Keluyuran / Tempat Nongkrong Bandung / Inilah 10 Tempat Nongkrong di Lembang yang Paling Indah

Inilah 10 Tempat Nongkrong di Lembang yang Paling Indah

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Lembang, sebuah kecamatan yang masih terasa asri di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Terkenal dengan wisata alamnya, Lembang juga punya banyak tempat nongkrong yang asik buat hangout bersama teman-teman, kencan bersama orang terkasih, bahkan bermain bersama anak-anak.

Rata-rata konsep tempat wisata alam di Lembang memang dikemas dalam wisata kuliner. Jadinya sambil menyelam, minum air, sambil menikmati pemandangan dan udara sejuk, sambil makan-makan! Inilah 10 tempat nongkrong di Lembang dan sekitarnya yang terbaru dan yang paling diminati menurut Keluyuran.

1. Tafso Barn

Tafso Barn adalah tempat wisata kuliner yang bersebelahan dengan Lereng Anteng, tempat ngopi yang sangat terkenal. Konsep kedua tempat ini hampir mirip. Tapi, untuk membedakannya, Lereng Anteng terkesan lebih sederhana, sedangkan Tafso Barn lebih “ngafe”.

Yang paling identik adalah tenda-tenda plastik di luar kafenya. Lereng Anteng tendanya benar-benar tenda simpel yang menyerupai genting rumah yang bersudut, kalau di Tafso Barn tendanya adalah gazebo berbentuk bundar dengan aksen yang menambah kecantikannya.

Pilihan menunya pun berbeda. Kalau Lereng Anteng per-kopi-an dengan slogan Panoramic Coffee, sedangkan Tafso Barn adalah Garden Cafe sehingga lebih bervariasi. Ada steak, ayam bakar, chicken katsu, nacho, hotpot, sushi, cireng isi, serta aneka dessert dan minuman.

Tapi, sebenarnya bukan makanannya yang menjadi daya tarik utama. Wisata kuliner ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan konsep cafe dengan banyak spot selfie.

Tempat makannya terbagi menjadi beberapa area, ada yang indoor dengan meja dan sofa, lalu ada yang outdoor dengan kursi dan meja cantik, serta area tenda-tenda bundar yang mencuri perhatian. Cafe tematik yang bertema rustic ini berada di sekitar Cimbuleuit, tepatnya di kawasan Punclut.

  • Alamat: Jalan Raya Baru Laksana no. 75, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • No. Telepon: 0813-9546-1174 / 0811-8771-687
  • Jam Buka: 11.00 – 21.00 hari biasa, 11.00 – 22.00 hari Jumat, 09.00 – 22.00 hari Sabtu, Minggu & hari libur
  • Kisaran Harga: Tiket masuk Rp 15 ribu/orang, makanan & minuman dari Rp 6 – 65 ribu, parkir gratis
  • Fasilitas Umum: Area parkir, mushola, toilet, area makan yang unik

2. Dago Bakery

* sumber: explorewisata.com

Ingin makan dan nongkrong di Hogwarts? Tidak perlu berkhayal lagi, langsung datang ke Dago Bakery! Ini adalah restoran ala-ala kastil Eropa. Bangunan megah, pemandangan indah, udara sejuk, spot Instagramable dan makanan yang enak merupakan perpaduan sempurna.

Walaupun namanya Bakery, di sini tidak hanya menyediakan aneka kukis dan roti saja, melainkan seperti restoran dan cafe pada umumnya, ada sop iga, ayam bakar, pizza, steak, kopi, hingga batagor. Disarankan untuk datang saat weekdays kalau tidak mau terlalu banyak orang.

  • Alamat: Jalan Pagermaneuh no. 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung
  • No. Telepon: 0813-2006-3529 / 0812-1289-8383
  • Jam Buka: 09.00 – 21.00 hari Senin sampai Kamis, 09.00 – 22.00 hari Jumat dan Minggu, 08.00 – 23.00 hari Sabtu
  • Kisaran Harga: Tiket masuk gratis, makanan & minuman dari Rp 10 – 35 ribu
  • Fasilitas Umum: Tempat makan, private event room, kamar mandi, dll

3. Cakrawala Sparkling Nature Restaurant

* sumber: yourbandung.com

Ingin makan enak sambil menikmati angkasa? Cakrawala Sparkling Nature Restaurant membawa impian Anda menjadi kenyataan. Restoran ini punya ruangan dengan  atap kaca berwarna-warni dan juga atap terbuka untuk Anda menikmati alam Punclut dan juga langitnya.

Selain spot Instagramable-nya, makanan dan minuman di sini juga enak-enak. Pilihannya ada menu makanan Indonesia, khususnya Sunda, dan ada makanan Western juga.

  • Alamat: Jalan Pagermaneuh no. 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung
  • No. Telepon: 0819-1046-4695
  • Jam Buka: 08.00 – 23.00
  • Kisaran Harga: Rp 10 – 35 ribu

4. Armor Kopi

*Sumber: https://twitter.com/traxfmjkt/status/773837084981207040

Anda mungkin mengenal Armor Kopi karena dia satu-satunya tempat ngopi di tengah hutan pinus. Tapi, kini Armor Kopi sudah pindah lapak karena ada penertiban perizinan dari pihak pengelola Tahura (Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda).

Akhirnya lokasi Armor Kopi pun bergeser sekitar 200 meter dari tempatnya semula. Tapi, entah kenapa setelah berpindah lokasi Armor Kopi nampaknya jadi semakin terkenal.

Jika dulu Armor Kopi menawarkan sensasi ngopi di tengah hutan, sekarang sensasi ngopi santai di pedesaan. Lengkap dengan furnitur serba kayu yang harmonis dengan lingkungannya yang masih di dekat hutan. Menu yang ditawarkan tentu aneka kopi, untuk makanannya mostly camilan seperti cireng, pisang goreng, dll.

  • Alamat: Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura). Jalan Bukit Pakar Utara no. 10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung
  • No. Telepon: 0877-1849-2114
  • Jam Buka: 08.00 – 23.00

5. Imah Kopi, Croissanterie et Coffeenery

*Sumber: https://www.facebook.com/pg/ImahKopi/photos/?tab=album&album_id=1340590526029672

Ingin minum kopi sambil makan roti bulan sabit alias croissant? Datang ke spesialisnya, yaitu Imah Kopi. Tempatnya sangat cozy, cocok buat bersantai sendirian, berkencan, atau mungkin mengerjakan tugas kampus bersama teman-teman. Orang-orang menyukai Imah Kopi karena citarasa kopinya yang Indonesia banget, plus cuaca sejuk lembang yang syahdu.

  • Alamat: Jalan Raya Lembang, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • No. Telepon: (022) 2789108
  • Jam Buka: Setiap hari jam 09.00 – 21.00, hari Senin tutup

6. The Parlor

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B4AQMwaA5NR/

The Parlor bukanlah tempat baru, tapi masih sangat diminati hingga kini. The Parlor bukan cuma sebuah tempat makan dan minum, tapi merupakan “one stop holiday” di mana ada Cafe & Resto, Factory Outlet, Hobbies dan juga Art Space-nya.

The Parlor sangat ngehits buat warga lokal hingga luar kota. Selain pengunjung biasa, The Parlor sering dijadikan tempat berkumpul komunitas seperti Motor, Fotografi, Skakeboard, dsb.

The Parlor sendiri berarti “ruang tamu”, makanya tempat ini cozy dan sangat homey. Gedungnya memiliki 3 lantai, Anda bisa memilih mau nongkrong di mana.

Dekorasi ruangannya bermacam-macam, dengan jendela dan ornamen yang bergaya urban-industrial yang kekinian, pasti bikin semua orang betah. Menunya cukup beragam mulai dari kuliner nusantara sop buntut goreng dan iga bakar, hingga menu dari luar seperti tomyam, calamari, dll.

  • Alamat: Jalan Rancakendal Luhur no. 9, Dago Atas, Ciburial, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • No. Telepon: 022-20454439 / 085956474717
  • Jam Buka: 11.00 – 23.00
  • Kisaran Harga: minuman Rp 20 – 30 ribu, makanan Rp 20 – 70 ribu

7. D’Dieu Land

* sumber: yourbandung.com

D’Dieu Land adalah sebuah tempat wisata keluarga dan anak di Bandung yang masih terbilang baru. Lokasinya ada di satu area dengan Lereng Anteng, yaitu di Kawasan Wisata Punclut, Cieumbeuleuit. Daya tarik utama daerah ini tentunya pemandangan indah dan udara sejuk, tapi D’Dieu Land punya hal lainnya lagi, yaitu sebagai surga permainan buat anak-anak kecil.

Bisa dibilang, D’Dieu Land adalah play ground karena baik di dalam maupun di luar semuanya bisa jadi area bermain anak (dan orang tua juga). Ada area lompat-lompat di box empuk, main air, ayunan besar yang dianyam, dan masih banyak lagi spot lainnya. Kalau sudah capek main bisa makan dan minum dulu, boleh keluar area juga asal gelang tiket masuknya tidak hilang.

  • Alamat: Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • No. Telepon: 0816-778-860
  • Jam Buka: 09.00 – 22.00
  • Kisaran Harga: Tiket masuk Rp 10 ribu (weekdays) dan Rp 15 ribu (weekend). Untuk bermain di area indoor bayar lagi Rp 35 ribu/2 jam. Biaya parkir Rp 2 ribu/jam

8. Imah Seniman Cafe & Resto

Imah Seniman adalah tempat yang sempurna untuk pengalaman liburan terbaik yang pernah ada. Ini adalah Resort & Villa, Cafe & Resto, Outbond & Rekreasi dan Galeri. Terletak di pusat Lembang, Imah Seniman Hotel adalah tempat ideal untuk menelusuri Bandung.

Ini adalah surga untuk beristirahat dan bersantai. Selain berdiam menikmati pemandangan, suasana dan makanan di Imah Seniman, Anda bisa juga berjalan-jalan di area sekitar karena dekat dengan atraksi lainnya seperti Observatorium Boscha, Kampung Gajah Wonderland, De Ranch, dll. Tapi, kalau Anda cuma mau makan-makannya saja berarti pilih Imah Seniman Cafe & Resto.

  • Alamat: Jalan Kolonel Masturi no. 8, Gudangkahuripan, Lembang, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • No. Telepon: 0878 21445324 / 022 2787768 (table booking lebih recommended)
  • Jam Buka: 09.00 – 21.00 (buka dari jam 07.00 untuk sarapan jika menginap)
  • Kisaran Harga: Rp 150 ribu untuk 2 orang
  • Fasilitas Umum: indoor, outdoor, no alcohol

9. Day n Nite

* sumber: www.tripadvisor.com

Day n Nite berada di kawasan Pramestha Mountain City yang sejuk dan asri. Mereka menyajikan beragam pilihan kuliner khas Indonesia dan Asia. Walaupun tempatnya outdoor dan kelihatan seperti tempat nongkrong anak muda banget, restoran ini termasuk resto keluarga sehingga cocok juga dikunjungi bersama orang-orang tersayang pada akhir pekan.

Di Day n Nite, Anda juga bisa wisata edukasi mengunjungi burung-burung dan hewan lainnya seperti kura-kura, ikan dan kelinci, karena lokasinya berada di satu tempat dengan Bird Pavilion. Sangat cocok datang ke sini bersama anak-anak karena kita bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut.

  • Alamat: Komp. Pramestha Mountain City (Pramestha Resort Town). Jalan Akaza Utama (Dago Giri) no. 9, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • No. Telepon: (022) 87791919
  • Jam Buka: 09.00 – 22.00
  • Kisaran Harga: makanan Rp 15 – 85 ribuan++ minuman Rp 20 – 35 ribuan++

10. Black Khozie

* sumber: www.qraved.com

Sebenarnya di gedung ini ada tiga tempat makan, yaitu kolaborasi antara Liwet Ethnic, Soerabi 132 dan Black Khozie. Tapi, Keluyuran mau membahas lebih dalam tentang Black Khozie dulu. Walaupun begitu, ketika Anda datang ke tempat ini, Anda bisa duduk di mana saja dan memesan menu dari ketiga tempat tersebut.

Di Punclut memang banyak tempat makan, berserakan di mana-mana, setiap tanjakan ada. Tapi, warung-warung tanpa nama itu biasanya suka mematok harga “nembak”, apalagi kalau melihat kendaraan yang kita bawa bukan plat D. So, yang paling aman adalah mencari rumah makan “betulan” yang harganya sudah pasti segitu tidak ditambah-tambah.

Untuk Nasi Liwet Ethnic, ini adalah rumah makan Sunda dengan ornamen bambu dan tempat duduk lesehan. Sedangkan Soerabi 132 adalah kios mungil yang berada di tengah-tengah, lalu terakhir ada Black Khozie. Ini adalah kafe ala anak muda, lengkap dengan live music dan lampu night club + sisha! Kalau Anda bertujuan untuk nongkrong tentu pilih duduk di area Black Khozie, dong.

  • Alamat: Jalan Punclut no. 132
  • No. Telepon: 022 87784483
  • Jam Buka: 10.00 – 24.00 weekday, 10.00 – 02.00 weekend
  • Kisaran Harga: makanan Rp 17 – 30 ribuan++, minuman Rp 4 – 18 ribuan++

Ya, itu tadi kesepuluh tempat yang bagus dan estetik untuk dijadikan tempat berkumpul dan nongkrong. Dari kesepuluh tempat tadi, mana tempat nongkrong favoritmu? Atau punya tempat nongkrong lainnya? Beri saran di kolom komentar, ya!

Oh iya, kalau Anda mencari tempat makan yang murah dan enak di daerah Lembang, kami pernah membahasnya dalam artikel bertajuk 10 Tempat Makan Murah di Lembang ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *