Dikenal Sebagai Bumi Reog, Ini 10 Tempat Wisata di Ponorogo

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten di ujung barat Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kabupaten Ponorogo dikenal dengan kelestarian budayanya, yakni Reog Ponorogo. Kabupaten ini juga dijuluki sebagai Kota Reog atau Bumi Reog.

Salah satu daerah di Jawa Timur ini bukan hanya memiliki budaya yang selalu dilestarikan saja namun juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Keluyuran sudah merangkum 10 tempat wisata di Ponorogo yang bisa kamu kunjungi. Siapa tahu bisa jadi inspirasi liburanmu selanjutnya. Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan salah satu destinasi wisata alam yang recommended untuk dikunjungi. Tempat ini tentu tidak lepas dari cerita legenda zaman dahulu dan selalu dikaitkan dengan “Baru Klinting” atau seekor ular naga besar yang berhati mulia. Telaga Ngebel terletak di perbatasan antara Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Telaga Ngebel adalah pagi hari sebelum terbitnya matahari. Kamu bisa menyaksikan cantiknya matahari terbit yang muncul dari balik bukit Telaga Ngebel. Di sini, kamu juga bisa mencoba wahana wisata air menggunakan perahu motor dengan biaya Rp5.000 saja.

  • Alamat: Telaga Ngebel, Ngebel, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: Senin – Jumat 08.00 – 18.00 WIB, Sabtu & Minggu 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

2. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri

* sumber: dolandolen.com

Bukit Cumbri merupakan bukit kecil yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada sisi barat, kamu bisa mengakses Bukit Cumbri dari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sedangkan dari timur kamu bisa mengakses Bukit Cumbri dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Bukit dengan ketinggian 638 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu primadona karena kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam. Biasanya, pengunjung datang pada sore hari sebelum matahari terbenam dan berkemah di sini agar bisa menyaksikan pesona matahari terbit esok paginya.

  • Alamat: Pager Ukir, Sampung, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

3. Puncak Pringgitan

Puncak Pringgitan

* sumber: www.sfidnfits.com

Ponorogo memiliki gunung dengan spot yang sangat menarik untik dikunjungi. Gunung Pertapan atau dikenal juga Gunung Pringgitan, merupakan sebuah tempat dimana kamu bisa melihat pemandangan Kabupaten Ponorogo dari ketinggian. Gunung Pringgitan juga menjadi salah satu tempat favorit untuk camping.

Jika kamu suka melihat city lights, Puncak Pringgitan menjadi salah satu tempat dimana kamu bisa melihat cantiknya kerlip lampu-lampu kota pada malam hari. Jika di Jogja ada Bukit Bintang, Wonosari, maka di Ponorogo ada Puncak Pringgitan.

  • Alamat:  Desa Caluk, Slahung, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

4. Wisata Tubing Kali Jajar

Wisata Tubing Kali Jajar

* sumber: tempatwisataseru.com

Kamu suka wisata yang menguji adrenalin? Jika iya, tak ada salahnya mencoba Wisata Tubing Kali Jajar di Kabupaten Ponorogo ini. Kamu bisa mencoba sensasi menelusuri Sungai Kali Jajar menggunakan ban karet dan melewati jeram yang cukup dalam. Wisata air sepanjang 2000 meter ini bisa kamu coba untuk mengiri hari libur dengan lebih seru.

Sepanjang menelusuri sungai, rute yang dilalui cukup menegangkan. Derasnya air sungai dan batu kali yang terdapat sepanjang jalur membuat permainan menjadi penuh dengan tantangan. Kamu bisa mencoba permainan ini bersama teman-teman minimal 4 orang dan maksimal 8 orang. Dijamin seru!

  • Alamat: Krangkongan, Paringan, Jenangan, Kabupaten Ponorogo
  • Operaisional: 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Mulai dari Rp20.000/orang

5. Gunung Beruk

Gunung Beruk

* sumber: wisatapro.com

Selain Gunung Pringgitan, di Ponorogo juga ada Gunung Beruk yang menjadi salah satu wisata menarik. Kamu perlu menempuh waktu kurang lebih 45 menit dari Alun-Alun Ponorogo untuk bisa sampai di Gunung Beruk dengan pemandangan sawah di kiri dan kanan.

Sesampainya di Gunung Beruk, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, aliran sungai kecil dari atas bukit, dan dapat melihat Kabupaten Ponorogo dari ketinggian melalui gardu pandang yang menjadi salah satu spot favorit di sini.

  • Alamat: Desa Karang Patihan, Hutan Negara, Jambon, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

6. Kedung Gamping

Kedung Gamping

* sumber: ngadem.com

Kedung Gamping merupakan salah satu tempat wisata yang awal mulanya digunakan warga sebagai tempat untuk mandi dan mencuci baju. Tapi kini Kedung Gamping menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika liburan di Ponorogo. Kedung Gamping memiliki air yang sangat jernih dengan warna kehijauan.

Karena tempat wisata ini masih terbilang baru dan belum menggunakan campur tangan pemerintah dalam pengelolaannya, maka kamu perlu mempersiapkan logistik seperti makanan, minuman, serta camilan sebelum ke sini karena tidak adanya warung di sekitar Kedung Gamping. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan, ya!

  • Alamat: Jl. Ngrayun, Klitik, Temon, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

7. Tumpak Pare

Tumpak Pare

* sumber: cintanegeri.com

Tumpak Pare merupakan bukit yang anti-mainstream di Kabupaten Ponorogo. Di puncak bukit, terdapat hutan pinus yang tinggi menjulang. Tumpak Pare bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menjauh sejenak dari keramaian kota, karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Ponorogo.

Bukit Pare boleh dibilang tidak terlalu tinggi. Jalan kaki dari tempat parkir kendaraan sampai ke puncak bukit hanya membutuhkan waktu 15 – 30 menit saja. Puncak Tumpak Pare sangat luas, jadi kamu bisa mencoba camping di sini.

  • Alamat: Slorok, Cepoko, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

8. Air Terjun Kokok Sawoo

Air Terjun Kokok Sawoo

* sumber: sayatravelling.blogspot.com

Selain gunung dan bukit, Ponorogo juga memiliki banyak air terjun menawan. Salah satunya adalah Air Terjun Kokok Sawoo. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini mnengalir deras melewati bebatuan yang bertingkat. Aliran air terjun ini berasal dari Sungai Kokok di Kecamatan Sawoo, Ponorogo.

Air Teejun Kokok Sawoo bisa kamu jangkau dengan berjalan kaki kurang lebih 700 meter. Jalur yang dilalui cukup curam, sehingga kamu perlu ekstra berhati-hati. Namun, setelah melalui jalanan yang curam, kamu akan  disuguhkan dengan air terjun yang menyegarkan.

  • Alamat: Senarang, Temon, Sawoo, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp3.000/orang

9. Gunung Masjid

Gunung Masjid

* sumber: www.tripzilla.id

Satu lagi gunung menarik dengan nama unik di Ponorogo, Gunung Masjid namanya. Penamaan Gunung Masjid karena puncaknya terdapat savanna atau biasa disebut Bukit Teletubbies yang berbentuk seperti kubah Masjid.

Di Puncak Gunung Masjid, kamu bisa melihat pemandangan hijaunya hutan sekitar Gunung Masjid serta perbukitan dan pegunungan yang nampak dari kejauhan. Kamu bisa menikmati pemandangan dari gardu pandang yang terbuat dari bamboo. Ini merupakan salah satu spot terbaik di Gunung Masjid.

  • Alamat: Perhutanan, Pandak, Balong, kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

10. Watu Semaur

Watu Semaur

* sumber: penjor.id

Wati Semaur adalah salah satu tempat wisata unik di Ponorogo. Jika diartikan dari namanya, “watu” memiliki arti batu, dan “semaur” berarti menjawab. Maka disebut pula “Batu Menjawab” karena ketika kita berteriak ke arah batu, maka akan terdengar gema dari pantulan suara yang diucapkan.

Ada yang menyebutkan juga nama Watu Semaur berasal dari mitos dimana ada pengantin wanita yang berubah menjadi Watu Semaur, sedangkan pengantin pria menjadi Watu Kodok yang letaknya tak jauh dari Watu Semaur. Meski banyak terdapat kisah-kisah mitos, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi.

  • Alamat: Krajan, Selur, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

Itulah tempat wisata di Bumi Reog yang bisa kamu kunjungi. Sebenarnya, masih banyak sekali yang bisa kamu kunjungi di Ponorogo. Semoga dari 10 tempat wisata di Ponorogo yang disebutkan di atas, bisa mengisi liburanmu nanti!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *