10 Pantai di Gresik yang Menyajikan Pesona Bawah Laut

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamu mungkin lebih kenal Kota Gresik sebagai tempat wisata religi, dikarenakan banyaknya tempat petilasan para wali. Tetapi Gresik juga memiliki potensi di wisata pantainya yang penuh pesona.

Ada beberapa pantai yang dapat kamu kunjungi saat berkunjung ke kota Gresik. Berikut ini ulasan pantai-pantai yang dapat kamu jelajahi di Kota Gresik.

1. Pantai Pulau Gili Bawean

Pantai Pulau Gili Bawean

Pantau Pulau Gili merupakan satu pantai yang yang berada di Pulau Bawean. Walaupun pantai ini belum setenar pantai di Lombok atau Bali, tetapi pantai ini menawarkan keindahan yang memesona. Pulau Gili merupakan pulau yang cukup luas dan terdapat sekitar 700 kepala keluarga.

Keindahan dari Pantai Pulau Gili adalah pasir pantainya yang putih dan lembut. Di pantai ini kalian dapat menikmati indahnya matahari tenggelam dan juga saat matahari terbit. Biru dan beningnya air laut menggoda kamu untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang cantik.

Wisata ke pantai ini kamu memerlukan guide lokal agar kamu tidak tersesat. Jika kamu ingin berkunjung ke pulau ini, kamu harus menempuh perjalanan laut dengan dengan kapal ferry. Kamu harus melanjutkan perjalan ke sebelah timur Pulau Bawean untuk sampai Ke Pantai Pulau Gili ini.

  • Alamat: Pulau Bawean, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik , Provinsi Jawa Timur
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM : Gratis
  • Tiket Kapal: Rp59.000 – Rp162.500

2. Pantai Pulau Noko

Pantai Pulau Noko

Pulau Noko yang bersebelahan dengan Pulau Gili ini menawarkan keindahan pantai yang memanjakan mata. Pulau Noko merupakan pulau yan tak berpenghuni, dengan lanskapnya berupa hamparan pasir putih yang tanpa batas. Selain itu pantainya memiliki air laut yang benar-benar jernih.

Pantainya yang landai dan arus airnya yang tenang membuat kamu dapat bermain air tanpa khawatir terseret ombak. Tak hanya bermain di pesisirnya saja, kamu juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan bersnorkeling. Kamu dapat menikmatinya dengan membayar sekitar 75 ribu.

Pulau Noko yang tak berpenghuni membuat pantainya terjaga kebersihannya. Pantai ini cocok untuk melepaskan penat dari pekerjaan sehari-hari dengan melihat sunset dan sunrise yang cantik. Perjalanan ke Pulau ini dapat kamu tempuh dengan menyewa kapal nelayan dari Pulau Bawean.

  • Alamat: Dusun Pamona, Ds. Sidogedungbatu Kec. Sangkapura, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM : Gratis
  • Sewa Kapal: Rp250.000 – Rp300.000 (10 Orang)

3. Pantai Pulau Noko Selayar

Pantai Pulau Noko Selayar

Pantai Pulau Noko Selayar memiliki keindahan yang hampir sama dengan kedua pantai sebelumnya. Pemandangan di pantai di pulau ini begitu memesona. Pantainya landai dan juga memiliki pasir panjang berwarna putih, serta kamu dapat bermain-main di airnya yang bening seperti kristal.

Setelah puas bermain air dan pasir ditepian pantai, maka kamu wajib mencoba untuk bersnorkeling dan diving untuk melihat kecantikan terumbu karangnya. Kamu tidak perlu menyelam terlalu dalam, di kedalam 3-4  meter kamu sudah dapat melihat ikan-ikan yang cantik diantara terumbu karangnya.

Berwisata di tempat ini kmau jangan berharap dapat menemukan sebuah fasilitas dasar, karena pulau ini sesungguhnya tidak berpenghuni. Pulau kecil ini masih alami yang hanya ditumbuhi oleh pohon cemara laut di inti pulaunya. Tetapi kamu tidak akan kecewa karena pemandanganya amat istimewa.

  • Alamat : Ds. Sungairujing Kec. Sangkapura, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

4. Pantai Ria

Pantai Ria

Pantai Ria merupakan satu pantai yang eksotis, kamu tak akan menemukan hamparan pasir pantai yang putih disini. Kamu pun tak akan menemukan deburan ombak di pantai ini. Pantai Ria memiliki air laut yang berwarna biru kehijauan yang terlihat jernih seperti kaca.

Di pantai Ria  yang akan kemu temukan adalah batu karang hitam yang mendiami bibir pantai. Kamu juga akan melihat kapal nelayan berlabuh di pantai ini sesekali. Dahulu pantai ini dijadikan tempat untuk bersadar nelayan setelah menangkap ikan dan juga tempat mengolah ikan juga rumput laut.

  • Alamat: Dusun Perapattunggal Ds. Deketagung, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

5. Pantai Delegan

Pantai Delegan

Pantai Delegan letaknya berada di sebelah utara Kabupaten Gresik, tetapi terkadang sering disebut Pantai Delegan Lamongan karena letaknya berdekatan dengan Kabupaten Lamongan. Pantai Delegan terkenal karena memiliki ombak yang cukup tenang dan pasir pantainya yang putih.

Pantai ini cocok untuk kamu berlibur bersama anak-anak. Di pantai ini juga disediakan banyak ban pelampung bagi anak-anak ingin berenang-renang dipantai dengan harga sewa sekitar 2-5 ribu rupiah. Kamu tak perlu khawatir berenang di pantai ini karena batas area untuk berenang cukup luas.

  • Alamat: Dusun Rejodadi Ds. Dalegan, Kel. Campurejo Kec. Panceng, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp6.000 – Rp35.000

6. Pantai Ayang-ayang Mengare

Pantai Ayang-ayang Mengare

Pantai ini merupakan bagian dari sebuah pulau yang bernama Mengare. Tempat ini tak hanya menawarkan wisata pantai, tetapi juga menawarkan wisata sejarah dan wisata alam berupa hutan mangrove. Jadi jika kamu berkunjung ke pulau ini kamu akan mendapatkan semuanya.

Pantai ayang-ayang sendiri lokasinya berada di dekat dengan spot Exotic Mengare. Pasir pantainya unik, karena pasir putih yang berada di pantai bukalah pasir melainkan pecahan dari kulit kerang. Dipantai ini disedikan kursi dari rotan, tempat kamu untuk menikmati pantai dibawah pohon yang rindang.

  • Alamat: Ds. Tanjung Widoro, Kec. Bungah, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • Jam buka: Weekday 08.00 – 17.00, Weekend 14.00 – 16.00
  • HTM: Rp30.000 (Termasuk Parkir dan Transport)

7. Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara menrupakan pantai yang memiliki nilai historis, hal itu dikarenakan pantai ini merupakan pantai yang ditemukan pertama kali oleh Istri Sunan Giri Siti Zaenab. Pantai ini juga merupakan pantai yang jadi saksi saat Siti Zaenab mengabdikan kesetiaannya kepada Sunan Giri.

Pantai ini telah memiliki fasilitas dasar yang cukup seperti tempat parkir, kamar mandi, dan juga warung tempat untuk makan. Pantai ini terletak di Pulau Bawean, dan mudah untuk kamu temukan. Jarak pantai dari jalan raya hanya sekitar 500 meter. Jadi tak perlu khawatir tersesat.

  • Alamat: Dsn. Pamona, Ds. Sidogedungbatu Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Prov. Jatim
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

8. Pantai Pulau Cina

Pantai Pulau Cina

Pulau Cina merupakan sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan dan keelokan pemandangan bawah lautnya. Tempat yang cocok untuk orang yang gemar dengan kegiatan snorkeling dan juga diving. Kamu dapat melihat keindahan terumbu karang di pulau yang menjadi daya tarik utamanya.

Di Pulau ini, di pantainya kamu akan melihat banyak banyak batu karang hitam yang menghiasi bibir pantai. Tetapi karena banyak karang di pantainya, membuat air lautnya yang berwarna toska terlihat jernih dan bening. Keindahan alam di pulau ini masih alami dan masih terjaga

  • Alamat: Ds. Teluk Jati Dawang Kec. Tambak, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • Tarif: Perahu Rp15.000- Rp30.000

9. Pantai Terosan

Pantai Terosan

Jika kamu ingin mengunjungi pantai yang belum terjamah banyak orang, maka kamu harus mendatangi Pantai terosan yang berada di Pulau Selayar. Letaknya berada di sebelah utara dari Pulau Selayar. Pantai ini dihiasi dengan pohon kelapa yang berbaris rapi.

Waktu yang tepat untuk menunjungi pantai ini adalah di sore hari, sekitar pukul 3 hingga pukul 6 sore. Di saat itu, kamu dapat melihat cahaya keemasan sinar matahari yang  sedang tenggelam. Di saat itu pula air laut sedang surut dan kamu dapat menuju Pulau selayar dengan berjalan kaki.

  • Alamat: Pulau Bawean, Dsn Taubat, Kec. sangkapura, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • HTM: Gratis

10. Pantai Labuhan

Pantai Labuhan

Pantai Labuhan merupakan satu pantai yang lokasinya berada di Pulau Bawean. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih  yang lembut. Bentuk pantai Labuhan yang memanjang membuat kamu dapat melihat laut tanpa batas. Selain itu di pantai ini kamu dapat melihat indahnya matahari tenggelam.

Selain bermain di pantainya, kmau juga tidak boleh melewatkan untuk melihat keindahan bawah lautnya dengan bersnorkeling.  Jika kamu hobi memancing, kamu juga dapat  menyewa perahu karet, dengan harga sewa sekitar 100 ribu rupiah. Terkadang ada juga kapal-kapal yang singgah di pantai ini.

  • Alamat: Ds. Tanjungori, Kec. Tambak, Kab. Gresik , Prov. Jatim
  • HTM: Gratis

Pesona Pantai-pantai di Gresik tidak kalah dengan pantai-pantai yang telah lama terkenal. Tak hanya pantai dengan pasirnya yang putih tetapi, keindahan bawah lautnya pun begitu memesona. Kamu  tidak akan melupakan keindahan bawah laut setelah melihatnya. Jadi manakah pantai yang ingin kamu coba kunjungi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *