10 Destinasi Wisata Menarik yang Ada di Kota Jambi

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 30 Juli 2020

Kota Jambi merupakan sebuah kota di Pulau Sumatera yang menjadi Ibu kota Provinsi Jambi. Kota Jambi terbelah oleh Sungai Batanghari dan dihubungkan dengan Jembatan Aur Duri. Kota Jambi memiliki dua transportasi yang menghubungkan Jambi dengan daerah lain yaitu pesawat terbang dan bus. Melalui Bandara Internasional Sultan Thaha Syaifuddin, Terminal Alam Barajo, dan Terminal Rawasari

Bagi Provinsi Jambi sendiri, wisata yang banyak dikenal wisatawan adalah Taman Nasional Gunung Kerinci. Namun, bagi Kota Jambi, belum seterkenal Gunung Kerinci yang menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia, padahal ada banyak hal menarik yang bisa dikunjungi.

Penasaran dengan tempat wisata yang ada di Jambi? Simak ulasan 10 destinasi wisata menarik di Kota Jambi berikut ini!

1. Taman Wisata Kampoeng Radja

Taman Wisata Kampoeng Radja

* sumber: jambisayo.blogspot.com

Destinasi pertama pada ulasan kali ini adalah Taman Wisata Kampoeng Radja. Taman wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi untuk rekreasi bersama keluarga. Taman Wisata Kampoeng Raja dibangun pada tahun 2006 dan memiliki 16 wahana permainan yang cocok untuk segala usia.

Wahana permainan tersebut diatara kiddy land, istana balon, bumper boat, sepeda air, kereta api, gokart, mobil buggi, outbound, flying fox, konvoi bus, sepeda layang, pemancingan, serta ada pula Jasmine Water Park yang seru. Di beberapa spot terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

  • Alamat :  Jl. Lingkar Barat 3 No. 108, Kenali Besar, Kota Baru. Kota Jambi
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp45.000/orang
  • Kontak : (0741) 584 060

2. Danau Sipin

Danau Sipin

* sumber: wisatasumatera.com

Danau Sipin merupakan danau alami yang terletak tak jauh dari pusat Kota Jambi. Danau ini memiliki pemandangan yang indah, disertai dengan semilir angin yang sejuk. Di tengah Danau Sipin, terdapat keramba ikan yang biasa digunakan oleh nelayan, dan terdapat rumah panggung sebagai tempat istirahat bagi nelayan.

Danau Sipin ramai dikunjungi pada sore hari ketika menjelang matahari terbenam. Danau ini sering dijadikan sebagai tempat untuk bersantai di sore hari oleh masyarakat setempat. Jika ingin berkeliling danau, kamu bisa membayar Rp5.000/orang untuk menikmati keindahan danau menggunakan perahu nelayan.

  • Alamat : Legok, Telanaipura, Kota Jambi
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

3. Menara Gentala Arasy

Menara Gentala Arasy

* sumber: rosenmanmanihuruk.blogspot.com

Gentala Arasy merupakan museum budaya di tepi Sungai Batanghari yang memiliki arti nama bunyi yang selaras dan memancar ke langit. Penamaan itu berasal dari tiga suku kata, yaitu Genta yang berarti suara, Tala berarti keselarasan, dan Arasy yang berarti memancar ke langit. Hal ini karena Gentala Arasy selalu berbunyi pada 5 waktu shalat.

Gentala Arasy memiliki menara setinggi 80 meter yang berwarna hijau dan kuning. Pada bagian puncak menara terdapat jam besar yang dapat dilihat dari kejauhan. Menara Gentala Arasy memberikan pengetahuan mengenai sejarah dari Kota Jambi. Menara Gentala Arasy disebut juga sebagai landmark bagi Kota Jambi.

  • Alamat : Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi
  • Operasional : 07.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

4. Kebun Binatang Taman Rimba

Kebun Binatang Taman Rimba

Kebun Binatang sering dijadikan sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak, tak terkecuali di Kota Jambi. Kebun Binatang Taman Rimba namanya. Kebun binatang ini sangat dekat dengan Bandar Udara Sulthan Thaha Syaifuddin Kota Jambi. Jaraknya hanya sekitar 500 meter saja, jadi bisa dijadikan sebagai tujuan ketika tiba di Kota Jambi.

Kebun Binatang Kota Jambi berdiri di atas lahan seluas 18 hektare yang dibangun pada awal tahun 1980-an. Kebun binatang ini memiliki kesan natural yang sangat terasa, tak heran jika kebun binatang ini diberi nama Taman Rimba. Di sini terdapat beragam spesies binatang, dan dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak.

  • Alamat : Talang Bakung, Jambi Selatan, Kota Jambi
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang
  • Kontak : (0741) 570 319

5. Taman Nasional Berbak

Taman Nasional Berbak

* sumber: www.tagar.id

Taman Nasional Berbak merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara. Taman Nasional Berbak memiliki luas 142.700 hektare dan masih belum tersentuh eksploitasi manusia, jadi taman nasional ini masih sangat alami dan terjaga.

Sebagian besar wilayah di Taman Nasional Berbak adalah lahan basah, dan disebut sebagai kawasan konservasi lahan basah terluas di Asia Tenggara. Taman nasional ini memiliki peranan penting bagi flora, fauna dan ekosistemnya. Jika kamu tertarik untuk wisata alam sambil edukasi maka Taman Nasional Berbak cocok menjadi destinasi wisatamu.

  • Alamat : Rantau Rasau, Tanjung Jabung, Kota Jambi
  • Operasional : 08.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang
  • Kontak : (0741) 667 983

6. Cagar Budaya Rumah Batu Olakemang

Cagar Budaya Rumah Batu Olakemang

* sumber: www.indonesiakaya.com

Rumah Batu Olakemang merupakan salah satu tempat bersejarah di Kota Jambi. Rumah Batu Olekemang terletak di dalam area Rumah Cagar Budaya Datuh Said Idrus Al-Djufri atau Pangeran Wirokusumo yang merupakan tokoh bersejarah yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di Kota Jambi.

Dulunya, Rumah Batu Olakemang berhadapan dengan Sungai Batanghari. Desain awal rumah ini terdapat gambar naga di bagian atapnya. Namun setelah diganti menjadi seng, gambar naga tersebut sudah tidak ada. Usia Rumah Batu Olakemang diprediksi sudah lebih dari 200 tahun. Kondisinya kini masih berdiri, dan dijadikan sebagai cagar budaya.

  • Alamat : Lorong Kadet Legiman No. 21, Legok, Telanaipura, Kota Jambi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

7. Monumen Keris Siginjai

Monumen Keris Siginjai

Monumen Keris Siginjai terdapat di tengah Kota Jambi yang menjadi salah satu tujuan wisata. Di sini terdapat Keris Siginjai raksasa yang terbuat dari tembaga murni. Monumen Keris Siginjai memiliki makna saling merangai membentuk satu kesatuan. Hal ini terlihat dari adanya struktur bersi pipa galvanis berbentuk spiral sebagai penopang Keris Siginjai.

Keris Siginjai menjadi pusaka yang selama 400 tahun dijadikan sebagai lambang pemersatu rakyat Jambi. Hingga akhirnya, dibuatlah Monumen Keris Siginjai pada tahun 2017 lalu, dan sampai saat ini selalu ramai dijadikan sebagai car free night pada malam minggu.

  • Alamat : Paal Lima, Kota Baru, Kota Jambi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Museum Perjuangan Rakyat

Museum Perjuangan Rakyat

* sumber: kilasjambi.com

Museum Perjuangan Rakyat merupakan tempat dimana fakta perjuangan masyarakat Jambi untuk memperbaiki kehidupan diabadikan. Di sini terdapat biografi, diorama, dan manuskrip tokoh perjuangan yang lahir atau tinggal di Jambi. Selain itu, di sini juga terdapat pajangan replika Pesawat Catalina RI-001.

Museum Perjuangan Rakyat terdiri dari tiga lantai dengan fungsinya masing-masing. Museum ini didirikan untuk menghimpun serta melestarikan benda dan kelengkapan pejuang Jambi dalam merebut kemerdekaan. Di museum ini juga disediakan ruang pertemuan yang bisa digunakan oleh pengunjung dengan izin dari petugas museum.

  • Alamat : Jl. Sultan Agung Lapangan Banteng No. 12, Murni, Telanaipura, Kota Jambi
  • Operasional :     Senin – Kamis : 08.00 – 16.00 WIB, Jumat : 08.00 – 11.00 WIB, Sabtu-Minggu : 08.00 – 16.30 WIB, Libur pada hari libur nasional
  • Tiket masuk : Rp1.500/orang
  • Kontak : (0741) 7552 802

9. Ancol Kota Jambi

Ancol Kota Jambi

* sumber: pusatinfowisata26.blogspot.com

Tidak hanya di Jakarta, Jambi juga memiliki Ancol. Bedanya, Ancol Kota Jambi terletak di tepi Sungai Batanghari. Ancol Kota Jambi selalu ramai dikunjungi pada waktu sore hari menjelang matahari terbenam. Kawasan ini berada dekat dari Jembatan Gentala Arasy, penghubung Kota Jambi dan Jambi Seberang yang dipisahkan oleh Sungai Batanghari.

Pada waktu malam hari, Ancol Kota Jambi dilengkapi dengan lampu kota yang sangat indah, serta lampu yang membentang di sepanjang Jembatan Gentala Arasy. Terlihat Menara Gentala Arasy terlihat dengan gagah dari kejauhan. Ancol Kota Jambi disebut juga sebagai Tanggo Rajo.

  • Alamat : Jl. Raden Pamuk, Kasang Jambi Timur, Kasang, Pasar Jambi, Kota Jambi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

10. Masjid Agung Al-Falah Kota Jambi

Masjid Agung Al-Falah Kota Jambi

Wisata ke satu kota, tak lengkap jika tidak mengunjungi Masjid Agung bagi pelancong beragama muslim. Kota Jambi memiliki Masjid Agung Al-Falah yang merupakan masjid terbesar di sini. Masjid Agung Al-Falah Kota Jambi disebut juga sebagai Masjid 1000 Tiang karena banyaknya tiang yang menopang masjid ini.

Masjid Agung Al-Falah diresmikan pada tahun 1980. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektare dan mampu menampung 10.000 jamaah sekaligus. Bagian dalam masjid terlihat sangat megah dan mampu membuatmu nyaman untuk beribadah. Sejak awal pembangunan, masjid ini masih pada bentuk awalnya meski sempat direnovasi pada tahun 2008.

  • Alamat : Jl. Sultan Thaha, Legok, Telanaipura, Kota Jambi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

Itulah ulasan 10 destinasi wisata menarik di Kota Jambi. Ketika sedang berada di Kota Palembang dan akan melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru, kamu akan melewati Kota Jambi. Jadi, jangan sampai lupa untuk mampir ke tempat wisata di Kota Jambi ya dan jangan lewatkan untuk coba kue khasnya juga ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram