Inilah 6 Pantai di Pekalongan untuk Para Pencinta Pantai

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika mendengar kata Pekalongan, sepertinya kamu akan langsung teringat dengan batiknya. Ya, memang kota ini terkenal sebagai produsen batik. Namun demikian, kota ini tak hanya jadi sentra batik, tapi juga ada hal lain yang menarik untuk dijelajahi. Untuk kamu yang suka dengan pantai, jangan lewatkan untuk berwisata di pantai di Pekalongan. Mau tahu apa saja pantainya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana

* sumber: wartawisata.id

Pantai di Pekalongan yang layak dikunjungi adalah Pantai Pasir Kencana. Tempat wisata alam pantai ini. tak hanya mempunyai pantai pasir putih yang bersih, tapi juga pesona pemandangan matahari tenggelam yang cantik. Keindahan alam pantai ini bisa membuat jiwamu menjadi tenang.

Pengunjung yang datang ke pantai ini  dapat mengunjungi tempat pelelangan ikan di Pelabuhan Nusantara yang berada di sekitar Pantai Pasir Kencana. Lokasi pantai ini ada di Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Berenang di siang hari adalah hal lain yang bisa dilakukan selain menikmati keindahan pantai di pagi hari. Saat berwisata ke Pantai Pasir Kencana ada banyak aktifitas yang bisa kamu nikmati.  Menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam di sore hari dari jembatan cinta paling banyak diminati.

Ada juga pertunjukan pagelaran bulanan yang bisa kamu saksikan setiap Jumat Kliwon. Di sini terdapat beragam fasilitas yang memberikan kemudahan pada pengunjung dan juga mendukung kreatifitas. Kawasan Pantai  Pasir Kencana memiliki panggung kesenian.

Panggung ini biasanya dipakai untuk acara konser dangdut serta pagelaran bulanan di Jumat Kliwon. Kamu juga bisa menikmati fasilitas becak air dan makanan di warung-warung makan yang menjajakan makanan ringan. Selain itu, ada juga tempat duduk yang terbuat dari beton.

Fasilitas lainnya adalah kamar mandi yang bisa digunakan untuk mandi, musala bagi yang akan beribadah, dan area parkir yang luas, jadi kamu tak perlu khawatir akan susah untuk menyimpan kendaraan yang kamu bawa.

Dari Pekalongan, lokasi Pantai Pasir Kencana jaraknya hanya sekitar 4.5 kilometer atau kurang lebih 20 menit perjalanan. Lokasi tepatnya yaitu di Jalan Pantai, Wonokerto, Pekalongan. Pantai ini berbatasan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara yang ada di Pantai Utara Jawa juga tempat pelelangan ikan.

  • Alamat: Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan
  • HTM : Rp5000
  • Jam Buka : 24 Jam

2. Pantai Sunter Depok Indah

Pantai Sunter Depok Indah

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=wzagg8b0Sgg

Selanjutnya, Pantai Sunter Depok Indah yang merupakan salah satu pantai di Pekalongan di daerah Blacanan yang berada di Kecamatan Siwalan. Pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat. Pemandangan pantai ini indah juga harga tiket masuk yang lumayan murah.

Pantai ini membetang ke arah timur – barat dan penuh dengan rerumputan hijau juga. Selain itu, banyak pohon kelapa yang membuat teduh suasana. Hal yang unik di sini adalah banyaknya wahana yang dipenuhi beragam permainan yang berada di sekitar pantai. Kamu bisa mencobanya sambil bersantai.

Untuk anak-anak disediakan tempat bermain anak yang memiliki fasilitas seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan seluncuran. Tersedia gazebo untuk kamu jika sudah lelah bermain. Kalau lapar, bisa mengisi perut di warung makan yang terletak di sekitar pantai. Selain menunya lezat harganya pun murah.

Kamu yang berminat untuk datang ke Pantai Sunter Depok Indah, perjalanan yang harus kamu tempuh sekitar 16 km jaraknya dari pusat kota Pekalongan. Untuk tiket masuknya sekitar Rp10.000.

Letak pantai ini cukup strategis, jadi kamu bisa naik kendaraan umum berupa bus dengan tujuan yang searah dengan pantai. Ini merupakan opsi untuk kamu yang tak memiliki kendaraan pribadi. Dengan menaiki bus tersebut, kau akan dibawa sampai ke tempat tujuan.

  • Alamat: Sawah, Depok, Kec. Siwalan, Pekalongan, Jawa Tengah 51137
  • HTM : Rp10.000
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

3. Pantai Slamaran Indah

Pantai Slamaran Indah

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=SpKtE8Yj0kw

Pantai Slamaran Indah merupakan salah satu objek wisata pantai di Pekalongan. Belum banyak yang tahu tentang pantai ini jadi masih sepi pengunjung. Namun begitu bukan berarti pantai ini tidak bagus, justru pantai ini bagus untuk dikunjungi.

Terdapat banyak pohon serta hutan bakau di sekitar sehingga sangat asri. Kalau kamu datang ke pantai ini di pagi hari, kamu akan menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indah. Oh iya, kamu juga akan melihat para pemancing yang menghabiskan waktu mereka di sini.

Meskipun tempatnya masih belum banyak dikenal orang, kalau akhir pekan selalu ramai oleh pengunjung yang datang ke sini. Banyak terdapat spot foto yang bagus, terutama di sore hari, saat kamu bisa melihat semburat warna cantik ketika matahari tenggelam.

  • Alamat: Krapyak Lor, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan
  • HTM: Rp5000
  • Jam Buka : 06.00 – 17.00 WIB

4. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

* sumber: www.cintapekalongan.com

Berada di wilayah yang sama dengan Pantai Asri Api-Api, Pantai Wonokerto yang menyuguhkan panorama yang cukup eksotis. Berlokasi di Desa Wonokerto Kulon yang berada di Kecamatan Wonokerto, pantai ini masih mempertahankan kawasan pesisirnya dari serbuan ombak ganas.

Warna pasirnya agak kehitaman, tidak berwarna putih. Namun terasa sangat nyaman saat berjalan di atasnya serta memiliki tekstur yang lumayan padat sehingga saat melangkah kaki akan terasa mudah. Ada dua pilihan untuk kamu jika ingin berkeliling pantai, jalan kaki atau naik perahu.

Kamu bisa menikmati tempat wisata ini dari sisi yang berbeda saat memilih untuk naik perahu. Panoramanya jugga keren sekali dan jadi objek fotografi yang menarik.  Kalau kamu memilih berada di pantainya, kamu masih tetap bisa menikmati pantai ini karena adanya pepohonan yang rimbun.

Pepohonan itu akan membuat kegiatan wisatamu dengan keluarga semakin terasa menyenangkan karena terasa teduh. Selain itu, pepohonan tersebut juga bisa menjaga daerah pesisir Pantai Wonokerto dari abrasi pantai.

  • Alamat: Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan
  • HTM: Rp5.000 (termasuk parkir)
  • Jam Buka: 06.00 – 17.30 WIB

5. Pantai Asri Api-Api

Pantai Asri Api-Api

* sumber: deden82anakpantai.wordpress.com

Pantai Asri Api-Api merupakan jawaban untuk kamu yang ingin menikmati bentang pantai yang masih alami. Pantai di Pekalongan ini belum banyak mendapatkan polesan modern, jadi kamu bisa menjelajahi pesisir pantainya secara leluasa karena belum dipasangi sabuk pengaman apapun di lahannya.

Hamparan pasir yang membentang luas bisa kamu saksikan di pantai ini. Pasir tersebut menghampar dari ujung timur hingga ujung barat. Karena butiran pasirnya  lembut, kaki pun terasa nyaman ketika menginjaknya. Kamu pasti akan nyaman saja saat menjelajahi pantai ini dengan telanjang kaki.

Ketika menatap dari garis pantai, kamu akan melihat  pohon nyiur yang berjejer dengan rapi di sepanjang pantai sehingga pantai ini terkesan asri. Selain itu, perairannya jernih, hingga mata menjadi silau karena kilauan cahaya.

Terlihat warna biru yang menghiasi langit sebiru warna laut saat kamu memandang ke atas.  Selain terasa damai, perpaduan warnanya juga sangat apik, biru dan putih. Jika datang saat siang hari, kamu mungkin tak akan terlalu nyaman untuk mengelilingi pantai karena cuacanya lumayan panas.

Kamu akan dengan bebas bereksplorasi di sore hari sebab cuacanya lebih bersahabat. Tak hanya menjelajahi pantai, kamu juga bisa berburu kuliner lokal yang dijual di sekitar pantai. Sambil menikmati sore hari dan pemandangannya, kamu juga bisa menyantap makanan yang lezat.

  • Alamat: Sawah, Api-Api, Wonokerto, Pekalongan
  • HTM: Gratis
  • Jam Buka: 24 jam

6. Wisata Bahari PPNP

Wisata Bahari PPNP

Lokasi Wisata bahari PPNP yang merupakan pantai di Pekalongan cukup strategis yaitu dekat dengan wilayah kota arah ke utara. Bersebelahan dengan Pantai Pasir Kencana, destinasi wisata murah meriah ini sangat direkomendasikan untuk menjadi tempat wisata kelurga.

Wisata bahari PPNP adalah tempat yang cocok untuk outbond, kegiatan wisata, dan wisata pendidikan bagi anak-anak. Kamu bisa menyaksikan pemandangan laut yang indah saat matahari muncul di pagi dan matahari terbenam di sore hari.

Tersedia beragam jenis fasilitas. Di sini bisa ditemukan banyak orang yang mancing. Terdapat kolam ikan yang berisi macam-macam ikan laut juga beragam ikan air tawar. Di halaman depan terdapat banyak mainan sehingga anak-anak bisa bermain dengan puas.

Terdapat kolam renang yang bisa digunakan oleh anak-anak. Selain itu, di sini juga banyak pepohonan rindang sehingga pantai di Pekalongan ini terasa cukup teduh.

  • Alamat: Jalan W.R. Supratman, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan
  • HTM : Rp3.250
  • Jam Buka : 07.00 – 21.00 WIB
  • Telepon: (0285) 424500

Itulah pantai-pantai di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi saat liburan di kota ini. Jadi, selain berburu batik khas Pekalongan, kamu juga berwisata alam di pantai-pantai yang ada di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *