Keluyuran / Pontianak / Bukan Hanya Pisang, Ini 5 Oleh-Oleh Khas Pontianak Lainnya

Bukan Hanya Pisang, Ini 5 Oleh-Oleh Khas Pontianak Lainnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Kalau menyebut oleh-oleh khas Pontianak, Pisang Pontianak mungkin bakal menjadi nama pertama yang terlintas. Menjadikan Pisang Pontianak sebagai buah tangan memang tak salah. Namun, tahukah kamu, kalau oleh-oleh Pontianak tak hanya Pisang Pontianak?

Masih ada oleh-oleh khas Pontianak lainnya yang bisa kamu beli nanti. Dan kalau kamu mau tahu apa saja oleh-oleh itu, maka sejumlah list dari Keluyuran ini bisa kamu catat.

1. Bingke

Bingke

Oleh-oleh khas Pontianak yang bisa kamu beli adalah Bingke. Oleh-oleh ini adalah sebuah kue yang bentuknya mirip seperti bunga berkelopak enam. Bahan dasar kue ini adalah tepung beras, telur, santan, dan gula pasir. Semua bahan tersebut nantinya bakal dicetak dalam sebuah cetakan yang bentuknya serupa bunga berkelopak enam.

Dalam proses memasaknya, kue ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang. Namun, ada juga yang diolah dengan dikukus dan dinamai dengan Bingke Berandam. Kue ini lazimnya bercita rasa manis; asli gula pasir. Seiring waktu, rasanya pun kian beragam.

Kini, kamu bisa memesan Bingke dengan cita rasa cokelat, kacang, durian, hingga susu dan keju. Warnanya pun beragam. Yang mulanya hanya kuning belaka, kini Bingke punya varian warna hijau dan cokelat. Untuk membeli Bingke, kamu bisa mendatangi toko Bingke Al-Fajar. Adapun alamat lengkap dan informasi lainnya mengenai toko ini bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Nama Toko : Bingke Al-Fajar.
  • Alamat : Jalan Adi Sucipto No. 8, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244.
  • No. Telepon : 0813-5206-9494.
  • Jam Buka : Setiap hari, mulai 08.00 hingga 21.00.
  • Harga : Mulai Rp 20.000 – Rp 25.000

2. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang

* sumber: id.wikipedia.org

Oleh-oleh khas Kalimantan lainnya yang bisa kamu beli adalah Kerupuk Amplang. Kerupuk ini terbuat dari daging ikan yang digiling halus; dicampur dengan tepung sagu, garam, dan air. Ikan yang dipakai kerupuk ini biasanya adalah ikan gabus, belida, ataupun tenggiri. Di antara ketiganya, ikan belida merupakan ikan yang lazim dipakai, karena kualitas dagingnya yang baik.

Kerupuk ini punya bentuk bulat panjang laiknya sebuah pipa. Karena berbahan dasar daging ikan, maka cita rasa ikan pada kerupuk ini pun begitu kentara. Apalagi, jika ikan yang dipakai adalah ikan belida. Bila ikan tersebut yang dipakai, maka kerupuk ini bakal memiliki cita rasa ikan yang kuat, sekaligus rasa gurih yang kental di dalamnya.

Seiring waktu, kerupuk ini tak hanya menyediakan rasa originalnya saja. Kini, kamu pun bisa menikmati kerupuk ini dalam rasa barbeku (barbeque), lada hitam, dan ayam bawang. Kalau mau membelinya, kamu bisa datang ke Amplang OKY yang alamat dan informasi lengkapnya bisa kamu simak sebagai berikut:

  • Nama Toko : Amplang Oky.
  • Alamat : Jalan Pak Benceng No. 2 A, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113.
  • No. Telepon : 0815-2180-6014.
  • Jam Buka : Setiap hari, mulai 07.00 hingga 21.00.
  • Harga : Rp 10.000 (10 gram); Rp 100.000 (kemasan 1 kg).

3. Lempok Durian

Lempok Durian

* sumber: ksmtour.com

Bila orang Garut dan Betawi punya dodol durian, maka Pontianak di Kalimantan Barat punya Lempok Durian. Secara bentuk, Lempok Durian tak beda jauh dengan dodol durian kepunyaan orang Garut dan Betawi.

Adapun yang menjadi pembeda adalah penggunaan durian di dalamnya. Pada dodol durian Garut atau Betawi, durian hanya dipakai sebagai bahan pelengkap semata. Sementara itu, durian pada Lempok Durian justru menjadi bahan utamanya. Pada Lempok Durian, durian yang menjadi bahan utama bakal langsung dicampur dengan gula dan sedikit garam.

Penggunaan durian yang dominan membuat Lempok Durian kental rasa duriannya. Ini kabar baik buatmu yang ingin mencoba olahan durian dengan cita rasa durian yang dominan. Selain menjadi buah tangan khas Pontianak, Lempok Durian ternyata juga menjadi buah tangan kota Palembang dan Bengkulu.

Bila ingin membeli buah tangan ini, kamu bisa datang ke salah satu toko penjualnya yang ada di Kompleks Wanabhakti 2.

  • Nama Toko : Lempok Durian.
  • Alamat : Kompleks Wanabhakti 2, Jalan Parit H. Husin II No. 12, Bangka Belitung Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124.
  • Telepon : 0821-3644-8445.
  • Jam Buka : Senin – Sabtu; 08.00-16.00.
  • Harga : Rp 150.000 /2 bungkus.

4. Kopi Sepok

Kopi Sepok

* sumber: kopisepok.blogspot.com

Buah tangan Pontianak tak sekadar makanan semata. Kopi pun bisa kamu jadikan buah tanganmu kelak. Adapun kopi yang bisa kamu bawa nanti adalah Kopi Sepok. Kopi asli Pontianak ini tergolong istimewa dibanding kopi pada lazimnya. Keistimewaan yang kami maksud adalah pada proses pembuatannya.

Tak seperti kopi lainnya yang diolah secara modern, Kopi Sepok masih dibuat dengan cara tradisional. kopi ini dibuat dengan cara dibakar di atas pembakaran kayu. Cara pembuatannya yang tradisional itu justru membuat cita rasanya semakin khas, serta beraroma harum dan kuat.

Soal biji kopi, biji kopi yang dipakai Kopi Sepok adalah biji kopi Pungkur. Biji kopi tersebut merupakan biji kopi asli Kalimantan Barat dengan cita rasanya yang khas. Menemukan Kopi Sepok di Pontianak tergolong mudah. Sudah banyak yang menjualnya, baik secara luring (offline) maupun daring (online).

Kalau kamu bingung mau beli di mana, toko Sepok Kopi Pontianak bisa menjadi tempat yang pas untuk kamu kunjungi.

  • Nama Toko : Sepok Kopi Pontianak.
  • Alamat : Gang Suka Maju Dalam 1 No. 24, Sungai Jawi Luar, Pontianak Baru, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113.
  • No. Telepon : 0812-5669-0221.
  • Jam Buka : Senin – Sabtu; 08.00-17.00.
  • Harga : Rp 13.000 / kotak.

5. Olahan Lidah Buaya Buatan I Sun Vera

Lidah Buaya Buatan Sun Vera

* sumber: warga-desa-worlds.blogspot.com

Kalau kamu ingin membeli buah tangan yang unik, maka beragam olahan lidah buaya adalah pilihan tepat. Saat ini, sudah banyak olahan berbahan lidah buaya yang bisa kamu temukan di Pontianak. Semua olahan tersebut mulanya dibuat dan diperkenalkan oleh Sunani, pendiri toko I Sun Vera.

Perempuan berusia 43 tahun itu sudah membuat olahan lidah buaya sejak 2004. Beragam olahan lidah buaya yang dibuat olehnya adalah: kerupuk lidah buaya; cokelat lidah buaya; teh lidah buaya; dodol lidah buaya; kue lapis lidah buaya; dan selai lidah buaya.

Untuk membeli semua olahan itu, kamu bisa datang langsung ke toko milik Sunani. Untuk alamat lengkap dan informasi lain seputar toko itu, kamu bisa melihatnya di bawah ini:

  • Nama Toko : I Sun Vera.
  • Alamat : Jalan Budi Utomo Blok A6 No. 3, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78242.
  • Telepon : (0561) 882794.
  • Jam Buka : Setiap hari; 07.00-17.00.
  • Harga : Rp 5.000 – Rp 40.000 / item.

Itulah beberapa buah tangan khas Pontianak yang bisa kamu beli, selain Pisang Pontianak. Semoga bermanfaat untuk menambah referensimu. Kunjungi juga artikel makanan khas Pontianak jika kamu ingin berwisata kuliner di kota ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar