8 Tempat Wisata di Curup yang Menawarkan Kemolekan Alam

Ditulis oleh Siti Hasanah

Dalam bahasa Rejang, Curup dikenal sebagai Cu'up. Ini adalah nama sebuah kecamatan yang juga menjadi ibu kota dari Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Dahulu kota ini pernah menjadi ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan. Kata Cu'up pun akhirnya berubah jadi "Curup" sesuai dengan kebiasaan orang Melayu.

Nama Curup Rejang Lebong bagi sebagian wisatawan memang masih kurang familier di telinga. Ini karena tempat wisata di Curup kurang terekspos. Kalau kamu penasaran, yuk simak ulasan tentang objek wisata yang ada di Kecamatan Curup!

1. Air Terjun Tangga Seribu

Air Terjun Tangga SeribuSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Raya Curup–Lubuk Linggau No. 113, Cahaya Negeri, Kec. Sindang Kelingi, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu
  • HTM: Rp 10.000

Tempat wisata di Curup ini berupa air terjun yang dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan istilah curug. Nama air terjun ini adalah Air Terjun Tangga Seribu yang jaraknya dari pusat kota sekitar 30km.

Jika kamu tertarik untuk mendatangi lokasi ini, disarankan untuk naik kendaraan roda dua karena akan lebih cepat sampai. Dengan motor akan memakan waktu sekitar 50 menit.

Selama perjalanan menuju air terjun ini, kamu akan ditemani oleh pemandangan berupa pepohonan juga satwa liar. Begitu tiba di objek wisata ini, kamu akan terpesona oleh keindahan air terjunnya yang sangat tinggi.

Oh iya, di lokasi ini tidak akan ditemukan tangga. Karena ketinggian air terjun inilah maka objek wisata ini diberi nama Air Terjun Tangga Seribu. Debit air terjun ini juga cukup deras.

2. Suban Air Panas

Suban Air PanasSumber: instagram.com
  • Alamat: Cawang Baru, Kec. Curup Timur, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • HTM: Rp 5.000

Objek Wisata yang satu ini merupakan sebuah pemandian air panas yang bernama Suban Air Panas. Tempat wisata ini sudah lama banyak diminati oleh warga Bengkulu. Lokasi pemandian air panas ini terletak di Jl. Lintas Curup-Lubuk Linggau. Jarak tempuh dari Kota Curup sekitar 6 Km atau sekitar 90 Km jika dari Provinsi Bengkulu.

Pemandian air panas ini cocok untuk melepaskan diri dari kepenatan sehari-hari. Luas lahan tempat ini sekitar 30 Ha.

Semenjak dibuka pada 1 November 1967, tempat pemandian air panas ini sudah banyak diminati oleh warga setempat karena memiliki daya tarik tersendiri. Di sini terdapat beberapa kolam pemandian yang airnya dialirkan menggunakan pipa-pipa bambu.

Udara Curup yang dingin sangat cocok sekali dengan hangatnya air yang berada di kolam pemandian ini. Aliran air panas Suban berasal dari sejumlah mata air, yang turun dari Bukit Kaba. Kemudian air tersebut disalurkan menggunakan pipa bambu sehingga membentuk pancuran

3. Tebing Suban

Tebing SubanSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Raya Curup-Lubuk Linggau, Talang Ulu, Curup Tim., Kab. Rejang Lebong, Bengkulu
  • Jam buka: 08.00 – 23.00
  • HTM: Rp 10.000

Tempat wisata di Curup ini merupakan destinasi wisata yang masih baru. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati keindahan pesona tebing. Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat langsung pemandangan kota ini dari atas ketinggian.


Tak hanya bisa menyaksikan keindahan pemandangan kota, tempat ini sebenarnya cukup instagramable. Di sini banyak ornamen yang sengaja dibuat untuk spot berfoto.

Spot foto yang paling digemari adalah deretan rumah-rumah kecil yang berbentuk segitiga. Kalau ingin bebas berfoto, datanglah saat pagi hari, jadi belum banyak wisatawan yang datang.

Untuk yang tertarik menginap di perbukitan tinggi, tempat wisata ini memiliki fasilitas homestay juga beberapa villa yang memiliki sarana yang lengkap. Desain villanya unik karena dibangun dengan mengedepankan nuansa alami serta keasrian lingkungan sekitar. Tiket masuknya nggak mahal, hanya Rp 10.000.

4. Danau Talang Kering Curup

Danau Talang Kering CurupSumber: instagram.com
  • Alamat: Desa Pahlawan, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu
  • HTM: Rp 10.000

Danau Talang kering Curup, atau Danau Taker ini juga dikenal dengan sebutan Danau Bermanei. Letak danau ini berada di tempat yang cukup strategis, yaitu di tengah kota. Ini yang membedakan danau ini dengan danau-danau lainnya.

Danau ini memberikan sebuah kesegaran untuk warga kota. Di malam hari, danau ini terlihat indah dengan deretan lampunya yang menyala.

Walaupun pengunjung tidak bisa berenang di danau, tapi mereka bisa menikmati wisata kuliner yang berada di sekitar danau. Terdapat tempat makan juga lesehan yang bisa menjadi pilihan pengunjung. Mereka bisa menikmati makanan lezat sambil menikmati pemandangan danau.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bengkulu untuk Mengisi Liburan

5. Bukit Basah Dusun Sawah

Bukit Basah Dusun SawahSumber: instagram.com
  • Alamat: Dusun Sawah, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu
  • Jam buka: 24 jam

Luas kawasan wisata alam Bukit Basah mencapai 5 hektare. Tempat ini berada di ketinggian, jadi pengunjung bisa memandang ke arah Kota Curup secara leluasa. Walaupun tempat ini belum dikelola secara maksimal, tempat wisata di Curup ini belakangan cukup diminati oleh pengunjung.

Mereka yang banyak mendatangi tempat ini khususnya adalah para petualang ataupun mereka yang ingin menyaksikan pemandangan alam serta keindahan Kota Curup dari ketinggian ketika malam hari. Bagi yang ingin camping, tempat ini sudah menyiapkan lokasi untuk berkemah.

Tingkat kunjungan tempat ini cukup tinggi hingga dalam satu malam bisa berdiri 20 tenda. Umumnya tempat ini akan ramai sekali saat malam Kamis serta malam Minggu. Bukit Basah Desa Dusun Sawah terletak di Kecamatan Curup Utara yang berada di Kabupaten Rejang Lebong.

6. Air Terjun Curup Lekat

Air Terjun Curup LekatSumber: instagram.com
  • Alamat: Talang Ulu, Curup Tim., Kab. Rejang Lebong, Bengkulu
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0812-7968-0013

Kota Curup mempunyai banyak wisata air terjun yang masih banyak belum tergali hingga saat ini. Salah satu wisata air terjun di Curup adalah Air Terjun Curup Lekat. Lokasinya berada di Kelurahan Karang Anyar yang masuk wilayah Kecamatan Curup Timur.

Sayangnya, wisata air terjun ini nasibnya sama dengan beberapa curup yang berada di Kecamatan Curup Tengah, yakni di kawasan BTN Air Bang serta Perumahan PU. Wisata air terjun ini yang belum tersentuh pembangunan sama sekali. Padahal air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini letaknya sangat dekat dengan jantung Kota Curup.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram