10 Makanan Khas Sibolga yang Penuh Bumbu dan Kaya Rempah

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kota Sibolga adalah salah satu kota yang menjadi tujuan banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara. Luas daerah ini tidak begitu besar, yaitu sekitar 10.77 Km2 dan daerahnya dikelilingi laut yang eksotis.

Keindahan lautnya tak kalah indah dari Bali juga Lombok. Tak hanya tempat wisata, Sibolga juga memiliki makanan khas yang lezat.

Makanan khas Sibolga menawarkan beragam kuliner, salah satunya adalah olahan ikan karena daerah ini berdekatan dengan laut.

Kalau kamu berencana untuk berlibur ke daerah Sibolga, jangan lupa untuk berburu makanan khas Sibolga di kedai atau restoran di Sibolga. Berikut ini adalah makanan dari Sibolga untuk kamu cicipi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumatera Utara dengan Alam yang Indah

1. Ikan Panggang Pacak

Di Sumatera Utara terdapat makanan khas yang namanya cukup unik. Hidangan itu disebut dengan ikan panggang pacak. Makanan ini merupakan makanan khas Sibolga serta daerah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Makanan khas ini tidak mudah ditemukan di daerah lain, tapi makanan ini menjadi menu makanan favorit warga setempat, khususnya saat acara tertentu selain sebagai menu rumahan.

Ikan panggang dari Sibolga ini tak jauh beda dari ikan panggang lainnya. Penikmatnya baru akan tahu perbedaan ikan panggang Sibolga ini setelah mencicipinya.

Bumbu berupa kelapa yang digiling halus diracik dengan kunyit dan diberi tambahan asam limau merupakan kunci utama makanan ini. Inilah yang membedakan rasa ikan panggang pacak dengan ikan panggang lainnya.

Selain itu, bumbu juga diberi cabai, bawang juga tambahan beberapa rempah sehingga ikan ini rasanya semakin nikmat. Sebelum diberi bumbu, ikan disayat terlebih dulu kemudian dibaluri bumbu.

Caranya bumbu ditekan-tekan supaya meresap. Oleh karena itu, hidangan ini disebut panggang pacak. Arti pacak sendiri adalah ditekan.

Jenis ikan yang digunakan bisa kembung kuring atau gambolo dan ikan jenis lainnya, tapi warga pesisir Sibolga memilih ikan gambolo, aso-aso, gabu, kerapu, dan jenis ikan kakap yang lainnya.

Selain itu bisa juga cumi-cumi. Setelah diberi bumbu, ikan kemudian dipanggang di atas tungku api dan bukan di atas kompor.


2. Mie Gomak

Mie GomakSumber: cookpad.com

Makanan khas Sibolga juga memiliki bahan yang lain tak hanya ikan. Ada hidangan mi yang juga enak. Mi ini dimasak dengan menggunakan tungku tradisional yang tujuannya supaya menjaga rasa aslinya.

Bumbu yang digunakan adalah beragam rempah-rempah, seperti lengkuas, cabai, bawang, dan kunyit. Maka pantas saja aroma dan rasa mi ini nikmat sekali.

Mi goreng ini juga diberi tambahan bumbu tradisional khas Batak, yaitu andaliman yang bisa membuat lidah terkena sensasi mati rasa.

Tak hanya populer di Sibolga, makanan ini juga terkenal di Siantar, Tapanuli, Labuhan Batu sampai Parapat. Hidangan ini bisa ditemukan dijual di warung-warung pinggir jalan.

3. Ikan Panggang Geleng

Makanan ikan lainnya dari Sibolga adalah ikan panggang geleng. Bahan yang digunakan adalah ikan kembung. Walaupun namanya ikan panggang tapi cara memasaknya tidak dipanggang, tapi digoreng.

Ketika membuat hidangan ini, proses awalnya adalah mengeluarkan daging ikan dan memisahkannya dari tulangnya. Setelah itu, ikan dicampur dengan kentang yang telah digoreng serta dihaluskan.

Kentang yang tadi dicampur dengan daging ikan tersebut, lalu dimasukkan lagi ke dalam tubuh ikan. Setelah itu barulah ikan digoreng. Perpaduan antara ikan dan kentang membuat makanan ini terasa lezat. Tekstur hidangan ini garing di luarnya dan lembut di bagian isiannya.

4. Lompong Sagu

Lompong SaguSumber: ksmtour.com

Makanan khas Sibolga selanjutnya yaitu lompong sagu. Hidangan ini merupakan sejenis kue yang sangat disukai oleh masyarakat Sibolga khususnya. Seperti namanya, lompong sagu dibuat dari sagu sebagai bahan dasarnya. Bahan lainnya yaitu buah pisang yang ditambahkan secukupnya.

Pada umumnya kue lompong sagu ini dibungkus menggunakan daun pisang. Adapun cara masaknya yakni dengan cara dibakar di atas api sedang. Bahan tambahan lainnya yaitu gula merah atau gula aren, gula pasir, garam, air, dan parutan kelapa.

5. Gulai Ikan Sibolga

Gulai Ikan SibolgaSumber: correcto.id

Gulai ikan Sibolga adalah salah satu hidangan dari Sibolga yang menarik untuk dicicipi. Bahan dasar untuk membuat gulai ikan yang satu ini adalah ikan tongkol, tapi bisa juga berbagai ikan lainnya.

Agar rasa gulai ikannya terasa lezat, gulai ikan dimasak dengan bermacam bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, jahe, dan santan.

Tampilan kuliner yang satu ini tak jauh beda dengan gulai lain pada umumnya. Tekstur ikannya yang empuk serta kuahnya yang kental membuat siapa pun tertarik untuk mencicipinya. Gulai ikan ini sangat cocok untuk dinikmati dengan nasi hangat.

6. Nasi Tue

Ada lagi makanan khas Sibolga yang unik, yaitu nasi tue. Ini merupakan hidangan dari Sibolga serta Tapanuli Tengah. Bahan untuk makanan ini adalah ketan.

Sebenarnya makanan ini adalah sajian makanan penutup yang rasanya khas, yaitu manis, yang merupakan perpaduan dari ketan dan siraman kuah manis. Apabila dicampur durian akan lebih lezat lagi.

Hidangan ini sangat khas karena disajikan saat perayaan maupun hajatan. Nasi tue juga muncul pada acara lamaran ataupun pernikahan adat Tapanuli.

Baca juga: 7 Oleh-Oleh Khas Sibolga Paling Populer dan Banyak Dicari

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram