10 Tempat Wisata di Nganjuk untuk Menghabiskan Akhir Pekan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap daerah di Pulau Jawa memiliki banyak destinasi wisata yang menyimpan beragam keunikan. Semua tujuan wisata yang ada tidak hanya dari destinasi wisata berbau alam saja, akan tetapi ada segudang tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi khususnya di Jawa Timur dan salah satunya di Nganjuk.

Untuk kamu yang penasaran dengan tempat wisata di Nganjuk, simak ulasan dari Keluyuran yang mengulas tentang tempat wisata menarik di Ngajuk berikut ini ya!

1. Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning

Banyak destinasi wisata alam dengan bentuk air terjun tersaji di Nganjuk. Salah satu air terjun paling populer di kota satu ini adalah Roro Kuning. Bukan hanya menyajikan pemandangan cantik, akan tetapi dari akses menuju ke air terjun Roro Kuning cukup cukup mudah.

Wisata alam di Nganjuk cukup banyak dan mudah diakses. Ditambah setiap destinasi wisata ada beberapa kisah menarik yang patut dicermati. Air terjun Roro Kuning ini dipercaya menjadi air terjun yang bisa menyembuhkan putri pada masa lalu, bahkan sekarang pun masih dipercaya bisa menyembuhkan beragam gangguan kesehatan.

Lokasi air terjun Roro Kuning berada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kota Nganjuk. Terdapat fasilitas seperti tempat makan di sekitar lokasi, dan area parkir.

  • Alamat: Bajulan, Loceret, Plakat, Bajulan, Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64471
  • Jam Buka: Setiap hari pukul 08.00-16.00WIB
  • HTM : Rp5.000/orang.

2. Agrowisata Perkebunan Mawar

Agrowisata Perkebunan Mawar

*

Jadi satu destinasi populer di Nganjuk yang menampilkan perkebunan bunga mawar. Corak warna putih, merah, dan kuning dari berbagai jenis bunga tersaji di agrowisata perkebunan mawar. Biasanya pengunjung menikmati momen khusus seperti akhir pekan yang kemudian bisa menawarkan pemandangan keren dan menarik dari semua bunga mawar.

Pemandangan indah bunga mawar jadi keunggulan destinasi satu ini. Kemudian untuk fasilitas tambahan lainnya juga tersaji mulai dari kedai makan, tempat ibadah, dan toilet umum hingga area parkir lebih luas.

  • Alamat: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan,Nganjuk, Jawa Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000/orang

3. Legend Waterpark

Legend Waterpark

Kemungkinan untuk mendapat destinasi terbaik di Nganjuk semakin mudah salah satunya destinasi Legend Waterpark. Sampai sekarang Legend Waterpark sering dikunjungi karena memberi fasilitas lengkap sebagai tempat bermain air.

Suguhan fasilitas sepertiarena bermain air bagi anak-anak sampai dewasa menjadikan Legend Waterpark sebagai tempat wisata unggulan di Kota Nganjuk. Ada beberapa wahana air seperti kolam ombak, spiral slide, racing slide, dan beri akses tepat bagi pengunjung.

  • Alamat: Jl. Raya Madiun-Surabaya Nglawak, Kec.Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09.00-17.00WIB
  • HTM: Rp40.000-Rp70.000/orang

4. Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno

Momen berwisata ke Nganjuk dengan berkunjung ke Goa Margo Tresno memberi pengalaman terbaik. Sebab dari kondisi Goa Margo Tresno ini terbilang menarik penuh dengan pepohonan.

Beberapa fasilitas tersedia berupa arena bermain, kawasan berfoto, kemudian ada beberapa goa bisa dikunjungi dengan tampilan alamnya. Pemandangan alam yang tersaji di Goa Margo Tresno menjadi keunggulan bagi traveller yang bosan dengan wisata di perkotaan. Dari lokasinya cukup mudah diakses dan dari harga tiket masuknya sebesar Rp3000 per orang.

  • Alamat : Hutan, Ngluyu, Nganjuk Jawa Timur
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB
  • HTM : Rp3.000/orang

5. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo

Mencari kondisi tempat wisata bertema air terjun sepertinya tak susah saat berkunjung ke Nganjuk. Air terjun Sedudo jadi pilihan tepat karena di sini ada sebuah air terjun cukup tinggi sekitar 25 meter lebih.

Meskipun setiap hari wisatawan selalu ramai berkunjung, tempat wisata ini memberi fasilitas lengkap dan seringkali membuahkan pengalaman lebih sempurna. Kamu juga bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan alam dengan kualitas terbaik di Nganjuk. Pemandangan sekitar yang kental dengan tema alam jadi opsi tepat memberi kesejukan.

  • Alamat: Jl. Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07.00-16.00 WIB
  • HTM: Rp3.000/orang.

6. Bukit Batu Songgong

Bukit Batu Songgong

Ini adalah salah satu destinasi wisata populer di Nganjuk yakni Bukit Batu Songgong. Destinasi ini dikenal memiliki pemandangan apik. Lokasinya berada di ketinggian bukit, sehingga dari akses lokasinya mudah dijangkau. Bukit Batu Songgong berada di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan.

Meskipun dari rute jalan menuju Bukit Batu Songgong ini cukup menantang, dari segi pemandangan saat di puncaknya akan membayar semua jerih payah kamu. Kamu bisa sepuasnya berfoto dengan latar belakang alam di bawah Bukit Batu Songgong. Kemudian dari waktu terbaiknya bisa pagi hari hingga sore untuk menyaksikan pemandangan sunset.

  • Alamat: Sembung, Margopatut, Sawahan, Ngajuk, Jawa Timur.
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07.00-16.00 WIB
  • HTM: Rp5.000/orang.

7. Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo

Wisata bertema air terjun di Nganjuk sepertinya tidak ada habisnya. Dari destinasi air terjun Singokromo ini memiliki ciri khas yakni ketinggiannya cukup rendah yakni 20 meter saja. Pemandangan sekitar air terjun menarik dan cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam dan tidak terlalu ramai pengunjung.

Destinasi ini memberi ketenangan hingga jaraknya cukup jauh dari pusat kota yakni sekitar 30 km. Sedangkan untuk fasilitas di tempat lokasi memang tidak cukup lengkap, namun masih bisa dirasakan mencukupi semua kebutuhan pengunjung.

  • Alamat : Hutan, Ngliman, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB
  • HTM : Rp5.000/orang.

8. Pura Kerta Buana

Pura Kerta Buana

Ini adalah salah satu wisata menarik sekaligus kental dengan unsur budaya di Nganjuk yakni Pura Kerta Buana. Lokasi Pura Kerta Buana berada di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Nganjuk.  Pemeluk agama Hindu sering melakukan kegiatan budaya yang menarik perhatian wisatawan. Jadi pada momen tertentu, Pura satu ini sering ramai karena ada beberapa acara penting.

Setiap wisatawan bisa berfoto ataupun sekedar melihat keunikan bangunan Pura. Ditambah lagi,setiap pengunjung Pura tak perlu mengeluarkan budget untuk melihat keindahan Pura.

  • Alamat: Curik, Bajulan, Loceret, Nganjuk, Jawa Timur
  • No Telepon: 0853 8949 2368
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08;00-16.00 WIB.
  • HTM: Rp10.000/orang.

9. Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis

Meskipun daftar wisata air terjun di Kota Nganjuk cukup banyak, namun masih tersedia destinasi wisata berupa sendang. Dari sekian banyak wisata air terjun, kamu bisa mengunjungi Sendang Putri Wilis. Pemandangan cantik dan air yang jernih menjadi daya pikat bagi wisatawan.

Bahkan masyarakat sangat menjaga keindahan alam sekitar sendang. Hingga menjadikannya sebuah sumber pemasukan dalam bentuk pengembangan tempat wisata. Kemudian dari fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap dan sekarang sudah mendapat pengelolaan dari masyarakat setempat. Harga tiket masuk per orang hanya mencapai Rp10.000 per orang.

10. Candi Ngetos

Candi Ngetos

Selain destinasi wisata berupa Pura, Nganjuk memiliki destinasi bertema budaya lainnya yakni Candi Ngetos. Tempat wisata bertema budaya ini memberi ciri khas bangunan berbeda dari candi lainnya.

Tampilan pahatan patungnya di sisi luar kemudian beberapa interior yang terbuat dari batu merah menjadikannya sebuah seni arsitek candi terbaik di Nganjuk. Ada banyak kisah sejarah bisa kamu akses dari Candi Ngetos. Kemudian dari akses lokasinya cukup mudah dijangkau dengan harga tiket masuk gratis.

Sampai sekarang Nganjuk dikenal sebagai tempat berkumpulnya destinasi wisata alam dan bertema kuliner. Atur jadwal liburan ke Kota Nganjuk dan pilih destinasi terbaik yang beri pengalaman terbaik dalam agenda liburanmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *