Inilah 10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Berastagi

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke kawasan Sumatera, terutama Sumatera Utara? Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Berastagi yang ada di wilayah Kabupaten Karo. Ada torehan sejarah di kota yang terkenal sebagai penghasil buah dan bunga ini, yaitu Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pernah diasingkan di daerah ini.

Berastagi terkenal akan ekspor buah-buahan dan sayur-mayurnya. Daerah ini memasok hasil bumi mereka tersebut ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Daerah ini memiliki hawa dingin nan sejuk yang mengingatkan pada daerah seperti Lembang yang berada di kawasan Bandung. Sehingga tidak mengherankan jika Berastagi menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Apa saja daya tarik yang dimiliki oleh Berastagi? Yuk, kita simak daftar tempat wisata yang terdapat disana berikut ini!

1. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

* sumber: www.rujukannews.com

Saat ini, salah satu yang membuat sebuah objek wisata menarik banyak pengunjung adalah karena memiliki spot yang instagramable. Dan saat kamu berkunjung ke Sumatera Utara terutama ke kawasan Berastagi, jangan lupa untuk mampir ke Bukit Gundaling, sebuah tempat ketinggian di daerah ini yang menawarkan keindahan alam dan bakalan cocok untuk dipamerkan di akun Instagram kamu.

Kawasan wisata Bukit Gundaling berada 3 kilometer dari pusat kota Berastagi. Jika kamu berada di kota Medan, diperlukan jarak tempuh sepanjang 60 kilometer untuk tiba di lokasi wisata yang satu ini. Terletak di ketinggian 1.575 meter diatas permukaan laut, suguhan utama dari Bukit Gundaling adalah berbagai macam bunga yang indah dan pemandangan Gunung Sinabung juga Gunung Sibayak.

  • Alamat: Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp4.000

2. Hotel Bukit Kubu

Hotel Bukit Kubu

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=cVnJbUIueAk

Bagi kamu yang berwisata bersama dengan keluarga di Berastagi, objek wisata Bukit Kubu merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk kamu dan keluarga. Sebenarnya, Bukit Kubu merupakan sebuah hotel di Berastagi.

Namun, kita tetap dapat menikmati keindahan tempat ini tanpa harus menginap di hotelnya dengan membayar tiket masuk yang ditentukan yaitu sekitar Rp30.000 hingga Rp500.000, tergantung dari kendaraan yang digunakan oleh pengunjung.

Bukit Kubu menawarkan rekreasi di alam terbuka dengan area yang sangat luas. Sehingga, tidak mengherankan memang jika objek wisata ini biasa digunakan sebagai tempat untuk bermain layangan, hingga mereka para pehobi permaianan remote control.

Selain itu, Bukit Kubu menawarkan fasilitas seperti tikar untuk para pengunjung agar dapat lebih menikmati keindahan hamparan alam yang dimiliki oleh tempat ini.

  • Alamat: Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi
  • Nomor telepon: (0628) 20888
  • HTM: Rp30.000 s/d Rp500.000 (tergantung kendaraan)
  • Harga kamar: Rp850.000 / kamar

3. Lau Sidebuk-debuk

Lau Sidebuk-debuk

* sumber: allindonesiatourism.com

Pemandian air panas adalah salah satu objek wisata yang menyenangkan. Apalagi, setelah kamu menikmati keindahan alam seharian, lantas mencemplungkan diri ke kolam air panas. Saat berwisata ke kota Berastagi, jangan lupa untuk mampir ke Lau Sidebuk-debuk yang berjarak 58 kilometer dari Kota Medan ini.

Sumber air panas dari tempat wisata yang berada di Desa Daulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo ini berasal dari lava Gunung Sibayak. Kita bukan hanya akan ditawarkan dengan pemandian air panas saja, tapi juga pemandangan yang asri dan hawa yang sejuk.

Instgaramable? Pasti. Tempat ini memiliki pemandangan yang begitu indah, tidak ketinggalan beberapa spot foto yang unik seperti rumah Hobbit.

  • Alamat: Daulu, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 20357
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp10.000/orang
  • Harga sewa saung: Rp25.000 hingga Rp60.000 (sesuai ukuran)

4. Funland – Mikie Holday

Funland – Mikie Holday

* sumber: wisatangehits.com

Jika kamu ingin menikmati keindahan dan kesejukan alam sekaligus bermain wahana permainan layaknya saat berkunjung ke Dunia Fantasi, itu berarti kamu harus mengunjungi Funland milik Mikie Holdiday Resort.

Tempat wisata ini berjarak 1,5 hingga 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Bayangkan sebuah taman hiburan yang berada di lokasi dengan hawa nan sejuk. Menyenangkan, bukan? Arena rekreasi Funland – Mikie Holiday memiliki lebih dari 35 macam wahana permainan.

Bukan hanya dapat dinikmati oleh anak-anak, wahana-wahana permainan disini juga cocok untuk dinikmati oleh orang dewasa. Malahan, ada wahana yang bisa digolongkan sebagai wahana permainan ekstrem yang memacu adrenalin sehingga sangat pas untuk liburan keluarga.

  • Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152
  • Jam operasional: Jumat, Sabtu, dan Minggu, pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WIB.
  • HTM: Rp100.000/orang, gratis untuk anak dibawah tinggi 90 cm, Rp30.000 untuk orang tua 50-55 tahun

5. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Tempat wisata terkenal yang terdapat di Berastagi selanjutnya adalah Air Terjun Dua Warna, yang terletak di Kawasan Perkemahan Sibolangit. Mengapa disebut sebagai Air Terjun Dua Warna? Air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda, yaitu warna biru dan warna hijau.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh air terjun ini adalah karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Khasiat air terjun ini berasal zat belerang yang terkandung di dalamnya. Belerang Air Terjun Dua warna berasal dari letusan Gunung Sibayak.

Singkatnya, aliran air dari air terjun ini berasal dari arus sungai yang terbentuk karena letusan Gunung Sibayak. Uniknya, meski mengandung belerang, tidak tercium aroma belerang pada air dari Air Terjun Dua Warna, juga tidak memberikan kesan lengket pada kulit.

  • Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 2035
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp25.000

6. Penatapan Berastagi

Penatapan Berastagi

* sumber: medancakap.blogspot.com

Tempat yang satu ini mungkin tidak memiliki ciri khas seperti tempat-tempat yang telah kita bahas sebelumnya seperti pemandian air panas atau wahana bermain. Namun di sini, kamu akan benar-benar dapat menikmati keindahan alam dari kawasan Berastagi. Berada di Jalan Jamin Ginting KM 54 Berastagi, tempat ini memang cocok untuk dijadikan lokasi untuk melepas penat.

Dari sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang hijau, tidak ketinggalan udara sejuknya yang dapat membuat kita menjadi lebih rileks. Tidak ketinggalan, ada menu-menu makanan sederhana yang ditawarkan seperti wedang jahe, kopi, teh, hingga mie isntan juga jagung bakar dan masih banyak lagi.

Penatapan Berastagi dapat dikunjungi pada malam hari dimana kita dapat menikmati pemandangan lampu kota yang indah dari ketinggian.

  • Jam operasional: 24 jam
  • Kisaran harga makanan: Rp5.000 (minuman), Rp5.000 (jagung), Rp10.000 (mie instan)

7. Gundaling Farm Berastagi

Gundaling Farm Berastagi

* sumber: www.tripadvisor.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah peternakan sapi perah yang berada di kawasan Berastagi. Di tempat yang dikelola oleh PT. Putra Indo Mandiri Sejahtera ini, kita dapat menikmati susu segar dan melihat langsung proses pemerahan susu sapi. Sapi yang terdapat di peternakan ini adalah sapi impor asal Australia yang memiliki corak corak hitam dan putih.

Selain susu murni yang segar, di tempat ini juga kita dapat menikmati suguhan yoghurtnya yang khas karena memiliki aneka rasa. Dan semua suguhan yang disediakan oleh Gundaling Farm Berastagi diolah tanpa menggunakan bahan kimia. Sementara berbagai kombinasi rasa minuman yang dapat kita nikmati berasal dari sari buah segar alami.

  • Alamat: Jl. Pendidikan, Jaranguda, Simpang pelawi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22158
  • Nomor telepon: (0628) 91800
  • Jam operasional: 09.00-17.00 Senin – Jumat, 09.00-18.00 Sabtu – Minggu
  • Harga susu: Rp20.000/liter

8. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

* sumber: jejakpiknik.com

Salah satu lokasi wisata ikonik yang terdapat di kawasn Berastagi adalah Taman Alam Lumbini. Ciri khas yang membuat Taman Lumbini begitu dikenal adalah karena vihara yang memiliki pagoda berwarna emas. Pagoda yang memiliki tinggi 46,8 meter ini tercatat dalam rekor MURI untuk kategori stupa tertinggi di Indonesia.

Sementara di belakang pagoda juga terdapat taman yang indah dan sebuah jembatan gantung sepanjang 20 meter. Tidak mengherankan jika pagoda di Taman Alam Lumbini ini terasa familiar. Karena, memang merupakan sebuah replika dari Pagoda Shwedagon atau Pagoda Emas Yangon di Myanmar.

Jika kamu berfoto di lokasi wisata ini, mungkin orang-orang yang melihat hasilnya akan pangling dan menyangka kamu tengah berkunjung ke luar negeri.

  • Alamat: Barus Jahe, Brastagi, Dolat Rayat, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171
  • HTM: Gratis
  • Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB

9. Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh

Salah satu objek wisata kenamaan yang berada di kawasan Berastagi adalah Kebun Raya Tongkoh yang terkenal akan keindahan alamnya. Terdapat berbagai pohon dengan buah yang dapat dipetik dan dinikmati langsung di sini. Saat mengunjungi lokasi wisata ini, kamu dapat belajar bertani sekaligus menikmati buah-buahan segar langsung dari pohonnya.

Kebun Raya Tongkoh terkenal akan pohon stroberi, jeruk dan markisanya. Selain itu, kawasan wisata ini juga dikenal memiliki berbagai jenis tanaman hias. Jangan lupa, jika kamu membeli sesuatu di sini, kamu bisa mendapatkannya lebih murah dari harga yang ditawarkan.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk menawar. Dengan kecantikan alamnya, Kebun Raya Tongkoh juga adalah sebuah tempat yang cocok untuk memperkaya koleksi foto travelling di medsos kamu.

  • Alamat: Desa Tongkoh, Kecamatan Dola Rakyat, Kabupaten Karo
  • HTM: Rp80.000

10. Desa Lingga

Desa Lingga

* sumber: silima-merga.blogspot.com

Desa Lingga merupakan sebuah objek wisata kampung tradisional. Di sini, kamu dapat melihat sebuah perkampungan tradisional dimana berdiri rumah-rumah adat khas Karo. Uniknya, rumah-rumah adat ini memiliki usia yang sudah sangat tua yaitu dua abad lebih atau 250 tahun. Meski begitu, rumah-rumah adat ini masih berdiri dengan kokoh.

Desa Lingga berjarak 15 kilometer dari pusat kota Berastagi dan terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Bagi kamu yang menyukai wisata dengan nuansa tradisional, tempat ini merupakan lokasi wisata di Berastagi yang wajib untuk kamu kunjungi. Banyak nilai-nilai filosofi tradisional yang disuguhkan oleh Desa Lingga, terutama budaya Karo.

  • Alamat: Desa Lingga, Kec. Simpang Empat, Kab. Karo
  • HTM: –

Itulah 10 tempat wisata paling terkenal di Berastagi yang dapat kamu kunjungi saat travelling ke wilayah Sumatera Utara. Tentu saja, masih ada lagi objek wisata kenamaan di daerah ini yang dapat kamu kunjungi.

Beberapa lokasi lain yang dapat kamu kunjungi diantaranya adalah danau Lau Kawar, Air Terjun Sikulikap, atau Museum Pusaka Karo. Namun jika yang kamu incar adalah lokasi-lokasi dengan pemadangan yang indah, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *