Inilah 10 Destinasi Wisata Menarik di Provinsi Riau

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Riau merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang terletak di pesisir selat Malaka. Provinsi Riau berada di bagian tengah Pulau Sumatera yang berbatasan dengan Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Provinsi Jambi. Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Sumber daya yang ada di Riau meliputi sumber alam, kelapa sawit, minyak bumi, gas alam, karet, serta perkebunan serat.

Provinsi Riau membentang dari Taman Nasional Bukit Tigapuluh, hingga Selat Malaka dengan luas wilayah 87.023,66 km2. Provinsi yang letaknya berdekatan dengan Singapura ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata. Simak yuk ulasan 10 destinasi wisata di Provinsi Riau yang bisa dikunjungi untuk liburanmu selanjutnya berikut ini!

1. Riau Fantasi

Riau Fantasi

Riau Fantasi merupakan arena bermain yang dibagi menjadi dua. Pertama Labersa Water Park, dan Labersa Theme Park. Di Labersa Water Park terdapat beberapa kolam renang sesuai dengan kebutuhan anak, seperti baby pool, adventure pool, dan ada juga kolam orang dewasa dengan kedalaman 1,5 meter, serta crocodile river.

Labersa Theme Park merupakan arena permainan kering, dimana terdapat wahana bermain yang menguji adrenali. Speedy coaster, kora-kora, wave blaster, dan masih banyak lagi wahana yang bisa dicoba. Riau Fantasi hanya berjarak 11 km dari Kota Pekanbaru. Tempat rekreasi yang satu ini cocok dikunjungi pada saat libur.

  • Alamat :  Jl. Labersa, Simpang Tiga, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 10.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp60.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0761) 7865 590

2. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

* sumber: www.menyapariau.com

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh merupakan salah satu taman nasional di Pulau Sumatera, tepatnya berada di Provinsi Riau. Taman nasional ini menjadi perbatasan antara Provinsi Riau dan Provinsi Jambi. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh memiliki luas 143.143 hektare yang terdiri dari hutan hujan tropis.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh menjadi habitat bagi Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Badak Sumatera, Orangutan Sumatera, Tapir Asia, Beruang Madu, serta berbagai spesies burung yang langka dan terancam punah. Di taman nasional ini, pengunjung bisa mengelilingi sungai menggunakan perahu kayu.

  • Alamat : Rantau Langsat, Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp15.000/orang
  • Kontak : (0769) 234 1008

3. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua

* sumber: rokanhulukab.go.id

Air Terjun Aek Matua merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Riau. Air terjun ini terletak di Kabupaten Rokan Hulu, yang berjarak kurang lebih 179 km dari Kota Pekanbaru ke arah barat. Nama air terjun ini diambil dari bahasa daerah suku Batak Mandailing yang berarti air bertuah. Dalam bahasa Batak, “aek” berarti air.

Aek Martua memiliki tiga tingkatan dengan ukuran dan tinggi yang berbeda-beda. Mulai dari 15 meter hingga yang tertinggi 40 meter. Pada air terjun yang pertama, terdapat kolam alami dari hamparan batu yang cukup lupas. Pada air terjun kedua, terdpaat kolam alami seluas 250 meter dan dapat digunakan untuk mandi.

  • Alamat : Bangun Purba, Bangun Purba Timur Jaya, Kabupaten Rokan Hulu, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

4. Rumah Singgah Sultan Siak

Rumah Singgah Sultan Siak

Rumah Singgah Sultan Siak merupakan bekas rumah tinggal milik Tuan Kadhi dari Kerajaan Siak. Rumah ini berfungsi sebagai tempat persinggahan bagi Sultan Siak Sri Indrapura ketika berkunjung ke Pekanbaru. Rumah ini terletak di Kampung Bandar Senapelan yang menjadi salah satu tempat bersejarah di Pekanbaru.

Lokasi Rumah Singgah Sultan Siak berada sekitar 20 meter dari tepi Sungai Siak, tepatnya berada di bawah Jembatan Siak 3. Bangunan rumah ini menggunakan bahan kayu dengan model rumah adat tradisional melayu yang masih tersisa di Kota Pekanbaru.

  • Alamat : Kampung Bandar, Senapelan, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

5. Taman Nasional Zamrud

Taman Nasional Zamrud

* sumber: rimbakita.com

Selain Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Riau juga memiliki Taman Nasional Zamrud yang terletak di Kabupaten Siak. Sebelum ditetapkan sebagai taman nasional, wilayah ini merupakan kawasan Suaka Margasatwa Danau Pulau Besar. Taman Nasional Zamrud memiliki luas 28.237,95 hektare dan menjadi habitat bagi flora dan fauna yang dilindungi.

Taman Nasional Zamrud berjarak sekitar 110 km ke sisi timur Provinsi Riau dan dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan transportasi darat. Selain perjalanan darat, bisa juga melalui jalur perairan dari Pekanbaru menuju Desa Sungai Rawa. Selanjutnya menggunakan speedboat menuju ke Taman Nasional Zamrud.

  • Alamat : Dayun, Kabupaten Siak, Riau
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0812-6725-0321

6. Situs Candi Muara Takus

Situs Candi Muara Takus

* sumber: www.holamigo.id

Situs Candi Muara Takus merupakan candi Budha yang terletak di Desa Muara Takus, Kabupaten Kampar. Situs Candi Muara Takus dikelilingi tembok dengan ukuran 74 x 74 meter. Candi ini menjadi situs candi tertua di Pulau Sumatera dan satu-satunya situs peninggalan dengan bentuk candi di Provinsi Riau.

Situs Candi Muara Takus terdiri dari dari empat candi dalam satu komplek yaitu Candi Tua, Candi Mahligai, Candi Bungsu, dan Candi Palangka. Situs Candi Muara Takus merupakan bangunan suci bagi agama Budha. Di sini terdapat stupa yang menjadi ciri khas bangunan suci agama Budha.

  • Alamat : Muara Takus, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

7. Masjid Jami Air Tiris

Masjid Jami Air Tiris

Masjid Jami Air Tiris merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Kampar yang dibangun pada tahun 1901 dan selesai dibangun pada tahun 1904. Masjid ini menggunakan gaya arsitektur China dan Melayu dan pada bagian atap dibuat berbentuk limas. Bangunan masjid menggunakan material kayu tanpa campuran besi sedikitpun.

Masjid Jami Air Tiris dari luar sangat terlihat kemegahannya dan tetap tampak jejak bangunan tradisionalnya. Bagian dalam masjid terdapat 40 tiang, dan dihiasi dengan kaligrafi yang sangat indah. Masjid ini berjarak 53 km dari Kota Pekanbaru dan dapat ditempuh selama 1 – 2 jam perjalanan.

  • Alamat : Tanjung Berulak, Kampar, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Danau Naga Sakti

Danau Naga Sakti

* sumber: kampungdosansiak.blogspot.com

Danau Naga Sakti merupakan salah satu destinasi wisata alam di Provinsi Riau yang terletak di Kampung Dosan, Kabupaten Siak. Danau seluas 8 hektare ini memiliki keunikan tersendiri karena air yang ada di Danau Naga Sakti selalu dalam kondisi hangat, baik pada waktu siang hari maupun malam hari.

Danau Naga Sakti merupakan kawasan ekowisata berbasis wawasan lingkungan dengan mengutamakan edukasi konservasi alam pada pemberdayaan sosial mudia dan ekonomi bagi masyarakat setempat. Danau ini bisa dikelilingi menggunakan perahu kayu.

  • Alamat : Kampung Dosan, Pusako, Kabupaten Siak, Riau
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp20.000/orang
  • Kontak : 0823-9133-1243

9. Istana Siak Sri Inderapura

Istana Siak Sri Inderapura

Istana Siak Sri Inderapura merupakan kediaman Sultan Siak yang dibangun pada tahun 1889 dan selesai pembangunan pada tahun 1893. Istana ini disebut juga dengan Istana Matahari Timur. Kompleks Istana Siak Sri Inderapura memiliki luas 32.000 m2 dan terdiri dari empat istana. Diantaranya Istana Siak, Istana Padjang, Istana Lima, dan Istana Baroe.

Istana Siak sendiri memiliki luas 1000 m2 dengan arsitektur bercorak Arab, Melayu, dan Eropa. Istana ini terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama digunakan untuk ruang tunggu ramu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki-laki, dan ruang tamu perempuan. Lantai kedua digunakan untuk istirahat Sultan dan para tamu, dengan jumlah 9 ruangan.

  • Alamat : Sri Indapura, Kampung Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Riau
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

10. Ulu Kasok

Ulu Kasok

Ulu Kasok merupakan salah satu wisata buatan yang sangat menarik di Provinsi Riau. Ulu Kasok awal mulanya merupakan desa yang sengaja ditenggelamkan untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air di Kota Panjang. Akhirnya bukit-bukit karang tampak seperti pulau setelah desa tersebut dipenuhi air.

Meski bukan termasuk wisata alami, Ulu Kasok tetap indah dengan danau buatan di sekitarnya. Gugusan batu karang bisa dilihat dari gardu pandang yang sudah disediakan oleh pengelola wisata. Ulu Kasok terletak di Kabupaten Kampar dan berjarak kurang lebih 90 km dari Kota Pekanbaru.

  • Alamat :  Jl. Bangkinang Payakumbuh, Merangin, Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang
  • Kontak : 0823-9156-4815

Demikian ulasan 10 destinasi wisata di Provinsi Riau yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur. Meski provinsi ini sering terjadi kebakaran hutan, bukan berarti Riau tidak menarik dikunjungi. Kenyataannya, ada banyak destinasi wisata yang menarik di sini, mulai dari wisata buatan, alam, wisata, dan religi semuga bisa kamu dapatkan. Yuk, jalan-jalan ke Riau!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *