10 Oleh-Oleh Khas Lembang untuk Dibawa Pulang Liburan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Lembang dikenal mempunyai banyak pesona yang selalu menarik banyak perhatian para wisatawan. Dengan udaranya yang sejuk tak mengherankan kalau daerah ini tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan dari luar kota pun selalu menyempatkan berkunjung ke Lembang saat musim liburan.

Saat berkunjung ke suatu tempat, sudah biasa orang akan membeli oleh-oleh. Begitu juga saat wisatawan berkunjung ke Lembang. Selain menikmati indahnya alam, pastinya mereka tak akan ketinggalan untuk berburu oleh-oleh buat keluarga di rumah. Apa saja oleh-oleh yang biasa dijumpai di Lembang? Cek daftarnya berikut ini.

Baca juga: 24 Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Lembang Bandung

1. Bolu Susu Lembang

Salah satu produk khas Lembang yang terkenal adalah bolu susu Lembang. Ini adalah oleh-oleh khas Lembang yang cukup modern dan kekinian. Toko oleh-oleh di daerah Lembang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan yang mampir untuk membeli bolu susu ini. Daerah Lembang ini memang dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang menjadi penghasil susu.

Jumlah peternak sapi yang ada di Lembang cukup banyak, jadi tak mengherankan kalau bolu susu jadi oleh-oleh khas Lembang. Bolu susu dari daerah Lembang ini mempunyai beberapa varian rasa selain rasa original tentunya. Wisatawan bisa membeli bolu susu rasa coklat juga vanila. Kue ini memiliki rasa yang manis serta teksturnya yang lembut.

Biasanya di atas kuenya akan diberi taburan keju parut sehingga membuat kue semakin lezat. Bolu susu khas Lembang ini dapat bertahan hingga kurang lebih 4 hari jika disimpan di suhu ruangan. Kalau ingin lebih lama lagi, kue bisa disimpan di dalam kulkas. Harga satu kotak bolu susu Lembang sekitar Rp33.000 – Rp34.000 kalau membelinya di toko resmi.

Jika membeli kue ini di reseller, biasanya harganya akan berbeda, lebih mahal. Letak gerai utama bolu susu ini ada di Lembang. Lokasinya lumayan dekat dengan Alun-alun Lembang. Tak hanya bolu, toko ini juga mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Surabiyaki Saus Cokelat serta Surabiyaki Saus Durian.

2. Tahu Susu Lembang

Produk susu lainnya yang terkenal dari daerah Lembang adalah Tahu Susu Lembang. Wisatawan pasti akan memburu tahu khas Lembang ini saat berlibur ke daerah ini. Tahu Susu Lembang mempunyai rasa yang agak berbeda dibandingkan dengan tahu umumnya. Tahu Susu Lembang rasanya gurih dan nikmat, lembut serta tidak berair. 

Wisatawan yang ingin mencicipi Tahu Susu Lembang bisa memilih jenis tahu yang akan dijadikan oleh-oleh khas Lembang. Ada tahu yang digoreng serta tahu yang dijual mentah.

Popularitas Tahu Susu Lembang sangat tinggi sehingga banyak ditemukan produsen Tahu Susu Lembang di daerah ini. Namun ada satu tempat menjual tahu susu Lembang yang terkenal, yaitu POM Tahu Susu Lembang.

Penggagas dan pendiri pabrik serta POM Tahu Susu (TSL) adalah Perry Tristianto, yaitu seorang pengusaha FO serta Rumah Makan yang terkenal di Bandung. Ide pembangunan tempat ini awalnya dari pemikiran untuk membuat produk tahu Bandung dengan rasa yang lebih enak serta lebih sehat dibandingkan tahu yang sudah ada di pasaran.


Oleh karena itu, Pak Perrry bereksperimen untuk mendapatkan resep Tahu Susu Lembang yang lebih enak. Beliau pun menambahkan susu ke dalam campuran kacang kedelai. Kerja kerasnya membuahkan hasil dengan berdirinya Pabrik Tahu Susu (TSL). Pabrik ini dibuka tanggal 22 Desember 2008.

Tempat jualan tahu susu ini mengusung konsep yang hampir sama dengan pom bensin. Akan tetapi POM ini merupakan singkatan, yaitu Pusat Orang Makan. Jadi pengunjung yang datang ke sini dapat menemukan banyak produk tahu.

Untuk oleh-oleh, lebih baik membeli Tahu Susu Lembang yang mentah karena paling nikmat kalau tahu ini dinikmati panas-panas. Harga tahu susu per satu kotaknya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp25.000. Ada juga produk lainnya, yaitu tahu mentega yang per kotaknya sekitar Rp30.000.

Karena tidak menggunakan pengawet, tahu susu mentah yang dibawa sebagai oleh-oleh disarankan langsung diolah. Gerai Tahu Susu Lembang lokasinya ada di Jalan Raya Lembang-Bandung dan buka tiap hari mulai dari pukul 08.00 – 19.00 WIB.

3. Tahu Tauhid

Ada dua produsen tahu yang terkenal di Lembang. Selain tahu susu, ada juga tahu tauhid yang popularitasnya tak kalah dari tahu susu Lembang. Tahu ini banyak dicari oleh para wisatawan karena tekstur tahunya lembut, kenyal, juga rasanya juga enak sekali dan khas.

Cabang dari tahu tauhid di Lembang ada dua, yaitu di belakang PLN Lembang serta yang di daerah dekat De’Ranch. Sudah ada sejak 1983, tahu tauhid dibuat dan diproduksi oleh mereka sendiri. Harga tahu tauhid cukup terjangkau. Untuk isi 50 dijual dengan harga kurang dari Rp30.000.

Tak hanya tahu, di tempat penjualan tahu tauhid juga bisa ditemukan sari kedelai, tempe gembos, yoghurt, bermacam macam sambal hingga berbagai jenis kerupuk yang harganya dibanderol mulai dari Rp5.500 hingga Rp45.000.

Tekstur tahu tauhid yang sudah digoreng garing di luar serta lembut di bagian dalam. Rasa tahunya gurih dengan rasa asin sedikit. Enaknya dinikmati saat hangat. Harga tahu gorengnya dijual Rp1.400/biji.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram