Keluyuran / Makassar / Explore Sulawesi? Kunjungi 8 Pantai Indah di Makassar Ini!

Explore Sulawesi? Kunjungi 8 Pantai Indah di Makassar Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Punya rencana explore Sulawesi dari Selatan, Tenggara, hingga Utara? Kamu bisa mulai dari Sulawesi Selatan yaitu dari Kota Makassar. Ibukota Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan terkenal dengan masyarakatnya yang suka merantau dan berpergian, bukan berarti kota ini tidak memiliki destinasi yang menarik.

Di Makassar, ada banyak sekali tempat wisata serta pantai yang bisa kamu kunjungi bersama teman, keluarga, maupun seorang diri. Bahkan, ada juga lho pulau-pulau di sekitar Kota Makassar yang tak kalah dengan pulau lain di Indonesia. Dimana saja sih? Daripada penasaran, yuk simak informasi dari Keluyuran. Ini nih, 8 pantai yang bisa kamu kunjungi di Makassar!

1. Pantai Losari

pantai losari (Copy)

Semua sudah tahu dong, pantai yang satu ini? Pantai Losari merupakan icon  Kota Makassar yang selalu ramai dikunjungi, baik pada hari biasa, maupun hari libur. Pantai Losari lokasinya tidak jauh dengan Pelabuhan Makassar. Jadi, akan lebih mudah diakses jika kamu menggunakan kapal laut menuju Makassar. Dari Bandara Sultan Hasanuddin, dapat ditempuh 40 menit.

Bagi kamu yang sampai di Makassar pada waktu sore hari dan langsung mengunjungi Pantai Losari, maka itu merupakan pilihan yang tepat. Karena Pantai Losari merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset di Makassar. Ada fasilitas unik di pantai ini, yaitu wifi gratis yang bisa kamu gunakan di wilayah Pantai Losari Makassar.

  • Alamat : Jl. Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket masuk : Gratis

2. Pulau Gusung Tallang

Pulau Gusung Tallang (Copy)

Pulau ini identik dengan pulau kecil di tengah laut yang hanya terdapat pasir putih yang bersih. Di Indonesia, ada banyak sekali Pulau Gusung yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya, di Makassar. Pulau Gusung Tallang, biasa juga disebut Lae-Lae Kecil. Pulau ini berjarak sekitar 1.6 km dari salah satu benteng bersejarah di Indonesia Fort Rotterdam Makassar, atau Pelabuhan Makassar. Dekat sekali bukan?

Pengunjung yang ingin datang ke sini, perlu menyeberang dengan biaya yang cukup murah. Dahulu, Pulau Gusung merupakan pulau yang tak berpenghuni. Namun karena semakin ramai dikunjungi, pada akhirnya ada beberapa masyarakat yang tinggal di sini. Meski begitu, tempat ini tetap bersih dan cantik!

  • Alamat : Gusung Tallang, Bringkanaya, Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis. Kapal motor : Rp25.000/orang (pulang-pergi)

3. Pantai Akkarena

pantai akkarena (Copy)

Tak jauh dari Pantai Losari, terdapat Pantai Akkarena yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Di sini terdapat dermaga yang biasa digunakan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal wisata berukuran kecil sampai sedang. Di tempat ini pula, merupakan spot melihat sunset yang cantik.

Kamu yang suka dengan permainan air, di sini disediakan juga fasilitas permainan yang bisa kamu gunakan. Diantaranya adalah banana boat, speed boat, boat kecil, jetski, juga memancing ke pulau. Dilengkapi dengan fasilitas kamar bilas, kamu tak perlu khawatir kesulitan membersihkan tubuh setelah bermain air.

  •  Alamat : Jl. Metro Tanjung Bunga No. 5, Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makassar
  •  Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 22.00 WITA
  •  Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp10.000, Anak-Anak Rp5.000

4. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang (Copy)

Di Makassar, terdapat pula salah satu surga bahari yang cocok bagi kamu penyuka kegiatan snorkeling dan diving. Pulau Kapoposang, merupakan pulau yang berada di barat laut Kota Makassar. Kamu perlu menyeberang laut menggunakan kapal tradisional selama kurang lebih 4 – 5 jam untuk sampai di sini.

Secara administratif, Pulau Kapoposang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pangkep. Kamu bisa menuju ke sini melalui Pelabuhan Paotere Makassar dan melakukan dua kali penyeberangan. Pulau Kapoposang merupakan habitat asli penyu sisik. Di sini kamu bisa meliat bayi penyu di Turtle Point, dan bisa bertemu penyu saat menyelam ke lautan. Dijamin seru!

  • Alamat : Kapoposang Bali, Lukang Tangaya, Pangkajene, Sulawesi Selatan
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis. Kapal : Rp25.000 + Rp125.000

5. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke (Copy)

Kamu tertarik berkunjung ke pantai yang masih sepi dan sangat terjaga di Makassar? Pulau Kodingareng Keke, cocok untuk kamu. Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni yang sangat cantik dan memiliki biota laut yang masih alami. Meski merupakan pulau tak berpenghuni, Pulau Kodingareng Keke dilengkapi fasilitas yang bisa menunjang pariwisata

Berada di sebelah barat dan berjarak sekitar 15 km dari Kota Makassar, kamu perlu menyeberang dari Dermaga Kayu Bangkoa Makassar, menggunakan kapal sewaan untuk sampai di pulau ini. Pulau Kodingareng Keke juga memiliki pulau gusung yang biasa digunakan masyarakat dan wisatawan untuk bermain air. Berenang di sini sangat menyenangkan!

  • Alamat : Pulau Kodingareng, Ujung Tanah, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis. Kapal : Rp15.000/sekali jalan

6. Pulau Samalona

Pulau Samalona (Copy)

Ada banyak pulau-pulau kecil di sekitar Makassar, salah satu diantaranya adalah Pulau Samalona. Berjarak sekitar 2 km dari Kota Makassar, kamu perlu berlayar selama kurang lebih 30 menit menggunakan kapal motor. Penyebrangan bisa dimulai dari dermaga yang letaknya tak jauh dengan Pantai Losari.

Banyak yang bisa kamu lakukan di Pulau Samalona. Mulai dari menjelajahi pantai, hingga snorkeling menggunakan gear yang bisa kamu sewa di pulau. Pulau Samalona memiliki air yang sangat jernih, jadi bagi kamu yang tidak bisa berenang, dapat melihat cantiknya alam bawah laut dari atas kapal. Sangat indah!

  • Alamat : Pulau Samalona, Lae-Lae, Ujung Pandang, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis. Sewa kapal motor : Rp300.000 – Rp500.000/kapal

7. Pantai Tanjung Layar Putih

Pantai Tanjung Layar Putih (Copy)

Selain Pantai Losari, Makassar juga memiliki pantai yang unik. Yaitu, Pantai Tanjung Layar. Di sini terdapat sebuah tugu berbentuk layar dibangun pada titik pertemuan antara Sungai Jenebarang dengan laut. Awal mulanya, tugu ini berada di pinggir pantai. Namun, abrasi laut menggeser garis pantai menjadi lebih dalam, hingga akhirnya tugu berada di tengah laut.

Pantai Tanjung Layar Putih hingga kini selalu ramai pengunjung. Tersedia beberapa fasilitas yang dibangun masyarakat setempat. Seperti rumah tradisional untuk bersantai. Kamu bisa menyewa rumah ini untuk beristirahat atau sembari menikmati pemandangan pantai dengan biaya hanya Rp25.000 saja. Sangat murah bukan?

  • Alamat : Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000

8. Pantai Kuri

Pantai Kuri (Copy)

Pantai Kuri secara administratif berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jaraknya yang cukup dekat dengan Kota Makassar, tempat yang memiliki hamparan pasir putih dan bebatuan di tepi pantai ini wajib dimasukkan ke dalam list destinasi ketika kamu keluyuran ke Makassar. Dari sini kamu bisa melihat gemerlap Kota Makassar pada malam hari.

Jika kamu suka camping di pantai, cobalah datang ke sini. Saat pagi dan sore hari, kamu akan disuguhkan pemandangan yang memukau. Apalagi saat air laut surut di sore hari, gundukan batu sangat terlihat jelas hingga ke pantai. Sunset di sini, cantik sekali! Ditambah penampakan kapal laut dari kejauhan yang akan menambah estetika dalam foto.

  • Alamat : Jl. Kuri Pattne, Marusu, Nisombalia, Kabupaten Maros
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp10.000

Demikian informasi tentang pantai di Makassar yang bisa dikunjungi. Ternyata, tidak hanya Pantai Losari saja. Ada banyak tempat cantik yang bisa kamu kunjungi. Dari mulai pantai di dalam kota, hingga perlu menyeberangi pulau. Pantai mana yang jadi favorit kamu?

Setelah main di Pantai, jangan lupa manjakan perut kamu ya. Bingung mau kulineran apa? Yuk simak saja dulu 10 Tempat Makan Enak di Makassar yang bisa bikin kamu ketagihan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *