10 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Masih membahas seputar tempat wisata dari provinsi dan kota yang berada di Pulau Sumatera. Setelah puas membahas tempat wisata di Bengkulu dan Palembang, kini kami ingin mengajak Anda untuk berjalan-jalan sejenak ke Jambi. Provinsi yang berada di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera ini ternyata menyimpan beberapa tempat wisata yang sangat menawan, lho.

Jika Anda tinggal di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, atau Papua, Anda bisa membeli tiket pesawat dengan tujuan ke Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin di Kota Jambi. Setelah itu, Anda bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jambi yang sangat menawan seperti yang direkomendasikan Keluyuran berikut ini.

10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Jambi

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Apabila Anda adalah salah seorang pecinta alam, Anda tentu akan sangat menyukai tempat wisata di Jambi yang satu ini. Ya, Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia. Bahkan, gunung ini memiliki status sebagai gunung berapi yang masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009.

Pesona dari Gunung Kerinci ini memang tidak ada duanya. Dari puncak gunung kita bisa melihat Samudra Hindia dengan sangat jelas. Kemudian, ada pula kawah berisi air berwarna hijau dan Danau Bento yang merupakan rawa dengan air yang jernih. Lakukan wisata alam dengan melakukan pendakian di Gunung Kerinci ini kala Anda sedang berada di Jambi.

2. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi Tempat Wisata Di Jambi

Apakah Anda berpikir bahwa Candi Borobudur adalah kompleks candi yang paling luas di Indonesia? Nah, cobalah untuk berkunjung ke Candi Muaro Jambi karena kompleks yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia ini diklaim sebagai kompleks candi terluas di Indonesia.

Candi ini diklaim sebagai peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Anda bisa berkunjung ke candi ini untuk sekedar jalan-jalan dan berfoto. Bahkan, Anda bisa melihat bekas perkakas rumah tangga peninggalan zaman dulu kala yang menjadi bukti bahwa kawasan candi ini pernah menjadi tempat tinggal bagi para biksu.

3. Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing

Meskipun jaraknya sejauh 300 KM dari pusat Kota Jambi, tapi Air Terjun Sigerincing ini tetap menjadi objek wisata alam favorit yang harus Anda kunjungi ketika berada di Jambi. Air terjun setinggi 62 meter ini terletak di Desa Tuo, Kec. Lembah Mesurai, Merangin, Jambi.

Air yang mengalir di sungai yang berada di bawah air terjun ini jernih dan dingin. Tak heran jika banyak wisatawan yang berenang sekaligus bermain air di sungai tersebut. Karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota, Air Terjun Sigerincing ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

4. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Setelah landing di Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin, Anda bisa langsung singgah di tempat wisata di Jambi yang letaknya hanya sekitar 500 meter dari bandara tersebut. Adalah Taman Mini dan Taman Rimba Jambi yang menawarkan tempat wisata yang sangat edukatif.

Di Taman Mini, Anda akan menemukan miniatur adat dan budaya dari Provinsi Jambi. Sementara itu, di Taman Rimba terdapat koleksi flora dan fauna yang cukup lengkap. Konsep tempat wisata budaya dengan kebun binatang ini cukup unik, bukan?

5. Danau Sipin

Danau Sipin

* sumber: wisatasumatera.com

Ingin wisata kuliner di Jambi? Datanglah ke Danau Sipin karena danau ini merupakan tempat budidaya ikan air tawar, seperti mujaer dan nila. Jadi, ketika datang kemari Anda akan melihat para nelayan yang menangkap ikan dari danau ini. Wisatawan yang datang ke Danau Sipin bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Setelah puas berkeliling di danau, jangan lupa mampir di warung-warung yang berada di sekitar Danau Sipin ini. Cicipi berbagai kuliner khas yang tersedia di sana. Anda juga bisa menyantap ikan hasil tangkapan dari danau ini, lho.

6. Istana Sultan Thaha Syaifuddin

Istana Sultan Thaha Syaifuddin

Pahlawan nasional asal Jambi yang namanya juga digunakan untuk bandara di Jambi ini adalah Sultan Thaha Syaifuddin. Beliau adalah kebanggaan masyarakat Jambi meskipun namanya tidak banyak disinggung dalam pelajaran sejarah.

Di Jambi terdapat istana milik Sultan Thaha Syaifuddin yang juga menjadi makam beliau sendiri. Pemerintah setempat memutuskan bahwa istana ini masuk ke dalam cagar alam yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. Wisatawan yang ingin berkunjung atau berziarah kemari bisa langsung datang ke Istana Sultan Thaha Syaifuddin yang ada di Muara Tebo, Kec. Tebo Ilir, Tanah Garo, sekitar 160 KM dari Kota Jambi.

7. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro

Bila sedang berada di Jambi, jangan lupa untuk mengunjungi kebun teh tertua di Indonesia. Ya, Kebun Teh Kayu Aro sudah ada sejak zaman kolonial, tepatnya pada tahun 1925. Lantas, apa perbedaan kebun teh ini dengan kebun teh lainnya yang ada di Indonesia? Tentu saja berbeda, Kebun Teh Kayu Aro ini  adalah kebun teh terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah Kebun Teh Darjeeling di India.

Tak hanya itu saja, tanaman teh yang ditanam di sini adalah jenis Teh Ortodox yang dikenal sebagai teh hitam dengan kualitas yang terbaik. Udara sejuk di kebun teh seluas 2.500 hektar ini membuat kita merasa betah ketika berada di sini.

8. Monas Jambi

Monas Jambi

Bukan hanya Jakarta saja, lho, yang punya Tugu Monas. Di Jambi ternyata juga ada Monas. Landmark Jambi ini menjadi salah satu tempat wisata di Jambi yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota ini. Meskipun tidak setinggi monas yang ada di Jakarta, tetapi bentuk kedua monas ini cukup mirip satu sama lain.

Hal yang membedakan Monas Jambi dengan monas asli yang ada di Jakarta adalah keberadaan 4 buah jam dinding yang ada di setiap sisi Monas Jambi. Di sore dan malam hari, banyak muda-mudi dan keluarga yang bersantai di sekitar monas Jambi ini.

9. Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman Anggrek Sri Soedewi

Refreshing tidak harus pergi ke pantai atau gunung. Di tengah Kota Jambi, ada taman dengan puluhan jenis anggrek cantik yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk refreshing. Ada sekitar 60 jenis anggrek di taman seluas 2,5 hektar ini.

Tak hanya pecinta tanaman anggrek saja yang sering datang kemari, wisatawan dari dalam dan luar Kota Jambi pun sering kemari untuk sekedar berfoto-foto. Taman Anggrek Sri Soedewi ini berada di depan kantor Gubernur Jambi.

10. Kolam Renang Tepian Rajo

Kolam Renang Tepian Rajo

Terakhir, ada Kolam Renang Tepian Rajo yang sangat banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Kolam renang yang jaraknya hanya 6 KM dari pusat Kota Jambi ini menyediakan kolam renang untuk dewasa maupun anak-anak. Tak hanya dapat digunakan oleh masyarakat umum, Kolam Renang Tepian Rajo juga kerap kali dijadikan tempat latihan bagi para atlet atau menggelar pertandingan polo air.

Tempat Wisata di Jambi Lainnya

Masih ingin jalan-jalan di Jambi? Tak usah khawatir, Keluyuran masih punya rekomendasi tempat wisata lainnya yang wajib Anda kunjungi saat sedang berlibur di jambi. Berikut daftar lengkapnya:

11. Jambi Paradise

Jambi Paradise

* sumber: www.triptrus.com

Kalau Anda sedang mencari tempat wisata di Jambi yang sedang hits, Jambi Paradise adalah jawabannya. Ini adalah tempat wisata yang menarik karena di dalamnya terdapat sejumlah wahana permainan dan spot foto yang unik. Terdapat danau yang cukup luas sehingga membuat tempat wisata ini kian menarik.

Adapun aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah bermain flying fox, berkeliling danau dengan menggunakan perahu, sampai berwisata kuliner. Lokasi Jambi Paradise ini juga terbilang cukup strategis karena letaknya hanya berjarak 7 KM dari Bandara Thaha Syafuddin Jambi.

12. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo

* sumber: www.triptrus.com

Wisata tidak harus mengunjungi objek-objek wisata. Di Jambi, Anda bisa berwisata kuliner di Tanggo Rajo. Tempat ini sejenis Pantai Losari atau Alun-alun Kapuas, di mana kita bisa menikmati berbagai kuliner di tepi perairan. Duduk manis sambil menikmati makanan di sini akan terasa asyik, apalagi ada pemandangan Sungai Batanghari di hadapan kita.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah kuliner menikmati makanan, seperti jagung bakar, sate, dan jajanan lainnya. Selain itu, banyak juga wisatawan yang memancing di dekat kawasan ini. Wisata yang asyik di Jambi ternyata tidak harus mengeluarkan banyak uang, bukan?

13. Jembatan Gentala Arasy

Jembatan Gentala Arasy

* sumber: www.viva.co.id

Setelah puas berkuliner di Tanggo Rajo, saatnya berkunjung ke tempat wisata di Jambi yang juga menjadi landmark, yaitu Jembatan Gentala Arasy. Jembatang yang berdiri di atas Sungai Batanghari ini berbentuk huruf "S". Konon, pembangunan jembatan yang cantik ini menghabiskan dana hingga 7 milyar rupiah.

Jembatan Gentala Arasy adalah jembatan pedestrian, yakni jembatan yang dikhususkan untuk pejalan kaki saja, sehingga tidak ada kendaraan yang melintas di atas jembatan ini. Pada malam hari, Jembatan Gentala Arasy ini semakin terlihat menawan berkat lampu warna-warni yang menghiasinya.

14. Kampoeng Radja

Kampoeng Radja

Taman wisata yang satu ini juga merupakan tempat rekreasi keluarga yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Jambi. Kampoeng Radja adalah tempat yang menyediakan berbagai wahana permainan yang sangat menghibur. Tempat wisata di Jambi yang satu ini selalu dipadati pengunjung saat akhir pekan atau peak season.

Apa saja wahana permainan yang terdapat di Kampoeng Radja? Ada flying fox, mobil golf, waterpark, bebek air, kolam pancing, dan masih banyak lagi. Menghabiskan waktu seharian di sini memang sangat menyenangkan. Jadi, masukkan Kampoeng Radja ke dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jambi.

15. Masjid Agung Al-Falah

Masjid Agung Al-Falah

* sumber: www.triptrus.com

Tak lengkap rasanya perjalanan Anda di Jambi bila tidak berkunjung ke salah satu masjid yang terkenal di sana, yaitu Masjid Agung Al-Falah. Masjid yang mendapat julukan sebagai "masjid seribu tiang" ini ditopang oleh 256 tiang. Sirkulasi udara di dalam masjid sangat baik karena keberadaan tiang-tiang penyangga tersebut.

Masjid agung ini bisa menampung hingga 10 ribu jamaah. Anda bisa berkunjung kemari untuk menunaikan ibadah sholat. Sesudahnya, Anda bisa berfoto-foto di halaman masjid dengan latar belakang bangunan masjid yang megah ini.

Melihat daftar tempat wisata di Jambi ini kita jadi mengetahui bahwa Jambi memiliki berbagai jenis objek wisata yang lengkap. Jika ada tempat wisata lain yang berada di Jambi tapi belum kami bahas di sini, tulis nama tempat wisata tersebut di kolom komentar di bawah ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram