Yuk Nikmati Liburan Seru di Pulau Pahawang Lampung

Ditulis oleh Lady S

Beruntung sekali kita tinggal di Negara Indonesia. Dengan segala kekurangannya, tapi tidak menutup keindahan yang ada di Nusantara ini. Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat banyak sekali pantai indah yang dapat Anda temui disini.

Salah satu pulau yang patut Anda kunjungi adalah Pulau Pahawang Lampung. Pulau Pahawang terletak di provinsi Lampung, tepatnya berada di kecamatan Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

pulau pahawang lampung

‘Difficult road leads you to the beautiful destination’

2

Ungkapan ini nampaknya cocok untuk menggambarkan perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke Pulau Pahawang. Akses menuju tempat ini memang agak jauh. Dari pelabuhan Bakauheni Anda harus menempuh perjalanan melalui jalur darat selama kurang lebih 3-4 jam.

Tetapi, selama di perjalanan Anda akan disuguhi dengan banyak pemandangan dari mulai area perbukitan, pabrik-pabrik besar, pelabuhan barang, laut lepas, dan juga pemandangan kota Bandar Lampung.

3

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa juga menyewa mobil travel yang banyak tersedia begitu Anda keluar dari pelabuhan Bakauheni. Namun Anda harus pintar-pintar menawar ya agar tidak over budget.

Dari pelabuhan Bakauheni, Anda akan dibawa menuju ke dermaga Katapang. Dari situ, Anda masih harus menempuh perjalanan melalui jalur laut dengan menyewa kapal ke Pulau Pahawang. Saat tiba di dermaga Katapang Anda akan melihat pantai yang cukup jernih hingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di dalamnya. Perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu sekitar 1-2 jam.

4

Ramah Tamah Dengan Penduduk Asli

5

Ketika tiba di Pulau Pahawang Lampung, jangan kaget bila Anda tidak melihat adanya tanda-tanda penginapan di sini. Anda akan sulit sekali menemukan penginapan dengan fasilitas bath tub, kolam renang, resto mewah karena hampir semua turis yang berkunjung disini menginap di rumah warga setempat! Menarik bukan?

Pulau ini memang masih belum banyak tersentuh modernitas. Fasilitas listrik disini pun masih terbatas. Jadi tak cuma berlibur, Anda juga akan dilatih untuk berhemat karena listrik di sini hanya menggunakan Genset. Tetapi liburan Anda akan sangat berkesan karena penduduk asli pulau sangat ramah dan helpful.

Di pulau ini terdapat beberapa warung-warung sederhana di mana Anda bisa memesan makanan seperti nasi uduk, mie rebus dan lain-lain. Jangan berharap Anda bisa menemukan tenderloin steak atau spaghetti carbonara, karena Anda takkan pernah menemukannya di sini. Tetapi, banyak pemilik homestay yang menyediakan masakan. Jadi Anda tak perlu repot memasak sendiri.

Bila ingin mencoba makanan laut, Anda bisa membeli langsung ikan-ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat. Bakar-bakaran ikan di malam hari atau barbeque party harus menjadi agenda wajib dalam jadwal kegiatan liburan Anda pastinya.


Snorkeling Spot

6

7

8

Ada beberapa tempat menarik untuk lokasi snorkeling di sekitar pulau seperti, tanjung putus dan Pulau Pahawang Kecil. Anda akan takjub melihat beningnya air laut hingga Anda ingin segera melompat ke dalamnya. Air laut di sini memang tenang sehingga Anda akan jarang sekali melihat ombak besar.

Anda akan merasakan bagaimana sensasi berenang di atas terumbu karang yang indah, dikelilingi pegunungan yang asri bersama ikan-ikan kecil seperti si kecil Nemo atau Clown fish, Dory, dll. Sungguh pengalaman yang menakjubkan.

9

Berburu Matahari

10

Pergi ke pantai tak lengkap rasanya jika tak melihat keindahan terbit dan terbenamnya matahari. Memang tak semua lokasi di pulau ini dapat menangkap sunrise atau sunset, tetapi Anda bisa mengunjungi Pulau Pahawang kecil untuk mendapatkan spot sunset terbaik. Jangan lupa manfaatkan momen indah ini dengan berfoto.

Souvenir

Bepergian ke tempat yang tak biasa Anda kunjungi memang selalu meninggalkan memori tertentu. Selain diabadikan lewat foto, Anda juga pasti ingin mengabadikan momen dengan membawa buah tangan untuk orang-orang terdekat. Sayangnya, pulau ini belum memiliki toko souvenir khas Pulau Pahawang.

Namun jangan kecewa, Anda masih bisa membeli buah tangan ketika Anda kembali ke kota Lampung. Banyak cemilan khas enak yang wajib Anda bawa pulang seperti keripik pisang aneka rasa (coklat, kopi, susu, strawberry, melon, dll), kopi khas lampung, dan jangan lupa untuk mencicipi sambal khas Lampung yang terkenal maknyuuus itu.

Nah, Anda tertarik mengunjungi pulau pahawang? Jangan lupa untuk selalu :

  1. Persiapkan dengan matang rencana perjalanan Anda

Jika ini pertama kalinya Anda melakukan traveling, sebaiknya Anda menggunakan jasa travel. Sekarang ini sudah banyak jasa travel yang memberikan paket perjalanan ke Pulau Pahawang. Selain lebih jelas, Anda bisa memperkirakan budget yang akan dikeluarkan selama perjalanan ini.

  1. Bawalah kantung sampah

Meski sangat indah, namun pulau ini masih minim fasilitas seperti tempat sampah. Jadi siapkan selalu trashbag atau kantung sampah untuk menyimpan sampah-sampah Anda. Jangan pernah membuang sampah ke laut ya! Untuk menjaga agar pulau ini tetap Indah dan asri.

  1. Selalu membawa uang lebih

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi ketika bepergian jauh apalagi keluar pulau. Sering kali ada biaya tak terduga yang harus kita keluarkan. Terutama ketika kita melakukan perjalanan tanpa menggunakan jasa travel. Jadi untuk berjaga-jaga, pastikan Anda selalu membawa uang lebih.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram