10 Makanan Khas Hawaii Hasil Perpaduan Beragam Budaya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 13 Oktober 2021

Hawaii identik dengan tempat wisata pantainya. Banyak turis yang datang ke negara bagian Amerika Serikat ini untuk menikmati keindahan pantai-pantainya. Namun Hawaii tak melulu soal pantai. Negara bagian ini juga memiliki kuliner yang lezat. Makanan khas Hawaii memiliki banyak pengaruh dari beragam etnis, seperti Asia, Eropa dan Amerika.

Kuliner dari Hawaii menggabungkan hidangan gaya etnis lokal dengan etnis-etnis yang berdiam di daerah tersebut. Hasilnya yaitu berupa makanan yang unik serta tetap mempertahankan gaya memasak tradisional dari masa lalu. Penasaran apa saja makanan khas Hawaii? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Poke

Poke

Poke merupakan salah satu makanan khas Hawaii yang berupa salad tradisional. Bahannya yaitu potongan kecil ikan mentah segar atau makanan laut yang dicampur dengan bermacam sayuran yang dicincang halus, bumbu dan rempah.

Meskipun poke tradisional menggunakan tuna ahi, yakni tuna sirip kuning, maupun gurita, variasi salad ini banyak sekali, termasuk salad poke yang menggunakan salmon, daging kepiting, kerang, atau tiram dan untuk versi vegetarian dibuat dari alpukat yang dipotong dadu.

Selain ikan mentah atau seafood yang jadi bahan khasnya, ada bahan lain yang juga digunakan dalam salad ini. Bahan tersebut di antaranya bawang manis, daun bawang, bawang merah, bawang putih, biji wijen, kemiri, rumput laut, limu (ganggang coklat), madu, soy sauce, bubuk lada merah, minyak wijen, serta garam laut Hawaii.

Pembuatan salad ini dihubungkan dengan kebiasaan nelayan lokal yang umumnya mencampurkan ikan karang kecil yang baru ditangkap dengan sedikit bumbu semisal garam laut, limu, kemiri, dan rumput laut. Makanan ini dijadikan camilan yang mengenyangkan. Biasanya poke disantap sebagai hidangan pembuka dan bisa juga dimakan bersama nasi putih kukus untuk makanan lengkap.

2. Poi

Poi

Makanan khas Hawaii ini dikenal dengan nama poi. Hidangan tradisional ini berbentuk pasta kental yang bahannya dari akar talas yang sebelumnya dipanggang atau dikukus kemudian ditumbuk. Ketika bahan tersebut ditumbuk, ditambahkan air ke dalamnya untuk membuat bahan berubah jadi puding yang sangat lengket dan kental.

Poi mempunyai rasa yang unik. Ada rasa tepung dan juga sedikit asam yang merupakan efek dari fermentasi ringan dalam proses pembuatannya. Untuk membuat poi lebih enak, bisa ditambahkan sedikit lomi-lomi salmon ke mangkuk. Poi juga tersedia dalam bentuk bubuk, tapi poi yang segar akan terasa lebih enak.

3. Kalua Pork

Kalua Pork

Hidangan favorit dan khas Hawaii ini adalah babi panggang yang dimasak di dalam imu (oven yang dibuat dengan cara menggali lubang ke dalam tanah) dengan menggunakan teknik kalua tradisional. Lubang tersebut nantinya ditutup menggunakan daun ti dan kemudian dikukus. Hasil dari proses memasak ini memberikan efek kukus berasap yang bagus pada daging.

Sekarang ini kebanyakan kalua pork dimasak dalam slow cooker atau panci instan. Makanan khas Hawaii ini bisa ditemukan di sebagian besar tempat belanja, restoran, bahkan toko kelontong yang menjual kalua pork karena daging babi merupakan makanan pokok di pulau-pulau tersebut serta makanan populer di Hawaii untuk dikonsumsi.

4. Lau Lau

Lau Lau

Lau lau merupakan makanan khas Hawaii lainnya yang populer. Hidangan ini berupa daging babi atau ikan yang dibungkus menggunakan daun talas dan daun ti kemudian dikukus selama beberapa jam. Karena dikukus dalam daun untuk waktu yang lama, maka rasa dari daun yang menempel di daging.

Makanan ini dihidangkan masih dalam keadaan dibungkus menggunakan daun ti, jadi untuk mendapatkan daging di dalamnya, terlebih dahulu harus membuka daunnya. Daun ti tak bisa dimakan tapi daun talas bisa dimakan kalau mau.

Terkadang lau lau dihidangakan sebagai bagian dari menu makan siang khas Hawaii bersama dengan makanan lain seperti poi dan lomi lomi salmon. Selain itu, ada juga yang memasangkan lau lau dengan nasi dan salad makaroni. Selain daging babi, sekarang ada juga lau lau ayam atau sapi.

5. Spam Musubi

Spam Musubi

Spam tak hanya terkenal di Korea, tapi juga di Hawaii. Makanan ini sangat erat hubungannya dengan negara bagian tersebut. Ditemukan oleh militer AS, di awal abad ke-20 Spam dibawa oleh para tentara perang dunia tersebut ke pulau-pulau di Pasifik termasuk Hawaii. Namun reputasi Spam tidak begitu bagus di daratan Amerika. 

Untuk membuat musubi, koki memakai kaleng Spam sebagai cetakan. Setelah dipotong jadi irisan tebal, Spam kemudian digoreng. Tiap irisan tadi dimasukkan kembali ke dalam kaleng dengan ditambahkan nasi sehingga menghasilkan sepotong sushi raksasa. Di akhir keduanya dibungkus menggunakan nori (rumput laut kering) sehingga bisa digenggam ketika akan dimakan.

Sebagai tambahan adalah saus yang umumnya dibuat dari soy sauce dan gula untuk mengimbangi rasa asin dari Spam. Namun makanan khas Hawaii ini bisa dibuat jadi beragam variasi. Ada yang menambahkan telur serta saus tomat. Yang lain mendandaninya seperti sushi.  Seperti apapun penampilannya, jalan lewatkan untuk mencoba Spam musubi saat ke Hawaii.

6. Saimin

Saimin

Untuk para penyuka ramen, jangan lewatkan saimin. Mienya hampir sama dengan mie yang digunakan untuk ramen, tapi mie saimin dibuat dengan menggunakan lebih banyak telur dan abu. Ini membuat mie lebih kenyal dan berasa di mulut. Hidangan mie Hawaii yang popular ini merupakan perpaduan antara masakan Jepang, Cina dan Portugis.

Saimin merupakan menu makanan sarapan, tapi bisa juga dinikmati sebagai makanan pokok untuk makan siang maupun makan malam. Mie saimin terasa sedikit renyah dan umumnya dihidangkan dalam kaldu ringan serta diberi daun bawang dan daging babi.

7. Loco moco

Loco moco

Loco moco merupakan comfort food yang popular di Hawaii. Makanan khas Hawai ini sering kali terdiri dari nasi yang lengket di bagian bawah, patty hamburger di atasnya, telur goreng serta saus kental yang dituangkan di atas kombinasi ini. Namun ada banyak variasi dari loco moco, misalnya loco moco yang menggunakan ham, bacon, tiram, ayam, dan udang.

Diyakini makanan ini ditemukan pada tahun 1940-an di Hilo, Hawaii saat istri pemilik Lincoln Grill, Nancy Inouye, membuatnya sebagai makanan yang dapat dijangkau harganya oleh anak-anak setempat. Ketika dia menulisnya di menu, suaminya Richard mengatakan bahwa anak-anak gila (loco), maka lahirlah loco moco.

Sekarang, makanan ini dihidangkan di atas piring kertas dan dapat digunakan untuk menyembuhkan mabuk. Selain itu, makanan ini juga banyak disukai oleh para peselancar Hawaii.

8. Lomi lomi salmon

Lomi lomi salmon

Awalnya lomi lomi salmon bukan makanan asli Hawaii tapi hidangan ini dibawa dari pulau-pulau Pasifik lainnya. Sekarang hidangan ini jadi bagian dari sebagian besar makanan khas Hawaii. Lomi lomi salmon jadi tambahan yang cocok untuk poi.

Untuk membuatnya, pertama-tama salmon mentah diawetkan dengan garam kemudian dipotong dadu bersama dengan bawang bombay, tomat dan umumnya beberapa cabai. Hasilnya yaitu salsa ala Hawaii yang diberi salmon dan makanan ini bercampur dengan sempurna. Lomi lomi salmon memiliki rasa asin dari salmon yang berpadu dengan tomat asam serta bawang bombay yang rasanya tajam.

9. Manapua

Manapua

Saat melihat manapua, orang pasti akan menyebutnya sebagai bakpau Cina. Memang benar karena kuliner Cina mempengaruhi makanan khas Hawaii. Manapua merupakan roti kukus yang berisi daging babi beraroma dan sebagian besar manapua di Hawaii dijual oleh kedai take-out.

Saat memesan manapua, beberapa orang mungkin akan memesan pula beberapa dim sum, seperti dim sum panggang, kukus, dan goreng. Semua dim sum itu berisi daging beraroma, umumnya udang, babi, atau ayam. Manapua dan dim sum tersebut dapat dimakan langsung menggunakan tangan.

10. Chicken long rice

Chicken long rice

Chicken long rice merupakan makanan khas Hawaii yang memiliki pengaruh dari kuliner Cina. Hidangan ini dibuat dari gabungan antara mie bihun, paha ayam, daun bawang dan jahe yang diberi kuah kaldu ayam yang bening. Beberapa orang mengatakan kalau makanan ini merupakan versi sup ayam, hanya saja mienya lebih banyak dan supnya lebih sedikit.

Untuk menemukan chicken long rice, cukup datangi saja restoran Hawaii. Makanan ini merupakan comfort food bagi kebanyakan penduduk lokal, khususnya di saat cuaca dingin. Sebagai hidangan pembuka, chicken long rice dihidangkan dalam mangkuk yang dangkal. Makanan ini bisa juga dijadikan sebagai lauk pendamping lomi lomi salmon atau lau lau. Sup ini bisa juga diberi soy sauce.

Makanan khas Hawaii boleh dibilang sangat beragam dan unik. Keberagaman makanan ini karena kulinernya mendapat pengaruh dari para pendatang yang tinggal di pulau ini. Jadi tak mengherankan kalau makanannya mirip dengan makanan Cina, Jepang, atau Eropa.

Mungkin kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Hawaii ini tapi sulit untuk mendapatkannya. Jangan bingung, kamu bisa mencoba membuatnya di rumah. Resepnya pasti bisa kamu dapatkan di internet. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram