10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Ketika Anda hendak berlibur ke Malaysia, salah satu kota yang akan menjadi destinasi utama Anda tentu saja Kuala Lumpur. Ya, ibu kota dari Malaysia yang satu ini memang nampak megah dan memiliki beberapa objek wisata yang menarik. Kuala Lumpur adalah surga wisata jalan-jalan, bermain, belanja, hiburan, dan kuliner. Semua yang Anda cari saat liburan semuanya ada di kota ini.

Selain itu, tiket pesawat terbang dari Indonesia ke Kuala Lumpur juga cukup terjangkau. Ditambah setiap tahun selalu ada promo menarik yang diselenggarakan oleh salah satu maskapai penerbangan low cost carrier dengan rute kota-kota besar di Indonesia menuju ke Kuala Lumpur. Yuk, cek masa berlaku paspor Anda dan segera rencanakan untuk mengunjungi tempat wisata di Kuala  Lumpur berikut ini.

1. Menara Kembar Petronas Malaysia

menara petronas

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata di Kuala Lumpur yang satu ini? Bahkan, saking tersohornya Menara Kembar Petronas ini sudah diakui sebagai landmark dari Malaysia. Bahkan, belum ke Kuala Lumpur rasanya jika Anda tidak berfoto dengan latar belakang Menara Kembar Petronas ini.

Kedua menara ini memiliki tinggi 452 meter dan 88 lantai. Ada sebuah jembatan bernama skybridge yang menghubungkan kedua menara ini. Wisatawan diperbolehkan masuk ke dalam Menara Petronas karena di dalamnya terdapat mall, bioskop, restoran, dan toko souvernir. Namun jika ingin menaiki skybridge, Anda harus membayar biaya tambahan lagi.

Untuk berfoto dengan latar Menara Petronas ini, Anda bisa menuju halaman depan ataupun belakangnya. Sangat disarankan untuk membawa lensa wide karena sangat sulit untuk memotret keseluruhan menara jika hanya mengandalkan kamera handphone saja. Jika tidak mau repot, di sana biasanya ada orang yang menyewakan lensa wide portable yang bisa dipasang di handphone Anda.

2. Pusat Kota Kuala Lumpur (KLCC)

KLCC

KLCC adalah singkatan dari Kuala Lumpur City Centre, yang merupakan sebuah kawasan pusat perbelanjaan terkenal di Kuala Lumpur. Selain mall, di KLCC ini juga terdapat hotel maupun apartment.

KLCC berada di kawasan yang sama dengan Menara Kembar Petronas. Namun, bagi backpacker hemat sebaiknya tidak berbelanja atau makan di KLCC, karena harga barang atau makanan di kawasan ini sangat mahal. Jadi, bila Anda sedang menghemat pengeluaran, sebaiknya Anda cuci mata saja di kawasan KLCC ini.

3. Aquaria KLCC

Aquaria KLCC

Aquaria KLCC adalah tempat wisata anak dan umum yang menawarkan pemandangan berbagai jenis ikan laut yang sangat cantik dan unik. Anak-anak pasti akan sangat gembira ketika diajak mengunjungi Aquaria KLCC. Sesuai namanya, tempat ini berada di wilayah KLCC alias Kuala Lumpur City Center, cukup dekat dengan menara kembar Petronas.

Selain menawarkan pemandangan bawah laut, ada pula atraksi yang menarik minat pengunjung, seperti penyelam yang memberi makan ikan. Di dalam Aquarium KLCC juga terdapat restoran dan toko souvenir yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Menara Kuala Lumpur

Menara tempat wisata di Kuala Lumpur

Ada Menara Kembar Petronas, ada pula Menara Kuara Lumpur. Menara ini tidak setinggi Petronas, karena tinggi Menara Kuala Lumpur hanya 420 meter saja. Akan tetapi, menara ini juga menjadi salah satu landmark Kuala Lumpur yang wajib dikunjungi.

Untuk sampai ke sini, Anda bisa menggunakan MRT atau fasilitas bus gratis. Dari puncak menara ini Anda bisa melihat keseluruhan Kota Kuala Lumpur melalui sudut pandang 360 derajat. Tak hanya itu saja, di puncak restoran juga terdapat restoran mewah, sehingga Anda bisa bersantap dengan view Kota Kuala Lumpur dari ketinggian.

5. Bukit Bintang Walkway

Bukit Bintang Walkway

Tempat wisata di Kuala Lumpur ini mendapat julukan sebagai The Golden Triangle atau segitiga emas. Ya, Bukit Bintang Walkway Malaysia ini merupakan segitiga emas Kuala Lumpur. Bukit Bintang adalah tempat belanja di Kuala Lumpur sekaligus surganya pecinta kuliner. Di sini juga terdapat banyak hotel murah yang sering dijadikan pilihan oleh para wisatawan asing.

Pusat perbelanjaan di Bukit Bintang umumnya memiliki tenant yang menjual barang-barang branded dengan banyak promo yang menarik. Namun, terdapat juga toko-toko yang menjual barang dengan dengan harga yang murah meriah.

Bukit Bintang Walkway Malaysia selalu dipadati oleh pengunjung, terutama saat malam hari. Di beberapa sudut jalan, Anda juga bisa menikmati hiburan berupa live music dari penyanyi lokal. Menariknya, lagu-lagu asal Indonesia sangat sering sekali dinyanyikan. Bahkan terkadang para penontonnya juga ikut berjoged bersama ketika penyanyinya membawakan lagu dangdut khas Indonesia.

6. Alor Street

Alor Street

Setelah puas berwisata belanja, Anda bisa mencicipi berbagai makanan yang dijajakan di kawasan Jalan Alor yang masih berada di wilayah Bukit Bintang. Jalan Alor adalah surga bagi Anda yang sangat mencintai kegiatan wisata kuliner.

Di sepanjang Jalan Alor ini terdapat berbagai depot maupun jajanan kaki lima yang membuat perhatian Anda teralih saat sedang melintas di Jalan Alor sembari menghirup aroma berbagai masakan yang nampaknya sangat lezat. Berbagai makanan dijual di sini, mulai dari makanan ringan, buah-buahan, minuman, hingga makanan berat.

Jenis makanan yang dijual pun cukup beragam, mulai dari makanan lokal Malaysia hingga makanan khas dari negara lainnya seperti Indonesia, Thailand, Tiongkok, Arab, dan India. Tidak sedikit penjualnya yang berasal dari Indonesia sehingga Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dengan bahasa Indonesia.

Jalan Alor akan sangat ramai di malam hari. Namun, jika Anda berminat untuk menyantap hidangan seafood di Alor Street ini, sebaiknya Anda waspada dan tanyakan harganya terlebih dahulu agar tidak kaget ketika membayar tagihannya.

7. Batu Caves

batu caves

Tempa wisata yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan jika Anda tidak mampir sesaat selama berada di Malaysia. Batu Caves adalah tempat ibadah bagi umat Hindu di Malaysia. Di sini terdapat patung Dewa Murugan tertinggi di dunia yang sering menjadi icon dari Batu Caves ini.

Di belakang patung tersebut terdapat bukit yang bisa dinaiki denga mendaki tangga sebanyak 272 anak tangga. Namun, sesampainya di puncak Anda akan menyadari mengapa Batu Caves ini sangat worth untuk dikunjungi walaupun Anda harus menempuh sekitar 272 anak tangga. Di sepanjang tangga menuju ke puncak Batu Caves sering terdapat monyet-monyet yang berusaha untuk mengambil makanan yang Anda bawa.

gua ramayana

Di area yang lainnya juga terdapat Gua Ramayana yang bisa Anda masuki dengan membeli tiket terlebih dahulu. Sebelum masuk, Anda akan disambut oleh sebuah patung Hanoman besar dan sebuah kuil tempat beribadah umat Hindu.

Di dalam Gua Ramayana terdapat patung-patung indah yang menggambarkan kisah Ramayana. Suasana khas gua juga sangat terasa di sini. Nmaun jika ingin berfoto, pastikan Anda membawa kamera yang mampu memotret dengan baik di kondisi yang minim cahaya.

8. Chinatown Petaling Street

Chinatown Petaling Street

Tempat wisata di Kuala Lumpur yang satu ini juga tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan dari luar Kuala Lumpur, yaitu Chinatown Petaling Street. Ini adalah sebuah kawasan pecinan yang dimiliki Kuala Lumpur. Chinatown adalah surga bagi wisatawan yang ingin berbelanja barang-barang murah atau berwisata kuliner.

Di sini, ada beragam jenis barang yang dijual mulai dari tas, baju, dompet, sepatu, obat-obatan, sampai dengan mainan anak ada di sini. Menariknya, di Chinatown ini kita melakukan tawar-menawar dengan penjual. Jangan lupa untuk menawar sebesar 50 persen dari harga awal karena pedagang di sini akan menaikkan harga barangnya ketika mengetahui bahwa pembelinya adalah turis.

9. Central Market

central market

Belum puas berbelanja di Petaling Street? silakan mampir ke Central Market. Ya, tidak jauh dari Petaling Street ada tempat belanja lainnya yang menjadi favorit para wisatawan yakni Central Market atau yang biasa disebut juga sebagai Pasar Seni. Di tempat ini Anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Malaysia, mulai dari cokelat, manisan mangga, teh tarik instant, dan masih banyak lagi.

Selain makanan, terdapat juga berbagai macam oleh-oleh lainnya mulai dari pakaian, gantungan kunci, miniatur, hingga kerajinan khas Malaysia. Jika Anda belum menentukan oleh-oleh apa yang ingin dibeli, maka Anda bisa membaca rekomendasi dari kami di artikel 10 oleh-oleh khas Malaysia yang wajib dibeli.

10. Dataran Merdeka

Dataran Merdeka

Kuala Lumpur memiliki sejumlah tempat wisata yang cukup lengkap, salah satunya adalah tempat wisata sejarah yang sangat terkenal, yaitu Dataran Merdeka. Di sini, kita bisa menikmati pemandangan bangunan tua yang masih dirawat dengan baik. Dataran Merdeka sendiri merupakan saksi bisu pengibaran bendera Federasi Malaysia untuk pertama kali setelah dijajah oleh Inggris.

Yang membuat Dataran Merdeka ini banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah ketersediaan objek wisata yang bisa dikunjungi secara gratis. Di sekitar lapangan ini terdapat Masjid Jamek, Katedral St. Mary The Virgin, Museum Musik, sampai tulisan "I ♥ KL" yang biasa dijadikan sebagai tempat berfoto bagi para wisatawan mancanegara.

11. Berjaya Times Square Theme Park

Berjaya Times Square Theme Park

Ingin mengajak si kecil bermain di theme park saat berlibur di Kuala Lumpur? Ajak saja ke Berjaya Times Square Theme Park. Taman hiburan indoor ini berlokasi di lantai 5 pusat perbelanjaan Berjaya Times Square. Mengingat tempatnya indoor, Anda bisa mengajak buah hati bermain di sini kapan saja meskipun sedang hujan.

Walaupun tempatnya berada di dalam mall, wahana yang tersedia di sini cukup banyak. Total kurang lebih ada 20-an wahana permainan yang tersedia, mulai dari Supersonic Oddysey Roller Coaster, Robo Crash, Molly-Cool's Swing, Haunted Journey, Kidz Theater, dan masih banyak lagi. Bukan cuma untuk anak-anak saja, orang dewasa juga bisa bermain di Berjaya Times Square Theme Park.

12. Lake Gardens

taman tasik perdana

Lake Gardens atau yang dikenal dengan nama Taman Tasik Perdana adalah sebuah tempat wisata di Kuala Lumpur yang cukup populer. Taman seluas 91 hektar ini berada di tengah kota sehingga memudahkan wisatawan untuk datang berkunjung. Kondisi tamannya sendiri sangat asri dan bersih sehingga membuat kita betah berada di sini.

Taman ini bukan sekedar taman kota biasa. Pasalnya, Anda akan menemukan taman rusa, taman anggrek, taman kembang sepatu, dan sejumlah monumen nasional di sini. Jika Anda suka dengan dunia astronomi, maka Anda juga bisa mengunjungi Planetarium Negara yang ada di kawasan taman ini.

Bagi Anda yang ingin bersepeda santai, di taman ini juga menyewakan sepeda dengan biaya 3 RM selama 30 menit. Terdapat juga mobil wisata yang bisa Anda tumpangi untuk berkeliling taman yang sangat luas ini.

13. Taman Burung Kuala Lumpur

Taman Burung Kuala Lumpur

Bird Park alias Taman Burung Kuala Lumpur masih ada di kawasan Taman Tasik Perdana. Tempat wisata di Kuala Lumpur yang satu ini menjadi habitat bagi aneka spesies burung yang unik.

Pengunjung yang datang ke taman burung ini juga diperbolehkan untuk memberi makan burung. Tempatnya yang sangat luas, lega, dan asri membuat burung-burung seperti merasa sedang berada di habitat aslinya.

14. Kuala Lumpur Butterfly Park

Kuala Lumpur Butterfly Park

Berada dalam satu lokasi yang sama dengan Kuala Lumpur Bird Park, taman kupu-kupu bernama Kuala Lumpur Butterfly Park ini merupakan salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang wajib Anda singgahi. Ini adalah tempat yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Suasana sejuk karena banyak tanaman-tanaman hijau di dalamnya akan membuat pengunjung betah berada di sini. Apalagi kita bisa melihat kupu-kupu dengan berbagai warna yang cantik berterbangan dengan lincah. Ada juga kupu-kupu unik yang sudah diawetkan di tempat ini.

15. Museum Kesenian Islam Malaysia

Museum Kesenian Islam Malaysia

Bagi umat Islam yang sedang berjalan-jalan ke Kuala Lumpur, sempatkan diri untuk mampir ke Museum Kesenian Islam Malaysia. Museum yang berada di jantung Kota Kuala Lumpur ini menyajikan ilmu pengetahuan dan sejarah tentang peradaban Islam.

Tak hanya menceritakan tentang sejarah Islam di negeri jiran saja, tetapi Museum Kesenian Islam Malaysia ini juga menunjukkan tentang sejarah Islam di dunia. Di dalam museum terdapat ruang untuk wisatawan dapat beristirahat dengan nyaman, restoran, hingga toko cindera mata.

Catatlah berbagai tempat wisata di Kuala Lumpur yang sangat worth untuk dikunjungi. Ketika Anda sudah memperoleh tiket dan menentukan tanggal keberatan, maka Anda hanya perlu menunggu waktu keberangkatan Anda dan segera kunjungi tempat-tempat wisata di atas untuk mengisi liburan Anda kali ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram