Inilah 10 Universitas Tertua di Amerika Serikat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 31 Agustus 2021

Tak hanya negara-negara di Eropa yang memiliki universitas tertua di dunia, Amerika pun rumah untuk beberapa universitas tertua yang ada di dunia. Walaupun universitas di Amerika tak ada yang setua universitas di Eropa seperti, seperti Universitas Bologna, yang sudah berdiri semenjak tahun 859 M ataupun Universitas Oxford, yang berdiri pada tahun 1096.

Meskipun universitas di Amerika Serikat tidak setua itu, tapi ada tiga di antaranya berasal dari abad ke-17. Universitas yang bersejarah ini sudah berdiri sebelum Revolusi Amerika yang dimulai pada 1765. Kira-kira universitas mana saja yang digolongkan sebagai universitas tertua di Amerika Serikat? Yuk, cari tahu infonya di artikel berikut ini!

1. Universitas Harvard

 Universitas Harvard
  • Alamat: Cambridge, MA, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 617-495-1000
  • Website: https://www.harvard.edu/
  • Didirikan: 1636

Universitas Harvard yang terletak di Massachusetts ini awalnya bernama New College. Kemudian nama tersebut diganti jadi Harvard College sebagai penghormatan bagi donatur pertamanya, yaitu John Harvard. Dalam wasiatnya dia mewariskan setengah dari harta kekayaannya serta perpustakaan pelajar dengan 320 volume buku ke universitas.

Tak hanya menjadi universitas tertua di Amerika Serikat, Harvard juga adalah salah salah satu universitas ternama di dunia. Dalam QS World University Rankings, Harvard menempati peringkat ketiga.

Sementara dalam QS World University Rankings by Subject, Harvard berada di urutan pertama di dunia untuk bidang studi ilmu alam dan kedokteran dan peringkat kedua untuk seni dan humaniora.

2. The College of William and Mary

The College of William and Mary
  • Alamat: Sadler Center, 200 Stadium Dr, Williamsburg, VA 23185, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 757-221-4000
  • Website: https://www.wm.edu/
  • Didirikan: 1693

Pada tahun 1693, Raja William III dan Ratu Mary II mendirikan Universitas riset publik di Williamsburg, Virginia ini di bawah piagam kerajaan. Pada abad pertama keberadaannya, College of William and Mary menjadi tempat pertemuan untuk para pengacara dan mereka yang tertarik dengan profesi hukum.

Saat ini, College of William and Mary memiliki empat program profesional, yaitu hukum, pendidikan, bisnis, dan ilmu kelautan. Universitas ini telah mengajar orang-orang terkenal, di antaranya adalah George Washington, James Comey, dan Jon Stewart.

3. St. John’s College

St. John’s College
  • Alamat: 60 College Ave, Annapolis, MD 21401, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 410-263-2371
  • Website: https://www.sjc.edu/
  • Didirikan: 1696

St. John's College sebelumnya dikenal dengan nama King William's School. Sekolah ini mendapatkan namanya yang sekarang pada tahun 1784. Sekolah yang berbasis di Annapolis, Maryland ini pada tahun 1964 membuka kampus lain di Santa Fe, New Mexico dikarenakan banyaknya pendaftar.

Kampus ini hanya memiliki satu program gelar sarjana dalam seni liberal dan satu program master juga tersedia di kampus Annapolis di bidang seni liberal. Untuk program master lainnya, Master of Arts di Eastern Classics, ditawarkan di kampus Santa Fe.

Yang paling unik dari universitas ini adalah mengenai nilai. Nilai diberikan dalam skala reguler, tapi mahasiswa hanya akan tahu nilainya jika mereka bertanya. Selain itu, tidak akan ada penggunaan buku teks atau kuliah modern. Ini karena untuk pembelajaran yang lebih tinggi di St. John's College hanya percaya pada penggunaan serangkaian manual.

4. Universitas Yale

Universitas Yale
  • Alamat: New Haven, CT 06520, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 203-432-4771
  • Website: https://www.yale.edu/
  • Didirikan: 1701

Universitas paling elit di Amerika yang dikenal di seluruh dunia salah satunya adalah Universitas Yale. Yale didirikan pada tahun 1701 sebagai Collegiate School di kota kecil Saybrook, Connecticut. Namun pada tahun 1716 pindah ke di New Haven, lokasinya yang sekarang.

Dua tahun kemudian, lembaga pendidikan ini berganti nama sebagai penghormatan kepada Elihu Yale. Dia seorang dermawan yang menyumbangkan buku dan barang ke perguruan tinggi. Yale dikenal sebagai lembaga di Amerika yang pertama memberikan gelar Doctor of Philosophy pada tahun 1861.

Selain itu, universitas ini juga menjadi anggota Liga Ivy dan salah satu dari sembilan Colonial Collage yang didirikan sebelum Revolusi Amerika. Dalam hal alumni, universitas ini sudah menelurkan orang-orang ternama seperti, penemu gin kapas Eli Whitney, Meryl Streep, serta lima presiden AS semuanya memperoleh gelar sebagai Yale Bulldogs.

5. Universitas Pennsylvania

Universitas Pennsylvania
  • Alamat: Philadelphia, PA 19104, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 215-898-5000
  • Website: https://www.upenn.edu/
  • Didirikan: 1740

Walaupun disebutkan secara resmi University of Pennsylvania didirkan tahun 1740, Benjamin Franklin serta Dewan Pengawasnya baru melakukan pembahasan untuk pendirian sekolah ini pada tahun 1749. Adapun kelas pertama dimulai tahun 1751. Karena bangunan asli sekolah tersebut pertama kali dibangun pada tahun 1740, maka universitas memilih itu sebagai tanggal pendiriannya.

Sebagai pendirinya adalah sekelompok orang Philadelphia yang ingin mendirikan aula khotbah untuk penginjil keliling, George Whitefield. Bangunan itu juga dipakai sebagai sekolah amal. Bangunan tersebut kosong selama lebih dari satu dekade karena mengalami kegagalan dalam dana untuk sekolah.

Benjamin Franklin pada tahun 1749 merilis sebuah pamflet yang berjudul “Proposals Relating to the Education of Youth in Pennsylvania”. Pamflet itu berisi keinginannya untuk mendidik generasi mendatang. Kemudian di tahun itu, dia mengumpulkan warga terkemuka Pennsylvania untuk membentuk Dewan Pengawas.

Dewan pengawas dan dirinya akhirnya memutuskan untuk membuka sekolah baru di gedung lama yang dibangun pada tahun 1740. Pada tahun 1751 dibuka "Akademi Philadelphia" dan pada tahun 1755 didirikan "College of Philadelphia".

Ketika terjadi perang Revolusi Amerika, negara bagian Pennsylvania merebut perguruan tinggi tersebut dan diubah jadi Universitas Negara Bagian Pennsylvania. Perubahan ini menjadikan lembaga pendidikan ini sebagai sekolah negeri pertama dan lembaga pertama yang disebut sebagai universitas di Amerika.

6. Moravian College

Moravian College
  • Alamat: 1200 Main St, Bethlehem, PA 18018, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 610-861-1320
  • Website: https://www.moravian.edu/
  • Didirikan: 1742

Bethlehem, Pennsylvania merupakan rumah bagi Moravian College selama lebih dari 275 tahun. Institusi pasca sekolah ini digagas oleh Countess Benigna von Zinzendorf yang berusia 16 tahun. Lembaga pendidikan ini merupakan sekolah pertama yang mendidik wanita juga.

Asal-muasal sekolah ini adalah Seminari Wanita Betlehem, sekolah asrama pertama untuk wanita muda di Amerika Serikat, dan dua sekolah anak laki-laki.

Negara Moravia yang pernah menjadi bagian dari negara yang sekarang disebut Republik Ceko sudah tidak ada lagi. Namun, afinitas budaya mereka untuk pendidikan berkualitas tinggi berlanjut di perguruan tinggi kecil ini yang menerima kurang dari 2.000 mahasiswa sarjana.

7. Universitas Delaware

 Universitas Delaware
  • Alamat: Newark, DE 19716, Amerika Serikat
  • Telepon: +1 302-831-2792
  • Website: https://www.udel.edu/
  • Didirikan: 1743

Di negara bagian Delaware, universitas ini merupakan universitas terbesar dan tertua. Universitas Delaware memiliki beberapa program, di antaranya program sarjana, doktor, magister, double degree, interdisipliner, online, dan juga program sertifikat. Mantan alumni universitas ini adalah Joe Biden dan Chris Christie.

Selama bertahun-tahun sekolah ini sudah berganti nama berkali-kali. Pertama kali, sekolah ini disebut "Free School," didirikan oleh Francis Alison, seorang pendeta Presbyterian. Dengan jumlah mahasiswanya yang 66% berasal dari dalam negeri, Universitas Delaware merupakan pilihan yang sangat populer dan praktis di kalangan banyak mahasiswa.

8. Universitas Princeton

Universitas Princeton
  • Alamat: Princeton, NJ 08544, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 609-258-3000
  • Website: https://www.princeton.edu/
  • Didirikan: 1746

Jika umumnya perguruan tinggi dan universitas yang ternama namanya diambil dari nama kota yang terletak di kota-kota besar di Amerika, seperti Universitas New York atau Universitas Chicago, Universitas Princeton berbeda. Letak universitas ini justru berada di kota kecil bernama Princeton di daerah New Jersey. Penduduknya sekitar 30.000 orang.

Pada 1746 Princeton didirikan di Elizabeth dengan nama College of New Jersey dan pada tahun berikutnya pindah ke Newark. Kemudian pada tahun 1756, universitas ini dipindahkan sekali lagi ke lokasinya yang sekarang. Di lokasi ini universitas ini sudah berdiri selama sekitar 262 tahun.

Universitas ini sekarang menawarkan beberapa program sarjana dan pascasarjana di bidang ilmu alam, teknik, humaniora, dan ilmu sosial. Selain itu ada juga program gelar profesional melalui Pusat Keuangan Bendheim, Sekolah Teknik dan Ilmu Terapan, Sekolah Arsitektur, dan Sekolah Kebijaksanaan Publik dan Internasiona Woodrow Wilson.

9. Universitas Washington dan Lee

Universitas Washington dan Lee
  • Alamat: 204 W Washington St, Lexington, VA 24450, AS
  • No. Telepon: +1 540-458-8400
  • Website: https://www.wlu.edu/
  • Didirikan: 1754

Pertama kali didirikan pada tahun 1749, universitas ini adalah sekolah klasik kecil bernama Augusta Academy. Untuk memberikan penghormatan kepada presiden pertama Amerika Serikat, George Washington dan Robert E. Lee kemudian namanya diubah menjadi Universitas Washington and Lee.

Universitas tertua di Amerika Serikat ini memiliki banyak tradisi yang ikonik, seperti Fancy Dress Ball, yang mulai dilakukan pada tahun 1970. Secara keseluruhan, universitas ini memiliki program sarjana yang berjumlah 40 dan juga gelar profesional melalui Williams School of Commerce, Ekonomi dan Politik, serta Sekolah Hukum.

10. Universitas Columbia

Universitas Columbia
  • Alamat: New York, NY 10027, Amerika Serikat
  • No. Telepon: +1 212-854-1754
  • Website: https://www.columbia.edu/
  • Didirikan: 1754

Universitas Columbia berada di New York City dan pada 1754 universitas ini bernama King's College berdasarkan piagam kerajaan George II dari Inggris. Pada 1784 berganti nama menjadi Columbia College sesudah Amerika Serikat memperoleh kemerdekaannya. Alumni sekolah ini di antaranya lima Bapak Pendiri Amerika Serikat.

Sebagai salah satu universitas riset paling bergengsi di Amerika Serikat, Universitas Columbia tiap tahun menyelenggarakan Penghargaan Pulitzer yang terkenal. Universitas ini menempati peringkat yang sangat baik untuk seni dan humaniora juga anatomi dan fisiologi.

Itulah deretan universitas tertua di Amerika Serikat dan beberapa menjadi universitas terkenal di dunia. Misalnya saja Harvard, Yale, Columbia dan Princeton. Beberapa sekolah bahkan sudah berdiri sebelum terjadinya Revolusi Amerika. Jadi apakah kamu ingin membidik salah satu universitas di atas sebagai tempat untuk meneruskan sekolahmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram