpai di toko yang menjajakan oleh-oleh khas Jember.

9. Roti Bakar Tjiliwoeng

Roti Bakar Tjiliwoeng

* sumber: foodnesia.net

Jika ingin berantai dengan teman dan keluarga ketika kamu berkunjung ke kota Jember, kamu bisa mampir ke sebuah tempat makan yang bernama Roti Bakar Tjiliwoeng. Tempatnya sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantap dan berkumpul.

Di Roti Bakar Tjiliwoeng kau bisa menikmati roti bakar yang lezat. Roti bakar yang dijual di sini memiliki beragam variasi rasa, ada double cheese, greentea, double berry, dan juga rasa tuna mayo. Tempat ini selalu ramai terutama di akhir pekan. Banyak muda-mudi yang berkunjung.

10. Lontong Kupang Jember

Lontong Kupang Jember

Apa yang membuat makanan khas Jember ini berbeda dari lontong-lontong lainnya yang umum kamu temui? Kerang! Yang membuat makanan ini unik dan beda dari lontong lain adalah kerangnya. Lontong kupang jember merupakan campuran antara lontong dengan kerang kecil yang diberi kuah khas.

Jenis kerang yang digunakan untuk menu makanan ini adalah kerang putih yang ukurannya kecil sekali, hanya sebesar kedelai atau beras. Satu porsi lontong kupang berisi lontong, sate kupang, kuah petis, lento dan taburan kupang, serta tauge, gorengan dari parutan singkong, dan kacang tolo.

Jika sebelumnya orang hanya mengenal Jember karena karnavalnya, kini orang juga bisa tahu kota Jember karena kulinernya yang unik dan lezat tentunya. Jadi, kalau kamu mengaku seorang petualangan kuliner, pastikan untuk tidak melewatkan makanan dari Kota Jember ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *