Cari Oleh-Oleh Khas Samarinda? Beli Saja 5 Barang Ini!

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Selain Pontianak dan Balikpapan, Samarinda bisa menjadi opsi tempat wisata lain di Pulau Kalimantan. Adanya sejumlah tempat wisata menarik adalah salah satu alasan utamanya. Air Terjun Tanah Merah; Rumah Ulin Arya; dan Desa Budaya adalah tiga di antaranya.

Tak lengkap rasanya, bila kamu tak membawa buah tangan sehabis dari Kota Tepian itu. Kalau kamu bingung dan sedang mencari referensi buah tangan khas Samarinda, maka sejumlah list dari Keluyuran ini bisa menjadi referensi buatmu.

1. Abon Kepiting

Abon Kepiting

* sumber: kaltimprov.go.id

Sesuai namanya, buah tangan ini adalah sebuah abon yang dibuat dari bahan tak biasa. Bila abon umumnya terbuat dari daging ayam atau sapi, maka abon satu ini berbahan dasar daging kepiting. Cara membuatnya sendiri mirip dengan abon pada umumnya. Cita rasa daging kepiting yang lezat lah yang menjadi letak perbedaannya.

Selain menjadi buah tangan khas Samarinda, Abon Kepiting juga menjadi buah tangan andalan kota di Kaltim lainnya, Balikpapan. Untuk bisa membeli buah tangan ini, kamu bisa datang ke:

  • Nama Toko : UKM Center.
  • Alamat : Jalan Gatot Subroto 2 No. 77, RT 25, Bandara, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75117.
  • No. Telepon : 0823-5133-3377.
  • Jam Buka : Setiap hari; 01.30-22.45.
  • Jam Buka : Sekitar Rp 30.000 - Rp 50.000.

2. Gula Gait

Gula Gait

* sumber: www.befreetour.com

Untuk kamu yang ingin membeli buah tangan penganan manis, maka Gula Gait adalah salah satu rekomendasi dari kami. Buah tangan ini merupakan gulali khas Samarinda dengan bahan dasar gula putih dan gula aren.

Dalam proses pembuatannya, kedua bahan itu bakal dimasukkan dulu ke dalam panci, kemudian dipanaskan. Cara itu dilakukan agar keduanya menjadi adonan yang kental. Adonan yang kental itu nantinya bakal dipindahkan ke teflon untuk didinginkan.

Setelah dingin, adonan itu lalu dikaitkan pada paku besar yang sebelumnya telah ditancapkan ke dinding. Adonan yang dikaitkan itu lalu ditarik berulang-ulang hingga warnanya kekuningan dan berbentuk batang. Barulah sesudah itu dipindahkan ke atas meja panjang dan dibiarkan sampai mengeras; serta dipotong-potong sepanjang kurang lebih  5-6 cm dengan gunting.

Bentuknya yang panjang membuat buah tangan ini begitu khas dan mudah dikenali. Soal cita rasa, buah tangan ini bisa membuat lidahmu merasakan sensasi manis dan legit di tiap gigitannya. Untuk membeli buah tangan ini, kamu bisa ke tempat satu ini:

  • Nama Toko : East Kalimantan Center (Pusat Oleh-Oleh Kaltim).
  • Alamat : Jalan Pangeran Antasari No. 1, Air Hitam, Samarinda, Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75120.
  • No. Telepon : 0813-4733-3337.
  • Jam Buka : Setiap hari; 08.00-23.00.
  • Harga : Kurang lebih sekitar Rp 30.000-an.

3. Kue Keminting

Kue Keminting

Kue Keminting adalah rekomendasi buah tangan bercita rasa manis lainnya yang bisa kamu beli. Selain bercita rasa manis, ciri khas lainnya pada kue ini adalah bentuknya yang serupa biji kemiri. Bentuknya yang unik itu sesuai dengan nama kue ini (Keminting) yang berarti “biji kemiri” dalam bahasa setempat (Samarinda).

Bahan dasar utama kue ini adalah tepung kanji. Bahan utama itu diolah terlebih dulu dengan cara disangrai hingga halus. Tepung kanji yang disangrai itu kemudian dicampurkan ke dalam adonan berbahan dasar margarin; gula merah; gula bubuk; dan santan kental.

Campuran bahan itu kelak bakal dimasukkan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin. Loyang yang dipakai tentu saja Loyang yang bentuknya serupa biji kemiri. Setelahnya, dioven selama 20 menit dengan suhu mencapai 150 derajat celcius.

Seusai matang, kue tersebut bakal dikeluarkan dari oven dan kemudian ditiriskan. Barulah sesudah itu disimpan ke dalam toples atau wadah kedap udara lainnya. Bila ingin membeli buah tangan ini, maka kamu bisa datang ke:

  • Nama Toko : Rindana Keminting.
  • Alamat : Jalan Jelawat Gang 9, RT 04 No. 05, Sidomulyo, Samarinda Ilir, Kota Samarinta, Kalimantan Timur 75242.
  • No. Telepon : 0852-4573-8739.
  • Jam Buka : Setiap hari; 08.00-22.00.
  • Harga : Kurang lebih sekitar Rp 20.000.

4. Sarung Samarinda

Sarung Samarinda

* sumber: ayoberpariwisata.blogspot.com

Selain makanan, oleh-oleh khas Samarinda juga bisa kamu beli dalam bentuk kerajinan tenun. Salah satu kerajinan tenun khas Samarinda itu adalah Sarung Samarinda. Kerajinan tenun ini punya ciri khas berupa ukuran dan bahan dasarnya.

Dari segi ukuran, sarung khas Samarinda ini punya panjang 2 meter dan lebar 80 sentimeter; tergolong besar untuk ukuran sebuah sarung. Dari segi bahan, sarung ini menjadikan sutera asli Tiongkok sebagai bahan utamanya. Bahan utama itu bakal diproses sedemikian rupa, agar bisa menghasilkan Sarung Samarinda yang halus dan berkualitas.

Saat ini, sudah banyak Sarung Samarinda yang palsu. Jadi, kamu harus hati-hati bila hendak membelinya. Ada beberapa cara untuk membedakan Sarung Samarinda yang asli dan yang palsu. Salah satunya adalah dari segi jahitannya.

Pada Sarung Samarinda asli, kamu bisa menemukan jahitan sambungan yang terletak di bagian tengahnya. Jahitan itu sendiri terbentuk dari proses penjahitannya yang dilakukan dengan cara menyambungkan dua kain sarung secara manual (memakai tangan).

Untuk membeli Sarung Samarinda yang asli, kamu bisa datang ke tempat satu ini:

  • Nama Toko : Pengrajin Sarung Samarinda Asli (Hj  Intan) Asasa.
  • Alamat : Gang Karya Muharram, Bawa, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242.
  • No. Telepon : 0853-55388-9990.
  • Jam Buka : Setiap hari; 08.00-21.00.
  • Harga : Kurang lebih sekitar 50 ribu hingga jutaan rupiah.

5. Batik Kalimantan Timur

Batik Kalimantan Timur

* sumber: www.rosagusfa.com

Selain Sarung Samarinda, Batik Kalimantan Timur adalah oleh-oleh non-makanan yang bisa kamu beli di Samarinda. Ciri khas utama dari batik ini adalah motif yang dikandungnya. Mayoritas motif yang dipakai batik ini lazimnya terinspirasi dari kebudayaan suku Dayak. Salah satu contohnya adalah motif Batang Garing. Ini adalah motif Batik Kalimantan Timur yang terinspirasi dari bentuk pohon kehidupan khas suku Dayak.

Dari segi bahan, batik satu ini tergolong variatif. Sutra, semi sutra, serat nanas, dan katun adalah beberapa bahan yang biasanya dipakai pada batik ini. Di antara sejumlah bahan tersebut, sutra menjadi bahan yang lazim dipakai, lantaran kualitas yang terkandung dari bahan tersebut.

kalau kamu mau membeli batik ini, kamu bisa datang ke:

  • Nama Toko : Aneka Batik Kalimantan.
  • Alamat : Jalan Kadrie Oening No. 62, Air Hitam, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124.
  • No. Telepon : (0541) 203601.
  • Jam Buka : Setiap hari; 09.00-21.00.
  • Harga : Kurang lebih sekitar R 120.000 - Rp 150.000

Referensi buah tangan khas Samarinda dari kami. Semoga rekomendasi kami bermanfaat untukmu, terutama bila kamu mau berbelanja buah tangan saat di Samarinda nanti. Selamat berbelanja! Baca juga artikel tempat wisata di Samarinda untuk mencari referensi destinasi wisata di sana.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram