10 Tempat Wisata di Indramayu yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Indramayu adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Laut Jawa. Oleh karena itu, Indramayu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan laut. Di sepanjang pesisirnya yang membentang puluhan kilometer terdapat sejumlah pantai indah dan pelabuhan dengan berbagai aktivitas warga yang menarik untuk disaksikan.

Selain wisata pantai, Indramayu juga menawarkan berbagai alternatif wisata lainnya. Di sini kamu bisa menjelajahi kawasan hutan bakau, kepulauan kecil dengan terumbu karang di Laut Jawa, taman-taman buatan, desa wisata, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Indramayu yang bisa kamu kunjungi.

1. Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong

Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong

*Sumber: Aldin Firdaus via maps.google.com

Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong adalah salah satu objek wisata alam yang paling populer di Indramayu. Di dalam kawasan ini pengunjung bisa melakukan sejumlah kegiatan yang menyenangkan, termasuk menjelajah hutan mangrove dengan perahu, berjalan-jalan di tepi pantai, mengamati beragam spesies burung pantai, dan lain-lain.

Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup terjangkau, sehingga cocok dikunjungi bersama keluarga atau sahabat. Dengan luas sekitar 25 hektar, Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong merupakan tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi. Selain bersenang-senang, kita juga bisa sekaligus belajar mengenali berbagai jenis mangrove yang sangat penting bagi ekosistem.

  • Alamat: Karangsong, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 - 17:00)

2. Taman Cimanuk

Taman Cimanuk

*Sumber: Oki Fajar via maps.google.com

Taman Cimanuk adalah sebuah taman wisata kota atau RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang terletak tidak jauh dari Pendopo Indramayu. Tempat yang cukup asri ini cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman. Jika kamu sedang berada di pusat kota Indramayu, cobalah datang ke taman ini sekedar untuk bersantai dan melepas lelah.

Karena berada di tengah kota, mudah untuk menemukan penjual makanan di sekitar Taman Cimanuk. Selain itu, taman ini juga berdekatan dengan Masjid Agung Indramayu, sehingga memudahkan pengunjung Muslim yang akan beribadah.

  • Alamat: Taman Cimanuk, Penganjang, Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45221
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 - 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)

3. Taman Rekreasi Buyut Banjar Indah

Taman Rekreasi Buyut Banjar Indah

*Sumber: Christian Artditha via maps.google.com

Taman Rekreasi Buyut Banjar Indah adalah sebuah tempat bersejarah yang dipercaya sebagai petilasan Pangeran Surya Negara (tokoh penyiar Agama Islam sekaligus tokoh penentang kekuasaan kolonial Belanda). Kini situs ini telah menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan.

Ada banyak pohon rindang yang tumbuh di area Taman Rekreasi Buyut Banjar Indah, sehingga terasa asri dan sejuk. Di sana telah dibangun berbagai sarana hiburan dan fasilitas penunjang agar pengunjung merasa betah. Salah satu daya tarik utama dari taman wisata ini adalah puluhan monyet liar yang dipercaya jumlahnya selalu tetap.

  • Alamat: Jl. Raya Jatibarang - Karangampel, Bulak, Kec. Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45273
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 - 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)

4. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya

*Sumber: Firman Lukman via maps.google.com

Karena Indramayu berbatasan langsung dengan laut, maka daerah ini pastinya identik dengan wisata pantai. Salah satu pantai yang paling populer dan banyak dikunjungi di Indramayu adalah Pantai Tirtamaya. Objek wisata yang satu ini sangat mudah dijangkau karena dekat dengan jalan raya.

Kamu bisa melakukan banyak hal menarik di Pantai Tirtamaya, seperti menikmati momen matahari terbenam di sore hari, membuat istana pasir, bermain air, menikmati ikan bakar, dan lain sebagainya. Pengelolaan pantai ini sudah cukup baik, sehingga banyak pengunjung yang merasa betah dan puas berada di sana.

  • Alamat: Juntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45282
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 - 17:00)

5. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah

*Sumber: Space Panda via maps.google.com

Pantai Balongan Indah adalah pantai populer lainnya di Indramayu yang berjarak kira-kira 10 menit dari pusat kota. Fasilitasnya yang cukup lengkap membuat Pantai Balongan Indah cocok dijadikan arena rekreasi keluarga. Salah satu di antaranya adalah area permainan untuk anak-anak.

Selain keindahan alam, Pantai Balongan Indah juga menawarkan panorama dermaga yang menambah nilai estetika pantai ini. Pengunjung memiliki kesempatan untuk menyewa perahu nelayan yang ada di dermaga tersebut. Secara keseluruhan, Pantai Balongan Indah adalah pantai yang mesti dikunjungi saat liburan di Indramayu.

  • Alamat: Jalan Raya Balongan, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45217
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 - 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)

6. Pulau Biawak

Pulau Biawak

*Sumber: Shansan Kenandio via maps.google.com

Pulau Biawak yang terletak sekitar 40 km dari pantai Indramayu adalah salah satu tujuan wisata yang populer di kabupaten ini. Pulau ini dapat digapai menggunakan perahu motor dari pelabuhan Karangsong dengan waktu tempuh 3 hingga 4 jam. Sebagai informasi, pulau ini mendapatkan namanya dari satwa biawak yang banyak ditemukan hidup di sana.

Pulau ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Kamu bisa menikmati hijaunya hutan bakau yang asri serta taman laut dengan karang-karang dan berbagai jenis ikan hias yang sangat indah. Jika kamu sudah menjelajahi Kepulauan Seribu di Jakarta, maka pulau di Laut Jawa yang ini harus masuk daftar perjalanan kamu selanjutnya.

7. Pantai Karang Song

Pantai Karang Song

*Sumber: Zafran Akhmadery Arif via maps.google.com

Pantai ini bersebelahan dengan Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong dan berada di sebelah selatan objek wisata tersebut. Kamu akan melewati tempat pelelangan ikan saat menuju Pantai Karang Song, sehingga bisa menjadi pemandangan yang menarik bagi sebagian orang.

Pengelolaan Pantai Karang Song sudah cukup bagus. Di sana sudah dibangun sejumlah fasilitas yang cukup memadai, termasuk tempat parkir kendaraan (roda dua dan empat), tempat ibadah, toilet umum, dan lain sebagainya. Menikmati keindahan pantai sembari menyantap hidangan laut adalah hal yang perlu dicoba di Pantai Karang Song.

  • Alamat: Jl. Pantai Song, Karangsong, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45219
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 - 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)

8. Ciwado Desa Wisata

Ciwado Desa Wisata

*Sumber: Lia Rizkyani via maps.google.com

Dibutuhkan sedikit perjuangan jika ingin berkunjung ke tempat ini. Namun, rasa lelah kamu bisa terbayar lunas dengan keindahan dan panorama alam yang disajikan. Karena berada di ketinggian, tempat ini memiliki udara yang sejuk dan masih cukup jauh dari keramaian. Ciwado Desa Wisata cocok dikunjungi di akhir pekan setelah kamu merasa penat dengan pekerjaan.

Menikmati pemandangan alam adalah tujuan utama para pengunjung yang datang ke sini. Di desa wisata ini terdapat sebuah puncak di mana pengunjung bisa melihat pemandangan kota Indramayu dari atasnya. Tidak disarankan naik ke puncak saat musim hujan karena jalanannya bisa cukup licin dan berbahaya.

  • Alamat: Desa Ciwado, Cikawung, Kec. Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45262
  • Jam buka: Setiap hari (07:00 - 16:00)
  • Telepon: 0831-6251-5455

9. Tiga Bintang Firdaus Waterpark

Tiga Bintang Firdaus Waterpark

*Sumber: Tiga Bintang Firdaus Waterpark via maps.google.com

Karena suhu udara di Indramayu cukup panas, maka berenang adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Di Indramayu terdapat beberapa taman air yang populer, salah satunya adalah Tiga Bintang Firdaus Waterpark yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Di sana terdapat kolam renang yang dilengkapi dengan sejumlah wahana, seperti seluncuran, ember tumpah dan terapi ikan. Selain itu terdapat pula taman satwa, gazebo, dan berbagai spot keren untuk berswafoto. Terletak di kawasan yang asri, Tiga Bintang Firdaus Waterpark cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta.

  • Alamat: Jatimulya, Kec. Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45262
  • Jam buka: Setiap hari (09:00 - 16:00)
  • Telepon: 0831-4827-3343

10. Masjid Agung Indramayu

Masjid Agung Indramayu

*Sumber: Awlan via maps.google.com

Nah, bagi yang Muslim, Masjid Agung Indramayu adalah salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat sedang jalan-jalan di pusat kota Indramayu. Masjid ini memiliki area bagian dalam dan luar yang cukup luas. Jadi, selain beribadah, kamu juga bisa beristirahat di sekitar masjid yang nyaman setelah lelah jalan-jalan di pusat kota.

  • Alamat: Alun-Alun, Margadadi, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45212
  • Jam buka: Setiap hari
  • Telepon: (0234) 271517

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Indramayu yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk mempersiapkan perjalananmu dengan baik agar menjadi momen yang tidak mudah dilupakan. Oh iya, saat ke Indramayu juga jangan lupa untuk beli oleh-oleh dan Anda bisa baca referensi oleh-olehnya di artikel ini, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram