Inilah 10 Destinasi Wisata Menarik di Provinsi Riau

Ditulis oleh Riastri Herliana

Riau merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang terletak di pesisir selat Malaka. Provinsi Riau berada di bagian tengah Pulau Sumatera yang berbatasan dengan Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Provinsi Jambi. Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Sumber daya yang ada di Riau meliputi sumber alam, kelapa sawit, minyak bumi, gas alam, karet, serta perkebunan serat.

Provinsi Riau membentang dari Taman Nasional Bukit Tigapuluh, hingga Selat Malaka dengan luas wilayah 87.023,66 km2. Provinsi yang letaknya berdekatan dengan Singapura ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata. Simak yuk ulasan 10 destinasi wisata di Provinsi Riau yang bisa dikunjungi untuk liburanmu selanjutnya berikut ini!

1. Riau Fantasi

Riau Fantasi

Riau Fantasi merupakan arena bermain yang dibagi menjadi dua. Pertama Labersa Water Park, dan Labersa Theme Park. Di Labersa Water Park terdapat beberapa kolam renang sesuai dengan kebutuhan anak, seperti baby pool, adventure pool, dan ada juga kolam orang dewasa dengan kedalaman 1,5 meter, serta crocodile river.

Labersa Theme Park merupakan arena permainan kering, dimana terdapat wahana bermain yang menguji adrenali. Speedy coaster, kora-kora, wave blaster, dan masih banyak lagi wahana yang bisa dicoba. Riau Fantasi hanya berjarak 11 km dari Kota Pekanbaru. Tempat rekreasi yang satu ini cocok dikunjungi pada saat libur.

  • Alamat :  Jl. Labersa, Simpang Tiga, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 10.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp60.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0761) 7865 590

2. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

* sumber: www.menyapariau.com

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh merupakan salah satu taman nasional di Pulau Sumatera, tepatnya berada di Provinsi Riau. Taman nasional ini menjadi perbatasan antara Provinsi Riau dan Provinsi Jambi. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh memiliki luas 143.143 hektare yang terdiri dari hutan hujan tropis.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh menjadi habitat bagi Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Badak Sumatera, Orangutan Sumatera, Tapir Asia, Beruang Madu, serta berbagai spesies burung yang langka dan terancam punah. Di taman nasional ini, pengunjung bisa mengelilingi sungai menggunakan perahu kayu.

  • Alamat : Rantau Langsat, Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp15.000/orang
  • Kontak : (0769) 234 1008

3. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua

* sumber: rokanhulukab.go.id

Air Terjun Aek Matua merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Riau. Air terjun ini terletak di Kabupaten Rokan Hulu, yang berjarak kurang lebih 179 km dari Kota Pekanbaru ke arah barat. Nama air terjun ini diambil dari bahasa daerah suku Batak Mandailing yang berarti air bertuah. Dalam bahasa Batak, “aek” berarti air.

Aek Martua memiliki tiga tingkatan dengan ukuran dan tinggi yang berbeda-beda. Mulai dari 15 meter hingga yang tertinggi 40 meter. Pada air terjun yang pertama, terdapat kolam alami dari hamparan batu yang cukup lupas. Pada air terjun kedua, terdpaat kolam alami seluas 250 meter dan dapat digunakan untuk mandi.

  • Alamat : Bangun Purba, Bangun Purba Timur Jaya, Kabupaten Rokan Hulu, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

4. Rumah Singgah Sultan Siak

Rumah Singgah Sultan Siak

Rumah Singgah Sultan Siak merupakan bekas rumah tinggal milik Tuan Kadhi dari Kerajaan Siak. Rumah ini berfungsi sebagai tempat persinggahan bagi Sultan Siak Sri Indrapura ketika berkunjung ke Pekanbaru. Rumah ini terletak di Kampung Bandar Senapelan yang menjadi salah satu tempat bersejarah di Pekanbaru.

Lokasi Rumah Singgah Sultan Siak berada sekitar 20 meter dari tepi Sungai Siak, tepatnya berada di bawah Jembatan Siak 3. Bangunan rumah ini menggunakan bahan kayu dengan model rumah adat tradisional melayu yang masih tersisa di Kota Pekanbaru.


  • Alamat : Kampung Bandar, Senapelan, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

5. Taman Nasional Zamrud

Taman Nasional Zamrud

* sumber: rimbakita.com

Selain Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Riau juga memiliki Taman Nasional Zamrud yang terletak di Kabupaten Siak. Sebelum ditetapkan sebagai taman nasional, wilayah ini merupakan kawasan Suaka Margasatwa Danau Pulau Besar. Taman Nasional Zamrud memiliki luas 28.237,95 hektare dan menjadi habitat bagi flora dan fauna yang dilindungi.

Taman Nasional Zamrud berjarak sekitar 110 km ke sisi timur Provinsi Riau dan dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan transportasi darat. Selain perjalanan darat, bisa juga melalui jalur perairan dari Pekanbaru menuju Desa Sungai Rawa. Selanjutnya menggunakan speedboat menuju ke Taman Nasional Zamrud.

  • Alamat : Dayun, Kabupaten Siak, Riau
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0812-6725-0321

6. Situs Candi Muara Takus

Situs Candi Muara Takus

* sumber: www.holamigo.id

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram