Keluyuran Yuk Ke 10 Tempat Wisata Cantik di Situbondo Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Situbondo merupakan kabupaten di pesisir utara Jawa Timur kawasan ‘tapal kuda’. Kabupaten Situbondo berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Situbondo merupakan jalur utama lintas dasar Jawa – Bali. Jika kamu hendak menuju Bali melalui jalur darat, maka akan melewati kabupaten ini.

Situbondo dikenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer – Panarukan. Kabupaten dengan mayoritas penduduk berasal dari suku Madura ini menarik untuk dijadikan sebagai destinasi liburanmu selanjutnya. Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 9 tempat wisata menarik di Situbondo. Salah satu diantaranya, ada “African van Java” lho. Simak artikel ini, ya!

1. Pantai Bilik Sijile

Pantai Bilik Sijile

Pantai Bilik Sijile atau Pantai Bilik merupakan salah satu pantai di Selat Madura yang berbentuk cekungan. Pantai Bilik dapat diakses dengan dua cara. Pertama, melalui jalur darat menggunakan kendaraan roda dua melewati hutan Taman Nasional Baluran. Kedua, melalui jalur laut menggunakan perahu nelayan di Pantai Ketapang.

Jika melalui jalur laut dari Panyai Ketapang, kamu memerlukan waktu 1,5 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 20 km. Setibanya di Pantai Bilik, kamu akan merasakan suasana yang hening dan tenang. Berbeda dengan pantai lain, Pantai Bilik nyaris tidak ada ombak sehingga pantai ini mirip seperti danau.

  • Alamat: Jl. Raya Banyuputih, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

2. Gunung Ringgit

Gunung Ringgit

* sumber: phinemo.com

Kamu suka mendaki gunung? Di Situbondo terdapat sebuah gunung dengan ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut. Gunung Ringgit namanya. Jika dilihat dari ketinggiannya, gunung ini terbilang pendek jika dibandingkan dengan gunung lain di Jawa Timur. Namun, gunung ini tidak bisa dianggap remeh dan memiliki sensasi yang berbeda.

Kalau kamu suka atau ingin mencoba aktivitas panjat tebing, maka Gunung Ringgit cocok dikunjungi. jalur pendakian Gunung Ringgit berupa tebing dengan kemiringan 90 derajat. Kamu memerlukan teknik panjat tebing untuk bisa sampai di Puncak Gunung Ringgit.

  • Alamat: Pasir Putih, Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

3. Samir Rafting

Samir Rafting

* sumber: www.superadventure.co.id

Wisata arung jeram banyak disukai wisatawan. Di Jawa Timur terdapat beberapa tempat wisata arung jeram, salah satunya di Kabupaten Situbondo. Samir Rafting menawarkan sensasi arung jeram yang berbeda. Jika biasanya aktivitas rafting dilakukan siang hari, di sini kamu bisa mencoba sensasi menyusuri sungai pada malam hari.

Air yang mengalir dari Sungai Samir di Desa Bantal merupakan aliran dari Gunung Ijen. Pada malam hari, aliran air sungai aman dari serangan binatang malam seperti ular dan binatang lain. Maka dari itu, Samir Rafting menawarkan sensasi night rafting yang seru dan menantang.

  • Alamat: Desa Bantar, Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Operasional: 07.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp300.000/5 orang

4. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Selat Madura. Sesuai dengan namanya, pantai ini dihiasi dengan pasir putih bersih yang membentang. Di Pantai Pasir Putih kamu bisa melihat koral yang berwarna-warni serta ikan kecil yang berenang di terumbu karang tepi pantai.

Pantai Pasir Putih menyediakan beragam wahana seru yang bisa mengisi hari liburmu. Buat kamu yang suka berenang dan snorkeling, maka bisa mencoba aktivitas tersebut di sini. Kalau ingin menikmati laut dengan cara yang berbeda, kamu bisa berlayar menggunakan kano. Selain itu, kamu juga bisa memancing dan bermain ATV.

  • Alamat: Selomukti, Mlandingan, Pandansari, Bungatan, Kabupaten Situbondo
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

5. Kampung Kerapu

Kampung Kerapu

Kampung Kerapu merupakan tempat budidaya ikan kerapu yang kemudian disulap menjadi destinasi wisata. Di sini, kamu bisa melihat langsung budidaya ikan kerapu, mulai dari pembibitan hingga akhirnya dapat dikonsumsi.

Bukan hanya wisata edukasi terkait budidaya ikan kerapu saja, di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan laut lepas di atas dermaga apung. Jika kamu senang memancing, kamu bisa memilih paket memancing. Setelah itu hasil tangkapannya dapat kamu beli dan dinikmati sambil melihat pemandangan dari Kampung Kerapu.

  • Alamat: Gundit, Klatakan, Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Operasional: 08.00 – 23.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp35.000/orang

6. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Kamu suka mendaki gunung? Tak ada salahnya mencoba mendaki Gunung Argopuro di Situbondo ini. Gunung Argopuro merupakan gunung dengan jalur terpanjang se-Pulau Jawa. Itu karena pendaki biasanya naik dan turun di jalur yang berbeda, yaitu naik dari jalur Baderan di Situbondo, dan turun jalur Bremi di Probolinggo.

Panjang jalur pendakian Gunung Argopuro adalah 40 km dengan ketinggian gunung 3.088 meter di atas permukaan laut. Waktu yang perlu ditempuh dalam pendakian ini adalah 5 hari 4 malam. Gunung Argopuro dikenal dengan padang savana yang sangat cantik. Salah satu pesona savana dari Gunung Argipuro adalah Savana Cikasur.

  • Alamat : Baderan, Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp20.000/orang/hari

7. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Ini dia destinasi wisata di Kabupaten Situbondo yang sejak beberapa tahun lalu menarik perhatian wisatawan di Indonesia. Taman Nasional Baluran terletak di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dengan Kabupaten Banyuwangi. Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai “Africa van Java”.

Julukan tersebut didapat karena Baluran memiliki pesona yang mirip dengan padang rumput di Afrika. Taman Nasional Baluran menjadi habitat satwa liar seperti rusa, monyet, dan masih banyak lagi. Di sini, kamu akan melihat pemandangan padang rumput yang terbentang luas dan terdapat Gunung Baluran yang terlihat dari kejauhan.

  • Alamat: Area Hutan, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Operasional: 07.30 – 16.30 WIB
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

8. Pantai Bama

Pantai Bama

Taman Nasional Baluran tak hanya memiliki padang rumput yang luas dan menawan. Di sini juga terdapat pantai berpasir putih yang memesona. Pantai Bama namanya. Pantai ini terletak 8 km dari gerbang Taman Nasional Baluran. Pantai Bama bisa kamu kunjungi selepas menikmati cantiknya padang rumput Baluran.

Setibanya di Pantai Bama, kamu akan disambut dengan kera abu-abu ekor panjang yang menjadi penghuni asli di pantai ini. Pantai Bama dikelilingi tumbuhan bakau atau tumbuhan mangrove. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan tumbuhan mangrove, atau sekadar menikmati pesona Pantai Bama.

  • Alamat: Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Operasional: 07.00 – 16.30 WIB
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

9. Pantai Balanan

Pantai Balanan

Satu lagi pantai cantik di Taman Nasional Baluran. Pantai Balanan merupakan salah satu pantai di Baluran yang letaknya tersembunyi. Terletak di Desa Wonorejo, Pantai Balanan dapat dikatakan masih sangat sepi karena pantai ini cukup sulit untuk diakses. Meski begitu, pantai ini sangat cantik untuk dikunjungi.

Sama halnya dengan Pantai Bama, Pantai Balanan juga ditumbuhi tumbuhan mangrove di sekitarnya. Jika kamu liburan ingin menjauhkan diri dari keramaian, Pantai Balanan cocok dijadikan sebagai destinasi. Pasalnya, di area pantai ini, ponselmu takkan menangkap sinyal. Jadi, kamu bisa puas menikmati pemandangan tanpa perlu terganggu dengan social media.

  • Alamat: Wonorejo, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

Itu dia 9 tempat wisata menarik di Kabupaten Situbondo. Jawa Timur, sebagai provinsi terbesar di Pulau Jawa memang tak ada habisnya untuk di-explore. Terdapat pantai, padang savanna, hingga gunung dengan jalur terpanjang di Pulau Jawa ada di sini. Yuk, ajak sahabatmu untuk keluyuran ke Situbondo!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *