10 Menu Depot Slamet Paling Enak yang Wajib Dicoba!

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 28 Oktober 2021

Tak lengkap rasanya kalau sedang berada di Surabaya, kamu tidak mampir ke Depot Slamet. Rumah makan yang terkenal dengan spesialisnya di Chinese food ini pasti sudah banyak dikenal oleh warga Surabaya. Salah satu yang menjadi alasan begitu terkenalnya Depot Slamet adalah makanan yang disajikan dengan porsi yang jumbo.

Keluyuran pernah memasukkan Depot Slamet ke dalam daftar 10 tempat nasi goreng enak di Surabaya. Namun, tidak hanya menyajikan nasi goreng, Depot Slamet juga menawarkan menu makanan yang bervariasi mulai dari menu olahan mie, sayuran, nasi, ayam, sup, seafood dan lain-lainnya.

Namun, kalau kamu bingung, kami juga membuat rekomendasi beberapa menu makanan yang pastinya bisa dijadikan pilihan kamu saat memesan makanan di Depot Slamet. Daftar rekomendasi makanan di Depot Slamet adalah sebagai berikut:

1. Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng Jawa bisa dibilang menjadi menu andalan ketika kamu pertama kali datang ke Depot Slamet. Berbeda dari nasi goreng lainnya, menu makanan ini disajikan dengan porsi yang sangat banyak, bahkan kamu bisa membagi 1 porsi makanan ini untuk disantap oleh 4 orang.

Nasi goreng ini juga berisi potongan-potongan ayam sebagai pelengkapnya. Selain itu, bagi kamu penikmat makanan pedas, kamu bisa memesan nasi goreng Jawa pedas, yang berisi irisan cabe rawit yang super pedas. Tentunya, kamu bisa jadi ketagihan terus setelah memakannya.

2. Nasi Goreng Hongkong

Menu nasi goreng selanjutnya adalah nasi goreng Hongkong. Serupa dengan nasi goreng Jawa, nasi goreng ini dimasak dengan rempah-rempah khas Depot Slamet dan diberi isian berupa potongan daging ayam sebagai pelengkapnya. Namun, ada komponen lain yang ditambahkan pada menu makanan ini, contohnya kacang polong.

Untuk porsi yang disajikan, nasi goreng Hongkong juga memiliki porsi yang jumbo. Jadi, menu ini sangat cocok buat kamu pesan. Apalagi kalau kamu menyantapnya bersama anak kecil, yang tentu harus membiasakan untuk makanan sayuran.

3. Mie Goreng

menu depot slamet paling enak mie gorengSumber: pergikuliner.com

Kalau kamu bosan dengan menu nasi goreng, kamu bisa memesan mie goreng sebagai opsi lainnya karena mie goreng di Depot Slamet merupakan menu makanan yang juga dikenal sebagai andalan di tempat makan ini.

Mie goreng ini menggunakan tekstur mie yang agak tebal dengan tambahan sayuran sawi dan potongan-potongan daging ayam sebagai bahan pelengkapnya. Soal rasa, mie goreng ini memiliki rasa yang cenderung manis dari kecap manis serta gurih yang diperoleh dari bumbu yang digunakan.

4. Capcay

menu depot slamet paling enak capcaySumber: garnesia.com

Kali ini, menu favorit yang paling sering dipesan dan sangat digemari oleh pelanggan di Depot Slamet adalah capcay. Ya, menu olahan sayuran yang wortel, sawi putih dan lainnya dengan tambahan potongan daging ayam dan pentol (bakso) memiliki keunikan dari tempat makan Chinese food lainnya.

Perbedaan tersebut dapat kamu rasakan dari kuahnya yang kental agak berwarna merah dengan rasa yang gurih dan asin. Untuk penyajiannya, kamu bisa memilih capcay di Depot Slamet dihidangkan dengan cara digoreng menjadi capcay goreng, ataupun direbus menjadi capcay kuah.

5. Tamie Goreng

Salah satu menu yang menarik untuk dicoba adalah Tamie Goreng. Tampilan makanan dari tamie goreng tampak seperti ifumie, karena keduanya menggunakan bahan dasar mie yang diolah dengan cara direbus terlebih dahulu, lalu digoreng kering. Setelah itu, mie disiram dengan sayuran yang telah di masak di atasnya.

Namun, tamie goreng memiliki sedikit perbedaan yang terlihat dari cara mie yang diolah pada saat digoreng. Tamie goreng menggunakan mie yang digoreng hingga kering dan bertekstur renyah dan crunchy, lalu disiram dengan kuah capcay putih di atasnya. Menarik, bukan? Kamu wajib mencoba menu yang unik ini.

6. Fu Yung Hai

menu depot slamet paling enak fuyunghaiSumber: twitter.com

Selain capcay, ada juga fu yung hai yang menjadi menu favorit di Depot Slamet. Fu yung hai adalah salah satu makanan yang banyak dikenal, khususnya oleh orang Indonesia yang menyukai Chinese food

Sama seperti menu fu yung hai pada umumnya, fu yung hai di Depot Slamet juga menggunakan telur yang menjadi bahan dasar untuk mengolahnya serta tambahan potongan daging yang menjadi pelengkapnya.

Berbeda dari yang lainnya, fu yung hai di Depot Slamet menggunakan komposisi tepung yang lebih sedikit, sehingga rasa dari telurnya lebih menonjol. Ditambah lagi, saus asam manis kental yang digunakan dalam masakan ini memiliki rasa yang kecut, manis dan gurih. Sehingga cita rasa dari fu yung hai ini menjadi terasa seimbang ketika menyantapnya.

7. Koloke

Tidak lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Depot Slamet tanpa mencicipi menu koloke-nya. Koloke merupakan menu olahan dari daging ayam yang dimasak dengan cara digoreng serta dibaluri dengan adonan tepung. Kemudian, koloke disajikan dengan saus asam manis yang disiram di atas potongan-potongan ayam goreng tepung tersebut.

Rasanya yang cenderung asin dan gurih, dikombinasikan dengan saus asam manis yang juga disajikan untuk fu yung hai. Sehingga  membuat cita rasa Koloke ini sangat enak untuk dicoba. Porsi koloke yang dihidangkan di Depot Slamet juga tidak pelit, lho. Kamu bisa menikmati jumlah potongan-potongan daging ayam yang banyak dengan isi yang masih padat. Dijamin, kamu pasti bakal kenyang jika menikmati koloke ini.

8. Ayam Goreng Saus Inggris

Ayam goreng saus Inggris ini juga bisa dibilang menjadi menu yang digemari oleh pelanggan di Depot Slamet. Tidak sama seperti koloke, ayam goreng saus Inggris tidak menggunakan adonan tepung ketika digoreng, dan disiram dengan saus yang dimasak menggunakan kecap inggris (Worcestershire sauce) sebagai pelengkapnya.

Menu makanan ini memiliki rasa yang manis serta gurih, dan sangat cocok jika disantap bersama dengan nasi. Untuk masalah porsi, Depot Slamet selalu memberikan porsi yang cukup untuk dimakan bersama-sama. Jadi, kamu jangan perlu khawatir.

9. Sup Asparagus Kepiting

Bosan dengan olahan yang goreng-goreng dan ingin yang berkuah, kami merekomendasikan kamu untuk memesan sup asparagus kepiting. Sup ini berisikan potongan asparagus serta daging kepiting yang disajikan dengan porsi yang jumbo.

Kami menyarankan untuk tidak memakannya sendiri, karena kemungkinan untuk 1 porsi yang disajikan, kamu bisa membaginya bahkan menjadi 10 porsi kecil.

10. Sup Sehat

Kalau kamu kurang menyukai kepiting, kamu bisa memesan menu sup sehat. Sup ini berisikan sayuran seperti wortel, sawi putih, sawi dan yang lainnya. Ada pula potongan sosis, ayam serta pentol. Sup ini disajikan juga dalam porsi yang banyak. Menu ini sangat cocok untuk disajikan bagi anak-anak yang kurang menyukai sayuran pada umumnya.

Berikut ini adalah daftar 10 rekomendasi menu makanan yang wajib kamu pesan di Depot Slamet. Oh iya, sekadar informasi tambahan, semua makanan yang ditawarkan di Depot Slamet halal, ya.

Selain itu, harganya pun cukup bersahabat, apalagi khusus kamu yang ingin makan bersama dengan teman-teman atau keluarga di sana.Kalau kamu penasaran dan ingin mencobanya, kamu bisa mengunjungi Depot Slamet langsung di Jl. Dharmahusada No. 6B, Gubeng, Surabaya.

Atau, kamu juga bisa mengunjungi beberapa cabangannya yang berada di daerah Tambaksari, Gunung Anyar dan Sidoarjo. Selain itu, kamu juga dapat memesannya melalui aplikasi layanan online di smartphone kamu. Tunggu apalagi, selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram