keluyuran web banner

10 Tempat Wisata di Bengkulu untuk Mengisi Liburan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Berada di Sumatera tentu saja Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di sana. Misalnya, mungkin Anda akan berjalan-jalan di beberapa tempat wisata di Palembang. Namun, jangan lupa untuk berkunjung ke Bengkulu karena di provinsi ini juga terdapat sejumlah tempat wisata menarik yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Siapkan waktu, perbekalan, dan diri Anda untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bengkulu. Dapatkan pengalaman wisata yang tidak terlupakan dengan mendatangi tempat-tempat wisata pilihan Keluyuran yang ada di provinsi yang berada di barat daya Sumatera ini.

1. Pantai Lais

Pantai Lais

Berada di Bengkulu Utara, tempat wisata di Bengkulu yang satu ini sangat cocok bagi para wisatawan yang menyukai suasana pantai. Ya, Pantai Lais adalah pantai dengan lokasi strategis yang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, luar kota, hingga mancanegara.

Pantai Lais memiliki jajaran bebatuan karang yang nampak berdiri kokoh di sekitar pantai. Suasana di pantai ini pun tidak terlalu ramai dan sumpek meskipun Pantai Lais sudah banyak dikenal orang. Lokasi Pantai Lais berada sekitar 60 KM dari Bandara Fatmawati yang ada di Kota Bengkulu.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno Tempat Wisata Di Bengkulu

Masyarakat Indonesia pasti mengenal siapa sosok Bung Karno. Ya, presiden pertama di Republik Indonesia ini sempat diasingkan di Bengkulu. Bahkan, Bung Karno bertemu dengan Fatmawati, wanita yang menjahit bendera merah putih untuk proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang juga merupakan ibu dari presiden ke-5 Indonesia, yakni Megawati Soekarnoputri.

Kini, rumah yang didiami oleh Bung Karno saat berada di Bengkulu sudah dibuka menjadi tempat wisata. Anda bisa berkunjung kemari untuk melihat rumah yang sangat bersejarah ini. Bahkan, masih banyak barang-barang peninggalan Bung Karno yang disimpan di sini.

3. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Dinamakan panjang karena garis pantai yang satu ini memiliki panjang sekitar 7 KM. Tak lengkap rasanya jika ke Bengkulu tanpa singgah di Pantai Panjang. Pasalnya, letak pantai ini sangat strategis dan butuh waktu 15 menit saja untuk berkendara ke pantai ini dari pusat Kota Bengkulu.

Berbeda dengan sejumlah pantai yang umumnya berada di kota, Pantai Panjang ini memiliki pasir putih yang sangat bersih. Bahkan, banyak peselancar yang datang ke Pantai Panjang untuk surfing. Di sekitar pantai juga terdapat penginapan, restoran, dan pusat perbelanjaan yang tentunya akan semakin memanjakan wisatawan.

4. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Hampir di setiap wilayah pasti terdapat bangunan bersejarah atau peninggalan zaman penjajahan. Di Bengkulu, ada sebuah benteng peninggalan Inggris, yakni Benteng Marlborough. Benteng ini membelakangi Samudra Hindia. Namun, bagian yang paling penting adalah bentuk bangunan ini.

Benteng Marlborough memiliki bangunan yang mirip dengan kura-kura. Di dalamnya, ada sebuah jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan bangunan. Tempat wisata di Bengkulu ini memang sangat cocok bagi Anda yang tertarik terhadap sejarah atau Anda yang ingin berfoto-foto dengan latar belakang suasana Benteng Marlborough yang tidak terlalu ramai.

5. Kota Curup

Kota Curup

Anda pasti sudah tahu dengan bunga Rafflesia Arnoldi atau yang dikenal dengan nama bunga bangkai. Nah, ketika Anda berada di Bengkulu, singgahlah sejenak di Kota Curup. Ini adalah sebuah ibu kota Kabupaten Rejang Lebong.

Akan tetapi, tempat wisata dan daya tarik dari Bengkulu ini bukan hanga bunga Rafflesia Arnoldi saja, ada sejumlah objek wisata seperti Danau Mas Harus Bastari, Bukit Kaban, dan Suban Air Panas. Jadi, sambil melihat bunga Rafflesia Arnoldi secara langsung, Anda pun bisa berkunjung ke 3 tempat wisata berbeda sekaligus ketika berada di Kota Curup.

6. Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu

Wisata tidak harus selalu mengunjungi taman hiburan atau objek wisata alam. Sesekali Anda juga bisa melakukan wisata sejarah. Selain Rumah Pengasingan Bung Karno, di Bengkulu Anda pun dapat berkunjung ke Museum Negeri Bengkulu.

Museum yang satu ini terbilang cukup lengkap karena memiliki koleksi benda bernuansa sejarah keramologika, filologika, histrorika, arkeologika, geologika, biologika, dan masih banyak lagi. Ada ribuan koleksi benda bersejarah yang bisa Anda lihat di Museum Negeri Bengkulu ini.

Museum yang menempati bangunan yang cukup besar ini buka sejak pukul 8 pagi sampai 1 siang. Sempatkan diri untuk melihat-lihat benda bersejarah di Museum Negeri Bengkulu ini.

7. Pantai Jakat

Pantai Jakat

Masih membahas objek wisata pantai yang ada di Bengkulu, kali ini ada Pantai Jakat yang letaknya hanya 1 KM saja dari pusat Kota Bengkulu. Pantai ini memang tidak memiliki pasir putih yang bersih, tapi kedalaman pantai yang hanya sekitar 1,5 meter membuat Pantai Jakat banyak dikunjungi wisatawan, terutama pada saat akhir pekan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Jakat ini antara lain adalah memancing, watersport, dan juga berenang. Jika Anda menetap di pusat kota Bengkulu, maka Anda hanya perlu waktu sekitar 15 menit saja untuk sampai ke pantai ini.

8. Pulau Tikus

Pulau Tikus

Pulau yang hanya memiliki luas 1,5 hektar ini menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu yang paling favorit. Bagaimana tidak, pulau ini dikelilingi air laut yang sangat jernih. Air laut yang jernih ini membuat banyak wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling atau sekedar melihat keindahan ikan-ikan laut dengan bentuk dan warna yang unik.

Untuk bisa sampai ke pulau yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia ini, Anda harus menyewa kapal nelayan dan menempuh perjalanan selama 1 jam dari Pantai Jakat. Namun, perjalanan tersebut akan terasa tidak sia-sia setelah Anda melihat keindahan Pulau Tikus dan terumbu karang yang mengelilingi pulau ini.

9. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Nama dari danau ini memang sedikit seram. Akan tetapi, pemandangan yang ditawarkan di Danau Dendam Tak Sudah ini begitu indah. Pemandangan bukit hijau yang merupakan cagar alam tampak mengelilingi danau ini.

Udara di sekitar danau juga terasa sejuk sehingga membuat kita betah berada di sini. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh wisatawan kala berkunjung ke Danau Dendam Tak Sudah adalah menyewa rakit untuk berkeliling di sekitar danau.

10. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi adalah bekas pelabuhan pada saat Inggris menduduki Indonesia. Pantai ini masih terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat.

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari atas ketinggian. Bahkan, kita juga bisa menikmati jagung bakar sambil melihat matahari terbenam di pantai ini, lho. Dari Benteng Marlborough, Anda hanya perlu berjalan sekitar 100 meter untuk bisa sampai ke Pantai Tapak Paderi.

Inilah rekomendasi tempat wisata di Bengkulu. Anda bisa mengunjungi satu persatu tempat wisata di atas saat berlibur. Apabila Anda ingin merekomendasikan tempat wisata lainnya yang ada di Bengkulu, tulis nama tempat wisata tersebut di kolom komentar kami.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram