Inilah 10 Makanan Khas Ponorogo dengan Rasa yang Mantap

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat mendengar kata Ponorogo, pikiran kita langsung saja melayang pada kesenian yang terkenal dari Ponorogo yaitu reog. Tetapi tak hanya reog yang khas dari Ponorogo, kuliner dari Ponorogo juga sangat menarik untuk kamu cicipi.

Ingin tahu ada makanan enak apa saja yang ada di Ponorogo? Simak ulasan tentang beberapa kuliner khas dari Ponorogo berikut ini.

1. Sate Ayam Ponorogo

Sate Ayam Ponorogo

Semua orang di Indonesia pastinya tahu sate ayam, lalu apa yang beda dari sate ayam Ponorogo? Sate ayam Ponorogo dibuat dari ayam fillet yang tanpa lemak, bukan dipotong dengan bentuk potongan kecil-kecil seperti sate ayam pada umumnya. Satenya pun dipanggang dengan menggunakan anglo.

Satre ayam Ponorogo merupakan makanan yang cukup terkenal dan menjadi saingan dari sate Madura. Sate Ponorogo direndam terlebih dahulu dengan kecap dan minyak sayur, sehingga bumbunya dapat meresap dan daging akan terasa lebih empuk.

Sate ini biasa disajikan dengan lontong dan siraman bumbu kacang. Kelezatan dari sate ayam Ponorogo ini tidak kalah dengan sate Madura. Jika kamu penasaran ingin mencobanya, kamu dapat membelinya dengan harga sekitar 20 – 35 ribu rupiah untuk satu porsinya.

2. Pecel Tumpuk Ponorogo

Pecel Tumpuk Ponorogo

Menu makanan pecel merupakan menu  makanan yang hampir ada diseluruh pulau Jawa. Kekhasan pecel tumpuk dari Ponorogo adalah ada pada sambel pecelnya yang kental dan juga pedas. Isi dari pecel tumpuk rata-rata diisi oleh sayuran hijau, daun kemangi, mentimun, dan juga tauge.

Pecel tumpuk dari Ponorogo ini cocok untuk orang yang senang dengan makanan pedas. Pecel tumpuk ini biasanya dimakan beserta aneka ragam lauk, seperti tempe goreng, atau juga piya-piya sejenis bakwan. Satu porsi pecel tumpuk ini dihargai sekitar 5-10 ribu rupiah.

3. Rujak Petis Welirang

Rujak Petis Welirang

Rujak petis ini jika melihat sekilas hampir sama dengan makanan seperti gado-gado atau juga lotek. Makanan yang berisikan sayuran yang telah direbus dan disiram dengan saus kacang. Tetapi yang unik dari petis welirang ini adalah bumbu petisnya yang dicampur dengan sambal sehingga rasanya pedas.

Jika kamu senang dengan makanan pedas, rujak petis welirang bisa jadi pilihan kamu. Jika kamu ingin mencicipinya, rujak petis welirangan ini dihargai sekitar 7-10 ribu rupiah per porsinya. Kamu bisa mencoba rujak petis ini di Depot Bu Tiek yang berada di Jalan Pacar, Tonatan, Ponorogo.

4. Sego Tahu

Sego Tahu

Sego tahu merupakan kuliner yang terdiri dari nasi hangat yang diberi lauk tahu dan telur goreng setengah matang. Selain tahu dan telur goreng sajian ini diberi sayuran mentah seperti kecambah, kol, dan juga seledri. Setelah semua bahan disatukan baru disiram dengan kecap manis.

Makanan ini memang terkesan sederhana, tetapi kamu jangan meragukan kenikmatan menyantap nasi hangat dengan semua lauk tadi. Jika kamu senang dengan masakan pedas makan kamu bisa menambahkan sambal sesuai seleramu. Biasanya makanan ini juga diberi taburan kacang goreng.

Makanan ini termasuk makanan yang populer di Ponorogo, jadi jangan kamu lewatkan saat kamu mampir ke daerah Ponorogo. Harga dari makanan ini juga cukup ramah di kantong, sekitar 5-10 ribu rupiah per porsinya. Kamu bisa mencobanya di Warung Nasi Tahu Khas Jetis di Jintap, Wonokerto.

5. Tiwul Goreng

Tiwul Goreng

Nasi tiwul merupakan penganan yang saat ini mulai sulit untuk kamu temukan. Tetapi di Ponorogo kamu masih bisa menemukan makanan nasi tiwul ini, tepatnya di daerah Telaga Ngebel. Tiwul adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diolah menjadi gaplek terlebih dahulu sebelum dibuat tiwul.

Tiwul goreng ini menggunakan bumbu yang sama yang digunakan untuk membuat nasi goreng. Nasi tiwul ini akan semakin terasa nikmat saat kamu menyantapnya dengan ikan khas dari Ngebel yaitu ikan ngongok goreng. Tetapi jika tidak terdapat ikan itu kamu bisa menggantinya dengan ikan nila.

Jika tertarik untuk mencoba tiwul goreng ini kamu bisa datang ke warung Tiwul Goreng Bang  Man yang berada di Ki Agueng Kutu, Krajan Siman. Dengan harga sekitar 15-20 ribu rupiah  per porsinya kamu sudah dapat merasakan tiwul goreng yang unik  ini.

6. Sate Kopok

Sate Kopok

Kopok memiliki arti lendir telinga dalam bahasa Jawa. Hal itu karena tampilan dari bumbu satenya yang seperti lendir. Sate kopok merupakan makanan yang hanya dapat kamu temukan di daerah Kecamatan Balong dan juga Kecamatan Jetis. Sate ini termasuk penganan yang langka.

Sekalipun nama sate ini kopok, tetapi rasanya tidak boleh kamu ragukan. Bumbu sate merupakan bagian yang membedakan sate ini dengan sate yang lainnya. Bumbu sate kopok merupakan bumbu kacang yang dicampur dengan santan kelapa, sehingga teksturnya lebih encer.

Sate kopok ini biasanya disajikan dengan sayur loto yang berkuah kuning dan juga tempe. Penasaran dengan rasa sate kopok? Jika kamu ingin mencobanya, kamu dapat singgah di Pasar Pahing daerah Balong dengan harga sekitar 7- 10 ribu rupiah untuk satu porsinya.

7. Gethuk Golan

Gethuk Golan

Gethuk golan merupakan camilan yang menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Prosesnya pembuatannya dilakukan dengan menumbuk singkong yang sudah dikukus terlebih dahulu. Saat ditumbuk singkongnya diberi tambahan gula jawa, sehingga rasanya manis.

Gethuk golan ini biasanya disajikan dengan ketan hitam dan juga parutan kelapa. Gethuk golan sendiri merupakan penganan khas dari Desa Golan sehingga jika kamu ingin memakannya kamu harus mengunjungi desa tersebut. Getuk ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 2-3 ribu rupiah. 

8. Jenang Mirah

Jenang Mirah

Tak hanya makanan berat yang dapat kamu rasakan yang khas dari Ponorogo, tapi ada camilan khas Ponorogo yang musti kamu coba, yaitu jenang mirah. Jenang mirah sendiri terbuat dari tepung beras ketan sebagai bahan utamanya yang dimasak dengan campuran santan kelapa dan gula jawa.

Jenang mirah yang memiliki tekstur yang kenyal dan juga lengket, sehingga saat kamu menggigitnya rasanya akan terasa benar-benar legit. Jenang mirah merupakan nama dari pendiri usaha jenang di Ponogoro yang kini namanya  menjadi nama makanan khas dari Ponorogo ini.

Dengan taburan wijen diatasnya membuat jenang mirah menjadi lebih nikmat dan harum. Jika kamu ingin menjadikan jenang mirah sebagai oleh-oleh kamu dapat membelinya di sentra oleh-oleh di Ponorogo. Sebungkus jenang mirah dijual dengan harga sekitar 15 ribu rupiah.

9. Es Dawet Jabung

Es Dawet Jabung

Di saat hari yang cukup panas, kamu bisa menyantap es dawet jabung untuk melepaskan dahaga. Es dawet jabung merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras yang tanpa diberi warna. Es dawet ini biasanya disajikan dengan tambahan nangka dan juga ketan hitam.

Dawet yang terbuat dari beras ketan dan bahan tambahan tadi biasa disaaikan dalam sebuah mangkok kecil. Setelah ditaruh dalam mangko es dawet akan disiram dengan santan dan juga gula merah. Harga minuman ini terbilang cukup murah sekitar 3 – 5 ribu rupiah saja. 

10. Serabi Ponorogo

Serabi Ponorogo

Camilan serabi tentunya makanan yang banyak orang kenal, tetapi serabi Ponorogo berbeda dengan serabi yang ada pada umumnya. Serabi yang ada biasanya akan diberikan berbagai toping di atasnya. Tetapi itu tidak berlaku untuk serabi Ponorogo, serabinya disini disajikan dengan dua cara.

Serabi Ponorogo disajikan dengan kuah hangat yang gurih dari santan dan juga di siram dengan gula jawa yang manis dan kental. Cara yang kedua serabi disajikan dengan taburan parutan kelapa yang ditambah dengan saus dari gula merah. Serabi ini dapat kamu beli dengan harga sekitar 3 ribu rupiah.

Nah, disaat mampir ke Ponorogo kamu jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan ini. Kamu tidak akan kecewa dengan kenikmatan dari kuliner khas kota Ponorogo ini. Kamu juga dapat merasakan citarasa yang luar biasa dari makanan-makanan yang sudah mulai sulit didapat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *