10 Pantai di Hawaii dengan Keindahannya yang Memikat

Ditulis oleh Siti Hasanah

Saat membicarakan pantai di Hawaii, pengunjung akan kebingungan karena pilihannya sangat banyak sekali. Di Hawaii terdapat untaian pantai yang hadir dalam warna pelangi dengan tekstur yang tak terbatas. Ada pantai dengan pasir putih berkilau, hitam, bahkan merah atau pantai dengan pasir yang berisi batuan kaca, kerikil dan batu besar serta berkawah dengan kolam pasang batu lava.

Pantai di Hawaii di bawah garis air pasang secara hukum terbuka untuk umum. Kebanyakan pantai milik negara bagian dan distrik di Hawaii mempunyai fasilitas toilet dan pancuran air dingin di luar ruangan. Ada juga penjaga pantai yang berpatroli. Untuk yang berada di taman, pantai mempunyai gerbang dan ditutup pada jam tertentu.

Untuk yang punya rencana berlibur ke Hawaii, inilah deretan pantai terkenal yang ada di Hawaii yang memiliki pemandangan sangat indah.

Baca juga: Tempat Wisata di Hawaii

1. Pantai Waikiki

Pantai Waikiki
  • Lokasi: Oʻahu, negara bagian Hawaii

Pantai Waikiki lokasinya berada di Pulau Oahu, di selatan Honolulu. Pantai di Hawaii ini pernah menjadi taman bermain untuk keluarga kerajaan Hawaii. Menjadi popular di kalangan turis setelah pada tahun 1901 dibuka hotel pertamanya, yaitu Moana Surfrider.

Sekarang, pantai ini tetap menjadi lokasi untuk hamparan pasir dan ombak yang semarak. Di sini wisatawan akan mendapati banyak besar hotel dan resor, juga tempat makan dan berbelanja yang berada di sepanjang Kalakaua Ave.

Nama waikiki merupakan terjemahan dari bahasa Hawaii yaitu "air yang menyembur," dan pantai ini merupakan tempat legendaris untuk belajar berselancar karena Waikiki mempunyai ombak yang tenang dan konsisten.

Kalau berselancar bukan hobimu, masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, baik di laut ataupun di luar. Kamu bisa menyewa Jet Ski, pergi parasailing atau bahkan memberikan penghormatan kepada mereka yang gugur di Pearl Harbor & USS Arizona Memorial yang berada di dekatnya.

2. Pantai Kapalua

Pantai Kapalua
  • Lokasi: Di tepi barat laut Maui Barat

Kapalua berada di sebuah pulau yang diberkahi dengan hamparan pasir yang indah. Ini merupakan salah satu pantai yang terbaik di Maui. Pantai yang berbentuk bulan sabit setinggi 800 kaki di ujung barat daya Kapalua ini menawarkan banyak aktivitas.

Wisatawan bisa ber-snorkeling di pagi hari, mencoba berdiri selancar dayung atau makan siang di Sea House. Bisa juga hanya sekadar duduk di atas pasir dan menatap ke seberang kanal di Molokaʻi. Pantai Kapalua memiliki singkapan panjang berbatu di kedua ujung teluk sehingga menjadikan pantai ini tempat berenang teraman sepanjang tahun.

Ketika ber-snorkeling di sisi kanan pantai, kamu akan menyaksikan ikan tropis dalam jumlah yang banyak dan bulu babi berwarna oranye. Untuk mendapatkan perlengkapan pantai, di sini ada pondok penyewaan. Kalau mencari toilet dan kamar mandi, kamu bisa berkendara ke utara Napili Kai Beach Resort. Di area parkir pantai kamu bisa menemukan toilet dan kamar mandi.


3. Big Beach

Big Beach
  • Lokasi: Di Maui selatan, beberapa menit dari Wailea dan Kihei

Dikenal juga dengan nama Pantai Makena dan Pantai Oneloa Big Beach, pantai ini didukung dengan keberadaan Makena State Park yang luasnya sekitar 165 hektar yang rimbun juga terlindung oleh tebing lava rendah. Big Beach merupakan salah satu pantai sangat menakjubkan di Maui, selain menjadi salah satu pantai yang terbesar juga.

Seperti namanya, Big Beach panjangnya membentang lebih dari satu mil dan lebarnya sekitar 100 kaki dari pasir ke garis pantai. Pantai ini belum benar-benar berkembang, tapi karena itulah orang datang ke pantai ini.  Tidak ada yang menganggu pengunjung saat menikmati pasir putihnya yang lembut dan air sejuknya yang sebening kristal.

Menurut kabar, Big Beach mempunyai ombak pantai yang kuat yang bisa membahayakan untuk anak-anak dan perenang yang kurang berpengalaman. Karena itu, kalau kamu bukan seorang peselancar atau bodyboarder, disarankan untuk bermain di perairan yang dangkal atau sekadar bersantai di pasir.

Kalau kamu merasa kurang suka untuk duduk diam di atas pasir, kamu juga bisa mencoba aktivitas yang lain, salah satunya permainan voli pantai.

4. Pantai Ko Olina

 Pantai Ko Olina
  • Lokasi: 92-100 Waipahe Pl, Kapolei, HI 96707, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 06.00-22.00

Pantai Ko Olina yang berada di sisi barat Oahu merupakan keindahan lainnya yang ditawarkan oleh Hawaii. Pantai ini juga cocok untuk snorkeling, anak kecil, dan siapa saja yang tidak mau dihantam ombak besar ketika menginjakkan kaki di laut. Hal itu karena pantai di Hawaii ini dilindungi oleh empat laguna yang memberikan oase tenang untuk berenang.

Mereka yang bisa mengakses tiga laguna pertama sebagian besar adalah tamu hotel yang menginap hotel yang ada di sekitar pantai ini. Di antara hotel tersebut adalah Four Seasons Resort Oahu bintang lima yang berada Ko Olina dan Aulani, A Disney Resort & Spa, serta Marriott Ko Olina Beach Club.

Kalau kamu tidak ingin menginap di salah satu hotel berbintang tersebut, kamu bisa pergi ke pantai di laguna 4 yang letaknya paling jauh dari resor. Di laguna ini terdapat tempat parkir yang besar yang yang terbesar dari empat laguna. Ini merupakan tempat yang benar-benar sempurna untuk snorkeling. Di sini juga sering terlihat Penyu.

5. Pantai Lanikai

Pantai Lanikai
  • Lokasi: Kailua, HI 96734, Amerika Serikat

Walaupun pantai di Hawaii ini panjangnya hanya setengah mil, Lanikai merupakan salah satu hamparan pasir yang paling cantik di Oahu. Seperti kebanyakan pantai yang ada di Hawaii, Lanikai memiliki pasir putih lembut yang meleleh dalam air pantai yang berwarna toska yang berkilauan, pohon palem yang rimbun juga pemandangan ke arah Kepulauan Mokulua yang indah.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram