10 Tempat Wisata Terindah di Pulau Samosir, Sumatera Utara

Ditulis oleh Siti Hasanah

Nama Pulau Samosir tentunya tidak bisa dilepaskan dengan Danau Toba. Keduanya merupakan ikon wisata dari Sumatera Utara. Tidak lengkap rasanya jika kamu belum mencoba mengunjungi keindahan yang dimiliki oleh Pulau Samosir. Indahnya perbukitan hijau, pastinya menggoda orang untuk datang dan melihat secara langsung.

Selain bukit, peninggalan sejarah dari masa lampau pun masih dapat dilihat. Legenda yang berhubugan dengan pulau Samosir juga menarik untuk kamu tahu. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat liburan di Pulau Samosir yang akan menarik perhatianmu. Tempat yang asri serta alami sehinggga lburan semakin asyik.

1. Bukit Holbung

Bukit HolbungSumber: instagram.com
  • Alamat: Dolok Raja, Kec.Harian, Kab.Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Rp 5.000

Bukit Holbung merupakan tempat yang pas untuk menikmati keindahan dari danau Toba. Puncak bukit ini memberikan panorama yang luas dari Danu Toba.

Bukitnya yang diselimuti rumput yang hijau mengingatkan orang akan bukti teletubies dalam acara televisi untuk anak. Bukit ini merupakan tempat yang tepat untuk melepas lelahnya runtinitas yang melanda.

Kegiatan berkemah merupakan satu pilihan yang dapat dilakukan untuk menikmati indahnya Bukit Holbung ini. Indahnya Danau Toba serta hijaunya perbukitan dapat disaksikan dengan terlebih dahulu berjalan menuju puncaknya.

Ada jalan setapak yang telah dilapisi semen untuk menuju puncak. Waktu yang diperlukan pun cukup sebentar hanya sekitar 10 hingga 15 menit.

2. Pusuk Buhit

Pusuk BuhitSumber: instagram.com
  • Alamat: Dolok Raja, Kec.Harian, Kab.Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Rp 5.000

Pusuk Buhit merupakan satu puncak yang berada di Pulau Samosir, di tepi barat Danau Toba. Puncak bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.982 mdpl dan merupakan satu puncak yang disakralkan oleh warga batak.

Tempat yang sakral ini seringkali digunakan oleh masyarakat sebagai tempat untuk berdoa. Tak hanya legenda yang membuat tempatnya menarik, tapi juga keindahannya.

Pusuk Buhit menawarkan beberap tempat wisata yang dapat dikunjungi. Tetapi puncaknya menjadi tempat yang paling menarik untuk dikunjungi.

Trekking menuju puncak Pusuk Buhit, pemandangan sepanjang perjalanan akan membuat mata tak henti-hentinya mengagumi lanskap alam yang tersaji. Begitu sampai di puncak indahnya Pulau Samosir terpampang didepan mata.

3. Air Terjun Situmurun Binangalom

  • Alamat: Ds. Situmurun, Kec. Lumban Jalu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Sewa Perahu: Rp 1.000.000 – 2.500.000 (50-100 orang)

Satu hal yang unik dari air Terjun Situmurun adalah air terjunnya mengalir langsung ke Dananu Toba. Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan terdapat 7 tingkatan.


Jika ingin melihat air terjun ini pengunjung harus menggunakan perahu karena akses jalannya hanya dapat ditempuh lewat jalur air. Pengunjung juga dapat berenang di sekitaran air terjunnya

Jika berenang di air terjun ini disaranakan tidak terlalu dekat jatuhnya air karena putaran airnya terlalu kuat. Letak air terjunnya yang jauh dari perkotaan membuat air terjun ini tetap terjaga keasrian tempatnya.

Airnya mengalir pada sebuah tebing dengan sisi kanan dan kiri tebingnya penuh dengan tanaman hijau yang menyejukkan mata.

4. Air Terjun Efrata

Air Terjun EfrataSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 06.00 – 19.00 WIB
  • HTM: Rp 7.000

Pesona dari Air terjun Efrata adalah curahan dari air terjun yang jatuhnya melebar sehingga air terjunnya terlihat cukup gagah.

Seperti semua air terjun, suasana di sekitar air terjun terasa sejuk dan menyegarkan, apalagi saat bermain air di dekat air terjunnya, hembusan udaranya akan benar-benar terasa dingin. Airnya jatuh pada kolam di bawahnya yang terdapat banyak batu.

Lokasi tempat air terjun ini berada di tempat yang cukup tersembunyi di balik perbukitan. Lokasi yang yang tersembunyi di antara asrinya pepohonan hijau yang memanjakan mata. Air terjun ini sesungguhnya di kalangan masyarakat sendiri disebut Sosor Dolok. Efrata sendiri merupakan panggilan dari orang mancanegara untuk air terjun ini.

5. Air Terjun Binanga Bolon

Air Terjun Binanga BolonSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Jika kamu ingin merasakan pertualangan yang tidak biasa di Pulau Samosir, maka kamu harus mencoba mengunjungi Air Terjun Binanga Bolo.

Air terjun ini menyajikan petualangan yang anti-mainstream kepada setiap pengunjungnya. Objek wisata ini untuk orang-orang yang bernyali besar karena harus menembus rimba belantara yang jarang dijamah oleh manusia.

Jika tertarik untuk berkunjung ke air terjun yang satu ini, kamu harus mempersiapkan perbekalan dan tubuh yang fit tentunya. Pemandangan yang alami dan natural dari air terjunnya telah menunggu para penjelajah.

Seluruh tempatnya masih ditumbuhi hamparan tanaman hijau yang sangat rimbun serta lebat. Air terjun dengan ketinggian 80 meter itu jatuh di antara lebatnya tumbuhan hijau yang asri.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumatera Utara dengan Alam yang Indah

6. Desa Wisata Tomok

  • Alamat: Ds. Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Desa Tomok merupakan sebuah desa wisata yang berada di pesisir timur Pulau Samosir. Desa ini merupakan tempat favorit untuk pengunjung menikmati keindahan dari Danau Toba.

Di Desa Tomok wisatawan akan disuguhi keindahan dari budaya batak serta sejarahnya yang masih terjaga lebih dari 450 tahun lamanya. Deretan rumah adatnya pun menyimpan pesonanya tersendiri.

Setiap pengujung yang datang ke desa ini akan disuguhi dengan atraksi budaya yaitu tarian Sigale-gale serta tari Tor-tor. Sambutan ini menjadi daya tarik dari Desa Tomok yang memikat.

Jika pengunjung ingin melihat peninggalan dari masyarakat Batak Kuno yang berupa senajta, pakaian adat, serta peralatan rumah tangga, maka bisa mengunjungi museum yang ada di desa tersebut.

7. Bukit Beta Tuk-Tuk

Bukit Beta Tuk-TukSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Ringfroad Tuktuk Siadong, Ds. Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Pengunjung yang senang dengan pemandangan dari hamparan rumput nan hijau yang membentang sepanjang mata memandang. Maka Bukit Beta Tuk-tuk merupakan tempat yang pas untuk melihat hamparan luas dari padang rumput.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram