10 Makanan Khas Samarinda yang Enaknya Bikin Ketagihan!

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Berwisata kuliner di Samarinda merupakan pilihan tepat. Ibu kota Kalimantan Timur ini memiliki sejumlah kuliner khas yang menggoda. Dijamin, kamu bakal kangen dan mencoba kuliner khas di sana suatu saat nanti.

Dari sekian banyak makanan khas Samarinda, beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan di sini. Sejumlah rekomendasi di sini bakal membantumu untuk memilih mana saja makanan khas Samarinda yang sebaiknya kamu coba nanti. Mau tahu apa saja rekomendasi tersebut? Yuk, simak saja langsung di bawah ini!

1. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting

Pada umumnya, pepes dibuat dari daging ayam, ikan, ataupun tahu. Namun, hal berbeda terjadi di Samarinda. Di ibu kota Kalimantan Timur ini, pepes justru dibuat dari daging kepiting. Adapun daging kepiting yang dipakai biasanya adalah kepiting soka. Pemilihan kepiting tersebut tak lepas dari badannya yang penuh terisi daging.

Pepes ini dibuat dengan cara membersihkan dan merebus kepiting soka terlebih dulu. Sesudah itu, daging kepiting dicampur dengan jahe parut, tomat iris, kemiri halus, bawang merah dan bawang putih. Sebelum diolah, daging kepiting soka harus dilepaskan dari kulitnya.

Daging kepiting bersama bumbu-bumbu tersebut kelak bakal dicampur lagi dengan cabe rawit, garam, dan daun kemangi. Barulah sesudah itu dibungkus adonan pisang dan dikukus sampai matang. Pepes ini rupanya tidak langsung disajikan setelah dikukus. Setelah dikukus, pepes ini diolah lagi dengan cara dipanggang di atas bara api.

2. Sup Ikan Akmal

Sup Ikan Akmal

Di Samarinda, ada satu restoran yang patut dikunjungi. Restoran tersebut memiliki sajian yang memanjakan lidahmu. Restoran tersebut adalah RM Akmal dengan Sup Ikan Akmal sebagai sajian andalan.

Sup Ikan Akmal dibuat dengan bahan dasar ikan patin. Ikan tersebut nantinya bakal diolah bersama dengan bumbu-bumbu bercita rasa asam dan pedas. Sup ini bakal memberikanmu sensasi gurih, asam, dan pedas dalam tiap gigitannya. Sup ini amat cocok disantap bersama dengan nasi hangat dan es teh manis sebagai minuman.

3. Rojak Singkil

Rojak Singkil

Selain Sup Ikan Akmal, Samarinda masih memiliki satu sajian ikan lainnya. Rojak Singkil adalah sajian tersebut. Sajian ini merupakan sayur berkuah santan dengan bahan dasar ikan haruan alias ikan gabus. Ikan ini nantinya bakal dipadupadankan bersama satu bahan utama lainnya, daun singkil. Kedua bahan tersebut nantinya bakal dicampur bersama sejumlah bumbu-bumbu lainnya. Ikan haruan yang lembut, daun singkil yang khas, dan bumbu-bumbu yang kaya bakal kamu rasakan di tiap suapannya.

4. Pisang Gapit

Pisang Gapit

Kalau kamu mau menyicipi sajian manis khas Samarinda, maka kamu bisa mencoba Pisang Gapit. Sesuai namanya, sajian ini dibuat dari pisang sebagai bahan utama. Pisang yang dipakai pada menu ini adalah pisang kepok, pisang sanggar, atau pisang tanduk yang setengah matang.

Cara mengolah pisang ini adalah dipanggang. Saat dipanggang, pisang bakal digapit alias dipencet sampai pipih. Sesudah itu, barulah disiram dengan saus khusus yang manis. Saus yang dipakai sendiri terbuat dari gula merah yang direbus hingga airnya mendidih, lalu kemudian airnya disaring. Seusai disaring, air rebusan tersebut lalu direbus kembali bersama santan, daun pandan, serta larutan maizena yang dicampur garam.

5. Lempok Durian

Lempok Durian

* sumber: ksmtour.com

Kalau mau menyantap makanan manis lainnya, maka Lempok Durian bisa menjadi pilihan. Makanan ini sebetulnya adalah oleh-oleh khas Pontianak yang juga populer di Samarinda. Makanan ini dibuat dari durian, gula, dan sedikit garam yang kemudian dicampur dan diaduk hingga kemerahan warnanya.

Secara tampilan, Lempok Durian mirip dengan Dodol Durian. Letak perbedaannya hanya pada cita rasanya, di mana Lempok Durian memiliki rasa durian yang lebih kuat. Selain dimakan langsung, Lempok Durian bisa kamu jadikan oleh-oleh.

6. Nasi Kuning Samarinda

Nasi Kuning Samarinda

Tak hanya di Pulau Jawa, Samarinda pun juga memiliki nasi kuning sebagai makanan khas. Secara bahan dan cara pembuatannya, Nasi Kuning Samarinda tak jauh berbeda dibanding nasi kuning lainnya. Yang menjadi pembeda adalah pada lauknya, di mana Nasi Kuning Samarinda memakai ikan gabus sebagai lauknya. Sangat unik, bukan?

7. Sambal Raja

Sambal Raja

Sebetulnya, makanan khas ini aslinya berasal dari Kutai. Walau begitu makanan ini juga populer di Samarinda. Sambal Raja sendiri merupakan sambal yang terbuat dari terong, kacang panjang, bawang merah yang diiris-iris, dan irisan telur. Semua bahan tersebut lalu diulek bersama cabai yang bijinya telah dibuang.

Sambal ini konon merupakan sambal yang disantap raja Kutai. Maka tak heran bila sambal ini juga lazim disebut Sambal Kutai. Sejumlah tempat makan di Kutai atau Samarinda kini telah menyajikan sambal ini. Salah satu di antaranya adalah Selera Acil Inun’s yang alamatnya sudah kami sebutkan sebelumnya.

8. Ayam Cincane

makanan khas kalimantan timur Ayam Cincane

Kalau kamu penyuka sajian ayam, maka kamu bisa mencoba hidangan satu ini. Ayam Cincane adalah sajian yang terbuat dari ayam kampung yang dimasak bersama dengan santan dan rempah-rempah lain. Di Samarinda, sajian ini lazim disajikan di acara resmi semisal pernikahan atau syukuran. Kendati begitu, kamu bisa menyantapnya di sejumlah tempat makan di ibu kota Kalimantan Timur itu.

9. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor

Nasi Bekepor merupakan sajian yang terbuat dari nasi yang dicampur minyak sayur, rempah dan ikan asin. Nasi ini lazim disantap bersama dengan Sambal Raja. Sama seperti Sambal Raja, makanan ini juga berasal dari Kutai, namun juga terkenal di Samarinda. Dan seperti halnya Sambal Raja, sajian ini juga bisa kamu temukan di Selera Acil Inun’s.

10. Bubur Pedas

Bubur Pedas

Makanan khas Samarinda ini cocok buatmu pecinta bubur sekaligus masakan pedas. Seperti bubur lainnya, bubur ini tentunya berbahan dasar beras. Bedanya, beras pada bubur ini disangrai dulu bersama kelapa parut, baru kemudian diolah menjadi bubur.

Sesudah jadi, bubur tersebut bakal diberi daun kesum, jintan, ketumbar, lengkuas, cabe, teri, dan kacang goreng. Bubur satu ini bisa kamu temui di sejumlah restoran atau penjaja kaki lima di Samarinda.

Itulah beberapa makanan khas Samarinda yang bisa kamu santap nanti. Tapi, selain berburu makanan khas Samarinda, kamu juga perlu mengunjungi 10 Tempat Wisata di Samarinda ini agar liburanmu lebih menyenangkan!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram