10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Sudah berada di Surabaya atau Malang, tetapi Anda belum memiliki rencana untuk berlibur? Cobalah untuk merencanakan liburan ke kota-kota terdekat dari Surabaya atau Malang. Jika Anda berada di Surabaya, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Madura. Namun, jika ingin berwisata ke tempat yang sedikit jauh, Anda dapat melakukan perjalanan ke Kediri.

Kediri memiliki julukan sebagai kota tahu. Mengapa dinamakan kota tahu? Karena banyak distributor tahu di kota ini. Selain dikenal sebagai kota tahu, Kediri juga menyimpan beberapa objek wisata yang sangat menarik. Penasaran dengan tempat wisata di Kediri yang harus Anda kunjungi? Simak liputan dari Keluyuran berikut ini.

1. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Bagi Anda pecinta alam dan gemar dengan berbagai kegiatan yang menyatu dengan alam, tempat wisata di Kediri yang satu ini pasti akan Anda sukai. Adalah Air Terjun Dolo yang terletak di 1.800 mdpL. Air terjun setinggi 125 meter ini berada di lereng Gunung Wilis. Karena berada di dataran tinggi, maka airnya sangat dingin dan jernih.

Sekitar 4 KM dari kawasan air terjun ada villa yang disewakan untuk wisatawan. Ada pula beberapa fasilitas penunjang lainnya, seperti jogging track, playground, camping ground, mushola, dan WC umum. Air terjun Dolo hanya sekitar 25 KM saja dari pusat Kota Kediri.

2. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul Tempat Wisata Di Kediri

Bisa dibilang bahwa Monumen Simpang Lima Gumul ini adalah “Arc de triomphe”-nya Kediri. Bagaimana tidak, monumen ini memang nampak mirip dengan monumen yang ada di Paris ini. Bangunan yang diresmikan pada tahun 2008 ini memang menjadi landmark Kota Kediri. Rasanya tidak afdol jika Anda ke Kediri tanpa berkunjung dan berfoto di Monumen Simpang Lima Gumul ini.

Setiap sore dan malam hari, banyak masyarakat kota Kediri yang nongkrong di sekitar monumen ini. Bangunan ini adalah titik pertemuan 5 jalan menuju ke Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren, dan Plosoklaten.

3. Gunung Kelud

Gunung Kelud

Pesona dari gunung berapi aktif ini memang tidak bisa ditampik begitu saja. Ya, Gunung Kelud yang berada di Kediri ini memang tidak memiliki kawah berwarna, tetapi pengunjung bisa melihat kubah lava yang menjadi daya tarik tersendiri di gunung ini.

Tidak hanya pendaki gunung saja yang kerap kali berkunjung kemari, wisatawan juga banyak yang datang ke gunung yang terakhir meletus pada tahun 2014 ini. Jalanan di gunung ini sudah diaspal sehingga aman dan tidak terjal. Berani mengunjungi gunung berapi yang letaknya 27 KM di sebelah timur Kota Kediri ini?

4. Gua Maria Pohsarang

Gua Maria Pohsarang

Gua Maria Pohsarang adalah tempat wisata di Kediri yang juga menjadi tempat ziarah bagi umat yang beragama Katolik. Lokasi tempat ini berada sekitar 10 KM dari pusat Kota Kediri. Yang membuat gua ini unik adalah letaknya yang berada di lereng Gunung Wilis, yakni sekitar 400 mdpL dan keberadaan patung Maria yang mirip dengan yang ada di Gua Maria Lourdes, Perancis.

Ada pula 12 patung perhentian Jalan Salib Yesus yang berada di kawasan Gua Maria ini. 12 perhentian ini biasa digunakan umat untuk ibadah Jalan Salib pada saat menjelang hari raya Paskah. Udara sejuk di Gua Maria Pohsarang dan suasananya yang tenang karena jauh dari hingar bingar membuat kita betah untuk berlama-lama di sini.

5. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

Sekitar 20 KM dari Kota Kediri, ada air terjun yang tidak kalah mempesona dari Air Terjun Dolo, yakni Air Terjun Irenggolo. Kawasan air terjun ini sudah dikelola menjadi tempat wisata. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya taman bermain, camping ground, dan jogging area di sekitar air terjun ini.

Di kawasan air terjun ini juga terdapat hutan pinus yang sangat teduh. Anda bisa mengajak keluarga untuk piknik di hutan pinus tersebut. Jika ingin refreshing dan menyatu dengan alam, Air Terjun Irenggolo ini adalah destinasi wisata yang paling tepat.

6. Candi Surawana

Candi Surawana

Candi bercorak Hindu ini berada di Kecamatan Pare, Kediri. Walaupun tidak sebesar dan seluas Candi Borobudur atau Prambanan, tetapi Candi Surawana ini tetap menjadi objek wisata sejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pengunjung diperbolehkan untuk naik ke atas candi jika ingin berfoto.

Taman kecil di sekitar Candi Surawana ini juga masih nampak asri. Anda bebas berfoto di mana saja, tetapi jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan agar kebersihan di sekitar candi ini tetap terjaga.

7. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island

Berlibur dengan membawa buah hati Anda yang masih kecil? Tak masalah karena di Kediri ada sebuah tempat wisata yang pasti sangat disukai oleh anak-anak, yaitu Gumul Paradise Island. Taman bermain air ini berada di lahan yang cukup luas. Meskipun berada di kota kecil, tetapi Gumul Paradise Island termasuk salah satu waterpark yang besar dan tergolong sangat lengkap.

Ada berbagai wahana yang bisa dicoba ketika berkunjung kemari, seperti slide kecepatan, slide tubuh, kolam tumpah, boomerang, flying fox, dan masih banyak lagi. Gumul Paradise Island berlokasi di Desa Tugurejo, Kec. Gampengrejo, Kediri.

8. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan

Tempat wisata di Kediri berikutnya merupakan kawasan wisata terpadu dengan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Adalah Sumber Ubalan yang merupakan kawasan hutan lindung dan sudah dikelola oleh pemerintah setempat agar menjadi tempat rekreasi yang nyaman. Sumber Ubalan berjarak sekitar 18 KM dari pusat Kota Kediri.

Di tempat ini, wisatawan bisa menyewa sepeda air. Tak hanya itu saja, Sumber Ubalan juga memiliki fasilitas hiburan lainnya, seperti kolam renang, kolam pancing, dan panggung hiburan. Tempat ini selalu ramai setiap hari dan mencapai puncaknya setiap akhir pekan.

9. Museum Fotografi

Museum Fotografi

Sebelum ada kamera DSLR atau kamera smartphone, ternyata ada kamera dari zaman dulu yang menjadi pelopor kamera modern dewasa ini. Nah, ungkap semua sejarah fotografi dengan bertandang ke Museum Fotografi yang berada di Jalan Kapten Tendean 66/160, Ngronggo, Kediri ini.

Selain mengenalkan revolusi kamera dari zaman ke zaman, di museum ini juga banyak hasil foto yang dipajang di dinding. Ajak anak-anak Anda ke museum ini untuk memberikan pengetahuan umum seputar dunia fotografi.

10. Kediri Waterpark

Kediri Waterpark

Tak hanya Gumul Paradise Island saja, waterpark lainnya yang ada di kota tahun ini adalah Kediri Waterpark. Daya tarik dari waterpark ini ada pada waterslide terpanjang se-Indonesia dan se-Asia.

Meskipun namanya adalah waterpark, tetapi tempat ini juga menawarkan wahana yang tidak berada di air, seperti monorail yang beroperasi pada malam hari untuk melihat pemandangan Kota Kediri dari ketinggian dan gondola. Kediri Waterpark berlokasi di Desa Pagung, Kec. Semen (lereng Gunung Wilis), Kediri.

Bagaimana ulasan mengenai tempat wisata di Kediri ini? Sangat menarik bukan? Yuk, ajak sahabat atau keluarga untuk berkunjung ke Kediri. Bila ada tempat wisata lain di Kediri yang belum kami bahas di sini, silakan menuliskan nama tempat wisata tersebut di kolom komentar ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram